Pilih CMS Yang Tepat Untuk Website Jangan Sampai Salah

0
2428

CMS saat ini menjadi andalan banyak orang untuk membuat website sendiri, baik itu website toko online atau website company profile dan lainnya. Karena memang CMS bisa mempermudah kamu dalam membuat website, mengontrol konten dan berbagai fungsi lainnya.

Anda bisa mempelajari apa itu CMS secara lebih dalam melalui postingan tentang mengenal CMS di blog Exabytes Indonesia.

Sekarang sudah banyak varian CMS yang bisa Anda gunakan, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya. Memilih CMS yang tepat untuk website tidaklah mudah, tapi ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih CMS yang tepat untuk website.

Bagaimana caranya? Sederhananya, Anda harus memilih CMS yang memiliki fitur yang berguna untuk website Anda, detailnya ada pada pembahasan selanjutnya.

Platform CMS yang Paling Populer

Sebelum pembahasan tips memilih CMS yang tepat, kami akan ulas beberapa platform CMS yang saat ini populer di dunia. Kami juga akan menjelaskan apa saja fitur yang ditawarkan oleh setiap platform CMS tersebut, sehingga Anda bisa memilih CMS yang tepat untuk website.

Kami hanya mengambil 5 CMS paling populer menurut hasil riset yang dilakukan website setup, berikut diantaranya:

WordPress

Pilih CMS Yang Tepat Untuk Website Jangan Sampai Salah - 2024

Saat ini mungkin saja WordPress adalah CMS yang paling populer ketimbang yang lainnya, karena faktanya CMS WordPress memiliki market share sebesar 42% website dari seluruh dunia.

Kelebihan WordPress yang sangat banyak termasuk fleksibilitas, skalabilitas dan kemudahan dalam penggunaannya menjadi kelebihannya. Anda bisa menggunakan platform CMS WordPress secara gratis, sehingga Anda hanya perlu menyiapkan domain dan hosting saja.

Tidak hanya itu saja, platform yang satu ini juga menyediakan ribuan tema dan plugin secara gratis yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Website populer yang menggunakan WordPress: The Walt Disney Company, BBC America, TechCrunch dan Guggenheim.

Wix (Berbayar)

Pilih CMS Yang Tepat Untuk Website Jangan Sampai Salah - 2024

Kedua adalah Wix yang merupakan salah satu layanan pembuatan website lainnya dan market share sekitar 10%, Wix lebih berfokus ke pembuatan website toko online/ecommerce.

Sama seperti Squarespace, Wix juga bagian antarmukanya drag and drop. Wix menyediakan banyak add on yang bisa Anda gunakan untuk menambah fitur baru ke website. Secara umum, Wix cocok untuk Anda yang memiliki usaha kecil.

Seperti halnya squarespace, jika Anda ingin membuat toko online yang lebih kompleks. Kami menyarankan menggunakan WooCommerce yang ada di WordPress.

Website populer yang menggunakan Wix: Jerome Studio, Adam Grant dan Karlie Kloss.

Squarespace (Berbayar)

Pilih CMS Yang Tepat Untuk Website Jangan Sampai Salah - 2024

Posisi ketiga adalah squarespace yang market share sekitar 4%. Squarespace adalah salah satu platform pembuatan website drag and drop yang tidak memerlukan proses instalasi di hosting, karena tidak open source.

Bisa dibilang squarespace ini mirip dengan Wix yang sudah dibahas sebelumnya, Anda bisa menggunakan layanan squarespace untuk berbagai kebutuhan website. Akan tetapi untuk kebutuhan website yang lebih kompleks kami menyarankan WordPress ataupun Drupal.

Website populer yang menggunakan Squarespace: Southern Methodist University , BiblioCommons , Skyscanner.

Shopify

Pilih CMS Yang Tepat Untuk Website Jangan Sampai Salah - 2024

Posisi keempat ada shopify bisa dibilang dalam CMS khusus eCommerce, shopify adalah andalan banyak orang. Karena CMS yang satu ini hanya berfokus untuk kebutuhan e Commerce saja, berbeda dengan Joomla maupun WordPress.

CMS Shopify mudah digunakan para pengguna pemula, meskipun tetap akan membutuhkan waktu ketika mempelajarinya. Tenang saja, jika Anda selama menggunakan shopify ada kendala yang sulit untuk diselesaikan, dukungan teknis dari shopify bisa membantu Anda.

Dari sisi fitur, shopify ramah terhadap SEO, ramah untuk pengguna seluler dan mudah digunakan untuk membantun eCommerce.

Website populer yang menggunakan Shopify: Penguin Books, Fashion Nova, SkyMall.

Joomla!

Pilih CMS Yang Tepat Untuk Website Jangan Sampai Salah - 2024

Sedangkan yang terakhir ada platform CMS Joomla yang saat ini memiliki market share sebesar 2,6%, jika dilihat dari market share yang dimiliki. Joomla sangat jauh bisa bersaing dengan WordPress , akan tetapi Joomla sama dengan WordPress yaitu gratis dan open source.

Jika Anda ingin menggunakannya, Anda harus menyiapkan domain dan hosting khusus, sebagian besar layanan hosting sudah menyediakan Joomla di dalamnya. Seperti fitur plugin yang ada di WordPress, joomla juga memiliki ekstensi yang memungkinkan Anda menambah fitur lainnya di website.

Joomla juga ramah terhadap SEO, ramah terhadap seluler dan bisa digunakan untuk kebutuhan website.

Website populer yang menggunakan Joomla!: SendPulse, iTWire, UK National Crime Agency.

Setelah mengetahui platform CMS paling populer tersebut, apakah Anda sudah memilih salah satunya? Jika masih kebingungan, bisa pelajari cara memilih CMS yang tepat untuk website di bawah ini, cocokkan caranya dengan beberapa CMS yang kami ulas sebelumnya.

Cara Memilih CMS yang Tepat untuk Website

Setelah Anda mengetahui platform CMS populer yang ada, ada beberapa hal penting lainnya yang bisa Anda pertimbangkan ketika memilih CMS yang tepat untuk website.

Kami mencoba merangkum dan semoga Anda bisa memilih CMS yang tepat!

Pilihlah CMS yang Mudah Digunakan

CMS Yang Tepat Untuk Website

Memilih CMS yang mudah digunakan akan menghemat waktu Anda menyiapkan website untuk bisnis Anda. Semakin mudah, tentu akan semakin cepat proses pembuatan websitenya bukan? Tidak hanya itu, CMS yang mudah digunakan juga akan menghemat waktu dalam pengelolaannya.

Bahkan Terjadi masalah akan mudah untuk mencari jawabannya karena adanya komunitas yang kuat, biasanya hadirnya komunitas yang kuat dan banyak karena platform CMS tersebut banyak digunakan oleh web developer pemula sampai mahir.

User Interface yang User Friendly

CMS Yang Tepat Untuk Website

Selain mudah digunakan, usahakan untuk mencari tampilan user interface yang ramah bagi pengguna. Karena ini penting sekali, terlebih jika websitenya nanti dikelola oleh tim yang memiliki anggota lebih dari satu.

Tim Anda nantinya harus bisa dengan mudah mengoperasikan website tersebut, tidak terlalu banyak pengetahuan teknis yang harus diimplementasikan dan user interface yang ramah juga bisa membuat tim Anda mudah beradaptasi.

Skalabilitas

Skalabilitas adalah faktor penting, karena perubahan tidak dapat kita hindari dalam setiap bisnis dan perubahan juga akan mempengaruhi website bisnis Anda. Sehingga pastikan untuk memilih CMS yang bisa beradaptasi dengan perubahan dan skala kebutuhan yang terus berkembang.

Keamanan

Pilih CMS Yang Tepat Untuk Website Jangan Sampai Salah - 2024

Cara memilih CMS yang tepat untuk website berikutnya adalah memperhatikan dari sisi keamanan, carilah platform yang menawarkan keamanan dalam menjaga konten, pengguna dan pengunjung lainnya.

Salah satu cara meningkatkan keamanan adalah dengan menambahkan SSL pada domain, plugin keamanan yang powerfull, pembatasan login dan lain sebagainya. Nah, CMS yang baik bisa melakukan itu dengan mudah.

Platform CMS terbaik juga akan menyediakan fasilitas untuk melakukan pembaharuan keamanan dan menyediakan plugin yang bisa membantu pengamanan website dari serangan hacker yang tidak bertanggung jawab.

Harga

CMS Yang Tepat Untuk Website

Terakhir adalah harga, harga sangat penting dalam memainkan peran di setiap keputusan yang ada dalam membantu bisnis. Ketika Anda memilih CMS, kami sarankan untuk memastikan bahwa harga yang ditawarkan bisa memberikan solusi dari kebutuhan yang Anda cari.

Setiap platform CMS yang ada memiliki harga dan tingkatan harga yang berbeda-beda, Anda bisa menemukan CMS yang murni gratis dan ada juga yang berbayar. Mana yang harus dipilih? Balik lagi, cek kebutuhan Anda.

Jika CMS yang berbayar lebih bisa memenuhi kebutuhan Anda, maka itulah yang tepat. Akan tetapi jika ada CMS berbayar dan CMS gratis, sama-sama bisa memenuhi kebutuhan. Maka Anda bisa memilih yang gratis.

Kesimpulan

Adanya CMS telah memperkenalkan kemudahan dalam mengembangkan website, akan tetapi penggunaan CMS tidak hanya sekedar memudahkan saja, melainkan tentang kecepatan dan efisiensi serta dukungan komunitas yang kuat.

Kami setuju tidak ada platform CMS yang benar-benar sempurna, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tapi tugas Anda adalah memilih kelebihan yang sesuai dengan kebutuhan.

Karena platform CMS yang ideal adalah yang memiliki fitur yang Anda butuhkan, terutama dalam memberikan peningkatan pengelolaan konten. Maka dari itu pikirkan secara matang layanan CMS yang Anda gunakan.

Perhatikan kembali platform CMS paling populer di atas, apakah setiap fitur dan kelebihannya sudah memenuhi kebutuhan Anda?

Platform ideal Anda akan menawarkan fitur CMS yang Anda butuhkan, meningkatkan kemampuan tim Anda untuk mengelola konten, juga memungkinkan Anda memberikan pengalaman situs web yang diinginkan bagi pengunjung Anda. 

Oleh karena itu, pikirkan secara matang layanan CMS manakah yang memang telah memenuhi kriteria Anda mengingat pilihan Anda sangat berpengaruh pada bisnis Anda nantinya.

Jika Anda masih bingung akan menggunakan CMS yang mana, konsultasikan dengan customer support Exabytes Indonesia yang siap membantu kapanpun dan dimanapun.

Good luck!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments