Mengenal CMS: Solusi Membuat Website Tanpa Perlu Coding!

380
7 min read

Bagi para pebisnis maupun mereka yang tengah membangun personal branding, website merupakan salah satu channel utama yang wajib ada. Berbeda dengan sosial media, website adalah media informasi yang fleksibel dan dapat diatur sesuai kebutuhan. Tidak hanya berfungsi sebagai blog, website juga bisa menjadi tempat jual beli online, forum diskusi, hingga representasi citra perusahaan di dunia maya.

Seiring berjalannya waktu, website terus mengalami perkembangan. Bila dahulu website hanya berupa barisan teks dan gambar ala kadarnya, sekarang sudah banyak website yang memiliki tampilan cantik serta dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Tidak hanya itu, cara membuat website pun kini semakin mudah dan sederhana.

Dulu, untuk membuat sebuah website seorang developer harus mengerti bahasa pemrograman dan menulis kode HTML yang sangat panjang. Namun kini berkat adanya CMS siapapun bisa membuat website dengan mudah dan cepat, bahkan meskipun kamu tidak mengerti bahasa pemrograman sama sekali.

Penasaran bagaimana caranya membuat website sendiri dengan CMS? Yuk simak artikel mengenal CMS, solusi membuat website tanpa perlu coding berikut ini!

Apa Itu CMS?

CMS merupakan singkatan dari Content Management System adalah program yang memungkinkan penggunanya untuk membuat, mengatur, dan mengedit sebuah website tanpa perlu mengetikkan kode apapun. CMS menggunakan user interface yang sederhana dan mudah dimengerti, jadi orang awam sekalipun bisa mengoperasikan program ini tanpa perlu menggunakan buku panduan.

Kamu bisa merancang desain serta mengatur fitur website menggunakan template dan extension yang tersedia. Tapi jangan salah, CMS bukannya sama sekali tidak menggunakan coding lho. Content management system tetap menggunakan kode untuk menciptakan website yang kamu inginkan, hanya saja mereka tidak menampilkannya.

CMS memungkinkan penggunanya membuat website tanpa perlu menulis kode (sumber:istock)
CMS memungkinkan penggunanya membuat website tanpa perlu menulis kode (sumber:istock)

CMS dapat diibaratkan seperti sebuah restaurant dan kamu adalah pelanggannya. Saat kamu memesan satu menu, kamu akan menyampaikan pesananmu kepada pelayan termasuk beberapa permintaan seperti ekstra pedas atau setengah matang. Lalu setelah menunggu beberapa saat, pesananmu akan dihidangkan diatas meja tanpa perlu ikut mempersiapkan bahan apapun.

Sama seperti chef yang tetap bekerja di dapur meskipun kamu tidak melihatnya, begitupula barisan kode yang tetap ditulis oleh sistem dibalik layar. Kode-kode ini secara otomatis digenerate berdasarkan permintaan yang kamu masukkan pada user interface CMS. Setelah selesai, sistem akan memproses website yang kamu buat dan mengupload kode HTML tersebut ke server.

Apabila kamu melakukan kesalahan atau ingin mengupdate bagian tertentu, kamu cukup masuk kembali pada page builder dan memperbaiki satu bagian spesifik tanpa perlu mengedit halaman kode yang memusingkan. Bahkan dengan headless CMS kamu juga bisa mengatur konten untuk ditampilkan pada media digital lain seperti aplikasi smartphone, layar TV, smartwatch, dan lain sebagainya.

Baca Juga  8 Tanda Kamu Harus Pindah Ke Dedicated Server

Website Apa Saja yang Bisa Dibuat dengan CMS?

Dengan menggunakan CMS, membuat website jadi jauh lebih mudah, hemat, dan efisien. Kamu cukup menyediakan domain, web hosting, memilih tema, lalu menyesuaikan beberapa pengaturan. Tidak butuh waktu lama, websitemu sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Namun, apabila kamu membutuhkan fitur yang lebih advance dan tidak tersedia pada CMS, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan web developer profesional. Lantas, website seperti apa saja yang bisa dibuat menggunakan CMS? Berikut ini adalah beberapa jenis website yang bisa dibuat menggunakan CMS:

  • Blog
  • Company profile
  • Ecommerce
  • Website Portfolio
  • Komunitas Online
  • Website Multibahasa
  • Majalah Online
  • Toko Online
  • Booking Online

Pada dasarnya, hampir semua jenis website bisa dibuat menggunakan CMS. Hanya saja, tampilan serta fitur yang dapat digunakan terbatas pada template serta extension yang tersedia. Tapi jangan khawatir, meski begitu berbagai fungsi bawaan CMS yang ada saat ini sudah cukup untuk membuat website yang kamu butuhkan.

Macam-Macam CMS yang Umum Digunakan

Mungkin kamu bertanya-tanya seperti apa bentuk content management system yang sedari tadi dibahas? Daripada bingung, lebih baik kamu langsung melihat apa saja platform CMS yang bisa digunakan untuk membuat website tanpa perlu coding. Dengan begitu kamu akan lebih mudah memahami CMS sekaligus memilih platform apa yang akan kamu gunakan.

Saat ini ada banyak platform penyedia CMS yang bisa kamu pilih, bahkan beberapa di antaranya menyediakan fitur gratis untuk membuat website. Pastikan kamu memilih CMS terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhanmu ya!

WordPress

Platform CMS WordPress
Platform CMS WordPress

WordPress adalah CMS yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan, bahkan 43,3% website di internet dibuat menggunakan CMS WordPress lho. Content management system yang satu ini ideal bagi para freelancer maupun kamu yang tengah merintis bisnis berskala kecil hingga menengah. Berbagai pilihan tema menarik, opsi kustomisasi yang fleksibel, serta ribuan plugins tersedia untuk membantumu menciptakan website terbaik.

CMS WordPress memiliki tampilannya yang sederhana dan user friendly, ini merupakan kelebihan yang membuat pemula sekalipun bisa mempelajari WordPress secara otodidak. Selain itu, banyaknya plugins yang tersedia juga dapat mempermudah pekerjaanmu. 

Namun, meskipun WordPress adalah layanan open-source dan dapat diunduh secara gratis. Kamu tetap perlu mengeluarkan biaya untuk membeli beberapa tema dan plugins eksklusif yang dibutuhkan. Meski begitu, bila dibandingkan dengan seluruh keuntungan dan manfaat yang kamu dapatkan, biaya WordPress bisa dibilang masih wajar dan reasonable.

Joomla

Platform CMS Joomla
Platform CMS Joomla

Joomla adalah pilihan yang tepat apabila kamu membutuhkan CMS untuk membuat website yang kompleks dan komprehensif. Joomla dilengkapi dengan berbagai fitur bermanfaat serta mendukung lebih dari 70 bahasa. Hal tersebut membuat CMS yang satu ini ideal untuk digunakan membangun website komunitas, jaringan sosial, situs edukasi maupun sebagai CMS web builder e-commerce dengan fitur membership.

Drupal

Platform CMS Drupal
Platform CMS Drupal

Drupal adalah CMS yang dapat diandalkan untuk membangun website pemerintahan, rumah sakit atau organisasi besar yang memiliki trafik tinggi. CMS open-source yang satu ini memiliki panel administrasi yang lebih kompleks dan memberikan kontrol penuh atas manajemen konten serta berbagai fungsi lainnya. Drupal mungkin bukanlah CMS yang tepat bagi pemula, namun bagi seorang developer yang menangani websitewebsite besar, Drupal adalah CMS yang tepat untuk digunakan.

Baca Juga  Cara Membuat Halaman Disclaimer Untuk Website & Blog [2022]

Wix

Platform CMS Wix
Platform CMS Wix

Wix adalah CMS yang menawarkan layanan gratis dan memberikan subdomain untuk mempublikasikan websitemu. Jadi, kamu tidak harus membeli domain sendiri, kamu bisa menggunakan subdomain bawaan dari Wix sebagai alamat website. Ini merupakan fitur yang sangat berguna apabila kamu adalah seorang pebisnis maupun freelancer yang masih baru.

Wix memiliki pilihan template yang luas dan bervariasi, mulai dari toko online, halaman portfolio hingga blog pribadi, semua bisa kamu temukan disini. Kamu bisa melihat dulu contoh desain website atas template yang menarik hati sebelum masuk ke page builder. Jadi, proses pemilihan template menjadi lebih hemat waktu.

Selain itu membuat transisi galeri yang cantik maupun menautkan akun media sosial juga bisa dilakukan dengan mudah berkat adanya berbagai fitur yang lengkap. Namun, apabila kamu ingin mengakses fitur premium dan menghapus watermark Wix kamu perlu membayar dan menautkan domain pribadimu ya.

Penutup

Berkat content management system, membuat website tidak lagi menjadi urusan yang rumit dan memusingkan. Meskipun tidak mengerti coding, kamu tetap bisa menciptakan sebuah website untuk memaksimalkan bisnis yang kamu jalani. Apabila kamu membutuhkan hosting, kamu bisa membeli hosting murah dari Exabytes! Exabytes menyediakan layanan hosting dengan kualitas terbaik dan dukungan brotli agar websitemu semakin cepat dan responsif.

Nah, sekian artikel CMS sebagai solusi membuat website tanpa perlu coding di atas. Semoga bisa membantu ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments