13+ Control Panel VPS Terbaik (Gratis & Berbayar)

491
Control Panel VPS Terbaik
15 min read

Jika Exabytes Friends ingin menciptakan sebuah website baik untuk kepentingan pribadi atau bisnis, maka jangan lupa untuk mempersiapkan sebuah server hosting terlebih dahulu. Server hosting tersebut berguna untuk menyimpan seluruh data dan file penting dari website yang akan dibuat. 

Saat ini, server hosting yang paling banyak diminati adalah VPS (Virtual Private Server) dan Cloud Hosting. Perbedaan VPS dan Cloud Hosting yang paling mendasar adalah mengenai bentuk server yang digunakan. Bagi Exabytes Friends yang belum tahu apa itu VPS, berikut penjelasan singkatnya. VPS Hosting merupakan salah satu layanan server untuk website yang bersifat pribadi dan privat. 

Server yang digunakan pada VPS bersifat virtual sehingga masing-masing pemilik website dapat menikmati layanan hosting mereka sendiri tanpa terganggu oleh pengguna lainnya. Meskipun bersifat virtual, namun VPS tetap memiliki server fisik dengan kapasitas yang sangat besar.

Nah, VPS ini memiliki sebuah control panel yang berfungsi sebagai server administrator untuk mengatur segala macam fungsi server pada VPS. Control panel adalah versi modern dari teks perintah (command line) yang dituliskan manual untuk menjalankan fungsi VPS.

Semakin berkembangnya teknologi website berdampak pada versi control panel VPS yang semakin beragam. Hadirnya control panel VPS yang begitu banyak membuat kalian harus memiliki pertimbangan matang sebelum memutuskan memilih salah satunya. Saat ini, control panel VPS tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Sudah penasaran mengenai rekomendasi control panel VPS terbaik agar memenuhi kebutuhan server hosting dengan optimal? Yuk, simak pembahasan selengkapnya pada artikel ini.

Mengenal Control Panel VPS

Sebelum Exabytes memberikan kalian beberapa rekomendasi control panel VPS terbaik untuk digunakan, sebaiknya kalian menyimak terlebih dahulu penjelasan singkat berikut mengenai pengertian dan fitur control panel.

Apa Itu Control Panel VPS?

Control panel VPS merupakan sebuah aplikasi untuk membantu dalam mengelola beragam fungsi server VPS. Control panel ini hadir dalam bentuk aplikasi berbasis website.

Seperti yang telah dijelaskan singkat pada pembahasan di atas, control panel VPS merupakan sebuah aplikasi untuk membantu dalam mengelola beragam fungsi server VPS. Control panel ini hadir dalam bentuk aplikasi berbasis website.

Dengan menggunakan control panel VPS, maka kalian tidak perlu memiliki skill dalam pemrograman komputer karena sistem ini disajikan melalui UI/UX yang user friendly sehingga sangat mudah dipahami oleh orang yang awam dengan komputer sekalipun. Kalian sama sekali tidak perlu mempelajari berbagai perintah (command line linux) yang dituliskan secara manual untuk menjalankan VPS.

Selain memilih control panel terbaik, tentu saja kalian juga perlu memahami tips memilih VPS terbaik agar control panel yang digunakan juga optimal. Saat ini VPS telah hadir dalam versi Linux dan Windows. VPS Windows vs VPS Linux memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilihnya.

Apa Saja Fitur Control Panel?

Control panel memiliki beberapa fitur andalan yang sangat membantu kalian dalam menjalankan fungsi VPS dengan maksimal. Berikut adalah fitur control panel!

Mengelola DNS dengan mudah

Fitur pertama dari control panel adalah dapat digunakan untuk mengelola DNS (Domain Name Server) dengan mudah dan cepat. Melalui control panel, DNS dapat diatur secara otomatis dan anti-ribet karena kalian tidak membutuhkan kemampuan tertentu dalam menuliskan perintah dasar Linux.

Mengelola FTP (File Transfer Protocol)

Melalui control panel, kalian dapat mengatur akun, mengganti password, hingga membatasi penggunaan kuota untuk setiap akun dengan cepat dan mudah bahkan dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun.

Baca Juga  Jangan Asal Pilih, Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Membeli VPS!

Mengatur Database

Berbagai jenis database (PostgreSQL, MySQL, Oracle, MariaDB, MongoDB, dan lainnya) dapat dikelola menjadi satu dan mudah melalui control panel VPS. 

Memilih Jenis WebServer

Exabytes Friends dapat memilih berbagai jenis webserver untuk digunakan, seperti Nginx, LiteSpeed, atau Apache. Penggunaan masing-masing webserver tersebut dapat mempengaruhi kecepatan website sehingga kalian harus memilih secara matang melalui control panel VPS.

Mengelola User SSH

SSH (Secure Shell) adalah sebuah protokol administrasi yang terdapat pada VPS untuk mengatur dan menyesuaikan penggunaan server remote secara virtual melalui internet. Dengan control panel, Exabytes Friends dapat dengan mudah menambahkan bahkan menghapus akun SSH pada VPS.

Mengatur Email

Pengelolaan email dari dan ke website dapat dengan mudah dilakukan melalui control panel. Karena control panel memiliki fitur untuk menghapus, membaca, menulis, hingga memblokir email.

Rekomendasi Control Panel VPS Terbaik [Gratis]

Masing-masing control panel tidak mungkin memiliki semua fitur seperti yang telah disebutkan di atas sekaligus. Oleh karena itu, kalian harus memilih control panel VPS dengan fungsi dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. Berikut akan Exabytes berikan beberapa rekomendasi control panel VPS paling bagus untuk menemani perjalanan kalian dalam membangun website.

1. CyberPanel 

CyberPanel

Fitur yang dimiliki CyberPanel:

DNS PowerDNS
FTP PureFTPD
EmailPostfix
Web Server LiteSpeed Enterprise
PHP Versi 5.x hingga 8
Backup Google Drive dan Local Drive
DatabaseMaridaDB
Spesifikasi1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

CyberPanel dapat dikategorikan sebagai control panel terbaik saat ini karena hadir dalam versi gratis tetapi memiliki fitur yang sangat lengkap dan canggih. Sangat cocok bagi Exabytes Friends yang perlu menghemat anggaran website tetapi ingin menikmati layanan control panel secara profesional. 

2. Webuzo

control panel VPS Webuzo

Fitur yang dimiliki Webuzo:

DNS Bind
FTP PureFTPD
EmailDovecot dan Exim
Web Server Nginx, OpenLiteSpeed, dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 8
Backup Google Drive dan Local Drive
DatabasePostgreSQL, MySQL, MariaDB, dan PhpMyAdmin
Spesifikasi1GHz, 1GB RAM, dan 5GB HDD/SSD

Webuzo adalah salah satu jenis control panel VPS dengan pilihan fitur database yang sangat lengkap. Selain itu, control panel ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Untuk dapat menikmati versi premium dari Webuzo, Exabytes Friends cukup merogoh kocek sebesar $2,5 per bulannya. 

3. ISPConfig

control panel VPS ISPConfig

Fitur yang dimiliki ISPConfig:

DNS PowerDNS dan Bind
FTP PureFTPD
EmailDovecot dan Exim
Web Server Nginx dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 7.x
DatabaseMariaDB dan MySQL
Spesifikasi1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

ISPConfig pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan oleh SPConfig UG. Keunggulan dari jenis control panel satu ini yaitu tersedia secara full gratis dan memiliki lisensi BSD. Kelebihan lainnya adalah ISPConfig telah mendukung penggunaan IPv6 sehingga cocok digunakan bagi pemilik website yang tergolong “Tech Geek”.

4. VestaCP

control panel VPS Vestacp

Fitur yang dimiliki VestaCP:

DNS Bind atau Named
FTP ProFTPD dan VsFTPD
EmailDovecot dan Exim
Web Server Nginx dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 7.x
DatabasePhpMyAdmin, PostgreSQL, dan MySQL
Spesifikasi1GHz, 512GB RAM, dan 20GB HDD/SSD

VestaCP adalah control panel yang telah memiliki banyak pengguna karena tersedia secara gratis dan sangat ringan untuk digunakan. Hal tersebut dikarenakan VestaCP memiliki kapasitas RAM dan memori yang sangat besar. Operating system yang mendukung control panel ini yaitu Linux.

5. CWP (CentOS Web Panel)

control panel VPS CWP

Fitur yang dimiliki CWP:

DNS Ada
FTP PureFTPD
EmailDovecot dan Exim
Web Server Nginx, OpenLiteSpeed, dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 8.x
DatabaseMariaDB dan MySQL
Spesifikasi1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

Ciri khas dari CWP adalah control panel ini diciptakan khusus untuk pengguna operating system Linux CentOS Core. CWP tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Kelebihan dari CWP yaitu menyediakan berbagai fitur yang sangat lengkap dan profesional secara gratis. Namun untuk menikmati fitur yang lebih premium, Exabytes Friends harus menyediakan setidaknya biaya $1.5 per bulannya. 

Baca Juga  Kapan Harus Menggunakan Hosting VPS? Ini Jawabannya!

Namun tentu saja terdapat versi gratis dari CWP, meskipun fitur yang ditawarkan hanya terbatas. Kelemahan lain dari control panel ini adalah memiliki spesifikasi yang sangat berat. Website kalian bisa menjadi lemot jika hanya memiliki spesifikasi minim. Paling tidak diperlukan VPS dengan RAM 4GB dan HDD/SSD 40GB untuk dapat menjalankan CWP secara normal tanpa lelet.

6. Ajenti

control panel VPS Ajenti


Fitur yang dimiliki Ajenti:

DNS PowerDNS
FTP PureFTPD
EmailDovecot dan Exim
Web Server Nginx dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 7.x
DatabaseMySQL
Spesifikasi1GHz, 10MB RAM, dan 100MB HDD/SSD

Ajenti telah diklaim oleh sebagian besar pemilik website sebagai control panel VPS versi gratis terbaik. Control panel ini memfokuskan kinerjanya pada efisiensi dan efektivitas eksekusi program. Dengan performa yang sangat ringan dan cepat, sehingga sangat cocok digunakan bagi pemilik VPS dengan spesifikasi sangat minim sekalipun. 

7. Virtualmin

control panel VPS Virtualmin

Fitur yang dimiliki Virtualmin:

DNS Bind
FTP PureFTPD dan VSFTPD
EmailPostfix dan Sendmail
Web Server Apache
PHP Versi 5.x hingga 7.x
DatabaseMySQL
Spesifikasi1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

Salah satu kelebihan dari control panel Virtualmin adalah mendukung berbagai sistem operasai populer untuk VPS, seperti Linux, BSD, dan UNIX. Karena tersedia dalam versi full gratis serta mampu digunakan untuk mengelola berbagai jenis server (website, mobile, remote HTTP API, dan command line LINUX) menjadikan control panel ini laris digunakan hingga menjapai ribuan pengguna.

8. aaPanel

aaPanel

Fitur yang dimiliki aaPanel:

DNS PowerDNS dan Bind
FTP PureFTPD
EmailDovecot dan Exim
Web Server Nginx, OpenLiteSpeed, dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 8.x
DatabaseMariaDB dan MySQL
Spesifikasi1GHz, 512MB RAM, dan 100MB HDD/SSD

aaPanel merupakan salah satu jenis control panel VPS dengan versi sepenuhnya gratis. Namun tidak perlu khawatir akan kelengkapan fitur, karena meskipun tersedia secara cuma-cuma alias gratis, aaPanel tetap menawarkan fitur terbaik dan lengkap. 

9. Webmin

control panel VPS Webmin

Fitur yang dimiliki Webmin:

DNS Bind
FTP ProFTPD dan VSFTPD
EmailPostfix dan Sendmail
Web Server Apache
PHP Versi 5.x hingga 7.x
DatabaseMySQL
Spesifikasi1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

Webmin memiliki layanan fitur yang sangat mirip dengan Virtualmin. Salah satu keunggulan populer dari Webmin adalah fleksibilitasnya. Selain dapat digunakan dalam sistem operasi Linux, control panel ini ternyata dapat pula digunakan melalui sistem operasi Windows, loh! 

10. Kloxo-MR

Kloxo-MR

Fitur yang dimiliki DirectAdmin:

DNS Bind, NSD, MyDNS, Yadifa, dan PowerDNS
FTP PureFTPD
EmailDovecot
Web Server Hiwata dan Httpd 2.4
PHP Multiple PHP
DatabaseMySQL dan MariaDB
SpesifikasiCentOS 5 dan 6 dan RedHat

Kloxo-MR adalah control panel VPS hasil pengembangan seorang ahli komputer asal Indonesia bernama Mustafa Ramadhan. Hadir dalam versi full gratis serta dilengkapi dengan berbagai fitur profesional, lengkap, dan terbaru membuat control panel satu ini dapat bersaing secara global meskipun hasil pengembangan pribumi.

Rekomendasi Control Panel VPS Terbaik [Berbayar]

Selain tersedia dalam versi gratis, control panel VPS juga memiliki versi berbayar. Berikut akan disebutkan beberapa panel VPS versi berbayar yang terbaik dan paling populer.

11. Plesk

control panel VPS Plesk

Fitur yang dimiliki Webmin:

DNS Microsoft DNS dan Bind
FTP PureFTPD
EmailPostfix
Web Server Apache, ISS, dan Nginx
PHP Versi 5.x hingga 7.x
DatabaseMySQL
OSLinux dan Windows
Spesifikasi1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

Plesk adalah control panel VPS berbayar dengan kisaran harga $10 hingga $45 per bulannya. Harga patokan tersebut sangat berbanding lurus dengan kelengkapan fitur, performa kecepatan, serta tingkat efisiensi dari Plesk. 

Dengan menggunakan Plesk, Exabytes Friends akan mampu melakukan update website, menciptakan situs website dari awal, melihat performa dan kinerja server, serta mengelompokkan halaman pengunjung website menjadi satu agar mudah melakukan analisa.

12. WHM (Web Host Manager)

Fitur yang dimiliki WHM:

DNS Bind
FTP Ada
EmailAda
Web Server Apache, Nginx, dan LiteSpeed Enterprise
PHP Versi 5.x hingga 8.x
DatabaseMySQL, Perl, dan PostgreSQL
OS LinuxCentOS 7.x dan 8.x, RHEL 7, dan CloudLinux 6 hingga 8
Spesifikasi1.1GHz, 1GB RAM, dan 20GB HDD/SSD

WHM adalah control panel VPS berbayar yang cukup terkenal di kalangan pemilik website. WHM cocok digunakan bagi kalian yang menggunakan VPS dengan spesifikasi besar karena control panel ini dapat digunakan pada puluhan hingga ratusan akun.

13. cPanel

control panel VPS cPanel

Fitur yang dimiliki cPanel:

DNS Bind
FTP Ada
EmailAda
Web Server Apache, Nginx, dan LiteSpeed Enterprise
PHP Versi 5.x hingga 8.x
DatabaseMySQL, Perl, dan PostgreSQL
OS LinuxCentOS 7.x dan 8.x, RHEL 7, dan CloudLinux 6 hingga 8
Spesifikasi1.1GHz, 1GB RAM, dan 20GB HDD/SSD

cPanel merupakan control panel VPS untuk sistem operasi Linux yang sangat populer dan telah memiliki jutaan pengguna. cPanel sendiri merupakan bagian dari WHM. Salah satu keunggulan yang dimiliki cPanel yaitu mampu mengatur dan mengelola akun admin dan user VPS dengan mudah dan anti-ribet.

14. DirectAdmin

control Panel VPS Directadmin

Fitur yang dimiliki DirectAdmin:

DNS Bind dan PowerDNS
FTP Ada
EmailAda
Web Server Apache dan Nginx
PHP Versi 5.x hingga 7.x
DatabaseMySQL dan MariaDB
OS LinuxCentOS, RHEL 7, Debian, Ubuntu, RedHat, FreeBSD, dan CloudLinux
Spesifikasi1GHz, 1GB RAM, dan 2GB HDD/SSD

DirectAdmin cukup populer dan menjadi primadona karena memiliki user interface yang ramah pengguna serta mudah dipahami oleh penggunanya. Hadir dalam versi berbayar dengan patokan harga mulai dari $2 hingga $25 per bulannya.

Kesimpulan 

Menggunakan control panel VPS dapat membantu Exabytes Friends dalam menggunakan semua fungsi dan fitur dari VPS. Namun tentu saja setiap control panel memiliki spesifikasi, keunggulan, fitur, hingga harga masing-masing. Oleh karena itu diperlukan pemahaman yang mumpuni terkait apa itu control panel serta fitur apa saja yang dimiliki agar dapat memilih dengan baik sesuai kebutuhan.

Apabila saat ini Exabytes Friends mencari control panel VPS yang full gratis untuk mencoba terlebih dahulu dan menghemat budget, maka dapat memilih CyberPanel dan Virtualmin. Namun apabila VPS yang digunakan memiliki spesifikasi rendah sehingga membutuhkan control panel yang ringan, maka VestaCP dan Ajenti adalah pilihan terbaik. 

Lalu apabila Exabytes Friends membutuhkan control panel VPS dengan spesifikasi cocok digunakan pada sistem operasi Linux dan Windows, direkomendasikan memilih Webmin dan Plesk. Yang terakhir, jika kalian telah memiliki anggaran yang cukup dan menginginkan untuk menggunakan control panel yang profesional namun berbayar serta telah terbukti memiliki banyak pengguna, maka cPanel dan Plesk dapat menjadi pilihan utama. 

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai rekomendasi memilih control panel VPS terbaik. Semoga bermanfaat bagi Exabytes Friends, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan VPS Indonesia juga menyediakan VPS murah, loh! 

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments