Perbedaan VPS dan Cloud Hosting, Mana yang Lebih Baik?

434
Perbedaan VPS dan Cloud Hosting
10 min read

Halo Exabytes Friends! Kalian mungkin memutuskan untuk singgah sejenak dan membaca artikel ini karena membutuhkan informasi mengenai “Perbedaan VPS dan Cloud Hosting”. Tentu saja dengan semakin berkembang pesatnya teknologi website, maka kebutuhan layanan hosting website pun juga semakin marak dicari. 

Ada beberapa layanan hosting yang paling populer dan diminati oleh sebagian besar masyarakat. Layanan hosting tersebut adalah VPS, Cloud Hosting, dan Shared Hosting. Namun pada artikel kali ini hanya akan berfokus pada dua jenis saja yaitu VPS dan Cloud Hosting.

Meskipun tergolong cukup mirip antara VPS dan Cloud Hosting dilihat dari cara setting konfigurasinya, tetapi kedua jenis tersebut tentu saja memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Lalu apakah pernah terbesit pada benak kalian perbedaan antara keduanya? Yuk simak pembahasannya di bawah ini untuk membantu kalian dalam menentukan penggunaan layanan hosting yang tepat dan sesuai. 

Mengenal VPS dan Cloud Hosting

Sebelum membahas secara mendalam mengenai perbedaan antara keduanya, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu VPS dan Cloud Hosting.

Apa Itu VPS?

Sederhananya, VPS adalah sebuah layanan server untuk website yang berbasis virtual dan pribadi sehingga sangat cocok digunakan untuk kebutuhan suatu bisnis atau perseorangan. 

Virtual Private Server (VPS) sebagai pilihan server hosting terbaik untuk menjaga privasi data website.
Virtual Private Server (VPS) sebagai pilihan server hosting terbaik untuk menjaga privasi data website. (Sumber: Shutterstock)

VPS Hosting bekerja melalui sebuah server fisik dengan kapasitas sangat besar. Kapasitas pada server fisik tersebut selanjutnya dibagi sama rata pada beberapa server virtual seperti VPS yang memiliki kapasitas lebih kecil.

Meskipun berada pada satu server fisik yang sama, namun antar VPS tidak akan saling terhubung satu sama lain. Sehingga kalian tidak perlu khawatir adanya kebocoran data atau pihak lain dapat melihat dan mengakses data dan informasi pribadi perusahaan.

Berikut akan dijelaskan contoh sederhana untuk melengkapi pemahaman kalian terhadap VPS. Server fisik yang digunakan pada VPS dapat diibaratkan sebagai sebuah hotel. Sedangkan VPS diterjemahkan sebagai tiap-tiap kamar yang ada di hotel tersebut. Meskipun berada pada hotel yang sama, orang lain tidak akan mengetahui apa yang dilakukan oleh kalian di dalam kamar hotel. Sehingga kalian pun mendapatkan privasi yang aman namun tetap dapat menikmati fasilitas hotel.

Pentingnya VPS untuk website dapat terlihat melalui berbagai kegunaan dan kelebihan yang dimiliki VPS. Jika kalian memiliki website dan membutuhkan kapasitas besar untuk menyimpan dan mengolah data, maka VPS dapat membantu mencapai hal tersebut.

VPS memiliki empat jenis yang biasa digunakan, yakni OpenVZ, KVM (Kernel-based Virtual Machine), HVM (Hardware Virtual Machine), dan Microsoft Hyper V.

Apa Itu Cloud Hosting?

Secara konfigurasi, Cloud Hosting sangat serupa dengan VPS. Namun secara penggunaan server, kedua layanan hosting tersebut sangat berbeda. Sesuai penamaannya, VPS dengan private server-nya hanya menggunakan satu server fisik untuk memenuhi segala kebutuhan hosting.
 
Sedangkan Cloud Hosting bekerja dengan menggunakan beberapa server virtual sekaligus yang dikelola melalui cloud (sesuai namanya “cloud” hosting). Dengan jumlah server yang sangat banyak hingga tak terbatas, memungkinkan pengguna Cloud Hosting tidak perlu melakukan pengaturan apa pun dan hanya tinggal menggunakan layanannya saja.

Apa Perbedaan VPS dan Cloud Hosting?

Perbedaan mendasar antara VPS dan Cloud Hosting terbagi menjadi beberapa aspek, di antaranya yaitu biaya penggunaan, keamanan, ketersediaan, kapasitas, kustomisasi, dan performa server

Baca Juga  Bagaimana Prinsip dan Cara Kerja VPS? Yuk Cari Tahu!

Beberapa aspek tersebut akan memberikan pencerahan dan menuntun kalian untuk menentukan pilihan terhadap penggunaan VPS atau Cloud Hosting. Maka, langsung saja simak pembahasan secara komprehensif pada bagian di bawah ini ya!

Ketersediaan Server

perbedaan VPS dan cloud hosting salah satunya adalah ketersediaan server
Ketersediaan server merupakan aspek penting yang harus diperhatikan ketika memilih layanan hosting. (Sumber: iStock Photo)

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting yang pertama terletak pada ketersediaan server. Cloud Hosting memiliki ketersediaan server yang lebih tinggi dibandingkan dengan VPS. Misalnya ketika tiba-tiba server mengalami down, maka Cloud Hosting akan membagi load pada semua server virtual yang terhubung sehingga performa server tetap stabil. 

Sedangkan hal tersebut akan sulit dilakukan pada VPS karena beban load dari server digunakan secara pribadi oleh masing-masing VPS sehingga tidak dapat dibagi secara merata ketika terdapat kendala server down. Namun pada VPS, cara mengatasi hal tersebut dapat melalui penggunaan beberapa server cadangan sehingga performa VPS tetap stabil.

Kapasitas Server

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting selanjutnya berkaitan dengan kapasitas. VPS memiliki kapasitas server yang lebih fleksibel ketimbang Cloud Hosting. Karena server pada VPS digunakan secara pribadi, maka penambahan dan pengurangan kapasitas dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Penambahan kapasitas (Upgrade dan Scaling) pada VPS dapat dilakukan melalui dua opsi, yaitu horizontal scaling dan vertical scaling. Vertical Scaling identik dengan proses penambahan kapasitas server pada bagian RAM, hard disk, dan operating system.

Sedangkan Horizontal Scaling biasanya dilakukan melalui peningkatan kapasitas layanan VPS (database, hosting email, penyimpanan file penting, atau cPanel dan Plesk Hosting).

Namun seiring berkembangnya teknologi cloud saat ini, penambahan kapasitas server pada Cloud Hosting sudah dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan anti ribet. Ditambah lagi proses upgrade dan scaling pada Cloud Hosting tidak akan mengganggu sistem kerja dan performa dari server website.

Kustomisasi Server

Cloud Hosting menyediakan kemudahan bagi para penggunanya karena segala kebutuhan terhadap pengaturan konfigurasi server sudah dilakukan oleh penyedia jasa Cloud Hosting (disebut dengan istilah fully-managed). Oleh karena itu, para pengguna tidak dapat melakukan kustomisasi server sendiri. Mereka hanya menurut pada setting yang telah dilakukan oleh penyedia jasa. 

Sedangkan VPS menawarkan kemudahan kustomisasi server secara bebas dan mudah, mulai dari pemilihan panel (cPanel, VestaC, Webuzo, atau lainnya) hingga pemilihan jenis VPS (OpenVZ, KVM [Kernel-based Virtual Machine], HVM [Hardware Virtual Machine], atau Microsoft Hyper V). Namun perlu diingat bahwa kustomisasi VPS membutuhkan keahlian teknikal yang tajam seperti kemampuan logical thinking dan penguasaan bahasa pemrograman tertentu. 

Performa dan Kinerja Server

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting yang akan dibahas berikutnya yaitu performa dan kinerja server. Pada dasarnya, VPS dan Cloud Hosting memiliki performa server yang sama-sama bagus. Perbedaannya pada Cloud Hosting pelanggan tidak perlu memikirkan strategi agar performa terus tinggi dan stabil. Karena itu adalah tugas dari penyedia jasa layanan. 

Sedangkan pada VPS yang menggunakan prinsip kerja self-managed, pelanggan memiliki beban penuh untuk melakukan konfigurasi agar performa terus stabil dan tidak down.

Biaya Penggunaan

Alokasi anggaran biaya juga harus diperhatikan dalam memilih layanan hosting.
Alokasi anggaran biaya juga harus diperhatikan dalam memilih layanan hosting. (Sumber: iStock Photo)

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting selanjutnya terkait dengan biaya. Dikarenakan VPS memungkinkan penggunanya untuk menikmati layanan hosting server secara lebih pribadi, maka VPS menawarkan harga yang lebih terjangkau. Sedangkan Cloud Hosting yang menggabungkan beberapa server virtual memiliki patokan biaya yang lebih mahal. 

Namun perbedaan biaya pada VPS dan Cloud Hosting tersebut sangatlah wajar. Mengingat Cloud Hosting menawarkan kemudahan pada pelanggannya sehingga mereka hanya tinggal menggunakan tanpa perlu repot-repot mengatur konfigurasi. Oleh karena itu harga yang ditetapkan untuk berlangganan Cloud Hosting pun cukup merogoh kocek yang dalam.

Baca Juga  Pentingnya VPS untuk Situs Website Berkapasitas Besar

Sedangkan pada VPS yang menyediakan layanan self-managed dimana pelanggan mereka sendiri yang harus mengatur dan melakukan konfigurasi setting VPS, maka harganya pun terbilang sangat ekonomis. Karena pelanggan harus mempelajari dan memiliki keahlian mumpuni dalam penggunaan hosting server.

Keamanan

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting juga terletak pada tingkat keamanannya. Pada VPS, dikarenakan server fisik yang digunakan tidak berhubungan dengan pengguna lain, maka dapat dipastikan keamanan data sangat terjamin. Server fisik yang digunakan pada VPS juga menjamin keamanan data secara fisik karena hanya pihak tertentu saja yang memiliki otoritas untuk mengakses server.

Keamanan data dari VPS juga dapat dipengaruhi oleh sistem operasi yang digunakan (Windows atau Linux). Perbedaan VPS Windows dan VPS Linux dalam segi keamanan tercermin dari sisi konfigurasi yang digunakan. VPS Linux yang menggunakan sistem operasi berbasis UNIX lebih menawarkan keamanan yang terjamin dari segala bentuk ancaman virus atau malware.

Selain dari segi keamanan, tentu saja terdapat kelebihan dan kekurangan Linux lainnya untuk menjadi pertimbangan Exabytes Friends dalam memilih VPS Windows atau VPS Linux. 

Namun Cloud Hosting juga tidak kalah dalam hal keamanan server. Hanya saja karena Cloud Hosting sepenuhnya menggunakan server virtual, maka perlu pengawasan ekstra dalam hal pencurian data online seperti hacking, skimming, phising, dan lainnya.

Perbedaan VPS dan Cloud Hosting: Perbandingan Berdasarkan Keunggulan dan Kelemahan 

Pada bagian artikel sebelumnya telah mengulik secara detail mengenai perbedaan VPS dan Cloud Hosting berdasarkan beberapa aspek utama. Nah, pada bagian kali ini kalian akan lebih memahami tentang keduanya dilihat dari kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Keunggulan dan Kelemahan VPS

Berikut disuguhkan beberapa keunggulan dan kelemahan VPS sebagai bahan pertimbangan Exabytes Friends dalam memilih layanan hosting.

Keunggulan VPS (+)Kelemahan VPS (-)
Memiliki harga terjangkauMembutuhkan keahlian khusus dalam hal konfigurasi VPS hingga bahasa pemrograman
Memiliki performa yang bagus dan stabil karena menggunakan server fisik khususPelanggan menanggung segala aspek keamanan pada VPS
Kustomisasi server dapat dilakukan dengan mudah dan bebasTerdapat risiko server down ketika pengguna lain menggunakan resource besar
Memiliki sistem keamanan berlipat (Offline dan Online)

Keunggulan dan Kelemahan Cloud Hosting 

Di bawah ini menyajikan beberapa poin penting terkait keunggulan dan kelemahan dari Cloud Hosting.

Keunggulan Cloud Hosting (+)Kelemahan Cloud Hosting (-)
Jarang terjadi server downMemiliki harga yang lebih mahal daripada VPS
Tidak membutuhkan keahlian khusus dalam menggunakan Cloud HostingKustomisasi server lebih terbatas dan tidak sebebas pada VPS
Performa dan kinerja erver sangat tinggi dan stabil
Fleksibel untuk upgrade kapasitas server
Keamanan sangat terjamin karena penyedia jasa Cloud Hosting yang melakukan konfigurasi

Manakah yang Lebih Baik, VPS atau Cloud Hosting?

Perlu pertimbangan khusus dan matang dalam memilih antara VPS dan Cloud Hosting.
Perlu pertimbangan khusus dan matang dalam memilih antara VPS dan Cloud Hosting. (Sumber: iStock Photo)

Layanan hosting memegang peranan yang cukup besar dan krusial dalam menjaga kinerja server website tetap stabil. Memilih layanan hosting pun membutuhkan pertimbangan matang agar sesuai kebutuhan dan tidak merugikan. Lalu layanan hosting manakah yang direkomendasikan? VPS dan Cloud Hosting cukup populer dan telah memiliki banyak pelanggan sehingga kedua jenis tersebut sangat direkomendasikan. 

Beberapa perbedaan VPS dan Cloud Hosting yang utama untuk bahan pertimbangan dalam memilih layanan hosting yaitu pada aspek biaya penggunaan, keamanan, ketersediaan, kapasitas, kustomisasi, dan performa server. 

Sebagai tambahan, apabila Exabytes Friends telah memiliki keahlian teknikal dan programming yang memadai, memiliki website dengan load dan trafik yang tinggi, serta lebih nyaman apabila semua data website tersimpan dalam satu server saja, maka VPS adalah pilihan yang terbaik.

Namun jika Exabytes Friends tidak memiliki keahlian teknikal dan programming, sibuk dengan pekerjaan lainnya sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurus hosting, memerlukan fleksibilitas dan kemudahan dalam upgrade hosting, serta menginginkan website selalu online setiap saat, maka Cloud Hosting dapat menjadi pilihan yang tepat.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai perbedaan VPS dan Cloud Hosting. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. 

Selain itu, Exabytes juga menyediakan layanan VPS Indonesia dan VMWare Indonesia, loh! Kunjungi laman tersebut untuk informasi selengkapnya, ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments