Mengapa Digital Marketing Sangat Penting Bagi UMKM?

1520
Digital Marketing Penting Bagi UMKM
9 min read

Digital Marketing adalah salah satu faktor yang menentukan perkembangan usaha, tak terkecuali UMKM. Namun, apakah Digital Marketing mempunyai peran penting bagi UMKM dalam membangun bisnis?

Digital marketing dapat membawa banyak peluang dan pertumbuhan bagi bisnis. Hal ini dapat menyebabkan eksposur dan lebih banyak penjualan. Bagaimanapun, tujuan kamu sebagai pemilik bisnis adalah untuk meningkatkan keuntungan. Jika kamu ingin melihat peningkatan dalam bisnis atau meningkatkan penjualan, kamu harus terjun ke Digital Marketing.

Lalu apakah kamu tahu pentingnya digital marketing khususnya untuk UMKM itu apa saja? Good question, semuanya akan dibahas dalam artikel ini. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Digital Marketing
Digital Marketing (source: Adobe Stock)

Apa itu Digital Marketing?

Saat ini, orang sudah banyak yang menggunakan cara digital marketing untuk melakukan promosi terhadap bisnis yang mereka sedang jalani. Terlebih, sekarang juga sudah banyak pengguna yang melakukan transaksi jual beli melalui platform digital, seperti sosial media, website, email marketing, video marketing, dll.

Seiring dengan meluasnya pemakaian internet dalam kehidupan masa kini, membuat setiap bisnis membutuhkan digital marketing. Secara umum, Digital marketing adalah salah satu cara pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik atau internet yang dipadukan dengan berbagai strategi pemasaran serta berbagai platform media digital yang memudahkan konsumen untuk saling berkomunikasi secara online. 

Digital marketing di Indonesia sudah mulai berjalan sangat luas. Kini, media yang digunakan dalam digital marketing bukan lagi menggunakan cara-cara “tradisional” yang biasanya menggunakan media cetak seperti billboard, banner, flyer atau koran. Para pengusaha pun sudah mengepakkan sayap bisnis mereka ke berbagai platform yang digunakan dalam digital marketing.

Channel Dalam Digital Marketing

Beberapa channel atau media yang digunakan dalam digital marketing yaitu:

Website

Website dapat menjadi perantara komunikasi antara bisnis kamu dengan konsumen. Hal yang terpenting dalam membuat website adalah bagaimana desain, fungsional, dan strategi konten dapat memikat pengunjung dan mengubahnya menjadi pelanggan.

Content Marketing

Dengan membuat konten konsisten, bernilai, relevan, dan engaging bagi audiens., kamu bisa lebih mudah menarik pelanggan. Saat ini rata-rata bisnis menerapkan content marketing, baik melalui blog, video, podcast, e-book, dan sebagainya. 

Social Media Marketing (SMM)

Saat ini, ada banyak platform media sosial yang bisa kamu pilih mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, dan banyak lagi. Lewat media sosial, kamu bisa menarik pembeli, meningkatkan kesadaran orang akan brand bisnismu, bahkan membangun hubungan dengan pelanggan. 

Pay-per-click (PPC)

Pay-per-click merupakan model advertising di mesin pencari seperti Google. Model ini digunakan agar website bisnis kamu muncul paling atas di hasil mesin pencari dengan cara berbayar. Strategi PPC ini bisa menjadi solusi untuk memasarkan bisnismu untuk menawarkan promo-promo tertentu.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO dilakukan jika kamu mau website bisnismu mudah ditemukan calon pelanggan dan mendapat traffic yang tinggi. Berbeda dengan PPC, SEO ini sifatnya jangka panjang yang dilakukan tanpa membayar alias gratis. Salah satu cara menerapkannya dengan memilih kata kunci yang tepat dan memastikan website toko online-mu SEO friendly.

Search Engine Marketing (SEM)

Sama seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan yaitu untuk mendapatkan tampilan website pada halaman utama di mesin pencari seperti Google. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keyword yang ditargetkan di Search Engine Result Page (SERP). SEM dan SEO memiliki perbedaannya masing-masing.

Baca Juga  Tingkatkan Riset Market Bagi UMKM dalam EDD

Singkatnya, SEM merupakan strategi marketing yang berbayar dibandingkan SEO yang lebih organik. SEM diharuskan berbayar karena biasanya SEM menggunakan media Google Ads Indonesia dimana pemasang iklan harus membayar setiap kali diklik oleh visitor atau yang biasa disebut dengan Pay Per Click (PPC).

Email Marketing

Promosi menggunakan email merupakan salah satu cara dari digital marketing yang sudah cukup lama digunakan tapi masih relevan dipakai untuk saat ini. Email marketing membutuhkan biaya kecil tetapi memberikan hasil yang maksimal, selain itu juga dapat memungkinkan komunikasi yang lebih personal.

Video Marketing

Membuat video marketing menjadi salah satu efektif dalam mengenalkan sebuah produk bisnis. Video marketing bisa ditaruh di media sosial ataupun website yang kamu miliki. Hal ini tentu tak luput dari media sosial yang bisa menjangkau banyak kalangan, dan akhirnya membuat sebuah produk menjadi lebih mudah dikenali.

Digital marketing
Digital Marketing (source: Adobe Stock)

Mengapa Digital Marketing Penting Bagi UMKM?

Digital marketing menjadi salah satu bagian yang tidak bisa diabaikan begitu saja oleh para pengusaha dalam membangun usaha awal mereka. Berikut adalah penjelasan mengapa digital marketing penting bagi UMKM.

Mengenal target pelanggan secara online

Suatu bisnis membutuhkan eksposur untuk menemukan pelanggan, dan pasar online adalah cara terbaik untuk mewujudkannya. Saat orang mendengar tentang bisnis kamu, mereka ingin mempelajarinya lebih lanjut. 

Mereka ingin memeriksa kehadiran kamu secara online untuk mengetahui apakah bisnis kamu memang ada. Jika orang tidak dapat menemukan apapun tentang bisnis kamu secara online, kemungkinan besar kamu akan kehilangan mereka sebagai pelanggan.

Menghemat biaya promosi

Digital marketing lebih terjangkau daripada tradisional marketing. Jika kamu adalah bisnis yang memiliki sumber daya terbatas, mengeluarkan uang untuk beriklan secara tradisional tidaklah cukup. Bahkan kebutuhan untuk mencetak brosur untuk bisnis sangat mahal dan menyita waktu. Tetapi dengan digital marketing, bisnis kecil kamu dapat segera memulai prosesnya. 

Mendapatkan ROI yang tinggi

ROI atau Return on Investment digital marketing adalah ukuran untung atau rugi yang kamu hasilkan pada bisnis digital marketing kamu, berdasarkan jumlah uang yang telah kamu investasikan. 

Dengan kata lain, pengukuran ini memberitahu kamu apakah Anda mendapatkan uang dari bisnis pemasaran kamu. Jika kamu memiliki laba atas investasi yang positif, itu berarti bisnismu menghasilkan lebih banyak uang daripada yang kamu belanjakan untuk itu. 

 Memudahkan saat bersaing dengan kompetitor

Para kompetitor juga membangun diri mereka sendiri secara online dan mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke website mereka. Hal ini membantu bisnis kamu untuk memeriksa apa yang dilakukan kompetitor dan kamu dapat  menggunakan apa yang kamu ketahui untuk membuat strategi yang lebih baik guna mengarahkan lebih banyak pelanggan ke website kamu daripada kompetitor lain. 

Dapat menjangkau pelanggan

Salah satu aspek penting dari pemasaran digital adalah layanan pelanggan. Hal ini menunjukan bahwa pakar pemasaran membangun hubungan dengan pelanggan dengan menjangkau untuk menjawab pertanyaan mereka, memecahkan masalah yang mereka hadapi tentang suatu produk, dan mengubah mereka menjadi pelanggan tetap. Ketika kamu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, hal ini dapat meningkatkan bisnis kamu.

Membangun reputasi merek 

Pentingnya digital marketing memberikan bisnis kamu kesempatan untuk menjalinkan hubungan. Hal ini memungkinkan kamu untuk menunjukkan kepada pelanggan atau customer kamu terbuat dari apa bisnis dan bagaimana bisnis kamu dapat membantu kebutuhan mereka.

Mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi 

Tidak seperti tradisional marketing, digital marketing memiliki laba atas investasi yang lebih tinggi dan tingkat konversi yang lebih tinggi, yang berarti memiliki pendapatan yang lebih tinggi. Yang menarik adalah kamu bisa menghabiskan lebih sedikit biaya saat menggunakan digital marketing untuk mempromosikan merek bisnis kamu.

Digital marketing
Digital Marketing (source: Adobe Stock)

Tips Digital Marketing Bagi UMKM

Lalu apa saja sih tips digital marketing yang bisa dilakukan oleh UMKM? Simak di bawah ini.

Baca Juga  Inilah 10 Ide Bisnis Menjanjikan Untuk UMKM!

Membuat dan menyertakan live chat ke website

Website untuk bisnis ibarat wajah atau identitas di dunia digital. Website berfungsi sebagai brosur pemasaran untuk merek dan bisnis yang kamu promosikan. Namun, bukan berarti sebuah website harus dibuat rumit. Menjaga situs web tetap sederhana juga akan membuatnya user-friendly. 

Menyertakan live chat pada website adalah salah satu cara terbaik bagi bisnis kecil untuk mempertahankan keberadaan online mereka. Pelanggan memiliki jadwal yang berbeda-beda, beberapa bekerja sebagian, penuh waktu, atau terlibat dengan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, pelanggan memiliki waktu belanja yang berbeda-beda tergantung pada jadwal mereka.

Bersosialisasi di media sosial

Seiring waktu, media sosial telah berkembang menjadi strategi pemasaran digital utama untuk sebagian besar bisnis. Platform sosial media, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, memberikan peluang tanpa akhir untuk terhubung dengan audiens baru. 

Namun, untuk menjamin kesuksesan, mengembangkan strategi media sosial yang matang adalah penting. Bisnis kecil dapat memanfaatkan platform seperti Facebook dan Twitter untuk menampilkan testimonial pelanggan. Platform ini juga mendorong keterlibatan pelanggan, komunikasi, dan mempromosikan eksposur merek.

Memanfaatkan email marketing

Beberapa pakar pemasaran berpendapat bahwa pemasaran email sudah ketinggalan zaman, banyak bisnis masih melihat keterlibatan yang signifikan. Bisnis kecil dapat memanfaatkan kekuatan pemasaran email untuk meningkatkan hubungan pribadi dengan klien. 

Email marketing adalah kunci dalam retensi pelanggan, terutama karena ini menyediakan ruang untuk menyesuaikan dan mempersonalisasi pemasaran bisnis kamu. Manfaat pemasaran email melampaui kotak masuk email. Strategi pemasaran digital ini sangat bagus untuk bisnis yang ingin memperluas jangkauan dan pengaruh mereka. 

Memanfaatkan video marketing

Dengan kemajuan teknologi saat ini, membuat video menjadi mudah. Smartphone dengan kamera berkualitas memudahkan untuk merekam dan membagikan video kamu secara instan. Namun, kamu harus memastikan bahwa video pemasaran tersebut asli. Sebagian besar penonton cukup paham untuk melihat video mencurigakan atau terlalu dikurasi yang meneriakkan “pemasaran”.

Komunitas atau jaringan digital marketing yang luas

Komunitas atau jaringan digital marketing memegang peranan yang penting dalam proses membangun bisnis kamu. Seorang pengusaha pasti memerlukan bantuan dari pengusaha lain yang satu jalur atau sudah mendahului bisnis kamu. 

Keterbatasan-keterbatasan sebagai seorang pengusaha akan bisa terbantu dengan hadirnya komunitas atau jaringan yang akan membantu dalam mencapai tujuan awal bisnis kamu.

Ilustrasi grafik
Ilustrasi pencapaian target (Sumber: Adobe Photo Stock)

Evaluasi berkala

Evaluasi menjadi suatu hal yang penting karena ketika kamu sedang menjalani proses membangun sebuah bisnis, evaluasi bisa kamu lakukan dalam jangka waktu berkala untuk melihat apa saja yang telah kamu capai dan belum capai, lalu apa saja yang perlu kamu perbaiki untuk dapat mencapai tujuan yang kamu inginkan. 

Lihatlah laporan atau grafik pencapaian yang telah kamu targetkan. Jika sudah mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan, maka evaluasi akan membantu kamu untuk menemukan cara bagaimana untuk mempertahankan pencapaian tersebut.

Seperti yang kita ketahui, digital marketing sangat penting dalam kelangsungan bisnis saat ini. Kamu perlu mengekspos merek kamu ke audiens yang lebih besar jika ingin bisnis kamu berkembang. Digital marketing mungkin terdengar menakutkan pada awalnya, tetapi jika kamu meluangkan waktu untuk mempelajarinya, kamu akan melihat bahwa bisnis kecilmu memiliki banyak potensi untuk berkembang karenanya.

Untuk mempelajari digital marketing lebih dalam, kamu bisa membaca artikel-artikel yang insightful di Blog Exabytes atau mengikuti Event Exabytes karena sering mengadakan acara seputar digital marketing lho.

SME DigitalFest
SME DigitaFest 2.0

Dalam waktu dekat, akan hadir SME DigitalFest dimana event ini diperuntukkan untuk para UKM dan UMKM. Dapatkan wawasan yang menarik, teknik hingga solusi untuk perkembangan UMKM yang akan Go Online. Akan hadir pembicara yang berkompeten dengan topik yang sayang untuk dilewatkan. Jangan sampai ketinggalan, daftar sekarang juga di sini!

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya,

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
faisal
faisal
5 months ago

mantapp bangett