Penting! Apa Itu VMware: Pengertian, Kegunaan, dan Kelebihannya

1005
VMware
6 min read

Hi, Exabytes Friends!

Apakah kamu familiar dengan istilah VMware? Bila suatu saat kamu berkutat dengan software virtualisasi, pasti kedepannya kamu akan menemui atau bersinggungan dengannya.

Maka dari itu, mari kita berkenalan dengan VMware, salah satu software virtualisasi terbaik yang bisa digunakan. Simak selengkapnya di bawah, yuk!

Definisi VMware

VMware
Kantor VMware di Palo Alto, California. (Sumber: Adobe Photo Images)

Untuk penjelasan sederhananya, VMware adalah layanan cloud pengembang software virtualisasi, yang bisa kamu gunakan untuk membuat mesin virtual (VM).

Dengan virtualisasi server VMware, sebuah hypervisor diinstal di server fisik untuk memungkinkan beberapa VM diaktifkan pada satu server fisik yang sama. Setiap VM dapat menjalankan sistem operasinya sendiri, yang memungkinkan beberapa sistem operasional (OS) bisa dijalankan di satu server fisik. Semua VM di server fisik yang sama berbagi sumber daya yang sama pula, seperti jaringan dan RAM.

Nama VMware itu sendiri diambil dari nama perusahaan pembuat software tersebut yaitu VMware, Inc., yang merupakan vendor software cloud computing dan virtualisasi, yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. VMware didirikan pada tahun 1998 oleh Diane Greene, Mendel Rosenblum, Scott Devine, Ellen Wang dan Edouard Bugnion. Hanya berselang 6 tahun kemudian, VMware diakuisisi dan menjadi anak perusahaan dari Dell Technologies, dengan mahar $625 juta.

Hingga penghujung tahun 1998 VMware hanya diawaki oleh sekitar 20-an pegawai. Tapi hanya dalam kurun waktu 20 tahun, perusahaan ini kini memiliki sekitar 31,000 pegawai (data tahun 2020, dilansir dari wikipedia). VMware sejauh ini meraup total pendapatan sebanyak $11,77 miliar, serta laba bersih sebesar $2,05 miliar (data terakhir di tahun 2021, dilansir dari wikipedia).

Siapa Yang Membutuhkan VMware

Pastinya timbul pertanyaan di benakmu. terkait “Siapa yang membutuhkan VMware?” “Apakah bisnis kamu termasuk?”. Dilansir dari situs vmware.com itu sendiri, dinyatakan bahwa kini semakin banyak usaha kecil hingga menengah (UMKM) yang menggunakan virtualisasi untuk mengurangi biaya modal, meningkatkan kelangsungan bisnis, dan membuat operasional mereka lebih responsif.

Di situasi ekonomi yang sulit saat ini, anggaran IT untuk UMKM berada di bawah tekanan. Namun, beberapa investasi di bidang IT menawarkan peluang besar untuk pengurangan biaya, peningkatan produktivitas, dan kesinambungan bisnis yang ditingkatkan. Ini terutama dapat terjadi dengan virtualisasi.

Baca Juga  #WFH Bangun Aplikasi & Website Lebih Efisien dengan VPS Server

Bukan sekadar tentang pengurangan biaya dan kebutuhan sumber daya; virtualisasi juga bisa membuat perusahaan menjadi lebih kuat, gesit, dan responsif terhadap perubahan kondisi ekonomi dan peluang bisnis. Dengan memanfaatkan VMware, bisnis dapat berjalan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan dan menanggapi kebutuhan pelanggan dan mitranya.

Mayoritas perusahaan besar menggunakan layanan VMware dan cocok digunakan untuk:

  • Perusahaan di bidang software komputer
  • Perusahaan IT
  • Penyedia layanan pendidikan
  • Rumah sakit dan pelayanan kesehatan
  • Pelayanan finansial
  • Manajemen sekolah
  • Perusahaan di bidang hardware komputer,
  • Pemerintah
  • Retail

Kegunaan VMware

Menggunakan produk dan layanan VMware untuk virtualisasi memberikan beberapa manfaat, termasuk hal-hal berikut ini, di antaranya:

Meningkatkan Laba Atas Investasi (ROI)

VMware, ROI
VMware bisa meningkatkan ROI bisnis kamu. (Sumber: Adobe Photo Images)

VMware memungkinkan kamu untuk menggunakan lebih banyak sumber daya komputer fisik. Administrator biasanya tidak suka menjalankan beberapa aplikasi misi-kritis pada satu OS server, karena jika satu aplikasi rusak, itu bisa membuat OS tidak stabil dan merusak aplikasi lainnya. 

Salah satu cara untuk menghilangkan risiko ini adalah dengan menjalankan setiap aplikasi di OS-nya masing-masing di server fisik khusus. Namun, metode ini tidak efisien karena setiap OS mungkin hanya menggunakan 30% daya dari CPU server.

Dengan VMware, kamu bisa menjalankan setiap aplikasi di OS-nya sendiri, di server fisik yang sama, sekaligus memanfaatkan daya CPU server fisik yang tersedia dengan lebih baik.Cara ini bisa meningkatkan Return of Investment (ROI) bisnis kamu dengan cukup signifikan.

Menggunakan Ruang dan Energi yang Lebih Efisien

VMware memungkinkan kamu untuk menjalankan lebih banyak aplikasi dengan menggunakan server fisik yang lebih sedikit. Artinya, kamu hanya memerlukan lebih sedikit ruang di pusat data dan juga mengurangi energi untuk memberi daya dan mendinginkan suhunya.

Dukungan Industri yang Kuat

VMware adalah penyedia layanan virtualisasi terkemuka, dengan lebih dari 500.000 pelanggan. Jaringan yang ada terdiri dari 75.000 mitra mendukung pelanggan dengan beragam produk dan layanan tambahan. Ini berarti bahwa ada dukungan industri yang cukup kuat.

Kelebihan dari VMware

Layanan cloud VMware kaya akan fungsi yang bermanfaat, yang memainkan peran penting dalam virtualisasi. Fitur-fitur ini menunjukkan bagaimana VMware dapat menjadi solusi yang tepat untuk virtualisasi bisnis. Kelebihan VMware yang dapat dimanfaatkan oleh banyak pengguna adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Trafik Mulai Tinggi? Yuk, Migrasi Server

Layanan Cloud yang Hemat Biaya

VMware adalah software dengan harga terjangkau yang dapat dibeli dengan mudah oleh sebagian besar bisnis skala besar. Hemat biaya tidak berarti bahwa siapa pun mampu membelinya, tetapi VMware bisa berperan penting dalam membantu pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Ini bisa meningkatkan virtualisasi bisnis, terlebih lagi, VMware memiliki rekam jejak luar biasa. Jadi, jika kamu mencari semua jenis software untuk cloud computing maka kamu harus mencobanya.

Kemudahan untuk Menghapus Mesin Virtual

VMware, mesin virtual
VMware bisa menjadi solusi untuk problema mesin virtual. (Sumber: Adobe Photo Images)

Sama seperti halnya menambahkan fitur mesin virtual, kamu juga dapat menghapus seluruh atau mesin virtual tertentu sesuai kebutuhan. Hanya diperlukan beberapa menit untuk melakukan tugas itu serta membersihkan penyimpanan perangkat kamu.

Setelah menghapus memori virtual, kamu memiliki ruang penyimpanan tambahan, di mana kamu dapat membuat mesin virtual lain. Kemudahan ini adalah salah satu bentuk keuntungan yang signifikan.

Bisa Dimanfaatkan oleh Berbagai Pengguna

Banyak pengguna memakai VMware untuk tujuan yang berbeda. Beberapa pengguna menggunakannya untuk menguji software atau program di lingkungan yang berbeda. Disisi lain, beberapa pengguna memanfaatkannya sebagai mesin virtual dan untuk melakukan praktik latihan hacking (peretasan) yang sesuai dengan etika.

Penutup dan Kesimpulan

Kegunaan dan kelebihan VMware memang memikat, namun dibutuhkan keterampilan dalam penanganannya, karena menggunakan VMware tidaklah mudah bagi siapapun yang tidak memiliki latar belakang teknis. Selain itu, layanan cloud VMware dirancang untuk bekerja pada perangkat kelas tinggi. Jadi jika perangkatmu tidak memiliki sistem terbaik, maka kamu akan mendapatkan kinerja yang rendah.

Dua hal di atas memang patut jadi pertimbangan, tapi nyatanya hingga saat ini tidak ada software lain yang mampu membantu membawa cloud computing untuk selangkah lebih maju ke masa depan, selain daripada VMware. Jadi jika kamu ingin metode paling modern dan menjadi yang paling futuristik dibanding para pesaing, maka hanya VMware lah satu-satunya pilihanmu.

Exabytes Penyedia VMware
VMWare Exabytes

Jika kamu membutuhkan layanan VMWare untuk membangun ketahanan bisnis dan perusahaanmu, Exabytes Indonesia menyediakan layanan VMWare terbaik untukmu. Beragam fitur unggulan yang disediakan mulai dari backup otomatis dengan Veeam hingga tim support 24/7 berpengalaman. Kunjungi Exabytes Indonesia sekarang juga.

Semoga artikel ini memberikan insight yang baru ya tentang VMware. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments