Mana Yang Lebih Baik Untuk Server, CentOS atau Ubuntu?

280
11 min read

Hi Exabytes Friends!

Kamu yang memiliki website pasti tahu bahwa penting banget untuk memiliki VPS demi menunjang kinerja website kamu agar lebih optimal. Nah VPS sendiri dibagi berdasarkan sistem operasinya yakni VPS Windows dan VPS Linux

Jika saat ini kamu menggunakan sistem operasi Linux atau memiliki niatan menggunakan Linux, mungkin kamu merasa bingung untuk memilih distribusi Linux apa yang ada digunakan. Pasalnya sudah seperti yang diketahui bahwa Linux adalah sistem operasi yang open source (sumber daya terbuka). 

Pengguna Linux bisa memperoleh software dan memodifikasinya dengan source code-nya secara legal di bawah lisensi GNU. Linux dianggap sebagai sistem operasi yang kuat dan fleksibel yang cocok untuk pemrograman. Banyak perusahaan menggunakan Linux sebagai platform pengembangan

Di Linux, ada banyak sekali distribusi sistem operasi Linux yang membuatmu mungkin merasa  banyak keraguan karena beragamnya pilihan. Memilih sistem operasi (OS) untuk server bisa jadi sangat menantang. Meskipun kamu mungkin tahu apa yang Anda inginkan dalam hal kinerja dan stabilitas optimal, opsi untuk OS dapat membingungkan.

Mana Yang Lebih Baik Untuk Server, CentOS atau Ubuntu?

Ada puluhan hingga ratusan pilihan distribusi Linux yang berbeda-beda. Salah satu yang paling populer adalah CentOS dan Ubuntu.

CentOS dan Ubuntu ini adalah open source dan sistem operasi yang didukung oleh komunitas gratis. Keduanya juga selalu melakukan pembaruan secara berkala dan memiliki community support.

Mungkin saat ini kamu bingung memilih menggunakan CentOS atau Ubuntu untuk dijadikan server. Untuk itu, dalam artikel ini akan membandingkan keduanya dengan menyoroti perbedaan hingga kelebihan dan kekurangan dari dua distribusi Linux utama ini sebagai server.

Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini 

Apa itu CentOS?

CentOS (Community Enterprise Operating System) adalah salah satu distro Linux yang cocok dipakai dalam skala enterprise atau skala perusahaan. Yang dimaksud dengan distro Linux adalah distribusi Linux yang merupakan bundel dari kernel Linux, program instalasi, basic tools dan program lainnya yang bisa dikembangkan atau dimodifikasi lebih lanjut.

Mana Yang Lebih Baik Untuk Server, CentOS atau Ubuntu?

CentOS merupakan distribusi dari Linux dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) di tahun 2004. RHEL telah menjadi distribusi yang stabil dan dapat diandalkan sejak awal Linux. Sebagian besar telah diimplementasikan dalam aplikasi IT perusahaan kelas atas. CentOS menyediakan sistem operasi yang sangat stabil dan teruji aman secara menyeluruh.

CentOS dapat disesuaikan sesuai dengan penggunaannya dan sudah banyak dipakai di seluruh dunia. CentOs memberikan kemudahan dan kebebasan untuk menggunakan platform komputasi.

Apa itu Ubuntu?

Ubuntu adalah sistem operasi yang dirilis pada tahun 2004 yang dikembangkan oleh Cannonical Ltd. Dasar dari Ubuntu adalah Debian Linux. Ubuntu ini merilis beberapa jenis yaitu ke versi dekstop, server dan core.

Mana Yang Lebih Baik Untuk Server, CentOS atau Ubuntu?

Kata Ubuntu sendiri berasal dari bahasa Nguni Bantu yang memiliki arti “I am what i am because of who we all are (aku adalah aku karena siapa kita semua)”. Arti ini menjadi filosofi Ubuntu untuk membantu orang-orang bawah komunitas Canonical agar mudah digunakan dan memiliki community support yang baik.

Ubuntu menawarkan repositori aplikasi yang kuat. Ubuntu juga sering diperbarui dan dirancang agar lebih intuitif dan mudah digunakan. Selain itu, Ubuntu bisa dikustomisasi dari antarmuka grafis ke paket server web dan keamanan internet.

Perbedaan CentOs dan Ubuntu

Kedua distribusi Linux ini memiliki persamaan dan perbedaan. Untuk persamaannya, fitur utama CentOS dan Ubuntu itu gratis. Jadi kamu bisa mengunduhnya gratis dan memasangnya di server khusus kamu. Setiap versi bisa diunduh atau didistribusikan melalui drive USB yang bisa kamu gunakan untuk boot tanpa membuat perubahan permanen pada sistem operasi. Drive yang dapat di-boot memungkinkan kamu untuk mengecek sistem untuk menjalankan tes sebelum kamu menginstallnya.

Mana Yang Lebih Baik Untuk Server, CentOS atau Ubuntu?

Arsitektur Dasar

CentOS didasarkan pada arsitektur Red Hat Enterprise Linux, sedangkan Ubuntu didasarkan pada Debian. Kedua versi menggunakan manajer paket untuk menyelesaikan dependensi, melakukan instalasi, dan melacak pembaruan.

Baca Juga  WooCommerce 4.0 Telah Hadir! Kenali fitur terbaru dari WooCommerce 4.0 

CentOS menggunakan pengelola paket yum dan menginstal paket .rpm. Ubuntu menggunakan manajer paket apt dan menginstal perangkat lunak dari paket deb. Keduanya bekerja dengan cara yang sama, tetapi paket .deb tidak dapat diinstal pada CentOS – dan sebaliknya.

Yang menjadikan perbedaan adalah terletak pada ketersediaan paket untuk kedua sistem. Beberapa paket tidak akan tersedia seefisien Ubuntu seperti pada CentOS. Saat bekerja dengan developer, sebaiknya kamu cari tahu preferensi mereka karena mereka biasanya cenderung hanya menggunakan satu jenis paket (antara .deb atau .rpm)

Perbedaan lainnya adalah struktur paket software individual. Saat memasang salah satu paket server web seperti contohnya Apache, layanan ini bekerja sedikit berbeda di Ubuntu daripada di CentOS. Layanan Apache di Ubuntu diberi label apache2, sedangkan layanan yang sama di CentOS diberi label httpd.

Software Manager

CentOs dan Ubuntu memiliki sistem manajemen perangkat software yang berbeda. CentOs berasal dari Red Hat dan Ubuntu berasal dari Debian. Untuk CentOs sistem manajemen RHEL mereka adalah RPM (Redhat Package Manager). RPM hanya bisa digunakan dengan mengunduh dan menginstall paket RPM melalui yum (Yellowdog Update Manager) dari repositori pusat.

Sementara Ubuntu yang berdasarkan Debian memiliki sistem manajemen paket yang standar yag disebut Apt (Advance Package Tool). Apt ini berfungsi untuk menjadi software manager. Penggunanya bisa menggunakan paket manajer apt-get untuk mengunduh paket dengan ekstensi .deb.

Software dan cPanel

Jika kamu memakai beberapa paket software untuk instalasi, CentOS jumlahnya lebih sedikit dibandingkan Ubuntu. Repositori Ubuntu mencantumkan puluhan ribu paket software yang tersedia. Sementara CentOS hanya mencantumkan beberapa ribu saja di repositorinya.

Di sisi lain, alat server grafis seperti cPanel hanya tersedia di CentOS meskipun Ubuntu juga memiliki tetapi tidak sebanding dengan CentOs.

Pembaruan

Setiap teknologi yang dikembangkan tentu saja pasti mengalami upgrade seiring berjalannya waktu. Untuk pembaruan CentOs, CentOs jarang melakukan pembaruan. Distro linux ini juga memiliki fitur-fitur yang minim. CentOS didukung selama sepuluh tahun sejak tanggal rilis dan termasuk pembaruan keamanan dan kompatibilitas.

Karena jarang melakukan pembaruan, pilihan software versi terbaru pun kurang lengkap tidak sebanyak dengan Ubuntu. Tetapi kamu masih bisa menginstall software dari pihak ketiga secara manual bila tidak ada di repositori CentOs. 

Sementara Ubuntu sering melakukan pembaruan secara berkala setidaknya 6 bulan sekali dirilis versi barunya. Ubuntu juga menawarkan versi LTS (Long Term Support) setiap dua tahun yang didukung selama lima tahun. juga memiliki interface yang user-friendly dan memiliki kaya fitur. 

Karena Ubuntu sering melakukan pembaruan maka sering juga mengupdate software yang lebih baru ke dalam rilis terkini. Pengguna pun bisa bereksperimen mencoba opsi dan teknologi baru dari Ubuntu.

Stabilitas

Untuk performanya sendiri, kedua distribusi Linux ini sama-sama stabil, dapat diandalkan dan cepat. Tetapi untuk kestabilitas, CentOs lebih unggul dibandingkan dengan Ubuntu,

Hal ini karena CentOs membutuhkan waktu yang lama sebelum merilis versi terbaru. Tim pengembang dari CentOs ingin menguji semuanya termasuk stabilitas. Karena CentOs jarang melakukan pembaruan yang berkala jadi lebih stabil daripada Ubuntu.

Sementara Ubuntu dikenal dengan siklus rilis yang sering dan fitur-fitur terkini. Namun, pembaruan yang sering dan berbagai fitur dapat menyebabkan ketidakstabilan dalam beberapa kasus dan dibutuhkan dukungan yang lebih besar untuk tetap mendapatkan informasi terbaru dengan siklus rilis terbaru.

Keamanan

Siklus rilis pembaruan dapat menentukan tentang keamanan server antara CentOs dan Ubuntu. CentOs jarang melakukan pembaruan yang membuat performanya lebih stabil. Selain itu pengguna CentOs tidak benar-benar membutuhkan banyak fitur. Karena siklus rilis yang lebih lama berarti sistem diperiksa lebih teliti sehingga meminimalisir resiko yang ada yang berarti lebih aman. 

Tetapi bukan berarti Ubuntu tidaklah aman. Tetapi bila memiliki pembaruan yang lebih sering  berarti keamanannya membutuhkan konfigurasi tambahan.

Dukungan dan Pemecahan Masalah

Komunitas Red Hat yang akan membantu dan mengelola masalah bila kamu menggunakan CentOs. Tetapi karena CentOs jarang melakukan pembaruan dan sistem operasi CentOs didukung setiap 10 tahun sejak tanggal rilis membuat pengguna CentOs disarankan untuk membayar lisensi dan dukungan berbayar Red Hat Enterprise.

Sementara itu Ubuntu memiliki komunitas yang luas yang lebih memudahkan dalam hal layanan dukungan. Setiap 6 bulan sekali merilis versi pembaruan sehingga bisa meminimalisir masalah yang ada seperti bugs. Ubuntu juga menawarkan dukungan penuh untuk setiap versi yang dikeluarkan yang dibantu dengan dukungan komunitas yang besar.. 

Baca Juga  Ini Dia Beberapa Tools Praktis untuk Cek Traffic Website yang Super Mudah!

Kemudahan Penggunaan

Server CentOs biasanya diperuntukkan untuk pengguna yang lebih mahir. Biasanya butuh waktu yang lama untuk menggunakan CentOs. Karena biasanya yang menggunakan CentOs yang sudah menggunakan Linux sejak lama sehingga sudah merasa biasa dan nyaman. 

Sementara Ubuntu lebih mudah digunakan karena Ubuntu berusaha untuk membuat sistem yang user-friendly. Ubuntu memiliki interface grafis yang intuitif dan mudah digunakan dengan fungsi pencarian yang praktis. Selain itu, Ubuntu juga rutin memberikan pembaruan sehingga mudah dikelola juga yang didukung oleh dukungan komunitas yang luas yang mencakup panduan cara dan tutorial penggunaan.

Quick Review Perbedaan CentOs dan Ubuntu

Exabytes Friends, kamu bisa melihat tabel di bawah ini untuk rangkuman singkat mengenai perbedaan CentOs dan Ubuntu

FiturCentOsUbuntu
Core SystemBerbasis Red Hat Enterprise Linux (RHEL)Berbasis Debian
Software Manager (package management)YUMapt-get, aptitude
cPanelTersedia / Mendukung cPanelTidak mendukung cPanel (ada yang serupa dengan cPanel, tetapi tidak sebanding dengan CentOs)
PembaruanJarang, beberapa tahun sekaliSering, setidaknya 6 bulan sekali
StabilitasTinggiBagus
KeamananTinggiBagus tetapi butuh konfigurasi yang lebih lanjut
DukunganKomunitas yang kecil tetapi aktif dan siap membantu untuk menyelesaikan masalah.Komunitas yang luas dan aktif yang siap mendukung dan membantu menyelesaikan masalah
Kemudahan PenggunaanExpert, sulit untuk beginner karena biasanya yang menggunakan CentOs yang sudah biasa menggunakan LinuxModerate, bisa digunakan untuk orang yang baru menggunakan Linux dan yang terbiasa menggunakan Ubuntu versi dekstop
Cloud InterfaceCloudStack, OpenStack, OpenNebula OpenStack
VirtualisasiNative KVM SupportXen, KVM
Target Fokus PlatformTarget ke perusahaan besarTarget ke pengguna desktop
KecepatanBaik, tergantung hardware yang digunakanBaik, tergantung hardware yang digunakan

CentOs dan Ubuntu Untuk Penggunaan Perusahaan atau Bisnis

Setelah melihat perbedaan yang telah dipaparkan di atas, kamu jadi tahu perbedaan mendasar mengenai CentOs dan Ubuntu. Lalu bagaimana dengan penggunaan untuk perusahaan atau bisnis?

Jika kamu masih ragu memutuskan untuk menggunakan CentOs atau Ubuntu sebagai server perusahaan atau situs web bisnis, sebenarnya keduanya pun sama-sama bagus. Tetapi untuk beberapa hal, CentOs lebih unggul dan memiliki banyak dengan kinerja yang tinggi dibandingkan dengan Ubuntu.

CentOs memang jarang menawarkan pembaruan yang rutin yang tidak seperti dengan Ubuntu. Alasannya adalah karena pengembang CentOs butuh waktu yang lama untuk menguji dan merilis versi baru. Hal ini guna memastikan kinerja CentOs lebih aman dan stabil. Selain itu sebagian besar panel kontrol disediakan hanya untuk CentOs. Sehingga CentOs lebih dapat dipercaya apalagi bila dijadikan server untuk perusahaan atau bisnis.

Tapi kembali lagi bahwa pengguna CentOs ini rata-rata harus mahir atau expert karena menggunakan CentOs konon lebih sulit bila kamu pengguna baru Linux. 

Jadi, Mana Server Yang Lebih Baik, CentOs atau Ubuntu?

Setelah melihat penjelasan di atas, mungkin kamu sudah bisa menentukan akan memilih yang mana dari keduanya. Tetapi kamu perlu mempertimbangkan dengan memperhatikan perbedaan yang sudah diuraikan.

Baik CentOs maupun Ubuntu sama-sama baik dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Keduanya juga gratis digunakan dan memiliki kecepatan tergantung dari hardware yang kamu gunakan.

Jika kamu pemula dalam menjadi admin server dengan sistem operasi Linux, mungkin kamu akan cenderung memilih Ubuntu setelah melihat uraian di atas. Tetapi jika kamu seorang profesional yang sudah berpengalaman menggunakan Linux, mungkin kamu tertarik menggunakan CentOs. 

Jika kamu suka menerapkan software dan teknologi yang terbaru mungkin kamu akan memilih Ubuntu dibandingkan dengan CentOs dan begitu juga sebaliknya. Jika kamu memiliki perusahaan atau bisnis mungkin kamu akan memilih CentOs karena dianggap lebih stabil dan aman serta bisa diandalkan.

Secara keseluruhan, baik CentOS dan Ubuntu adalah distribusi Linux yang baik. Mereka masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan mereka sendiri, tetapi itu tergantung pada apa tujuan kamu, apa yang kamu butuhkan, dan preferensi pribadi kamu sendiri ketika memutuskan distro Linux mana yang akan digunakan.

Kesimpulan

Seperti yang sudah diketahui, Linux merupakan sistem operasi yang berbasis open source dimana banyak sekali distribusi Linux atau distro yang tersedia termasuk CentOs dan Ubuntu. CentOs dan Ubuntu merupakan distro Linux yang populer yang bisa dijadikan sebagai server.

Ada persamaan dari kedua distro ini yaitu sama-sama gratis dan cepat tergantung dengan hardware yang digunakan. Sementara itu perbedaannya bisa dilihat dari segi arsitektur dasar, software manager, software dan cPanel, pembaruan, stabilitas, keamanan, dukungan dan pemecahan masalah dan terakhir adalah kemudahan penggunaan. CentOs dan Ubuntu memiliki banyak kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kembali kepada kamu akan memilih server yang mana yang terbaik untukmu dengan menyesuaikan kebutuhan kamu. Jika kamu sudah memilih server dan menentukan VPS Linux, kamu bisa mencoba menggunakan layanan VPS Linux SSD dari Exabytes yang bisa menjadi alternatif solusi untukmu bila kamu sedang mencarinya saat ini.

Semoga artikel ini memberi pencerahan dan pengetahuan seputar CentOs dan Ubuntu untuk server. Semoga bermanfaat untukmu ya!

Credit to Audina Chairun Nisa

View her LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/audina-chairun-nisa-760303158

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here