Tampil Beda dengan Domain .TECH, Domain Khusus Website Teknologi!

0
2679

Saat hendak memilih nama domain, ekstensi domain biasanya menjadi pertimbangan penting terlebih di tengah banyaknya pilihan ekstensi domain sekarang ini. Jika kamu hendak menjalankan startup atau ingin memiliki website teknologi, kamu bisa menggunakan domain .TECH.

Domain .TECH mungkin belum sepopuler domain .COM atau domain .ID akan tetapi domain satu sudah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Apabila kamu tertarik untuk menggunakan domain tersebut dan ingin mengetahui lebih dalam tentangnya, mari cari tahu bersama melalui artikel satu ini!

Apa Itu Domain .TECH?

Mengenal apa itu Domain .TECH
Mengenal domain .TECH yang diperuntukkan bagi website teknologi. (Sumber: flickr)

Sudah tahu apa itu domain .TECH? Sesuai namanya, domain ini merupakan ekstensi domain khusus website seputar teknologi baik website pribadi, perusahaan, atau lainnya. 

Domain tersebut sudah ada sejak tahun 2015, jadi sangat wajar jika sudah banyak individu maupun organisasi yang memilih ekstensi domain ini agar sesuai dengan bisnis yang mereka jalankan.

Semenjak disediakan dalam skala internasional sejak 5 Agustus 2015, domain .TECH bahkan tidak butuh waktu lama untuk dapat meraih perhatian pengguna domain. Dalam beberapa hari saja, jumlah pengguna domain tersebut mencapai 270 ribu pengguna.

Dengan demikian, kamu tidak perlu ragu untuk membeli domain tersebut dan kemudian membeli web hosting Indonesia agar website bisa segera dijalankan. Memilih domain satu ini berarti kamu dapat membangun brand yang solid serta identitas online yang berkelanjutan. 

Tidak hanya itu, kamu juga mempunyai ruang untuk mengembangkan bisnis di bidang teknologi tanpa harus mengganti nama website dan ekstensi domainnya di kemudian hari.

Ada beberapa contoh website yang menggunakan domain ini, seperti www.viacom.tech, www.insight.tech, www.ces.tech, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Penggunaan Domain .TECH

Kelebihan domain.TECH
Domain .TECH hadir dengan berbagai kelebihan. (Sumber: flickr)

Sebelum memutuskan untuk menggunakan domain .TECH untuk website teknologi yang akan kamu kelola, akan lebih baik jika kamu sudah tahu apa saja kelebihan domain satu ini. Dengan demikian, kamu akan semakin yakin mengapa domain tersebut adalah pilihan tepat. 

Berikut adalah beberapa kelebihan domain .TECH bagi startup atau website teknologi.

Cocok untuk Website Teknologi

Apabila kamu sedang menjalankan bisnis teknologi atau ingin menyediakan informasi seputar teknologi melalui website atau blog, maka domain .TECH bisa menjadi pilihan tepat. Tech sebagai ekstensi domain di sini artinya adalah teknologi.

Di halaman hasil pencarian, pengguna internet akan langsung mengetahui bahwa website kamu membahas topik atau menawarkan produk dan jasa yang berhubungan dengan teknologi. Ini yang membedakan ekstensi domain .TECH dengan ekstensi domain lainnya.

Karena domain tersebut sesuai dengan produk, layanan, atau informasi pada website, maka kamu memiliki kesempatan yang lebih untuk mendapatkan peringkat yang tinggi. Ini tentunya akan sangat membantu upaya Search Engine Optimization atau SEO yang kamu lakukan. 

Ketersediaan Domain

Mendapatkan nama domain yang sesuai dengan nama bisnis atau tujuan pembuatan website adalah dambaan semua orang. Akan tetapi, ada kemungkinan bahwa domain yang kamu inginkan mungkin sudah tidak tersedia karena orang atau pihak lain sudah terlebih dahulu membelinya.

Di dunia ini, begitu banyak kompetitor yang juga tertarik untuk menggunakan domain yang kamu pilih terlebih dengan penggunaan ekstensi domain populer seperti domain .COM. Namun, kenyataan pahit ini bisa kamu hindari apabila memilih domain .TECH.

Besar kemungkinan nama domain yang ingin kamu beli masih tersedia sehingga bisa kamu pilih untuk website kamu. Ekstensi domain ini menggambarkan tentang apa bisnis yang kamu jalankan atau apa yang kamu lakukan. 

Membantu Branding Bisnis Startup

Sedang menjalankan startup tapi masih bingung dalam memilih nama domain untuk website kamu? Apabila kamu sudah tahu bahwa menggunakan domain .TECH berarti berkesempatan untuk mendapatkan berbagai kelebihan, kamu mungkin akan tertarik memilih domain ini sebagai alternatif dari ekstensi domain lain.

Bagi bisnis, branding merupakan hal yang penting dan hal tersebut bisa didukung dengan penggunaan atau pemilihan nama domain yang tepat. Dengan ekstensi domain ini, kamu bisa memilih nama domain yang pendek, bermakna, menarik, serta mudah diingat untuk bisnis teknologimu. 

Nyatanya, memiliki ide dan produk saja tidak cukup agar brand bisa terkenal terlebih di tengah kompetisi yang semakin ketat. Selalu bermunculan pendatang baru setiap harinya sehingga kamu harus memiliki sesuatu yang berbeda dibanding para pesaing.

Domain .TECH akan membantu kamu menjangkau target audiens sehingga akan semakin banyak calon pembeli atau klien potensial yang datang ke website kamu.

Kesempatan Untuk Mengikuti Startup League

Bisnis tidak melulu soal dana atau modal, bukan? Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan dan persiapkan dengan baik termasuk branding dan lain sebagainya. 

Saat memilih domain .TECH, kamu berkesempatan untuk bergabung dengan startup league, yaitu program yang diselenggarakan oleh Radix khusus untuk pengguna domain .TECH beruntung. 

Dengan begitu, kamu dapat mengikuti event teknologi ternama dunia serta mendapatkan publikasi dari berbagai media. Alhasil, brand atau startup kamu akan semakin dikenal banyak orang tidak hanya di negara asal tetapi juga di berbagai penjuru dunia. 

Selain menarik, ini juga sangat menguntungkan startup kamu karena bisa selangkah lebih maju untuk mencapai tujuan.

Mudah Diingat

Domain .TECH memungkinkan kamu untuk mendapatkan tempat di hati para pengguna internet. Dengan nama domain yang mudah diingat, pengguna tidak akan kesulitan untuk mengakses website kamu dan bahkan akan kembali lagi saat membutuhkan hal yang sama di kemudian hari baik produk, layanan, maupun informasi. 

Potensi yang Besar

Meski tidak bisa menggunakan domain .NET atau domain .COM, kamu tetap bisa menggunakan domain .TECH yang memberikan potensi yang sama besar dengan ekstensi-ekstensi domain populer. 

Potensi tersebut tidak hanya dalam hasil ranking di mesin pencari Google saja tetapi juga untuk dapat menjangkau audiens dan membangun brand. 

Biaya Pendaftaran Terjangkau

Kelebihan lain dari domain .TECH adalah biaya pendaftaran domain begitu terjangkau sehingga kamu bisa membeli domain tersebut bahkan saat memiliki budget yang terbatas. 

Tidak hanya itu, domain murah ini juga tidak memberikan persyaratan khusus untuk menggunakannya sehingga kamu bisa langsung membeli dan menggunakannya. 

Domain .TECH vs Domain .COM: Mana yang Lebih Baik Untuk Startup?

Tampil Beda dengan Domain .TECH, Domain Khusus Website Teknologi! - 2024
Menentukan Domain .TECH atau Domain .COM untuk startup teknologi. (Sumber: flickr)

Saat mendapatkan alternatif domain yaitu domain .TECH, kamu mungkin penasaran apakah domain ini lebih baik dibandingkan domain populer seperti domain .COM atau tidak. Sebenarnya, semua kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing pengguna. 

Domain .COM merupakan domain umum yang digunakan oleh berbagai kalangan dengan jenis website yang beragam.

Namun, jika kamu ingin memiliki domain yang dapat merepresentasikan startup atau bisnis teknologi, maka domain .TECH adalah pilihan yang lebih tepat. Mereka yang tahu bahwa domain ini digunakan untuk berbagai kebutuhan teknologi di dunia online akan mudah mengenali di industri mana bisnis kamu berada. 

Pemilihan domain .TECH maupun domain .COM kembali lagi kepada tujuan dan keinginan kamu. Apakah kamu ingin dikenal sebagai website komersial atau kamu ingin memiliki domain yang merefleksikan inovasi kamu di bidang teknologi. Jawaban yang kamu punya akan membantu kamu memutuskan domain mana yang lebih baik.

Tips Menggunakan Domain Untuk Startup Teknologi

Tips menggunakan domain.TECH
Tips Menggunakan domain untuk startup teknologi. (Sumber: flickr)

Sebelum mengembangkan sebuah website, pencarian dan registrasi domain adalah dua hal yang harus dilalui oleh setiap bisnis. Agar dapat menemukan nama domain yang sesuai dengan bisnis impian, mungkin kamu bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

Batasi Jumlah Karakter Saat Membuat Nama Domain

Dewasa ini, orang-orang lebih senang dengan nama domain yang pendek karena mudah diingat dan mudah diketik. Domain yang pendek juga cenderung menghasilkan trafik yang tinggi. Jadi, saat ingin menggunakan domain .TECH untuk startup atau bisnis teknologi, gunakan nama domain kurang dari 10 karakter.

Hindari Penggunaan Tanda Hubung, Angka, dan Akronim

Tips memilih nama domain selanjutnya yang bisa bisnis teknologi coba adalah menghindari penggunaan tanda hubung, angka, serta akronim. Bagaimana pun juga, nama domain yang mudah dibaca dan diketik akan lebih mudah diingat sehingga semakin besar potensi untuk membawa pengunjung kembali mengakses website kamu di kemudian hari.

Periksa Ketersediaan Nama Domain dan Merek Dagang

Sebelum memilih nama domain apapun, periksa apakah ada merek dagang yang sudah mendaftarkan nama domain tersebut. Kamu juga bisa mengecek ketersediaan nama domain secara online atau dengan bantuan penyedia domain Indonesia

Dengan begitu, kamu bisa menghindari masalah yang mungkin timbul di kemudian hari. 

Kesimpulan

Domain .TECH adalah pilihan ekstensi domain yang juga tidak kalah menarik dan menguntungkan dari ekstensi lain. Domain ini bahkan memberikan kesempatan yang lebih untuk menggunakan nama domain impian yang sesuai dengan bisnis teknologi yang kamu jalankan.

Ingin membeli domain .TECH? Kini saatnya untuk menghubungi Exabytes dan dapatkan domain impianmu sekarang juga!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments