6 Fitur Backup Website Yang Perlu Diketahui

56
Fitur Backup Website
5 min read

Tentunya kamu nggak mau dong kalau file atau data penting tiba-tiba hilang dan nggak bisa ditemukan lagi? Sebenarnya ada lho beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari hal tersebut, salah satunya adalah melakukan backup data.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi atau fitur backup website maupun backup data. Bahkan beberapa di antaranya menawarkan fitur backup gratis. Tak hanya gratis, cara backup data yang ditawarkan pun mudah. Mau tahu apa saja situs-situs tersebut? Yuk, simak artikel selengkapnya di artikel berikut ini!

Ilustrasi fitur backup website
Fitur Backup Website (Adobe Stock)

Pengertian Backup Website

Istilah backup dalam dunia teknologi informasi berarti  sebuah aktivitas pencadangan data master (utama) dengan cara menyalin atau membuat arsip khusus di dalam perangkat yang digunakan. Tujuannya, agar jika suatu waktu data master atau perangkat yang digunakan tersebut rusak, kamu masih dapat mengakses maupun menggunakan kembali data yang telah dicadangkan.

Dengan demikian, kamu tak perlu khawatir jika suatu file atau data hilang secara tiba-tiba atau bahkan tidak sengaja terhapus. Selain itu, pencadangan yang dilakukan menggunakan platform online juga memungkinkan kamu dapat mengaksesnya dari berbagai perangkat yang berbeda. 

Fitur-Fitur Backup Website

Buat kamu yang belum tahu apa saja aplikasi yang menyediakan fitur backup website terbaik, berikut adalah beberapa daftarnya.

Google Drive

Pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan nama layanan penyimpanan cloud yang satu ini? Google Drive merupakan layanan penyimpanan awan milik perusahaan teknologi raksasa Google yang menyediakan ruang penyimpanan sebesar 15 GB bagi penggunanya.

Meskipun dikenal sebagai layanan penyimpanan awan, tapi ternyata Google Drive juga memiliki fitur yang memungkinkan kamu untuk melakukan backup data. Nantinya data yang sudah berhasil di backup akan tersimpan secara otomatis di akun Google Drive kamu.

Dropbox

Selain Google Drive, Dropbox juga menjadi salah satu layanan penyimpanan terbaik di dunia dan menjadi favorit para pengguna perangkat Android, lho. Hal itu dikarenakan Dropbox memiliki proses transfer data yang cepat, bisa digunakan di berbagai perangkat sekaligus, dan mengakomodasi fitur backup otomatis.

Untuk versi gratisnya, kamu hanya akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 2GB. Meskipun begitu, kamu masih bisa melakukan upgrade kapasitas menjadi 16GB. Selain itu, layanan Dropbox juga memiliki fitur sinkronisasi yang memungkinkan kamu untuk mengakses semua file secara real-time lewat perangkat komputer atau smartphone.

iDrive

iDrive adalah sebuah situs yang memungkinkan kamu untuk melakukan backup data dari PC Windows, MAC, iPhone, iPad, ataupun Android. Selain itu, proses transfer dan penyimpanan file yang ditawarkan situs iDrive juga menggunakan enkripsi 256-bit AES sehingga data kamu akan lebih aman nih!

Nggak cuma itu saja, iDrive juga menyediakan laporan aktivitas, laporan status cadangan, dan laporan berbagi file. Layanan ini menyediakan penggunanya ruang penyimpanan gratis sebesar 5GB untuk menyimpan data yang sudah dibackup.

6 Fitur Backup Website Yang Perlu Diketahui - 2021
Fitur Backup Website (Adobe Stock)

SugarSync

SugarSync diklaim sebagai salah satu situs penyedia layanan backup online dan penyimpanan file yang populer. SugarSync bisa kamu pakai secara gratis selama 30 hari, situs ini menawarkan ruang penyimpanan sebesar 5GB untuk penggunanya.

Jika di Dropbox kamu harus mengumpulkan semua file yang akan di backup ke dalam satu folder, maka cara backup data di SugarSync cukup dengan memilih folder mana saja dalam komputer yang akan di-backup atau disinkronisasi.

Selain itu, SugarSync juga memiliki fasilitas file manager yang memungkinkan kamu untuk mengelola semua folder yang ada di penyimpanan awan, komputer, atau smartphone. Dengan begitu, kamu memiliki akses terhadap file-file kamu kapan pun, di mana pun, dan dari perangkat apa pun secara real-time.

One Drive

One Drive merupakan salah satu produk Microsoft yang memberikan layanan penyimpanan awan juga backup dan restore data. One Drive menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis untuk pengguna barunya yang bisa dipakai untuk menyimpan berbagai file seperti foto, video, dan lain-lain.

Tidak hanya itu saja, lewat layanan Onedrive juga kamu tetap bisa mengakses file dari perangkat apa pun yang memiliki koneksi internet. Selain ringkasnya cara backup data yang ditawarkan, kini kamu juga nggak perlu khawatir lagi deh dengan keamanan data penting kamu.

Mozy

Rekomendasi situs penyedia fitur backup data terakhir yaitu Mozy. Buat kamu yang belum tahu, Mozy adalah situs yang menyediakan layanan backup secara online dan tentunya gratis. Kamu bisa memilih tiga jenis backup yang bisa kamu coba secara gratis hingga 30 hari lamanya, backup untuk keperluan pribadi, keperluan kantor berskala kecil, hingga kantor berskala besar.

Mozy menyediakan fitur enkripsi untuk mentransfer data dan penyimpanan awan mereka, lho. Jadi, data penting kamu akan lebih aman deh. Cara backup datanya pun juga mudah dan praktis.

6 Fitur Backup Website Yang Perlu Diketahui - 2021
Fitur Backup Website (Adobe Stock)

Nah, itulah beberapa situs penyedia fitur backup data terbaik yang sudah dirangkum oleh Exabytes. Penting sekali untuk melakukan backup website dikarenakan banyak sekali resiko bila tidak backup website. Beberapa dampak yang dialami bila tidak melakukan backup website antara lain kehilangan data, kredibillitas menurun hingga kerugian pada bisnis atau perusahaan.

Jadi, sudah punya rencana untuk melakukan backup untuk mengantisipasi kehilangan data atau file penting kamu?

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments