Mengapa Backup Website Itu Penting?

59
Mengapa backup website penting
6 min read

Backup website merupakan hal penting yang harus masuk dalam strategi pengembangan bisnis. Karena bagi sebagian besar perusahaan, kehilangan akses ke data berarti penangguhan semua proses bisnis, yang tentunya menyebabkan hilangnya keuntungan, kerusakan reputasi, dan pengeluaran biaya pemulihan.

Data yang disimpan secara digital bisa saja hilang kapan pun. Penyebab hilangnya data juga beragam, seperti adanya kerusakan pada file, hardisk, atau terjangkit virus. Namun, semua hal tadi bisa dicegah dengan cara melakukan backup website Lalu, apa pentingnya? Dan bagaimana perusahaan melakukan backup data? Yuk, simak lebih lanjut artikel berikut ini.

backup website
Backup Website (Sumber: Adobe Stock)

Pengertian Backup Website

Istilah backup dalam dunia teknologi informasi berarti  sebuah aktivitas pencadangan data master (utama) dengan cara menyalin atau membuat arsip khusus di dalam perangkat yang digunakan. Tujuannya, agar jika suatu waktu data master atau perangkat yang digunakan tersebut rusak, kamu masih dapat mengakses maupun menggunakan kembali data yang telah dicadangkan.

Dengan demikian, kamu tak perlu khawatir jika suatu file atau data hilang secara tiba-tiba atau bahkan tidak sengaja terhapus. Selain itu, pencadangan yang dilakukan menggunakan platform online juga memungkinkan kamu dapat mengaksesnya dari berbagai perangkat yang berbeda. 

Mengapa Backup Website Itu Penting? - 2021
Backup Website (Sumber: Adobe Stock)

Jenis – Jenis Backup Website

Backup data memiliki banyak jenis – jenis yang harus kamu kenali. Jenis – jenis ini dapat diterapkan secara mandiri atau dikombinasikan sebagai bagian dari solusi backup data. Berikut beberapa jenis backup data yang sering digunakan perusahaan.

Full Data Backup

Sesuai namanya, jenis ini menduplikasi seluruh data baik yang disimpan dalam bentuk file maupun folder, termasuk data yang sebelumnya sudah di-backup. Meski terdengar sebagai solusi yang ideal, full data backup memiliki kekurangan dalam segi efisiensi. 

Biasanya, jenis backup satu ini memerlukan waktu dan ruang lebih besar. Periode waktu yang digunakan untuk memulihkan data juga relatif lebih lama. Dibanding melakukan full backup dalam satu waktu, jauh lebih efektif untuk membackup data secara berkala atau menjadikan metode ini sebagai bagian dari sistem backup kamu.

Incremental Data Backup

Incremental data backup hanya mengembalikan data yang diubah sejak backup terakhir. Metode ini dikenal lebih hemat waktu dan tempat penyimpanan, karenanya sering dikombinasikan dengan full backup.

Baca Juga  3 Cara Backup Website di cPanel Secara Lengkap

Namun, sama halnya seperti full backup, proses yang dibutuhkan untuk mengembalikan data dapat memakan waktu lama karena kerap melibatkan repetisi backup sebelumnya yang tentu membutuhkan proses rumit.

Mirror Data Backup

Mirror data backup dinilai unggul dari segi kapasitas penyimpanan dan proses pemulihan data. Namun, metode ini tidak dapat menjamin keamanan data jika terjadi kehilangan atau kerusakan. 

Pasalnya, hanya data asli yang tersimpan dalam backup. Jika ada file yang hilang atau rusak, data tersebut dapat hilang juga dalam proses backup.

On-Site Backup

Untuk melakukan on-site backup, perusahaan memerlukan ruang penyimpanan dan perangkat khusus dalam satu gedung. Keunggulannya, on-site data backup menawarkan perlindungan yang maksimal dari virus dan peretas karena pemilik memiliki akses penuh terhadap data. 

Sayangnya, kamu akan memerlukan biaya besar untuk menyediakan ruang penyimpanan yang besar, juga biaya antisipasi jika terjadi bencana.

Online Cloud Backup

Memanfaatkan teknologi komputasi awan, jenis backup online dinilai paling ideal saat ini untuk menjamin keamanan data. Online cloud backup sangat berguna terutama dalam hal memperbarui sistem IT, mengganti peran komputer pada proses backup, serta menghindari resiko pencurian atau perusakan data secara langsung.

Cloud backup berjalan di sistem SaaS yang dapat mempermudah pengolahan data serta pembaruan secara real-time tanpa harus mengganggu proses operasional perusahaan.

Salah satu yang layanan cloud yang bisa digunakan untuk backup adalah dengan Dropbox. Dropbox adalah layanan penyimpanan awan (cloud) untuk menyimpan file di server cloud dan dapat disinkronkan serta dibagikan ke beberapa orang.

Mengapa Backup Website Itu Penting? - 2021
Backup Website (Sumber: Adobe Stock)

Mengapa Backup Website Itu Penting?

Ada beberapa alasan kenapa backup website itu penting dilakukan. Di bawah ini, Exabytes telah menyiapkan alasan kenapa backup website perlu dilakukan. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Resiko Terjadinya Peretasan Pada Website

WordPress memang sudah dilengkapi dengan pengamanan yang sudah cukup baik. Tetapi, WordPress yang bersifat open source yang memungkinkan para hacker bisa melihat celah keamanan yang terjadi pada website kamu. Apabila para hacker sudah mengetahui kelemahan keamanan pada website bisa saja website tersebut menjadi sasaran peretasan yang mudah.

Human Error

Hal ini bisa terjadi kepada siapa saja, kesalahan saat sedang menghapus data yang tidak diperlukan terkadang tidak sengaja juga malah menghapus data penting secara permanen, maka dari itu kenapa backup website sangat penting dilakukan sebagai antisipasi Human Error.

Baca Juga  Catat! Ini 10+ Resiko Bahayanya Tidak Melakukan Backup Website

HDD / SSD mengalami kerusakan

Hard disk drive (HDD) umumnya digunakan untuk menyimpan data-data yang berukuran besar. Begitu juga dengan SSD (Solid state drive). Disana banyak sekali data yang tersimpan dengan berbagai ukuran dan jenis file. Namun kita tak bisa mengesampingkan resiko fatal jika terjadi sesuatu pada SSD atau HDD yang kamu miliki, untuk itu lakukanlah backup data dengan menggunakan teknologi cloud agar data kamu aman.

Virus dan Malware

Virus dan malware bisa terjadi karena ada beberapa program yang dikirim ke komputer bisa saja dapat merusak atau menghilangkan data pada website. Cara kerja dari Virus dan malware adalah dengan menyusup ke sistem yang bisa mengakibatkan website down.

Website Bisa Down

Kehilangan data website bisa terjadi saat website kamu down. Hal  ini akan berakibat buruk jika kamu tidak melakukan Backup data website. Karena hal ini tidak bisa diprediksi kapan terjadinya.

Kehilangan Data Penting

Ketika website mengalami peretasan atau terjadi human error, HDD yang mengalami kerusakan dan beberapa hal lainnya bisa menyebabkan kehilangan data penting. Data-data ini bisa seperti data client atau data penting yang ada di website kamu.

Kehilangan data merupakan hal terburuk ketika menyepelekan backup website. Jika sudah kehilangan data, bisnis yang kamu kelola pun akan mengalami kerugian dan beberapa resiko lainnya karena tidak backup website. Di antaranya seperti penurunan pendapatan dan kehilangan kepercayaan dari client kamu.

Karena itu, untuk menghindari kejadian terburuk kehilangan data sebaiknya mulai membuat cadangan atau backup website dari sekarang. Lebih baik untuk mencegah daripada mengobati, bukan?

Nah, itulah sekilas artikel mengenai alasan pentingnya backup data dalam sebuah website. Meski terdengar sepele, hal yang satu ini perlu dilakukan secara rutin agar kamu terhindar dari resiko terburuk ke depannya.

Untuk meminimalisir kehilangan data, pasti perlu melakukan backup. Bagi kamu pengguna VPS Exabytes, Exabytes menyediakan layanan penyimpanan cloud yaitu R1SoftBackup for VPS. Penyimpanan cloud ini berkapasitas besar yang cocok untuk website kamu. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi langsung tim Sales Exabytes di WhatsApp Official kami.

Sekian penjelasan mengenai backup website. Semoga kamu menambah insight baru tentang website yang perlu diketahui ya.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments