3 min read

Haii Exabytes Friends!

Mumpung hari ini hari Jumat, kita cerita-cerita sedikit yuk! Setelah 2 tahun beroperasi di Indonesia akhirnya Exabytes secara resmi membuka kantor baru di Yogyakarta pada 1 Oktober 2018 yang lalu. Bisa dibilang perkembangan Exabytes cukup cepat dan positif dengan dibukanya kantor ke-2 Exabytes di Indonesia dalam waktu yang cukup singkat.

Nah, penasaran ga si kalian Kenapa Exabytes Indonesia bisa berkembang begitu cepat & memutuskan untuk membuka kantor cabang di Jogja?

Mulai Blog Terbaikmu

Yuk kita simak obrolan dengan Mas Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia.

Apa yang membuat Exabytes membuka kantor cabang setelah baru 2 tahun beroperasi di Indonesia?

Jogja merupakan satu dari kota besar di Indonesia yang memiliki potensi yang besar yang dapat menunjang kemajuan digital terutama dalam hal potensi sumber daya manusianya. Setidaknya Jogja mencetak ribuan talent baru setiap 3 bulan sekali, diantara mereka tidak sedikit yang ingin terjun ke industri digital baik sebagai bagian dari perusahaan maupun membangun Start-up nya sendiri. Kehadiran Exabytes, diharapkan dapat menyerap talent tersebut untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan juga untuk berkolaborasi dengan start-up baru dengan melalui pendekatan partnership. Melakukan kolaborasi dan juga memberikan solusi teknologi yang dapat diandalkan. Sehingga startup tersebut dapat fokus untuk berinovasi di core business-nya sehingga dapat mempercepat pertumbuhan dari bisnis itu sendiri.

Menurut Mas Indra sendiri apa yang membuat perkembangan Exabytes Indonesia begitu cepat?

Fokus dan inovasi. Menurut saya, dua kata tersebut menjadi kunci perjalanan Exabytes. Kami memiliki kemauan yang kuat untuk membantu UKM dengan memberikan solusi terbaik yang terjangkau bagi mereka. Disamping itu kami juga berkomitmen untuk melakukan edukasi mengenai teknologi digital melalui seminar dan workshop yang rutin diselenggarakan. Baik yang skala kecil, maupun yang skala besar. Kami berharap dengan komitmen kami tersebut dapat menunjukan keseriusan Exabytes membantu start-up dan UKM yang sudah go digital.

Inovasi terbaru yang kami lakukan dengan meluncurkan aplikasi mobile Exabytes yang memudahkan pelanggan kami melakukan banyak hal yang berkaitan dengan pelayanan dan pembayaran invoice. Kedepannya, aplikasi tersebut akan dikembangkan dengan tambahan fitur menarik khusus hanya untuk pelanggan Exabytes.

Faktor apa si yang membuat Mas Indra dan tim managemen yakin bahwa Exabytes sudah ready untuk punya kantor cabang?

Sebetulnya tidak ada faktor khusus yang mendorong kami membuka kantor cabang. Awalnya kami melihat kebanyakan dari tim support kami berasal dari luar daerah, dan kedepannya kami melihat Jakarta mungkin bukan lagi tempat yang kondusif untuk mengembangkan tim teknis yang dapat bekerja 24/7 melayani pelanggan kami. Sehingga kami mencari alternatif lokasi untuk kantor kedua kami.

Nah, sekarang mengenai pemilihan lokasi. Mengapa Jogja? Apa potensi yang dilihat dari kota Jogja?

Kalau boleh jujur ya, ini lebih ke pertimbangan saya personal. Saya menghabiskan waktu cukup lama di Jogja selama masa kuliah. Dari situ kurang lebih kenal dengan kondisinya, saya juga punya beberapa teman dan kolega yang berasal dari Jogja. Sebenernya alasannya lebih ke personal preferences ya? Haha. Tapi alasan itu terbukti tepat. Karena dari persiapan, proses perekrutan/wawancara, hingga kantor jogja mulai beroperasi dengan tim yang beranggotakan 6 orang. Saya hanya butuh waktu kurang dari 1 bulan.

Ada berapa jumlah tim di Exabytes Jogja?

Saat ini kami sudah beranggotakan 9 orang dibulan Desember ini

Apakah sering diadakan kegiatan-kegiatan untuk UKM juga di kantor Exabytes Jogja?

Kami melihat ada pelanggan kami dan orang yang setia mengikuti informasi mengenai Exabytes Digital Day yang selama ini hanya diadakan di Jakarta, namun mereka tidak memiliki kesempatan untuk menghadirinya. Dengan adanya kantor di Jogja, kami dapat menyapa mereka dengan mengadakan kegiatan-kegiatan seperti EDD. Tentunya, saya juga sangat gembira dan mendukung tim saya untuk lebih banyak mempunyai kegiatan bermanfaat di Jogja

Sejauh ini bagaimana rasanya berkantor di Jogja?

Nyaman dan hommy banget

Apa harapan Mas Indra kedepannya dengan dibukanya kantor cabang Jogja?

Harapannya sudah pasti, membantu lebih banyak start up dan UKM di Jogja. Saya ingin, kehadiran Exabytes disana tidak sekedar ada keuntungan buat kami, namun juga terasa manfaatnya bagi komunitas dan pelaku ecommerce disana. Karena bagi kami, hanya ketika bisnis dari pelanggan kami tumbuh dan profitable, ketika itu juga Exabytes dapat tumbuh besar bersama mereka.

Mulai Blog Terbaikmu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here