Jenis Iklan Berdasarkan Isi, Media, Fungsi dan Contohnya

43
banner digital marketing

Pada dasarnya, iklan bukan lagi merupakan istilah yang asing. Dari waktu ke waktu, kita sudah terbiasa mendengar istilah satu ini. Namun, bagaimana dengan jenis iklan? Apakah kamu tahu apa saja jenis iklan yang bisa dipilih oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk atau jasanya?

Nah, jika kamu kali ini semakin penasaran dengan jenis iklan berdasarkan isi, media, fungsi, serta apa saja contohnya, mari kita coba ulas melalui artikel ini.

Sekilas tentang Apa Itu Iklan

apa itu iklan
(Sumber: shutterstock)

Meski istilah iklan tidak lagi asing bahkan di telinga anak-anak, tetapi apakah kamu bisa mendeskripsikan apa itu iklan? Iklan merupakan kegiatan promosi yang tujuannya untuk menginformasikan produk atau layanan kepada target audiens. Tujuan lain dari iklan adalah menjual atau mempromosikan namun tergantung dari jenis iklannya.

Iklan merupakan salah satu bentuk pemasaran tertua agar bisa memengaruhi konsumen agar tertarik untuk menggunakan produk atau jasa tertentu.

Secara umum, iklan memiliki berbagai tujuan, yaitu memberi informasi, membujuk, mengingatkan, serta penambahan nilai.

Jenis-jenis Iklan

Setelah mengetahui apa itu iklan, kini saatnya untuk lebih jauh mengenal berbagai jenis iklan. Padahal nyatanya, berbagai jenis iklan begitu familiar dan sering kita jumpai bahkan saat berkendara atau berkeliling kota seperti pada baliho, banner, atau pun televisi berukuran besar sepanjang jalan.

Saat mengakses internet pun, kita tidak jarang disuguhkan dengan iklan produk maupun jasa seperti saat mengakses YouTube atau media sosial.

Di mesin pencari seperti Google sekalipun, tidak sedikit iklan yang muncul di layar perangkat yang tentunya berkaitan atau relevan dengan kata kunci yang kamu ketikkan, bukan?

Lalu, bagaimana cara membedakan jenis iklan? Berikut adalah jenis-jenis iklan berdasarkan isi, media, serta tujuan lengkap dengan berbagai contohnya.

jenis-jenis iklan
(Sumber: shutterstock)

Jenis-jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Berbicara tentang jenis iklan, apa saja jenis iklan yang kamu ketahui? Iklan memang berbagai jenis namun biasanya diklasifikasikan berdasarkan hal tersebut. Misalnya berdasarkan isinya, ada beberapa jenis iklan, seperti:

Iklan Layanan Masyarakat

Jika dilihat berdasarkan isinya, salah satu jenis iklan yang biasa kita lihat adanya iklan masyarakat. Iklan satu ini berisi informasi atau himbauan kepada masyarakat tentang suatu hal yang tujuannya untuk kepentingan bersama.

Meski tampak konvensional, iklan masyarakat memiliki sejumlah kriteria yang harus dipenuhi. Seperti namanya, iklan ini bukanlah merupakan iklan komersial jadi tidak bertujuan mencari keuntungan. Kriteria lain dari iklan jenis satu ini adalah bersifat umum yakni ditujukkan kepada masyarakat.

Adapun beberapa contoh iklan layanan masyarakat yang sering kita jumpai adalah iklan pentingnya menaati tata tertib berlalu lintas, anti berita hoax, dan lain sebagainya. Iklan ini diajukan oleh organisasi atau lembaga tertentu.

Iklan Penawaran atau Niaga

Jika iklan layanan masyarakat tidak bertujuan untuk mencari keuntungan, lain halnya dengan iklan penawaran atau niaga. Tujuan dari iklan ini adalah menarik masyarakat atau khalayak agar nantinya membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah brand atau perusahaan.

Jadi, tidak heran jika saat ini semakin banyak iklan yang menawarkan produk fashion termasuk baju, tas, dan lainnya. Bahkan tidak jarang pula kita bisa melihat iklan di berbagai platform media sosial yang tidak hanya menawarkan produk tetapi juga jasa, misalnya jasa pembuatan website.

Bisnis, brand, atau perusahaan yang ingin mengiklankan produk atau jasanya melalui media sosial seperti Facebook, tentunya bisa memanfaatkan Facebook Ads. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menjangkau audiens yang ditargetkan. 

Belum pernah membuat iklan Facebook Ads sebelumnya? Jangan khawatir karena kamu bisa belajar Facebook Ads dengan mengikuti dan memahami panduan lengkapnya di artikel ini.

Iklan Permintaan

Jenis iklan lainnya jika dilihat berdasarkan isinya adalah iklan permintaan. Iklan ini ditujukan kepada audiens tertentu agar tertarik untuk bekerja sama dengan pengiklan. Adapun tujuannya dari jenis iklan ini adalah menjalin hubungan yang menguntungkan dua belah pihak.

Dewasa ini, kita sering menjumpai iklan lowongan pekerjaan di berbagai portal loker. Nah, informasi seputar lowongan kerja yang kamu temukan merupakan salah satu contoh dari jenis iklan permintaan. Agar lebih jelas, kamu juga bisa mencari beberapa contoh lain. 

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kamu untuk bisa memahami seperti apa iklan permintaan.

Iklan Pemberitahuan atau Pengumuman

Iklan pemberitahuan juga dikenal dengan sebutan iklan pengumuman. Seperti namanya, iklan ini bersifat memberitahukan berita yang penting dan harus diketahui oleh masyarakat atau target pasar. 

Ada beberapa contoh iklan pemberitahuan, diantaranya adalah iklan lelang, iklan seminar, iklan reuni akbar, dan lainnya.

Jenis-jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Selain berdasarkan isi, jenis iklan terbagi berdasarkan medianya. Kira-kira apa saja jenis iklan berdasarkan medianya? Rasanya, hal satu ini sudah dipelajari sejak kita duduk di bangku sekolah. Namun, untuk lebih jelasnya atau mengingatkan kembali, berikut adalah beberapa jenis iklan berdasarkan medianya:

Iklan Televisi

Siapa yang tidak tahu televisi? Alat elektronik satu ini merupakan salah satu media untuk menyiarkan iklan maupun hiburan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Hingga saat ini, masih banyak orang yang setia menjadi penikmat hiburan melalui televisi. Jadi, iklan televisi juga masih banyak dijumpai.

Iklan televisi menyampaikan informasi lebih detail dengan karakteristik tertentu. Seperti memiliki gambar bergerak dan suara. Ternyata, iklan satu ini dinilai sebagai jenis iklan yang mudah dipahami karena adanya perpaduan antara audio dan visual.

Beberapa contoh iklan televisi adalah stop action, live action, caption, animation, dan lain sebagainya.

Iklan Radio

Sebelum adanya televisi, orang-orang jaman dahulu mungkin jauh lebih familiar dengan iklan radio. Seperti namanya, iklan radio merupakan jenis iklan yang menggunakan radio sebagai media penyiarannya.

Seperti layaknya menikmati hiburan atau berita melalui radio, iklan radio juga hanya tersedia berupa suara. Jadi, tidak ada gambar atau teks yang bisa kamu lihat. Contoh iklan radio juga sangat bervariasi, seperti iklan produk atau jasa, iklan layanan masyarakat, dan lain sebagainya. 

Iklan Elektronik

Jenis iklan selanjutnya jika dilihat berdasarkan medianya adalah iklan elektronik. Iklan satu ini menggunakan berbagai media seperti televisi, radio, atau lainnya. Bentuk iklannya juga sangat beragam mulai dari audio atau video agar bisa menyampaikan pesan dari sebuah iklan.

Iklan Internet

Seiring dengan teknologi yang semakin berkembang, iklan juga bisa disiarkan menggunakan media lain, yaitu internet. Iklan internet merupakan iklan yang bisa kamu jumpai di berbagai platform yang memanfaatkan koneksi internet.

Jadi, tidak perlu heran jika kamu sering melihat iklan saat mengunjungi website atau media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, atau sosmed lain. Iklan internet juga muncul saat seseorang mencari produk atau jasa melalui mesin pencari. 

Nah, iklan ini disebut dengan Google Ads apabila pengiklan menargetkan pengguna Google sebagai audiens.

Untuk bisa memasang dan mendapatkan manfaat dari beriklan di mesin pencari Google, kamu bisa menggunakan jasa Google Ads dari Exabytes.

Namun, bagi kamu yang ingin terlebih dahulu mengenal lebih jauh apa itu Google Ads, bisa membaca artikel ini.

Iklan Media Cetak

Jenis lain dari iklan berdasarkan medianya adalah iklan media cetak. Melihat dari namanya saja, kamu mungkin bisa langsung mengenali kalau iklan satu ini memerlukan media yang harus dicetak, seperti koran, poster, baliho, dan lainnya.

Singkatnya, setiap iklan yang kamu cetak dan kemudian bagian kepada target pasar merupakan iklan menggunakan media cetak. Meski di era digital ini sudah hadir iklan internet, namun iklan media cetak masih bisa dijumpai di beberapa tempat atau lokasi tertentu.

Jenis-jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Lalu, apa saja jenis iklan jika dilihat dari tujuannya? Meski sudah banyak jenis iklan yang kamu jumpai dari hari ke hari, namun bukan berarti kamu sudah benar-benar mengenal apa saja jenis iklan, bukan? Berdasarkan tujuannya, berikut adalah jenis-jenis iklan yang ada:

Iklan Komersial

Iklan komersial biasanya begitu melekat di ingatan karena dalam satu hari saja kita bisa melihat iklan yang sama secara berulang di berbagai media berbeda termasuk televisi dan internet. 

Tujuan dari iklan komersial adalah mencari keuntungan secara finansial. Iklan tersebut dibuat untuk memengaruhi penjualan yang diharapkan akan lebih tinggi dari sebelumnya.

Iklan komersial bisa dibedakan atas iklan konsumen, iklan profesional, dan iklan bisnis. Adapun target dari masing-masing iklan berbeda-beda sehingga iklan diharapkan bisa tepat sasaran. 

Target utama dari iklan konsumen adalah pengguna akhir atau konsumen, sementara target utama dari iklan bisnis adalah lembaga yang menjadi penyalur produk. Adapun iklan profesional merupakan iklan yang bertujuan mencari keuntungan bisnis dengan sasaran utamanya para pelaku profesional.

Iklan Non-komersial

Berdasarkan tujuannya, kita juga bisa melihat jenis iklan non-komersial, dimana iklan dibuat bukan untuk tujuan mencari sebanyak mungkin keuntungan. Melainkan berupa informasi yang diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat baik berupa bujukan maupun edukasi. 

Meski tidak berfokus pada keuntungan komersial, tetapi iklan non-komersial diharapkan bisa memberikan keuntungan bersama yang juga disebut sebagai keuntungan sosial bagi semua lapisan masyarakat. Biasanya, iklan ini dibuat agar bisa membenahi atau memperbaiki suatu hal yang akan memberikan dampak positif di kemudian hari.

Beberapa contoh dari jenis iklan non-komersial diantaranya adalah iklan keluarga berencana, iklan pendidikan, dan iklan menanam pohon.

Kesimpulan

Nah, setelah mengetahui apa saja jenis iklan berdasarkan isi, media, dan fungsinya, tentunya kamu akan semakin memahami perbedaan setiap jenis iklan. Terlebih dengan contoh yang akan semakin memudahkan kamu dalam mempelajari jenis iklan secara lebih jauh.
Nah, untuk bisnis online yang ingin menjangkau lebih banyak konsumen, bisa memilih beriklan secara digital seperti Facebook Ads atau Google Ads. Keduanya tersedia di Exabytes dan bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments