Apa Itu FTP Server? Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

41
blog exabytes

Apa itu FTP Server? FTP Server adalah layanan server yang menjalankan aplikasi atau software saat terjadi proses pertukaran data ke FTP Client.

Saat terjadi proses pertukaran informasi dalam komputer, ada peran penting FTP di situ. Apa yang dimaksud dengan FTP? FTP atau File Transfer Protocol berperan untuk memudahkan proses pertukaran data walaupun dari jarak jauh. FTP dirancang untuk menciptakan sambungan ke server internet tertentu atau komputer. Setelah itu, pengguna bisa melakukan download atau upload data dari dan ke server. 

FTP bisa diatur agar menjadi layanan yang memungkinkan untuk digunakan oleh banyak orang. Dengan begitu, semua orang bisa mengakses data dalam suatu komputer dengan mudah. Walaupun memungkinkan semua orang untuk mengakses, namun keamanan FTP terjamin. Hanya klien-klien yang terdaftar dan memiliki izin saja yang bisa mengaksesnya.

Terdapat dua jenis FTP, yaitu FTP Server dan FTP Client. Apa beda keduanya? FTP Server merupakan server yang menjalankan aplikasi agar bisa menyediakan layanan pertukaran data saat ada permintaan dari FTP Client. Sedangkan FTP Client adalah komputer yang digunakan saat melakukan aktivitas seperti download, upload, rename, delete, dan lain sebagainya. FTP Server banyak dimanfaatkan untuk melakukan pertukaran data karena dianggap lebih mudah daripada menggunakan perangkat kabel atau fisik.

Nah, artikel ini akan membahas secara lebih dalam tentang apa itu FTP Server, mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara menggunakannya. Yuk simak selengkapnya!

Apa itu FTP Server?

Apa Itu FTP Server?

FTP Server adalah layanan server yang menjalankan aplikasi atau software saat terjadi proses pertukaran data ke FTP Client. Tugas utama FTP Server ada dua, yaitu “get” dan “put”. Bagaimana maksudnya? Get atau mengambil maksudnya adalah kamu bisa mengambil data dari server. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan (put) data tersebut di server. 

Misalnya, ketika kamu mengunggah data, maka data tersebut akan diteruskan dari perangkat pribadi kamu atau disebut dengan FTP Client ke FTP Server. Saat kamu mengunduh data, terjadilah sebaliknya. Data yang kamu unduh akan diteruskan dari FTP Server ke FTP Client atau perangkat pribadi milikmu. Agar proses pertukaran data ini bisa berjalan dengan lancar, maka FTP Client harus tersambung ke FTP Server. 

FTP seringkali digunakan pada lingkungan kerja. Dengan FTP, transfer data bisa dilakukan dengan mudah karena remote. Pengguna tidak perlu berjalan atau berpindah tempat hanya untuk mengirimkan data. 

Karena sifatnya yang strategis untuk memudahkan pekerjaan kantor, maka FTP Server yang bisa dioperasikan di Windows didistribusikan secara komersial. Kamu harus membeli lisensi terlebih dahulu untuk bisa memakai software FTP Server komersial yang banyak ditawarkan.

Cara kerja FTP yaitu dengan mengandalkan autentikasi standar yang meminta pengguna memasukkan username dan password agar bisa mengakses data. Dengan username dan password yang diberikan oleh FTP ini, kamu bisa dengan leluasa untuk mengunduh, mengunggah, menyalin, memindahkan, membuat, hingga menghapus data yang ada di direktori. 

Singkatnya, cara kerja FTP terdiri dari dua langkah. Pertama, FTP Client akan meminta koneksi pada server. Setelah terhubung, maka proses pertukaran data dari FTP Server baru bisa dilakukan.

Fungsi FTP Server

Fungsi utama FTP Server adalah untuk melakukan upload data dan menerima permintaan dari FTP Client. Selain itu, fungsi lainnya adalah bisa membuat cadangan data website dengan mudah. FTP Server juga memungkinkan untuk melakukan transfer data dengan ukuran yang besar dalam waktu yang cukup singkat. 

Fitur yang dimiliki FTP memungkinkan untuk melakukan pengiriman data dan informasi secara dua arah. Misalnya, saat sebuah kantor menggunakan FTP, maka direktur bisa mengirimkan data kepada manager atau staff lain. Begitu pula sebaliknya, staff dan manager juga bisa mengirimkan data kepada direktur.

Bahkan, dengan menggunakan FTP, kamu bisa melakukan pengiriman data secara teratur. Perlindungan keamanan yang ditawarkan oleh FTP Server juga cukup mumpuni. 

Pemindahan data yang berukuran hingga ratusan Gigabyte bisa dilakukan dengan FTP Server. Dengan menggunakan FTP, pemindahan data server secara internal dalam jumlah besar bisa dilakukan. Hal ini tentu memudahkan pengelolaan data dalam sebuah organisasi atau kantor. Pasalnya, fitur keamanan dan kecepatan yang ditawarkan bisa membuat proses pertukaran data lebih efektif dan efisien. 

Jika tidak menggunakan FTP Server, maka proses pengiriman data ini harus dilakukan satu per satu. Hal ini tentu akan memakan banyak waktu dan tenaga. Dengan menggunakan FTP, maka waktu tersebut bisa dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya. 

Apa itu FTP Server?

Cara Menggunakan FTP Server

Prinsip FTP adalah mengkoneksikan komputer personal kamu atau klien dengan komputer server saat ingin mengunggah data dan mengunduh data. FTP bisa diterapkan di seluruh komputer yang terhubung ke internet. Untuk membuat koneksi FTP, harus ada dua pihak yang saling terhubung dalam jaringan. Kamu bisa menggunakan personal computer maupun laptop sebagai FTP Server. 

Nah, agar laptop atau PC bisa menjadi FTP Server, maka kamu harus menginstal aplikasi FTP Server dulu. Setelah kamu menginstal aplikasi baru bisa melakukan proses transfer data antara komputer server dengan komputer klien.

Aplikasi apa saja yang biasanya digunakan sebagai FTP Server?

FileZilla Server

FileZilla Server merupakan aplikasi open source yang dikembangkan oleh FileZilla. Aplikasi FTP Server ini hanya bisa dioperasikan di sistem operasi Windows. Dengan begitu, PC atau laptop Windows bisa berfungsi sebagai FTP Server sehingga dapat terjadi proses transfer data dari komputer lain dalam jaringan internet yang sama.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki FileZilla Server di antaranya:

  • konfigurasi yang mudah dilakukan dengan antarmuka grafis
  • enkripsi SSL/TLS
  • kompresi
  • file permission
  • pembatasan kecepatan

ProFTPD

Aplikasi yang satu ini juga bersifat open source. ProFTPD dianggap aplikasi yang cukup mumpuni dan banyak digunakan oleh pengguna sistem operasi Linux. Pasalnya, aplikasi ini memang didesain hanya bisa berjalan pada Linux dan UNIX-like. Walaupun begitu, pengguna sistem operasi Windows tetap bisa memakai aplikasi ini dengan bantuan framework Cygwin. 

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan oleh ProFTPD adalah:

  • keamanan yang baik saat melakukan transfer data
  • mendukung IPv6
  • mendukung module yang berfungsi untuk meningkatkan fungsionalitas

CoreFTP Server

CoreFTP Server dikembangkan oleh CoreFTP. Aplikasi satu ini dianggap sebagai aplikasi yang cukup sederhana dan bisa di instal dalam waktu yang singkat. Selain itu, CoreFTP Server juga menawarkan versi gratis yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna personal. Aplikasi ini bisa dijalankan pada sistem operasi Windows.

Xlight FTP Server

Xlight FTP Server bisa dijalankan pada sistem operasi Windows. Xlight menawarkan antarmuka grafis yang menarik dengan kinerja yang mumpuni. Aplikasi FTP Server ini juga bisa digunakan secara gratis untuk pengguna personal. Xlight FTP Server bisa menjalankan banyak permintaan data dengan tetap berjalan dengan lancar tanpa menggunakan banyak resource. 

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki Xlight FTP Server adalah:

  • ringan untuk dijalankan
  • keamanan transfer data terjamin
  • mendukung beberapa koneksi FTP secara bersamaan

vsftpd

vsftpd adalah sebuah aplikasi FTP Server yang bersifat open source. Aplikasi ini bisa dijalankan pada sistem operasi UNIX-like. Pada sistem operasi Linux Ubuntu, CentOS, dan Fedora, vsftpd menjadi aplikasi FTP Server default. Aplikasi ini cukup populer dan banyak digunakan pada server yang berbasis Linux.

Jika kamu pengguna sistem operasi Linux, kamu harus melakukan instalasi vsfpd melalui repository software Linux yang digunakan. Baru setelah itu aplikasi ini siap dipakai.

Nah, beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh vsftpd di antaranya:

  • bersifat ringan sehingga mudah dijalankan
  • proses transfer data cepat sehingga tidak memakan banyak waktu
  • mendukung IPv6
  • keamanan transfer data cukup terjamin

Kesimpulan

Nah itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu FTP Server beserta fungsi dan cara menggunakannya. Manfaat yang diberikan FTP Server banyak sekali. Fungsi utamanya adalah memudahkan proses pertukaran data dengan jumlah banyak tanpa memakan waktu. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi organisasi hingga perkantoran. Pasalnya, pemindahan data secara internal bisa dilakukan dengan efisien dan keamanan yang terjamin. 

Ada beberapa aplikasi yang umum digunakan sebagai FTP Server, di antaranya FileZilla Server, ProFTPD, CoreFTP Server, Xlight FTP Server, dan vsftpd. Masing-masing aplikasi menawarkan fitur yang beragam. Keunggulan yang diberikan kurang lebih juga sama.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments