11+ Error Pada WordPress dan Solusinya

45
blog exabytes

WordPress adalah CMS yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan dengan jumlah market share sebanyak 42% dari seluruh dunia. CMS ini cocok digunakan untuk Anda yang tidak mengerti teknis tentang bahasa pemrograman. 

Website populer yang menggunakan WordPress adalah The Walt Disney Company, BBC America, TechCrunch dan Guggenheim.

Namun, dibalik kemudahan yang ditawarkan ada beberapa error pada WordPress yang mungkin akan membuat Anda panik.

Kabar baiknya, pada pembahasan kali ini kami akan membahas beberapa error pada WordPress dan solusinya secara umum, error yang kami bahas ini yang umum terjadi pada pengguna WordPress.

Penting! Sebelum Anda menerapkan solusi mengatasi error pada WordPress, pastikan Anda memiliki file website cadangan untuk memulihkan data jika ada kesalahan yang susah untuk diperbaiki, Anda bisa mengikuti tutorial 3 langkah mudah backup WordPress.

Jika tidak dapat menyelesaikan masalah dari langkah-langkah yang dibahas, segera untuk hubungi technical support perusahaan WordPress hosting yang Anda gunakan.

Beberapa Error Pada WordPress dan Solusinya

Mari kita pelajari beberapa error pada WordPress dan solusinya yang bisa Anda terapkan:

Internal Server Error

Error pada WordPress yang umum terjadi dan seringkali seorang pemula dibuat bingung adalah ketika terjadi Internal Server Error atau terkadang tampil dengan pesan Internal Server Error 500, Temporary Error 500, 500 Error, HTTP Error 500, 500 That’s an Error dan masih banyak lagi.

Error ini biasanya muncul karena ada sesuatu yang salah akan tetapi server tidak bisa mengidentifikasinya. Di blog Exabytes kami telah menyelesaikan pembahasan salah satu error pada WordPress dan solusinya, lihat cara mengatasi internal server error/http error 500 pada WordPress

Error “Establishing a Database Connection”

Error Establishing a Database Connection adalah error yang muncul ketika WordPress tidak dapat terhubung ke database. Error ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti kredensial database yang salah dan faktor lainnya.

Solusi cara mengatasinya yaitu pertama cek kredensial database di file konfigurasi WordPress dan pastikan nama pengguna serta kata sandi yang digunakan benar. Jika sudah benar, cek pengaturan server dan pastikan bahwa server database berjalan dengan baik. 

Jika masih mengalami masalah, hubungi layanan web hosting yang Anda gunakan untuk bantuan lebih lanjut.

Error 404 Not Found

Error 404 Not Found adalah kode HTTP yang digunakan untuk menandakan bahwa sistem tidak dapat menemukan halaman web yang diminta. Biasanya terjadi ketika pengguna mengakses halaman yang tidak lagi tersedia dan tidak valid karena kesalahan dalam pengetikan URL. 

Anda dapat memperbaiki Error 404 Not Found dengan mengikuti langkah-langkah cara mengatasi HTTP Error Not Found pada postingan kami lainnya.

White Screen of Death

Error pada WordPress dan Solusinya

White screen of death adalah salah satu error pada WordPress yang menyebabkan layar menjadi putih tanpa pesan kesalahan atau tampilan apapun di situs web Anda. Penyebabnya bisa karena konflik plugin, masalah pada tema, kesalahan kode, atau keterbatasan memori pada server. 

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi masalah white screen pada WordPress ini Anda bisa terlebih dahulu menonaktifkan plugin yang baru saja diinstal, menggunakan tema default WordPress, atau menambah batas memori pada file konfigurasi server Anda.

Detail cara mengatasinya, Anda bisa lihat postingan kami tentang 5 Cara Mengatasi White Screen di WordPress.

504 Gateway Timeout Error

11+ Error Pada WordPress dan Solusinya - 2023

Error pada WordPress dan solusinya yang akan kami bahas adalah 504 Gateway Timeout Error, apa itu? 504 Gateway Timeout Error adalah pesan kesalahan yang muncul ketika server gateway tidak dapat menemukan server yang dituju dalam jangka waktu yang ditentukan. 

Penyebabnya karena masalah koneksi internet, masalah pada server, atau karena konfigurasi server yang tidak sesuai. 

Solusi untuk masalah ini dapat diatasi dengan cara memeriksa koneksi server atau memeriksa apakah ada perubahan pada DNS. Lihat lebih jelasnya pembahasan kami tentang cara mengatasi 504 Gateway Timeout Error.

Error 503 Service Unavailable

11+ Error Pada WordPress dan Solusinya - 2023

Error 503 adalah http status code yang menandakan bahwa server website sudah bekerja dengan benar, hanya saja website yang ada didalamnya tidak bisa menangani permintaan dari pengunjung/klien website tersebut.

Hal ini bisa terjadi karena server sedang mengalami perbaikan/perawatan, web server tidak bisa mendapatkan respon baik dari source code website Anda dan sumber daya dari WordPress hosting sudah melebihi batas penggunaan yang telah ditentukan

Solusi cara mengatasinya adalah Anda bisa terlebih dahulu upgrade hosting yang Anda gunakan ke layanan yang lebih tinggi, Anda juga bisa mengatasinya dengan mematikan terlebih dahulu plugin yang terpasang.

Anda bisa pelajari secara detail di artikel tentang 5 cara mengatasi error 504 service unavailable untuk solusi lainnya.

Error 502 Bad Gateway

Error 502 bad gateway adalah salah satu kode error yang umum terjadi ditemukan di website baik itu yang menggunakan platform WordPress, Shopify, Drupal dan yang lainnya. Error 502 bad gateway ini bisa terjadi karena gateway maupun proxy menerima respons yang tidak valid dari hosting server.

Hal ini bisa terjadi bisa jadi karena ada masalah pada DNS, cache browser, CDN atau plugin dan tema yang bermasalah. Lihat pembahasan tentang 10+ Cara Mengatasi Error 502 bad gateway di WordPress.

Error 501 Not Implemented

Pesan kesalahan ini seringkali muncul ketika server yang digunakan tidak dapat mengeksekusi permintaan yang diterima dari browser. Penyebabnya Terkadang bukan dari sisi server, melainkan karena browser yang digunakan. 

Browser bisa saja rusak oleh serangan virus dan malware, sehingga bisa mengambil alih browser tersebut atau bisa jadi karena trafik yang tinggi. Jika penyebabnya trafik, biasanya Anda hanya perlu menunggu beberapa waktu untuk pulih kembali dan lakukan reload.

Beberapa cara untuk mengatasinya adalah dengan menghapus cache browser dan menonaktifkan proxy browser. Detail cara mengatasinya silahkan lihat di pembahasan tentang cara mengatasi Error 501 Not Implemented di WordPress yang sudah kami tulisan secara lengkap untuk Anda.

Error WordPress Memory Limit

Error pada WordPress dan solusinya yang akan dibahas berikutnya adalah WordPress memory limit, error ini muncul ketika server tidak memiliki cukup memori untuk mengeksekusi script WordPress.

Hal ini dapat terjadi karena plugin atau tema yang membutuhkan banyak memori, atau karena konfigurasi server yang tidak mencukupi. Cara mengatasinya bisa dengan mengurangi jumlah plugin yang diaktifkan, menggunakan tema yang lebih sederhana, atau menambah batas memori pada file konfigurasi server Anda.

Dan jika Anda menggunakan shared hosting bisa menghubungi pihak hosting untuk menambah batas memori.

The Uploaded File Exceeds the upload_max_filesize Directive in php.ini

Error ini muncul ketika file yang diunggah melebihi batas ukuran file yang diizinkan oleh pengaturan server PHP. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menambah kapasitas maximum upload file di WordPress.

Detail cara mengubahnya, Anda bisa lihat di artikel pembahasan kami tentang Cara Menambah Kapasitas Maximum Upload File di WordPress

Catatan: Perubahan pada file php.ini akan mempengaruhi keseluruhan server, jadi pastikan untuk membuat cadangan sebelum melakukan perubahan.

Fatal Error: Maximum Execution Time Exceeded

Pesan kesalahan ini muncul ketika script yang dijalankan oleh server melebihi batas waktu eksekusi yang diizinkan dan biasanya batas waktunya 30 detik. Penyebabnya karena script yang dijalankan terlalu kompleks atau karena konfigurasi server yang tidak mencukupi.

Cara mengatasi error ada bisa dengan mengurangi kompleksitas script, mengubah pengaturan server untuk meningkatkan batas waktu eksekusi atau menghubungi administrator server untuk meminta bantuan.

Error 521 Web Server Is Down (Khusus Pengguna Cloudflare)

Singkatnya, error 521 terjadi karena server yang Anda gunakan tidak tersambung dengan layanan Cloudflare. Sehingga mengakibatkan dari pihak Cloudflare akan menampilkan kode error 521 seperti yang ada di bawah ini:

11+ Error Pada WordPress dan Solusinya - 2023

Cara mengatasinya yaitu selalu pastikan Semua IP Cloudflare tidak di blokir. Lihat cara mengatasi error 521 web server is down di WordPress untuk petunjuk lebih detail.

Error WordPress Media

Menambahkan konten visual berupa gambar dan video bisa membuat artikel lebih menarik, akan tetapi Anda akan menemukan error saat mencoba menambahkan media tersebut ke website. Beberapa contoh error yang mungkin terjadi adalah:

Error Uploading Media Files

Error ini terjadi ketika media tidak dapat diunggah ke server, disebabkan oleh masalah pada folder unggah, keterbatasan memori pada server, atau masalah pada koneksi internet.

Media Library not working properly

Error ini terjadi ketika library media tidak dapat digunakan dengan benar, seperti tidak dapat menambahkan atau mengedit media atau tidak dapat menampilkan media yang sudah diunggah.

File Permission Error

Error ini terjadi ketika file media tidak memiliki izin yang sesuai, sehingga tidak dapat diakses atau di unggah.

MySQL Server Has Gone Away

Error pada WordPress dan solusinya selanjutnya adalah tentang MySQL Server Has Gone Away. Biasanya pesan kesalahan ini muncul ketika terjadi masalah pada tabel database, fragmen data yang gagal terkirim atau ukuran data yang terlalu besar.

Cara mengatasinya bisa dengan restore backup database, mengedit file wp-db.php yang ada di root folder website, cek database website dan perbaiki apa yang menjadi penyebab errornya. 

Jika masih saja mengalami error MySQL Server Has Gone Away, kami sarankan untuk Anda meminta bantuan technical support dari layanan hosting yang digunakan.

Performa Website WordPress yang Bermasalah

Website yang lambat ada banyak penyebabnya bisa karena versi WordPress yang digunakan masih versi lama, konten visual yang belum dioptimasi atau caching kurang optimal. Jika Anda tidak segera mengatasinya, pengunjung website tidak akan mau mengunjungi website Anda.

Nah, oleh karena itu segera atasi masalah performa website WordPress yang bermasalah. Caranya sudah kami dokumentasikan di pembahasan tentang Cara Ampuh Mengatasi Website WordPress yang Lambat.

Yuk Segera Kenali Error Pada WordPress dan Terapkan Solusinya!

Di atas hanya beberapa dari banyaknya daftar error pada WordPress dan solusinya. Jika Anda menemukan error di atas, maka segera atasi dengan solusi-solusi di atas. Tujuannya agar website tetap bisa diakses oleh pengunjung.

Karena jika dibiarkan saja, akan merugikan Anda sebagai pemilik dari website tersebut. Mulai dari menurunkan trafik, performa SEO menurun, mungkin pendapatan Anda dari website tersebut berkurang.

Semoga pembahasan tentang error pada WordPress dan solusinya ini bisa bermanfaat untuk Anda. Oh iya, untuk meminimalisir website error karena masalah server Anda bisa menggunakan salah satu layanan web hosting dari Exabytes Indonesia.

Kami adalah layanan Web Hosting Indonesia terbaik & terpercaya. Harga hemat mulai dari Rp13.900/bulan. 

Layanan kami dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda, paket Web Hosting Exabytes mencakup semua komponen penting untuk pembuatan website Anda. Kami memastikan keamanan maksimal untuk website Anda, kecepatan dioptimalkan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pengunjung website Anda.

Selamat mencoba ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments