Kalian Wajib Tau! Ini 6 Trend Social Media Di Tahun 2020

905
5 min read
Kalian Wajib Tau! Ini 6 Trend Social Media Di Tahun 2020

Hi Exabytes Friends!

Setiap tahunnya memang selalu ada saja tren baru di media sosial yang selalu seru dan menarik untuk diikuti. Semakin kesini, media sosial pun semakin lekat dengan kehidupan banyak orang, mulai dari bangun tidur hingga sebelum tidur kita pasti memeriksa feeds di media sosial, kalian gitu juga ga Exabytes Friends?

Mengingat pentingnya media sosial bagi banyak orang, para marketers dan pebisnis memanfaatkan platform media sosial untuk dijadikan tempat untuk berjualan atau memasarkan produk mereka karena ada begitu banyak calon pembeli di dalamnya. 

Sudahkah kamu memperkirakan tren media sosial apa yang kiranya akan eksis di tahun 2020? 

Di artikel ini mimin akan membahas 6 Trend Social Media di tahun 2020 yang wajib kalian ketahui versi Exabytes, jangan kemana-mana ya guys

  • Belanja di Sosial Media
Kalian Wajib Tau! Ini 6 Trend Social Media Di Tahun 2020

Trend belanja di sosial media telah ramai dilakukan sejak tahun 2018 dan 2019. Tentu saja trend berbelanja di sosial media akan terus berkembang di tahun 2020 dilihat banyaknya fitur baru di platform sosial media yang di buat untuk mempermudah kegiatan jual beli di platform tersebut, seperti Instagram Bisnis dan Instagram shop misalnya. Melalui fitur terbaru instagram shop, Kamu dapat langsung melihat detail produk seperti foto, harga, deskripsi produk dan melakukan pembelian dengan mengklik gambar tersebut. Good news untuk kamu yang berjualan online, di tahun 2020, kita akan melihat semakin banyak fitur penunjang kegiatan jual beli di sosial media

  • Instagram Stories Menjadi Platform Marketing Favorit
Kalian Wajib Tau! Ini 6 Trend Social Media Di Tahun 2020

Trend stories diawali oleh Snapchat dan kemudian semakin booming dengan adanya Instagram stories dan Facebook stories, dan kemudian baru-baru ini disusul oleh YouTube stories. Dari kisah singkat ini dapat dipelajari bahwa trend stories sedang menjadi primadona para pengguna media sosial. Konsep dari stories ini memberikan fitur untuk para penggunanya yang ingin sering mengupload cerita tanpa batas dan akan terhapus dalam waktu 24 jam. Hal ini juga menjadi peluang besar bagi brand, marketers, pemilik bisnis yang ingin memasarkan produknya di platform sosial media lebih sering. Karena stories akan terhapus dalam waktu yang singkat, ini akan membuat para pengguna tidak ingin ketinggalan melihat promo yang sedang kamu tawarkan. 

  • Video Content Akan Mendominasi
Baca Juga  Tips Foto Produk Bisnis Online dengan Kamera Ponsel
Kalian Wajib Tau! Ini 6 Trend Social Media Di Tahun 2020

Video content memang selalu digemari banyak orang sejak beberapa tahun belakangan, dan semakin kesini kita semua sadar betapa pentingnya konten video untuk sosial media karena dapat meningkatkan engagement. Menurut studi Cisco, di tahun 2022, 82% dari semua konten di media sosial akan menjadi konten video. Tunggu apa lagi?! Sudah saatnya kamu memulai konten video untuk mempromosikan bisnis/brand mu. Jika sulit, Kamu bisa memulainya dari membuat konten video stories secara konsisten di media sosial kamu terlebih dahulu.

  • Influencer Terus Berkembang
Kalian Wajib Tau! Ini 6 Trend Social Media Di Tahun 2020

Ketika bermain sosial media kita cenderung menghindari iklan apalagi iklan dari brand yang kita jarang lihat. Para pembeli online biasanya lebih memilih untuk melihat ulasan/review produk dari pengguna lain terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu. Selain itu, belakangan ini, banyak brand yang juga menggunakan KOL (Key Opinion Leader) atau ‘sosok’ yang kita percayai di sosial media seperti selebgram, selebriti atau selebgram untuk mereview produk mereka untuk meningkatkan penjualan maupun brand awareness. Sebagai contoh, brand kecantikan biasanya mengendorse beauty vlogger/blogger untuk mereview produk kecantikan yang baru mereka launching.

Melihat trend sosial media yang satu ini, kamu bisa mencoba memasarkan produk kamu melalui influencer yang ahli dibidangnya dan juga berkaitan dengan produk yang kamu jual mengingat rate influencer tidak selalu mahal 🙂 .

Kalian Wajib Tau! Ini 6 Trend Social Media Di Tahun 2020
  • Penggunaan Chatbot pada Sosial Media
Baca Juga  Bloggers Paling Berpengaruh di Indonesia

Di tahun 2020, penggunaan chatbot pada sosial media akan semakin banyak digunakan. Penggunaan chatbot pada sosial media dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik ean lebih cepat kepada pelanggan seperti menjawab pertanyaan, menangani complain, menerima masukan dengan lebih cepat melalui platform sosial media yang semakin sering digunakan oleh customer sebagai sarana komunikasi atara pelanggan dan perusahaan.

  • Augmented Reality (AR) Akan Mainstream

Teknologi Augmented Reality terus berkembang hingga sekarang. Di media sosial kita ambil contoh seperti di Instagram stories. Instagram menjadi tempat favorit publik untuk memamerkan berbagai efek mulai dari GIF, boomerang dan sebagainya. Kini instagram hadir dengan filter Augmented Reality (AR) dengan alat Spark AR.

Dengan Spark AR ini pengguna instagram dapat membuat efek AR nya sendiri sesuai dengan kreatifitas mereka. Di tahun 2019 akhir, filter AR di instagram stories ini dimulai dari efek game Flappy Face yang sempat viral untuk beberapa waktu. Tahun 2020 filter AR ini akan menjadi favorit publik. 

Inilah beberapa tren media sosial ditahun 2020 versi Exabytes yang harus kamu ketahui. Media sosial sangat dinamis, setiap tahunnya akan selalu ada hal baru yang menjadi tren di tahu tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua ya guys, sampai jumpa!

Credit to: Shafira Risdamina
https://www.linkedin.com/in/shafira-risdamina-00972617a/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here