720x480-sell-your-products-online-1

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) bulan Juni tahun 2016 kemarin, ada sekitar 132,7 juta penduduk Indonesia yang merupakan pengguna aktif internet dan pastinya angka ini akan terus bertambah seiring waktu.

Hal ini pun memicu maraknya penjualan berbagai produk melalui internet atau istilah populernya Online Shop. Banyak penjual yang memilih untuk memasarkan produknya melalui internet dikarenakan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Selain berjualan melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram, adapun website menjadi salah satu platform yang dapat membantu kamu untuk memasarkan produkmu ke kalangan yang lebih luas.

Jika kamu ingin mengembangkan usahamu dengan memiliki website khusus, simak 5 tips penting dibawah ini sebelum kamu memulai:

1. Analisa Online Shop Lain yang Berpotensi Menjadi Kompetitormu

Kok tahap pertama udah langsung analisa kompetitor sih? Jangan salah, tahap ini penting sebagai landasan kamu untuk tahu bagaimana calon kompetitormu membangun website tokonya dan apa yang dapat kamu kembangkan dari yang telah mereka miliki. Hal ini nantinya akan membantu kamu untuk memiliki nilai jual lebih.

2. Pelajari CMS Toko Online

Nah, mungkin ada beberapa dari kamu yang langsung bertanya-tanya apa sih CMS? CMS adalah singkatan dari Content Management System yang dapat kamu gunakan nanti ketika membangun website mu. Kamu bisa mencari tahu banyak info soal CMS dari Google yang berguna memperkaya informasimu dan memudahkan kamu ketika membangun sebuah website nantinya.

3. Mencari Informasi Mengenai Optimisasi SEO

Penting bagi kamu untuk tahu bagaimana caranya mengoptimisasikan SEO atau Search Engine Optimization, bagaimana online store kamu bisa lebih mudah untuk ditemukan di berbagai search engine seperti; Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Hal ini nantinya akan berdampak pada traffic website online store kamu dan nilai penjualan.

4. Bangun Websitemu

Adanya website online store akan menunjang pemasaran produkmu. Jika selama ini kamu hanya memasarkan produkmu di sosial media, tidak ada salahnya untuk memiliki website sendiri, bukan? Hal ini juga mempermudah calon pembeli dalam berbelanja di online store mu. Cara yang paling mudah, kamu bisa menggunakan jasa WordPress dan menambah plugin Woocommerce. Psst, kedua fitur tersebut bisa kamu nikmati secara gratis lho!

5. Tentukan Domain dan Hosting Khusus untuk Tokomu

Ingin memiliki nama website spesial yang berkaitan dengan nama tokomu? Nah, kamu bisa menggunakan jasa Domain dan Web Hosting provider untuk membantu kamu lebih mengembangkan websitemu. Salah satu penyedia jasa Web Hosting terpercaya adalah Exabytes. Jadi, kamu gak perlu takut website kamu akan down suatu saat nanti karena ada tenaga-tenaga ahli yang siap membantu kamu.

Kan, bikin website untuk online store ternyata tidak sesusah yang kamu bayangkan. Selamat mencoba!

Baca Juga  Bisnis Itu Nggak Perlu Modal, Tapi Mindset [Podcast Eps. 1]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here