Apa Kegunaan Domain Untuk Bisnis Online?

116
Kegunaan Domain Untuk Bisnis Online
9 min read

Di zaman sekarang yang serba digital, bisnis online menjadikan ladang penghasilan yang menjanjikan. Tren jual beli secara online kini nggak hanya menjadi tren ‘sementara’ melainkan sebuah kebutuhan. Belanja online memang sangat mudah dilakukan sehingga tak heran banyak muncul brand bisnis online baru.

Tetapi bisnis online nggak lengkap rasanya bila nggak memiliki website. Ibaratnya seperti kamu punya toko tetapi nggak punya etalase untuk ditunjukkan apa yang kamu jual kepada konsumenmu. Kalau begitu, konsumenmu nggak tahu atau kurang informasi kamu menjual produk apa.

Contoh-contoh domain

Website pun tak bisa lepas dari domain. Nah, kamu tahu nggak domain itu apa? Kalau belum, simak di artikel ini sampai habis ya karena di sini akan membahas tentang domain beserta kegunaan domain untuk bisnis online. 

Pengertian Domain

Mungkin kamu pernah dengar atau nggak sengaja mengunjungi toko online. Lalu namanya misalnya saja tokolala.com. Nah ini yang dinamakan dengan domain lho, Exabytes Friends.

Domain adalah sebuah nama yang khas atau unik untuk mengidentifikasi suatu server komputer di jaringan internet. Nama unik ini membuat para pengguna atau pengunjung lebih mudah untuk mengaksesnya tanpa harus mengingat IP address server. 

IP address server sendiri adalah sebuah kombinasi string unik yang terdiri dari empat angka yang dipisahkan oleh titik. Misalnya contoh IP address server itu seperti 192. 168. 1. 1. Kalau angka begini, lebih susah diingat bukan dibandingkan dengan nama?

Domain memiliki peran yang sangat penting untuk bisnis online lho. Nama domain bisa bisa mewakilkan bisnis atau brand yang kamu punya. Selain itu, konsumen kamu pun gampang mengingat toko online kamu dengan nama domain yang nik. Hanya tinggal mengetik nama domain website kamu tanpa menuliskan IP Address yang rumit dengan angka. Mudah banget kan?

Struktur Domain
Source : Hover Blog

Dalam domain, ada beberapa struktur khusus meliputi 3 bagian.yaitu subdomain, second level domain dan top level domain. Maksudnya apa tuh? Pengertiannya akan dijelaskan di bawah ya.

Nah dari sini, kamu sudah bisa membayangkan kan kalau domain itu memiliki peran yang vital banget buat yang ingin merintis bisnis online dengan website. Sebelum lanjut membahas kegunaan domain untuk bisnis online, ada baiknya kamu mengenal tentang jenis-jenis domain terlebih dahulu.

Jenis Level Domain

Di atas sudah dijelaskan sedikit bahwa ada 3 bagian dalam domain. Tapi sebelum membahas penjelasannya, kamu pasti pernah lihat kan di akhir nama domain ada tulisan .com, .net. .id dan lainnya? Itu namanya ekstensi domain. 

Contoh level domain

Tahu nggak sih, ada ratusan ekstensi domain yang tersedia di seluruh penjuru dunia. Eits, masing-masing memiliki fungsi tersendiri lho. Jadi pemilik website atau perusahaan nggak asal memilih ekstensi domain tersebut.

Berikut adalah jenis-jenis domain dengan level tersendiri yang perlu kamu ketahui

  1. Top Level Domain

Top Level Domain (TLD) adalah domain yang paling sering digunakan oleh perusahaan atau bisnis. Domain ini paling populer dan paling banyak digunakan untuk beragam kepentingan yang lebih umum atau general yang disebut dengan Generic Top Level Domain (gTLD). Atau domain ini biasanya mewakilkan negara masing-masing atau disebut dengan Country Top Level Domain (cTLD).

Contoh TLD adalah : 

  • .com untuk komersial (commercial).
  • .co.id untuk bisnis resmi
  • .edu untuk pendidikan dan penelitian
  • .mil untuk militer
  • .gov untuk pemerintahan (non militer)
  • .ac.id untuk akademik
  • .net untuk layanan bantu untuk network
  • .org untuk organisasi lain
  • .id untuk Domain Negara Indonesia
  • .us untuk Domain Negara Amerika
  • .sg untuk Domain Negara Singapura
  • .uk untuk Domain Negara Inggris
Baca Juga  Maksimalkan Performa Website dengan Dedicated Server Hingga 200 Mbps

Untuk bisnis online, domain yang disarankan adalah domain .COM atau .ID nih guys. Hal ini karena domain .COM merupakan domain komersial yang paling banyak digunakan di dunia dan domain .ID juga domain country top level domain tertinggi di Indonesia. Penjelasan selengkapnya bisa kamu simak di artikel ini ya.

  1. Second Level Domain

Second Level Domain adalah nama domain yang didaftarkan oleh seseorang atau suatu instansi tertentu untuk keperluan bisnis mereka. Second Level Domain ini sendiri levelnya berada dibawah Top Level Domain.

Domain SLD sebenarnya tidak terbatas dan bisa menjadi tempat yang pas untuk nama brand, produk, perusahaan atau nama kamu sendiri untuk websitemu. Contohnya aja seperti www.exabytes.co.id, exabytes adalah SLD sementara co.id merupakan TLD.

  1. Third Level Domain atau Sub Domain

Third Level Domain merupakan nama domain yang berada sebelum STD dan LTD. Domain level ini biasa disebut juga dengan sub domain. Jenis domain seperti ini biasanya digunakan untuk membuat laman baru dari situs utama.

Sub domain sering digunakan untuk keperluan tertentu di luar situs utama, antara lain :

  • Ketika perusahaan membuat mobile website yang terpisah dari website atau laman utama.
  • Untuk mengoperasikan platform yang berbeda dari laman utama yang dijadikan landing page (halaman arahan) atau bagian website lainnya. Misalnya saja di Exabytes ada sub domain www.exabytes.co.id/blog yang merupakan blog berisikan artikel atau informasi terkini tentang hosting, WordPress, digital marketing dan lainnya. Sementara sub domain Exabytes lainnya seperti www.exabytes.co.id/events merupakan landing page untuk melihat informasi dan mengorder tiket event Exabytes yang akan diadakan.. 
  • Untuk memungkinkan adanya perbedaan dalam desain atau branding dari laman utama atau bagian situs web lainnya. Dengan adanya sub domain, desain atau branding yang ingin dibuat pun bisa berbeda dari website atau laman utama lho dan menyesuaikan dengan tujuannya juga.

Sekarang sudah mengerti tentang jenis domain bukan? Kalau begitu, sekarang kita simak yuk apa saja sih kegunaan domain untuk bisnis online.

Arti Domain Untuk Bisnis Online

Domain memiliki arti yang cukup vital lho untuk mengembangkan bisnis online. Ketika seseorang sudah memutuskan untuk berbisnis online, maka mereka harus beradaptasi dari konvensional ke online.

Mulai dari cara berjualannya, mempromosikan hingga branding produk atau jasanya tentu sangat berbeda bila dibandingkan dari offline. Oleh karena itu, kita perlu beradaptasi dengan teknologi dan internet. Salah satu hal yang tak bisa lepas dari memulai bisnis online adalah website.

Kenapa website penting dalam berbisnis online? Mungkin sebagian dari kalian masih berpikir bahwa belum merasa memerlukan website untuk bisnis online. Tapi sebenarnya penting banget lho memiliki website sejak dini. Dan kita pun tak bisa selamanya mengandalkan sosial media sebagai media untuk bisnis online saja.

Kegunaan domain untuk bisnis online

Seperti yang telah disampaikan bahwa website itu seperti etalase toko untuk bisnis online, maka domain pun bisa diibaratkan menjadi plang nama toko kamu. Nama ini menjadi nama yang penting yang melambangkan identitas bisnis online kamu sekaligus bisa diingat oleh konsumen.

Oleh karena itu, domain memiliki arti penting dan sangat berpengaruh untuk bisnis online yang kamu jalani. Tak hanya sebagai identitas atau sebatas ‘plang’ nama saja tetapi domain memiliki kegunaan lainnya dalam bisnis online.

Kegunaan Domain Untuk Bisnis Online

Selain menjadi identitas, kegunaan domain lainnya dalam bisnis online lho. Simak di bawah ini

Baca Juga  Ini Dia Beberapa Tools Praktis untuk Cek Traffic Website yang Super Mudah!

Menjadi Identitas Bisnis Online

Kegunaan domain yang pertama adalah sebagai identitas bisnis online. Sebenarnya tak hanya bisnis online saja tetapi sebagai identitas sang pemilik website itu sendiri. Jika orang tersebut adalah blogger, maka domain menjadi identitas dirinya. Begitu pun dengan bisnis online.

Ilustrasi Bisnis Online Vector

Identitas ini menjadi hal penting sebagai penentu pembeda bisnis kamu dengan orang lain. Sudah pasti dong bisnis yang kita miliki berbeda dengan orang lain? Hal ini bertujuan supaya bisnismu bisa mudah dicari oleh pengunjung atau calon konsumenmu baik di mesin pencarian maupun di sosial media. Maka dari itu kita perlu menunjukkan keunikan dan ciri khas brand bisnis kita dari nama domain juga.

Mudah Diingat Oleh Pengujung atau Konsumen

Ketika kamu telah memiliki nama atau identitas bisnis, pastikan nama tersebut catchy atau mudah diingat. Hal ini supaya bisa diingat dengan gampang dengan pelangganmu bahkan melekat di pikiran mereka. Tentu saja nama domainmu ini bisa menjadi bahan words of mouth atau penyebaran ke teman-teman yang lain untuk membeli produk di website milikmu.

Membangun Citra Profesionalisme

Kegunaan domain selanjutnya jika kamu memiliki nama domainmu sesuai dengan nama brand bisnismu, wah jadinya kelihatan profesional lho. Ini bisa mencerminkan brand serta menaikkan reputasi karena nggak hanya di platform sosial media saja tetapi sudah merambah ke website. Hal ini menjadi poin plus dalam meningkatkan kredibilitas bahwa brand bisnismu terpercaya.

Meningkatkan Kredibilitas

Ketika sudah memiliki website dan domain, kamu sudah menggaet poin kepercayaan atau kredibilitas dari para pelangganmu. Hal ini karena di dalam website tersebut, kamu bisa menampilkan informasi yang dibutuhkan terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan dan juga sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Dengan begitu, website dan nama domain yang kamu pilih bisa membangun brand awareness bisnismu.

Menciptakan Image Yang Unik

Dengan nama domain, kamu bisa menciptakan image untuk brand bisnismu yang unik. Kenapa begitu? Karena nama domain itu tidak bisa sama antara satu dengan yang lain. Sehingga selain memiliki ciri khusus, ini juga bisa mengurangi persaingan dengan kompetitor lain dan tidak ada nama domain yang sama.

Menarik Perhatian Calon Pelanggan

Kegunaan domain lainnya yakni jika nama domain juga dibuat unik maka bisa menarik perhatian calon pelangganlho. Nama yang unik ini bisa melekat yang bisa menimbulkan rasa penasaran untuk mencari di mesin pencarian. Wah, mereka pun jadinya tau website bisnismu dan bisa aja mereka langsung beli produk kamu juga lho.

Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencarian

Kegunaan domain untuk meningkatkan ranking di mesin pencarian

Kegunaan domain terakhir untuk bisnis online adalah dapat meningkatkan peringkat website atau brand kamu di mesin pencarian. Hal ini merupakan poin penting yang bisa mengarahkan calon pelanggan ke brand bisnis online kamu. Wah, berarti nggak hanya dapat peringkat tertinggi saja tetapi bisa juga meningkatkan pendapatan lho.

Jadi, sudah tahu kan kegunaan domain untuk bisnis online sekarang? Seperti yang telah dipaparkan bahwa domain memiliki pengaruh untuk bisnis online salah satunya adalah sebagai identitas bisnis online kamu. Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki domain segera miliki sekarang.

Exabytes Indonesia menyediakan domain murah dan berkualitas yang diperuntukkan untuk bisnis online milikmu lho. Segera kunjungi Exabytes Indonesia sekarang atau mengunjungi artikel ini untuk melihat panduan memesan domain di Exabytes. Yuk bangun bisnis onlinemu dengan nama domainmu sendiri mulai sekarang juga.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak