Rekomendasi 28 Tools Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu

144
Tools Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan
Free Credit Exabytes
13 min read

Hari gini siapa yang nggak pakai Instagram? Instagram jadi platform paling populer yang memungkinkan sesama pengguna lebih interaktif dan terikat dibanding platform media sosial lain dengan beragam konten. Karena banyaknya konten, pasti secara nggak langsung ada persaingan. Hah persaingan seperti apa sih?

Persaingan yang dimaksud yaitu menghasilkan konten-konten yang estetik dan lebih bagus daripada pesaingnya. Banyak orang berusaha mengedit foto atau video mereka agar lebih menonjol dibandingkan yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan jumlah viewers, likes, comments, dan followers.

Semakin banyak followers di platform ini, semakin orang tersebut dianggap terkenal dan berhasil guys! Terbukti dari munculnya istilah influencer yang mengacu kepada orang-orang yang terkenal dan memiliki followers banyak di Instagram. Para influencer menyajikan konten keseharian mereka, foto yang bagus, QnA, dan lainnya. Sebelumnya mereka akan mengedit konten mereka sebaik mungkin agar lebih menarik perhatian orang. Oh ya, untuk meningkatkan followers Instagram, kamu bisa mencoba tools Instagram di artikel ini ya.

Instagram

Tak hanya influencer, para pebisnis online, perusahaan atau marketer juga mengembangkan strategi pemasaran di sosial media ini nih. Karena dinilai bisa meningkatkan penjualan bisnis kita. Nah, untuk memaksimalkan konten, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya tools Instagram.

Demi memaksimalkan konten Instagram yang akan diunggah, kita bisa memanfaatkan tools yang ada lho, friends. Tools ini bisa untuk edit foto, edit video, instagram stories, automatic tools, link bio, analytics hingga untuk Instagram Ads juga nih.

Apa saja sih tools Instagram yang bisa kita gunakan untuk konten kita? Simak penjelasannya di bawah ya, guys!

Photo Editing Apps

Photo editing tools menyediakan macam-macam fitur untuk mengedit foto. Mulai dari filter, efek, tulisan, emoji, sticker, dan semacamnya. Tools ini membuat foto kamu lebih beragam dan menarik pengguna lain.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tools Instagram untuk mengedit foto :

Tools Photo Editing Untuk Instagram

Adobe Lightroom

Anak Instagram pasti tahu aplikasi ini! Adobe Lightroom merupakan aplikasi edit foto yang sedang populer yang bisa mengedit foto layaknya seorang profesional dengan mudah. Aplikasi ini menyediakan tools yang lengkap untuk mengedit warna dan pencahayaan dalam sebuah foto. Uniknya, aplikasi ini sudah menyediakan preset-preset yang memudahkan pengguna untuk memiliki preset terbaik untuk foto mereka.

VSCO

Selain Adobe Lightroom, VSCO juga aplikasi andalan buat edit nih. Di aplikasi ini terdapat beberapa filter gratis dan berbayar untuk memperindah foto kita. Hayo siapa yang pakai VSCO juga?

Snapseed

Snapseed, Tools Instagram Untuk Edit Foto

Snapseed merupakan salah satu aplikasi edit foto yang diproduksi oleh pengembang Nik Software di tahun 2011 yang akhirnya diakuisisi oleh Google. Aplikasi ini juga menyediakan tools yang lengkap seperti mengatur kecerahan, rasio, komposisi, perspektif, dan tools lainnya.

Afterlight

Afterlight menyediakan tools mengedit foto yang cukup lengkap dan banyak. Aplikasi ini memberikan akses untuk 15 adjustment tools, 74 filter, 78 tekstur, 128 frame, dan 15 cropping tools dengan melakukan pembelian sebesar $0.99. Wah, nggak kalah lengkap nih!

Superimpose

Superimpose menyediakan tools untuk mengedit latar belakang foto atau objek didepannya. Aplikasi ini juga dapat membuat foto kamu terlihat lebih jernih. Superimpose mempunyai sistem masking yang bagus untuk foto kamu. Sama seperti aplikasi edit foto lain, superimpose memiliki tools edit foto seperti size, rotate, contrast, exposure, dan lainnya.

Prequel

Prequel menyediakan filter dan efek tebal yang memiliki keunikan sendiri. Pada aplikasi ini terdapat efek baru yaitu efek bayangan pohon palma dan filter aerochrome yang akan membuat foto kita terlihat lebih estetik dan menarik. Bagi kalian yang ingin mengedit foto agar terlihat aesthetic dan vintage, kalian bisa menggunakan macam-macam tools di aplikasi ini.

Video Editing Apps

Mengedit video adalah salah satu hal yang perlu kamu lakukan sebelum mengunggahnya ke Instagram. Banyak aplikasi edit video yang menyediakan berbagai kebutuhan editing mulai dari slow motion, crop video, backsound, dan lainnya.

Berikut beberapa aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan untuk konten Instagram kamu!

Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush dirancang untuk memproduksi video yang berkualitas tinggi. Aplikasi inin membuat kamu bisa mengedit judul video, subtitle, durasi video, transisi, dan lainnya. Banyak template yang disediakan untuk memperbagus video kamu. Aplikasi Adobe Premiere Rush sangat cocok digunakan untuk para content creator atau video editor.

Vintagio

Vintagio menyediakan fitur yang dapat membuat video kamu bernuansa vintage atau retro seperti zaman dahulu. Aplikasi ini juga menyediakan akses untuk memasukkan musik ke dalam video yang kamu edit. Bahkan kamu juga bisa flip video sampai 180 derajat. Resolusi untuk aplikasi ini terbatas namun hal tersebut memberikan kesan tradisional.

Baca Juga  10 Trend SEO Yang Akan Populer di Tahun 2020

Boomerang

Boomerang Instagram

Boomerang merupakan salah satu tools original yang terdapat di Instagram. Tools ini menyediakan fitur untuk memutar video secara maju dan mundur berulang-ulang atau looping. Video akan terus berjalan maju dan mundur sampai 15 detik.

PicPlayPost

PicPlayPost merupakan aplikasi edit video IOS dan android yang bisa digunakan untuk membuat slide show dan kolase video. Kita dapat memasukkan foto, video, GIF, dan lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan efek fade-in dan fade-out pada video tersebut. Tersedia juga frame yang beragam untuk menambah kemudahan kamu dalam mengedit video.

Lapse It

Lapse It merupakan aplikasi edit video yang menyediakan fitur untuk membuat efek seperti timelapse. Timelapse sendiri merupakan teknik videografi yang berupa penggabungan ratusan foto menjadi satu video. Misalnya kita membuat video timelapse matahari terbit sampai matahari terbenam. Hasil video tersebut hanya dalam hitungan detik.

Instagram Story Tools

Kalau tadi udah lihat rekomendasi aplikasi untuk edit video dan photo, sekarang khusus untuk Instagram Story Tools. Simak yuk di bawah ini :

Canva

Canva

Buat yang suka edit stories, pasti udah familiar dengan Canva dong. Canva adalah aplikasi desain grafis online yang menyediakan berbagai macam template, gambar, ikon, dan lainnya. Canva menyediakan berbagai macam template mulai dari template banner, spanduk, brosur, instagram feeds, instagram story, resume, dan lainnya. Tersedia lebih dari 60.000 template Instagram story dan bisa di kustom sendiri. Sangat berguna buat story atau highlight agar semakin kece.

Social Studio by Pond5

Aplikasi ini memudahkan kita dalam mengedit konten video karena bisa dilakukan melalui smartphone. Kita dapat membuat video dengan memasukkan identitas perusahaan seperti logo, tagline, dan lainnya. Fiturnya pun cukup lengkap dan bisa digunakan untuk untuk membuat Instagram Ads juga

Embed Stories

Embed Stories untuk Instagram Story Tools

Embed Stories membuat kita mampu memperluas jangkauan target Instagram Story kita diluar aplikasi Instagram. Hal ini menjawab solusi terkait story yang hanya dapat bertahan selama 24 jam setelah diunggah. Aplikasi ini dapat kita gunakan untuk menampilkan story kita di website, lho! Dengan aplikasi ini kita dapat menjangkau followers kita yang tidak menggunakan aplikasi Instagram.

Automatic Tools

Dalam menggunakan Instagram, kita membutuhkan fitur otomatis untuk memudahkan kita dalam menganalisis dan mengunggah konten. Apabila kita ingin menggunakan hashtag, mencari target audiens kita, dan keyword terkait maka kita  juga membutuhkan sebuah automatic tools untuk melakukan hal tersebut. Automatic tools juga dapat digunakan untuk memaksimalkan dan meningkatkan engangement postingan kita. 

Berikut ini ada 4 rekomendasi tools untuk automatic tools di Instagram.

Buffer

Buffer untuk Automatic Tools for Instagram

Buffer merupakan aplikasi yang salah satu fiturnya dapat digunakan untuk menjadwalkan dan mengunggah story pada waktu yang telah ditentukan. Lalu saat jadwal telah tiba, aplikasi ini akan memberikan notifikasi terkait story yang telah terjadwal. Sehingga kita hanya perlu membuka aplikasi aja dan menekan ikon Instagram story aja.

ScheduGram atau Sked Social

ScheduGram

ScheduGram yang sekarang berganti nama menjadi Sked Social merupakan aplikasi untuk membuat jadwal waktu posting konten Instagram kita secara otomatis. Tools ini menyediakan fitur yang dapat mengunggah beberapa konten sekaligus. Konten akan otomatis terunggah sesuai waktu yang telah diatur. ScheduGram juga menyediakan dua slot akun yang bisa dikelola.

Hootsuite

Hootsuite juga menyediakan fitur yang dapat mengatur jadwal mengunggah konten di berbagai sosial media secara serentak. Setelah kamu mengunggah konten melalui Hootsuite, kamu bisa melihat analisis konten dan memeriksa komentar melalui dasbor.

Mentionlytics

Last, ada Mentionlytics merupakan aplikasi untuk melacak mention-mention yang berhubungan dengan perusahaan, pesaing, dan kata kunci terkait. Dengan ini, kita dapat melihat Instagram kita paling sering disebut dimana dan cocok dengan target yang seperti apa. Mentionlytics juga menyediakan fitur untuk memantau perbandingan dengan pesaing. Fitur ini akan memberikan masukan kedepannya untuk Instagram kita.

Instagram Tools for Bio Links

Di bio Instagram biasanya bisa kita masukin link yang bisa menghubungkan kita dengan platform lain atau terhubung dengan nomor telepon kita. Misalnya link Whatsapp, Website atau e-commerce. Tetapi ini sangat terbatas, nggak bisa semuanya masuk di bio.

Baca Juga  Apa Kegunaan Hosting Untuk Bisnis Online?

Lalu gimana kalau ingin menambahkan beberapa link di bio Instagram? Caranya adalah menggunakan tools lain. Berikut merupakan tools yang wajib kamu gunakan untuk memaksimalkan kinerja link di Instagram

Linktree

Linktree for Instagram

Linktree merupakan tools yang menyediakan satu link yang akan tertuju kepada beberapa link yang kamu cantumkan. Misalnya saat kita menekan Linktree yang ada di Bio Instagram, maka otomatis akan mengarahkan ke beberapa tujuan yang dicantumkan pemilik akun. Seperti QnA, Whatsapp, website toko online, market place dan lainnya. Tools ini sangat membantu bisnis online lho jadi bisa memudahkan terkoneksi dengan pelanggan.

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara menggunakan Linktree, bisa cek di artikel berikut ini.

Omnilinkz 

Omnilinkz membuat link menjadi satu dan membangun sebuah website pada proses tersebut. Omnilinkz juga akan menampilkan banner yang mendukung proses promosi yang sedang terjadi. Pada platform ini juga terdapat fitur buzz animation yang semakin menarik perhatian pelanggan.

Shorby

Shorby

Shorby juga menyediakan link untuk membuat halaman menuju beberapa tautan yang dimasukkan. Shorby dapat membuat tautan menjadi lebih pendek, terlacak, dan melakukan targeting kembali. Tautan yang dimasukkan dalam Shorby pun tidak dibatasi.

Instagram Analytics Tools

Untuk melihat tujuan kita berhasil atau tidak, kita perlu melakukan analisis terkait konten-konten yang kita unggah. Instagram analytics tools memudahkan kita dalam menganalisis terkait insight dan data real-time. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan langkah selanjutnya sesuai dengan data yang muncul. Berikut beberapa Instagram analytics tools yang bisa kamu manfaatkan!

Instagram Insights

Instagram Insight

Fitur Instagram Insights sudah tersedia pada aplikasi Instagram. Fitur ini bersifat gratis dan dapat kamu gunakan apabila kamu mengganti profil Instagram menjadi bisnis. Tools ini akan menyajikan data berupa demografi audiens, waktu mereka online, apa yang mereka lakukan di akun kita, dan lainnya. 

Keyhole

Keyhole for Instagram Analytics

Tagar atau yang biasa kita sebut dengan hashtag ternyata merupakan salah satu faktor penting keberhasilan sebuah konten. Keyhole merupakan fitur yang dapat digunakan untuk menganalisis hashtag dan keyword yang populer. Fitur ini berguna untuk melacak promosi, hashtag bermerek, hashtag kampanye, konten paling populer yang menggunakan hashtag tersebut, dan lainnya.

Hootsuite Analytics

Hootsuite Analytics

Dengan Hootsuite Analytics, pengguna bisa menunjukan data dari masa lalu, membandingkan metrik pada waktu yang diinginkan, memberikan peringkat komentar positif dan negatif, memantau waktu, dan lainnya. Hootsuite Analytics dapat dengan mudah menunjukkan apa yang berhasil tercapai dan bagian mana yang harus ditingkatkan lagi.

Iconosquare

Iconosquare merupakan salah satu Analytics Tools populer yang tidak dipungut biaya alias gratis. Dengan fitur ini, kita dapat melihat statistik yang terkait dengan akun kita. Mulai dari foto yang mendapat like paling banyak, pertumbuhan followers, jumlah komentar, jumlah rata-rata likes, dan lainnya.

Instagram Ads Tools

Untuk memaksimalkan kegunaan pada media sosial Instagram, pengguna bisa memanfaatkan fitur Instagram Ads yang disediakan. Instagram Ads merupakan foto atau video yang disebarkan oleh seseorang atau perusahaan untuk mempromosikan akun mereka. Lalu tools apa saja yang populer gunakan untuk membuat Instagram Ads? Simak berikut ini!

Rekomendasi 28 Tools Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu

Ads Manager

Ads Manager merupakan sebuah platform yang digunakan untuk membuat dan melacak iklan. Dengan menggunakan tools ini, kamu bisa melihat kemampuan jangkauan target dan kampanye di Instagram maupun Facebook. Setelah itu kita dapat menyesuaikan hasilnya dan memantau hasil. Kita dapat melakukan pemantauan melalui Ads Manager apakah telah  terarahkan pada tujuan atau tidaknya.

Instagram Branded Content Tools

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah RM_7vOr9bkfVkerRn3GaQkTf3uxWeEnmcstlGZh1qcdAETZ-WOxzoRN3Xm64_aMQvtHU7rbQ7aRQMSGYbHeO0rWleqVm6yHrdP3Yd0Ue8rO5inlfJg5-99PguvZBqQ5cXPUaqBzU

Buat kamu yang sering beriklan pasti tidak asing dengan Instagram Branded Content Tools. Tools ini memanfaatkan Instagram Ads dan influencer marketing. Branded Content dilakukan dengan tujuan untuk strategi pemasaran. Biasanya perusahaan membayar dan memberi sponsor atas kerjasama influencer dengan brand mereka. Perusahaan dapat menyetujui partner mereka dan melihat engangement dari postingan tersebut.

AdEspresso

AdEspresso

AdEspresso merupakan salah satu tools yang mengatur mengenai anggaran iklan kamu. Tools ini akan lebih memfokuskan kamu dalam mencapai tujuan kamu. Tools ini akan memberikan saran atau tips langkah selanjutnya yang bisa kamu ambil pada saat kampanye atau iklan berlangsung.

Seperti itulah tools Instagram yang wajib banget kamu coba untuk meningkatkan penjualan. Gimana, lengkap kan? Dengan memanfaatkan tools-tools Instagram yang ada, konten yang kamu buat pasti akan lebih menarik deh dan kamu bisa mengukur efektivitas konten atau campaign yang kamu buat.

Kira-kira tools mana yang paling sesuai sama kebutuhan konten kalian saat ini, guys? Share di kolom komentar ya. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat buat kalian semua! Stay safe and healthy, guys!

Credits : Carissa Dea Chrestella Prayudhi

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here