8 Keuntungan Menggunakan Sertifikat SSL

476
Keuntungan Menggunakan SSL
6 min read

Berkat kemajuan teknologi yang sangat pesat, menjadikan kehidupan sehari-hari masyarakat tidak dapat terlepas dari website maupun mobile apps. Aktivitas seperti membaca berita, menonton film, berbelanja online, mendengarkan lagu, ataupun berkumpul dan bertukar ide dengan rekan se-hobi melalui komunitas online pun dapat dilakukan melalui website. Tidak mengherankan jika pertumbuhan industri website di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 9.4% dari kuartal pertama di tahun 2020 ke kuartal kedua pada tahun yang sama.

Website pun banyak digunakan oleh pelaku usaha di Indonesia dalam memasarkan produk mereka agar dapat menjangkau calon pelanggan dari berbagai penjuru negeri. Tidak hanya pelaku usaha mikro, namun perusahan-perusahaan e-commerce raksasa menggunakan website sebagai dukungan profesional untuk menjalankan bisnisnya.

Tetapi tetap saja sebuah teknologi website yang telah mendunia dan digunakan mulai dari skala mikro hingga ke skala makro memiliki celah negatif, seperti hacking atau peretasan situs. Tahukah kalian jika pada pertengahan tahun 2020 saja sebanyak lebih dari 1500 website di Indonesia telah diretas? Peretasan website tentu sangat merugikan pemiliknya dikarenakan dapat mengancam keamanan data para pengunjung website tersebut.

Hal ini dapat menyebabkan hilangnya reputasi dari website. Lalu bagi Anda yang mempunyai website untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, bagaimana cara untuk proteksi website Anda agar pengunjung setia website tetap merasa aman? Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan enskripsi antara web browser dan web server menggunakan SSL (Secure Sockets Layer).

Apa Itu SSL? 

keuntungan menggunakan SSL berbayar
SSL adalah salah satu kebutuhan penting bagi website. (Sumber: Shutterstock)

Sebelum membahas keuntungan menggunakan SSL berbayar, Anda perlu tahu bahwa SSL (Secure Socket Layer) merupakan bagian penting yang tidak dapat terpisahkan dari website karena berguna untuk mengamankan pertukaran data dan informasi yang terjadi di website. Bahkan browser yang saat ini banyak digunakan seperti “Google Chrome” pun melabeli website yang sudah dilengkapi dengan sertifikat SSL sebagai website security terbaik. Dan melabeli website tanpa sertifikat SSL sebagai “not secure” atau tidak aman untuk dikunjungi. Anda bisa membaca informasi selengkapnya terkait apa itu SSL melalui artikel berikut.

SSL Berbayar vs SSL Gratis

SSL sebagai komponen penting untuk proteksi website Anda hadir dalam dua pilihan, yakni versi gratis dan berbayar. SSL berbayar pun memiliki rentang harga yang variatif tergantung fitur dan kelebihan yang ditawarkan. Namun secara umum, sertifikat SSL berbayar baik yang memiliki harga murah ataupun premium sama-sama menggunakan sistem enkripsi 256-bit dan enkripsi kunci 2048-bit.

Baca Juga  Mengenal Jenis SSL yang Bisa Digunakan untuk Mengamankan Website

Bagi Anda yang ingin meningkatkan sistem keamanan pada website secara optimal menggunakan SSL dan masih ragu untuk memilih antara SSL versi gratis atau berbayar, berikut akan dijelaskan secara detail limit dan risiko yang dimiliki oleh SSL gratis sebagai pertimbangan.

Limit dan Risiko dari Menggunakan Sertifikat SSL Gratis

Domain Validation Only

Sesuatu yang gratis pada umumnya memiliki limitasi bukan? Sama halnya seperti sertifikat SSL versi gratis yang terbatas hanya dapat memvalidasi domain saja. Hal ini mungkin tidak akan membahayakan bagi pemilik situs website yang masih kecil. Namun bagi pemilik situs website besar, tentunya hal tersebut akan rentan terhadap pencurian informasi pribadi dan data pengunjungnya.

Tidak Cocok Untuk Website E-Commerce

Sertifikat SSL gratis sangat tidak dianjurkan untuk digunakan bagi pemilik website e-commerce. Dikarenakan sertifikat SSL gratis tidak dapat mengamankan data kartu kredit, informasi data diri pribadi, hingga bukti pembayaran yang diunggah oleh pelanggan.

Kurang Responsif Terhadap Adanya Keluhan Pelanggan

Penyedia jasa sertifikat SSL gratis memiliki keterbatasan kapasitas dalam menangani keluhan pelanggannya, sehingga ketika terjadi sebuah masalah akan mengakibatkan risiko keterlambatan dalam penyelesaiannya.

Proses Penerbitan SSL Lebih Lama

Proses penerbitan untuk sertifikat SSL gratis cenderung membutuhkan waktu yang lama yaitu berkisar antara 30 menit hingga 1 jam. Waktu tersebut pun dapat tercapai apabila tidak ada gangguan dalam proses penerbitan, seperti adanya salah konfigurasi domain, CAA record bermasalah, ataupun salah dalam pengkonfigurasian DNSSEC.

Namun jangan khawatir bagi Anda yang saat ini masih menggunakan sertifikat SSL gratis dan berkeinginan untuk melakukan upgrade ke sertifikat SSL berbayar. Karena upgrade yang perlu dilakukan sangat mudah dan fleksibel (dapat dilakukan kapanpun).

Keuntungan Menggunakan SSL Berbayar

ssl sangat dibutuhkan dalam website
SSL berbayar memiliki berbagai kelebihan terbaik yang bisa diperoleh oleh penggunanya. (Shutterstock)

Banyak keuntungan menggunakan SSL berbayar yang akan Anda dapatkan. Namun dalam artikel ini akan dirangkum ke dalam keuntungan-keuntungan yang paling utama:

Level Validasi Tidak Hanya Terbatas pada Domain Saja

Tidak sama halnya dengan sertifikat SSL gratis yang hanya menyediakan level validasi terbatas pada domain saja, namun pada sertifikat SSL versi berbayar menyediakan level validasi yang lengkap. Level validasi yang ditawarkan mulai dari validasi domain, validasi organisasi, validasi bisnis, dan extended validation.

Masa Berlaku yang Lebih Lama

Keuntungan menggunakan SSL adalah umumnya masa berlaku lebih lama. Biasanya pada sertifikat SSL gratis, Anda diharuskan untuk memperpanjang masa aktif SSL setiap 90 hari sekali. Namun dengan menggunakan sertifikat SSL berbayar, masa berlakunya bisa sampai 1 tahun hingga 2 tahun. Hal tersebut akan membantu efektivitas waktu Anda dalam melakukan maintenance terhadap website.

Baca Juga  Ini 10 Cara Meningkatkan Keamanan Website!

Kompatibilitas Server

Sertifikat SSL berbayar dapat digunakan pada layanan hosting apapun serta tidak terbatas pada server baik yang dikelola secara pribadi ataupun khusus.

Liability Protection

Saat membeli sertifikat SSL berbayar, biasanya Anda akan memperoleh garansi. Garansi tersebut merupakan asuransi terhadap segala kerusakan yang terjadi akibat peretasan ataupun pelanggaran data. Hal tersebut sangat menguntungkan sekali untuk menjamin bahwa sertifikat SSL yang Anda gunakan tersebut benar-benar berguna untuk melindungi keamanan website Anda.

Kompatibilitas Browser

Salah satu keuntungan menggunakan SSL berbayar adalah dapat kompatibel dengan browser. Sertifikat SSL berbayar memiliki kompatibilitas browser yang sangat tinggi yaitu mencapai 99,99%. Sehingga akan menghindarkan website Anda dari masalah terhadap SSL error dikarenakan browser bermasalah.

Menggunakan Enkripsi Tertinggi

Sertifikat SSL berbayar menawarkan jaminan kemanan tingkat dewa dengan menggunakan enkripsi tertinggi yaitu 256-bit dan enkripsi kunci 2048-bit.

Full Support Call Center 24 Jam

Bagi pengguna sertifikat SSL berbayar tidak perlu khawatir lagi jika mengalami gangguan tiba-tiba dalam penggunaan SSL. Dikarenakan support bantuan yang diberikan adalah 24 jam baik melalui chat, email, ticket, ataupun telepon.

Proses Penerbitan Lebih Cepat

Rata-rata proses penerbitan sertifikat SSL berbayar yang baru hanya membutuhkan waktu 5 hingga 10 menit saja.

Kesimpulan

Kini Anda telah mengetahui detail lengkap terkait perbedaan kedua SSL serta keuntungan menggunakan SSL berbayar tersebut. Berikut adalah ringkasan tabel perbedaan SSL Gratis vs SSL Berbayar:

8 Keuntungan Menggunakan Sertifikat SSL - 2022

Penting halnya bagi Anda yang memiliki website untuk menjamin keamanan data di dalamnya demi meningkatkan kepercayaan pengunjung. Hal yang dapat dilakukan untuk menjamin keamankan data dan informasi penting ketika terjadinya aktivitas dalam website yaitu menggunakan SSL Certificate (Secure Socket Layer).

SSL saat ini hadir dalam versi gratis dan berbayar. Perbedaan fitur dan kelengkapan yang ditawarkan oleh SSL gratis dan berbayar pun ada banyak sekali. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan sertifikat SSL berbayar demi keamanan website yang lebih profesional. Namun jangan khawatir dengan harga dari sertifikat SSL berbayar.

Karena saat ini SSL Indonesia versi berbayar telah hadir dalam rentang harga yang bervariasi namun terjangkau. Mulai dari harga Rp6.583/bulan, Anda telah dapat beli SSL murah dengan kelengkapan dan jaminan keamanan yang tinggi.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments