Meningkatkan Tingkat Konversi Website Dengan Teknik A/B Testing

0
1010

Ketika membuat website, versi desain terbaik bisa berpengaruh terhadap conversion rate. Itulah sebabnya, teknik A/B testing sering direkomendasikan. Meningkatkan tingkat konversi website dengan teknik ini dinilai cukup efektif dan efisien. 

A/B testing biasa digunakan untuk menentukan desain web yang dinilai sangat efektif untuk meningkatkan kenyamanan setiap pengunjung web. Dengan teknik ini akan memudahkan dalam pemilihan desain website berdasarkan data penggunaan yang obyektif. 

Pengertian A/B Testing

meningkatkan tingkat konversi website

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara meningkatkan tingkat konversi website, mungkin banyak yang belum memahami terkait pengertiannya. A/B testing ialah teknik uji coba terhadap 2 pilihan desain website secara bersamaan. Tujuannya yaitu untuk melihat hasil terbaik di antara kedua versi tersebut. 

Pada umumnya, hasil terbaik dalam penggunaan teknik ini berkaitan dengan upaya meningkatkan conversion rate. Dengan demikian maka akan mengetahui halaman mana yang menghasilkan konversi lebih tinggi. 

Bagaimana Cara Menjalankan A/B Testing Untuk Meningkatkan Tingkat Konversi Website?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pengguna bisa menggunakan teknik ini dalam rangka meningkatkan conversion rate pada website. Namun sayangnya, banyak pengguna yang belum paham mengenai hal tersebut. Berikut cara yang bisa diterapkan untuk menjalankan teknik A/B testing, antara lain: 

Prioritaskan Halaman Potensial 

Sebuah website tentu terdiri dari banyak halaman, mulai dari halaman utama, landing page produk, halaman promosi, hingga halaman yang menerangkan mengenai perusahaan. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk menentukan halaman web yang harus diprioritaskan. 

Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan yaitu antara lain: 

  • Revenue: prioritaskan halaman web yang berpotensi menyumbang pendapatan lebih tinggi. 
  • Trafik: utamakan halaman web dengan trafik lebih tinggi untuk diuji. 
  • Perbaikan: gunakan teknik ini untuk mengecek dan menguji perbaikan yang bisa diterapkan. Contohnya halaman checkout di mana banyak pengunjung yang mengabaikan belanja maka perlu segera diperbaiki. 

Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk menentukan halaman prioritas. Nantinya Anda akan mendapatkan informasi mengenai performa setiap halaman website, mulai dari jumlah kunjungan hingga revenue per halaman web dengan Google Analytics. 

Tentukan Tujuan Utama 

Meningkatkan Tingkat Konversi Website Dengan Teknik A/B Testing - 2024

Cara meningkatkan tingkat konversi website dengan teknik A/B testing juga bisa dilakukan dengan menentukan tujuan utama. Seperti diketahui, terdapat banyak metrik yang digunakan A/B testing untuk mengukur keberhasilannya. 

Untuk itulah, sebelum melakukan perubahan, maka sangat penting mengetahui tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian, Anda tidak akan kehilangan arah ketika melakukan uji coba dengan teknik ini. Sebaiknya pilih satu tujuan utama agar lebih mudah untuk mengidentifikasi tujuan yang ingin dicapai. 

Buat Hipotesis 

apa itu inodes dalam hosting

Hipotesis merupakan dugaan sementara yang akan dibuktikan kebenarannya. Hipotesis bisa dibuat ketika terdapat masalah yang muncul. Anda akan membuktikan kebenaran dugaan tersebut menggunakan teknik A/B testing.  

Karena hipotesis merupakan dugaan sementara, maka ini bukanlah hasil akhir. Anda akan mendapatkan hasil akhirnya setelah mengganti suatu elemen dan melakukan teknik A/B testing.  Kebenaran hipotesis yang sebelumnya Anda buat baru dibuktikan ketika A/B testing sudah selesai dilakukan. 

Pilihlah Variabel Uji Coba 

Untuk meningkatkan tingkat konversi website juga ditentukan dengan pemilihan variabel uji coba yang tepat. Terdapat banyak pilihan optimasi pada sebuah halaman web yang bisa diuji. A/B testing bisa dilakukan pada pemilihan kata, warna, CTA, gambar, hingga video. 

Anda bisa memilih salah satu variabel yang sekiranya mampu memberikan dampak paling besar. Apabila ingin menguji lebih dari satu variabel maka bisa dilakukan di waktu yang berbeda. 

Sekecil apapun perubahan yang ditunjukkan oleh A/B testing tentu akan memberikan pengaruh yang besar terhadap keberhasilan halaman web Anda. 

Buatlah Versi Tandingan 

Karena sebelumnya Anda sudah membuat hipotesis, maka perlu membuat solusinya, yaitu membuat variasi halaman web. Contohnya, Anda membuat hipotesis masalah halaman web Anda terletak pada teks copy. 

Berdasarkan hipotesis di atas, Anda perlu membuat versi tandingan dari halaman web aslinya. Teks copy merupakan satu variabel yang akan diuji pada A/B testing. Dengan mengganti variabel tersebut, maka secara otomatis Anda telah membuat variasi halaman atau versi tandingan. 

Versi tandingan ini memiliki fungsi untuk membuktikan mengenai perubahan variabel tersebut. Apakah perubahan sebuah variabel bisa memberikan dampak secara signifikan dibanding versi aslinya atau tidak. 

Jalankan Uji Coba Satu per Satu 

Ketika melakukan lebih dari satu A/B testing untuk satu campaign di waktu yang bersamaan tentu bisa menyulitkan Anda. Ketika terdapat lonjakan trafik, Anda akan kebingungan terkait penyebab A/B testing dari email marketing maupun perubahan pada landing page X untuk menurunkan bounce rate. 

Oleh karena itulah, pastikan untuk menjalankan satu uji coba A/B satu per satu agar hasil yang didapatkan lebih tepat. Setelah satu uji coba selesai, Anda kemudian bisa melanjutkan pada uji coba berikutnya. 

Gunakan A/B Testing Tool 

Meningkatkan Tingkat Konversi Website Dengan Teknik A/B Testing - 2024

Terdapat banyak langkah yang harus dijalankan dalam rangkaian AB Testing. Contohnya, menentukan jumlah sampel, menampilkan 2 versi website kepada sampel yang tidak sama hingga mengukur kesuksesan teknik A/B.  

Hal di atas tentu bisa memberatkan Anda. Namun meskipun demikian, Anda tidak perlu merasa khawatir bisa memanfaatkan A/B testing tool yang tersedia.  Dengan A/B testing tool, Anda bisa dengan mudah dan praktis ketika menjalankan uji coba tersebut.  

Beberapa A/B testing tool yang bisa digunakan yaitu VWO, Optimizely, hingga Convert. Hampir semua tool tersebut merupakan tool berbayar dengan harga mulai dari 24 USD/bulan hingga 99 USD/bulan. Untuk itulah, Anda bisa memanfaatkan free trial antara 15 hingga 30 hari sebelum menggunakan A/B testing tool tersebut. 

Uji Dua Variasi Secara Serentak 

Cara berikutnya untuk meningkatkan tingkat konversi website dengan teknik A/B testing yaitu menguji dua variasi secara serentak. Seperti kita ketahui, waktu pengujian menjadi salah satu faktor yang penting dalam A/B testing. 

Ketika menjalankan teknik ini, pastikan Anda menguji 2 variasi secara bersamaan. Hal ini sangat penting karena bertujuan untuk mengurangi kemungkinan perbedaan waktu yang berpengaruh terhadap hasil uji coba. 

Contohnya, Anda menguji variasi A pada Januari, sedangkan variasi B baru pada Februari. Pengunjung web di bulan Januari dan Februari tentu akan berbeda. Anda tidak akan mengetahui penggunaan teknik A/B testing berhasil karena hanya mengubah salah satu variabel atau karena adanya perbedaan waktu. 

Namun jika Anda ingin menguji perbedaan waktu itu sendiri pada A/B testing, maka hal tersebut bisa dilakukan. umumnya, ini terjadi di pengujian A/B email marketing. Untuk menemukan waktu paling tepat mengirimkan email, marketer bisa mengirim email tersebut di waktu yang berbeda.  

Mengoptimalkan Konversi Website dengan A/B Testing dan Desain Halaman yang Mudah Dipahami Pengunjung Website

A/B testing merupakan upaya yang harus dilakukan sebelum melakukan perubahan apapun pada website karena Anda bisa membuat keputusan berdasarkan data yang valid dari trial dan error yang Anda lakukan. 

Dan meningkatkan tingkat konversi website maka Anda perlu membuat halaman web nyaman dan mudah dipahami oleh setiap pengunjung.

Selain itu Anda juga perlu nama domain yang eye caching, Anda bisa mencari layanan domain dan hosting murah yang handal untuk bisnis, Exabytes Indonesia adalah pilihan terbaik. 

Kami menyediakan solusi yang lengkap untuk kebutuhan online Anda, termasuk jasa pembuatan website khusus untuk bisnis online.

Tak hanya menyediakan infrastruktur teknologi yang andal, Exabytes Indonesia juga memiliki tim ahli yang siap membantu Anda dalam pembuatan website yang sesuai dengan kebutuhan bisnis online Anda. Dengan pengalaman dan keahlian kami, kami akan memastikan bahwa website bisnis online Anda didesain dengan baik, memiliki tampilan menarik, dan fungsionalitas yang optimal.

Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa pembuatan website untuk bisnis online di Exabytes Indonesia. Kunjungi situs kami sekarang untuk mengetahui lebih lanjut tentang

layanan kami dan bagaimana kami dapat membantu Anda mencapai kesuksesan dalam bisnis online Anda.

Segera wujudkan website bisnis online yang profesional dan efektif dengan Exabytes Indonesia!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments