5+ Cara Optimasi Load Time WordPress

0
1446

Apakah Anda ingin mengoptimalkan waktu loading situs WordPress? Anda berada di artikel yang tepat. Karena di artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading situs WordPress dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Kami mencoba membahas semua hal tentang cara optimasi load time WordPress, termasuk mengapa kecepatan itu penting dan apa saja yang menjadi penyebab website WordPress lambat. Pembahasan dimulai dari alasan mengapa kecepatan sangat penting untuk website.

Mengapa Kecepatan Website WordPress Sangat Penting?

Ada sebuah penelitian antara tahun 2000 sampai dengan 2016, dimana rata-rata pengunjung website bertahan sampai 12 detik, kini menurun menjadi 7 detik. Artinya Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk menampilkan konten kepada pengunjung dan menyakinkan mereka agar tetap berada di halaman situs website Anda.

Oleh karena itu, website yang lambat akan berpotensi ditinggalkan pengunjung. Menurut studi yang dilakukan StrangeLoop melibatkan Amazon, Google dan website lainnya. Bahwa penundaan 1 detik waktu loading halaman dapat menyebabkan hilangnya konversi sampai dengan 7% dan akan mengalami penurunan kepuasan pengunjung sampai dengan 16%.

5+ Cara Optimasi Load Time WordPress - 2024

Selain itu pihak Google dan mesin pencari lainnya mulai memperhatikan kecepatan website, jika kecepatan website milik Anda dinilai terlalu lambat. Maka mesin pencari akan mendorong website Anda ke bagian bawah hasil pencarian dan itu artinya akan menurunkan trafik yang masuk ke website Anda.

Singkatnya, jika Anda ingin mendapatkan pengunjung yang banyak dan meningkatkan pendapatan dari website Anda. Maka Anda melakukan optimasi load time WordPress sehingga menjadi lebih cepat.

Lantas, Bagaimana Cara Memeriksa Kecepatan Website WordPress?

Seringkali pengguna pemula berfikir bahwa website mereka mendapatkan trafik yang sangat banyak, hanya karena lambat ketika diakses. Padahal bisa saja ada masalah serius yang mempengaruhi website mereka menjadi lebih lambat.

Oleh karena itu, Anda bisa memeriksa kecepatan website dengan menggunakan situs uji kecepatan isitwp.com. Situs tersebut bisa Anda gunakan secara gratis untuk memeriksa kecepatan website Anda dengan sangat baik.

5+ Cara Optimasi Load Time WordPress - 2024

Lantas, berapa kecepatan website yang ideal? Tentu saja waktu yang bagus maksimal 3 detik. Namun tidak harus 3 detik, lebih cepat dari itu jelas lebih baik. Jika Anda sudah mencobanya dan hasilnya ternyata lambat, Anda bisa cek penyebab website lambat.

Bagaimana Cara Optimasi Load Time WordPress?

Ketika website Anda sudah terlanjur menjadi lebih lambat, bagaimana cara mengatasinya? Kami menyadari perubahan konfigurasi pada website untuk meningkatkan kecepatan website akan sangat menyulitkan pengguna pemula, terutama jika pengguna bukan spesialisasi di bidang tersebut.

Tapi jangan khawatir, cara optimasi load time WordPress yang kami jelaskan ini khusus untuk pengguna pemula. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Install dan Gunakan Plugin Caching di WordPress

Cara yang pertama yang bisa Anda coba adalah menginstal dan menggunakan plugin caching di WordPress, plugin caching ini dapat membuat situs WordPress menjadi lebih cepat, kurang lebih cara kerjanya ada di bawah ini:

optimasi load time wordpress

Seperti yang Anda lihat pada gambar tersebut, pengguna akan mengunjungi situs website Anda dan server mengambil informasi dari database MySQL serta file PHP Anda. Selanjutnya semua itu digabungkan menjadi konten HTML yang disajikan kepada pengguna.

Prosesnya sangat panjang bukan? Sehingga wajar jika website Anda bisa lambat, oleh karena itu salah satu cara optimasi loading time WordPress adalah menggunakan plugin caching. Alasannya karena caching memungkinkan konten yang sering diminta untuk disimpan di dalam cache atau memori sementara.

Ketika pengunjung mengakses situs web, konten yang telah disimpan dalam cache akan ditampilkan lebih cepat dari pada jika server harus menghasilkan ulang konten dari awal. Dengan demikian, plugin caching dapat mengurangi waktu muat halaman, menghemat sumber daya server, dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Hal ini karena, plugin caching menyimpan file yang dihasilkan oleh WordPress di dalam memori cache dan menyajikannya kembali ke pengguna saat halaman situs web diminta.

Maka dari itu saat ini banyak dari penyedia WordPress hosting menawarkan solusi caching. Seperti layanan hosting dari Exabytes Indonesia yang menawarkan solusi caching menggunakan LiteSpeed Cache, sehingga kecepatan pemuatan halaman dan waktu respons akan meningkat secara signifikan dan 5x lebih cepat dari server hosting biasa.

Baca selengkapnya tentang apa itu LiteSpeed Cache for WordPress.

Optimalkan Gambar di WordPress

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa 80% pengunjung website akan membaca konten Anda sampai selesai jika terdapat konten visual yang informatif. Tapi, jika konten visual tersebut tidak dioptimalkan dengan sangat baik akan mempengaruhi kecepatan website.

Selama kami membantu pengguna WordPress, salah satu penyebab website lambat yang sering kami temukan adalah gambar yang tidak dioptimalkan. 

Kami merekomendasikan untuk mengedit gambar terlebih dahulu dan mengoptimalkannya, dari pada harus langsung upload foto secara langsung dari ponsel maupun kamera. Karena file aslinya, gambar/foto yang menjadi konten visual tersebut memiliki ukuran file yang cukup besar.

Dengan bantuan aplikasi edit gambar, Anda bisa memperkecil ukuran gambar menjadi 5x lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut.

Detail tentang cara mengoptimalkan gambar, Anda bisa lihat dan pelajari artikel tentang panduan cara optimasi konten visual di website.

Jangan Upload File Audio dan Video Secara Langsung di WordPress

Kami sangat tidak merekomendasikan mengunggah secara langsung file audio dan video ke website Anda, karena file audio dan video cenderung memiliki ukuran yang besar. 

Ketika Anda memaksa untuk upload file tersebut secara langsung, maka server harus memproses dan mengirim file tersebut ke pengunjung saat situs web dimuat. Semakin besar ukuran file, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat file tersebut.

Alasan kedua karena kapasitas server yang Anda miliki terbatas, kapasitas server Anda tidak akan cukup untuk menangani beban lalu lintas yang tinggi. Hal ini dapat memperlambat loading website dan bahkan menyebabkan situs web menjadi tidak dapat diakses.

Cara mengatasinya, kami merekomendasikan file audio dan video diupload ke platform hosting file seperti YouTube atau SoundCloud, selanjutnya ditautkan ke situs web Anda.

Cara ini dapat mengurangi beban server dan mempercepat waktu muat halaman situs. Selain itu, dengan menggunakan platform tersebut, Anda juga dapat mengelola dan membagikan file tersebut dengan lebih mudah.

Menggunakan Tema yang Cepat

Penting untuk memberikan perhatian secara khusus pada tema yang Anda gunakan, karena sangat mempengaruhi kecepatan website. Gunakan tema yang lebih sederhana dari pada menggunakan tema yang hanya sekedar memiliki keindahan tapi tidak ramah terhadap kecepatan website.

Anda bisa menggunakan tema WordPress populer seperti Astra, OceanWP, GeneratePress, Neve dan Hestia. Tema – tema tersebut memiliki kecepatan yang cukup baik dibandingkan dengan tema lainnya, beberapa diantaranya juga gratis dan bisa Anda gunakan secara bebas.

Oh iya, sebelum Anda mengaktifkan tema baru Anda. Kami sarankan Anda untuk mempelajari tentang cara mengganti tema WordPress dengan benar dan mudah, agar Anda tidak melakukan kesalahan saat instalasi.

Gunakan Plugin Terpercaya

Plugin yang tidak terpercaya biasanya memiliki pengkodean yang buruk dan hal tersebut seringkali menjadi penyebab website Anda menjadi lebih lambat. 

Selain dapat memperlambat website Anda, plugin tidak terpercaya juga bisa mengancam keamanan, karena biasanya dikembangkan oleh pihak yang tidak dikenal yang dapat menyebabkan masalah keamanan pada website Anda, terutama serangan cyber dan malware.

Plugin yang terpercaya biasanya dioptimalkan untuk kinerja yang baik dan tidak membebani server. Dukungan terhadap pengguna juga bisa Anda dapatkan, sehingga jika Anda mengalami masalah atau memiliki pertanyaan, Anda dapat meminta bantuan kepada pengembang dan mendapatkan jawaban atau solusi yang tepat.

Jadi pada intinya dengan menggunakan plugin terpercaya, Anda dapat memastikan bahwa website Anda berfungsi dengan baik, aman, dan optimal dalam hal kecepatan dan kinerja.

Nah, untuk membantu Anda memilih plugin terbaik, kami sering memposting rekomendasi plugin WordPress terbaik yang kami riset secara mendalam.

Gunakan Content Delivery Network (CDN)

Pengguna dengan lokasi geografis berbeda mungkin memiliki waktu loading yang berbeda ketika membuka website Anda. Alasannya karena lokasi server hosting web yang Anda gunakan bisa berdampak pada kecepatan website.

Misalnya saja, perusahaan hosting yang Anda gunakan memiliki server di Amerika Serikat. Pengunjung yang berada di negara Amerika umumnya akan memiliki loading time pemuatan halaman website lebih cepat ketimbang pengunjung website yang berada di India.

Nah, CDN atau Content Delivery Network bisa membantu mempercepat waktu pemuatan website di semua pengunjung dan lokasi geografis. 

CDN adalah jaringan server terdistribusi yang berlokasi di seluruh dunia dan berfungsi untuk menyimpan cache konten dari website, file tersebut berupa file ‘statis’ yang di dalamnya terdapat gambar, CSS, JavaScript dan lainnya.

Saat Anda menggunakan CDN, setiap kali pengguna mengunjungi website Anda, file yang mereka lihat adalah file statis dari server lokasi pengunjung tersebut berada atau yang paling dekat dengan mereka.

Kami merekomendasikan CDN yang bisa Anda gunakan adalah Sucuri, Bunny CDN atau CloudFlare. Semua CDN tersebut berfungsi dengan sangat baik di situs website WordPress dan bisa menjadi pelengkap plugin caching WordPress yang Anda gunakan, sehingga website bisa menjadi lebih cepat.

Bagaimana, Siap Membuat Website Anda Menjadi Jauh Lebih Cepat?

Itu dia beberapa cara optimasi load time WordPress, sebenarnya masih banyak cara lainnya. Hanya saja cara di atas juga sudah bisa membantu Anda meningkatkan kecepatan website WordPress. Bahkan, cara yang kami jelaskan ini adalah cara paling mudah yang bisa diterapkan oleh pemula sekalipun.

Silahkan Anda pelajari dan coba teknik-teknik tersebut, jangan lupa untuk menguji kecepatan website sebelum dan sesudah menerapkan cara optimasi load time WordPress di atas. 

Anda mungkin ingin melihat panduan ubersuggest: tools untuk SEO WordPress yang sudah kami buat, semoga membantu Anda meningkatkan peringkat SEO website WordPress dan kami sarankan agar website WordPress Anda optimal, gunakan layanan WordPress hosting yang tepat.

Hubungi kami untuk mendapatkan saran web hosting Indonesia yang tepat untuk bisnis Anda, good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments