Membuat Website Multibahasa dengan WordPress: Praktis dan Efisien

0
964

Pelajari cara praktis dan efisien dalam membuat website multibahasa dengan WordPress. Dapatkan panduan langkah demi langkah untuk menjangkau lebih banyak pengunjung dan pasar.

Sekarang, hampir semua penduduk dunia menggunakan media internet untuk menjangkau apapun. Tidak heran, ada banyak sekali bisnis yang berjalan via online. Salah satunya adalah melalui website. Bahkan, banyak juga yang membuat website multibahasa dengan WordPress. 

Apa itu website multibahasa? Sebagai gambaran, ketika Anda mengetikkan kata kunci, Anda bisa saja menemukan website yang mengizinkan Anda untuk menerjemahkan ke bahasa lain. Anda tidak harus menyalin dan menerjemahkannya secara manual di alat penerjemah lain.

Itulah yang namanya website multibahasa. Anda bisa membaca satu artikel dengan berbagai versi bahasa yang disediakan pengelola website. 

Apakah Anda juga ingin membuat website semacam itu? Sebelum itu, pastikan Anda memahami lebih dahulu pengertian website multilanguage beserta manfaatnya. Yuk, simak penjelasan berikut:

Mengenal Website Multibahasa

membuat website multibahasa dengan wordpress

Sebagaimana namanya, web multibahasa atau multilanguage merupakan sebuah website yang mana kontennya terdiri dari beberapa versi bahasa. Jumlah bahasa web tersebut tergantung bagaimana pengguna mengaturnya. 

Misalnya, pengelola web dari Indonesia bisa menambahkan bahasa negara lain, seperti Bahasa Inggris, China, Prancis, dan lainnya. Semua itu bisa dilakukan hanya dalam satu web. Sangat menakjubkan, bukan?

Memang, hingga saat ini, bahasa yang mendominasi website-website besar adalah Bahasa Inggris. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menambahkan bahasa lain. 

Penambahan bahasa (sasaran) akan membantu Anda menjangkau jauh lebih banyak pengunjung. Artinya, pengunjung tidak hanya dari negara Anda saja, tetapi juga dari negara lain. 

Itulah kenapa, sekarang, banyak sekali pengelola website yang memutuskan untuk beralih ke website multibahasa. Ini karena manfaatnya sangat berlipat dibanding website yang menerapkan single language. Terlebih, tutorial WordPress beredar di mana-mana dengan berbagai bahasa.

Manfaat Membuat Website Multibahasa dengan WordPress

manfaat whois protection

Faktanya, membuat website multibahasa dengan WordPress tidak hanya mendatangkan manfaat untuk pengunjung. Namun, blog itu sendiri pun akan merasakan manfaatnya. 

Apa saja, sih, manfaat website multi language? Tentu sangat banyak. Di antaranya adalah:

Traffic meningkat lebih banyak

Website satu bahasa dengan SEO yang baik memang bisa meningkatkan traffic. Namun, website dengan beragam bahasa dan SEO yang baik akan membuat traffic jauh lebih meningkat. 

Kenapa demikian? Mesin pencarian akan mengindeks konten Anda serta merangkingnya sebagai beberapa konten yang terpisah. Sehingga, konten Anda berkesempatan untuk menduduki rank teratas. 

Sebagaimana fakta, pengunjung lebih tertarik pada suatu web berada di pencarian paling atas. Itulah sebabnya, traffic web yang kontennya selalu muncul di halaman pertama cenderung berkembang pesat. 

Pengunjung Meningkat

Manfaat paling nampak setelah  membuat website multibahasa dengan WordPress adalah meningkatnya pengunjung. Ini karena bahasa yang diterapkan di web bermacam-macam. 

Hal ini sudah dijelaskan di poin awal, bahwasannya pengunjung web multibahasa dan web satu bahasa tidaklah sama. Web satu bahasa memungkinkan pengunjung hanya berasal dari negara yang menggunakan bahasa tersebut. 

Sementara, ini tidak berlaku untuk web multibahasa. Secara otomatis, pengunjung dari negara yang menggunakan bahasa sasaran akan berkunjung ke web tersebut. Terlebih jika bahasa sasaran tidak hanya dua, pengunjung akan semakin berlipat meningkatnya. 

Jika Anda sedang mengembangkan web bisnis, Anda sangat disarankan untuk mengaktifkan plugin multilanguage. Kenapa? Anda tentu ingin mendapatkan pelanggan dari berbagai negara, kan? Yang jelas, keuntungan yang Anda dapatkan juga ikut meningkat lebih tinggi. 

Cara Membuat Website Multibahasa dengan WordPress

membuat website multibahasa dengan wordpress

Anda pasti penasaran bagaimana cara membuat website multilanguage. Langsung saja, berikut adalah penjelasannya:

Membuat Website Dasar dengan Single Language

Sebelum  membuat website multibahasa dengan WordPress, Anda harus membuat website dasar terlebih dahulu. Tentunya, web tersebut hanya menggunakan satu bahasa. 

Pastikan web dasar Anda sudah termodifikasi dengan baik. Dalam artian, Anda telah mengatur tema, template, navigasi, dan sebagainya. Ingat, semua itu harus sesuai dengan konten yang hendak Anda prioritaskan di website. 

Jika web sudah siap, selanjutnya adalah beralih ke multibahasa. Dalam WordPress, Anda akan mendapatkan banyak sekali pilihan plugin, khususnya plugin multi bahasa. Anda bisa memilih plugin yang sesuai dengan web Anda, baik dari kemudahan dan layanan. 

Bagaimana langkah-langkahnya? Caranya cukup sederhana. Yang jelas, Anda tidak boleh salah menerapkan plugin. Hal ini akan dijelaskan di poin berikutnya.

Menginstal Plugin dan Menambahkan Bahasa

Plugin multi bahasa di WordPress sangatlah banyak.  Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Di antaranya adalah Weglot, WPML, Polylang, Translate Press, dan sebagainya. 

Setiap plugin tersebut pasti menawarkan kelebihannya masing-masing. Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh plugin WordPress yang sesuai kebutuhan Anda. 

Sebagai contoh, Anda bisa menerapkan plugin multi bahasa Translate Press. Translate Press merupakan plugin multilingual WordPress yang sangat populer dan banyak sekali penggunanya. 

Translate Press tidak sama dengan plugin lainnya. Secara global, plugin multi bahasa WordPress meminta pengguna untuk membuat lebih dari satu versi satu artikel. Baru setelah itu, plugin akan bekerja dan menerjemahkannya. 

Sementara, plugin WordPress Translate Press tidak menerapkan hal tersebut. Plugin tersebut akan langsung menerjemahkan satu versi artikel yang Anda buat. Tentu saja, bahasa terjemahan mengikuti bahasa yang sudah Anda input. 

Anda bisa langsung menginstal dan mengaktifkan Translate Press. Untuk langkahnya, Anda tinggal mengikuti perintah di WordPress. Setelah itu, Anda bisa menambahkan bahasa terjemahan. 

Jika Anda membuat website multibahasa dengan WordPress yang memuat dari lebih dari satu, Anda bisa menginstal fitur tambahan. Fitur tersebut adalah ‘add on’. Selanjutnya, Anda tinggal menambahkan bahasa yang Anda inginkan. 

Mengaktifkan Penerjemahan Otomatis

Mengaktifkan penerjemahan otomatis adalah pilihan yang sangat bagus. Hanya saja, ini tidak baik jika diterapkan di web besar. Kenapa? Tentunya, hal tersebut justru memakan waktu yang sangat lama mengingat kontennya juga banyak. 

Setiap plugin menyediakan fitur terjemahan otomatis, termasuk TranslatePress. Caranya cukup mudah. Anda tinggal menuju pengaturan plugin dan memilih ‘yes’. Nanti, Anda akan melihat pilihan/pengaturan lain terkait terjemahan otomatis. 

Selanjutnya, Anda harus memilih mesin penerjemah. Anda bisa menggunakan versi gratis atau pro (berbayar). Yang jelas, hubungkan website Anda dengan API mesin penerjemahan tersebut. 

Langkah terakhir adalah memasukkan batas karakter yang hendak diterjemahkan secara otomatis setiap hari. Jadi, ini tergantung kebutuhan Anda. 

Mengatur Pengalihan Bahasa

Website multi bahasa tidak akan berguna jika sulit diakses pengunjung. Maka, Anda harus mengatur pengalihan bahasa agar mudah dikunjungi dan dibaca. Dalam artian, pastikan menu pengalih bahasa muncul di menu navigasi. 

Dengan cara ini, pengunjung dari negara manapun bisa memahami konten Anda. Pastinya, keuntungan Anda akan jauh lebih banyak karena visitor tidak hanya dari dalam negeri. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk beralih ke website multibahasa? Ingat, website multibahasa menjadi media terbaik untuk meraup banyak manfaat. Performa website Anda akan lebih optimal dan mampu menjangkau audience di seluruh dunia (khususnya bahasa sasaran). 

Lagipula, cara  membuat website multibahasa dengan WordPress tidaklah rumit. Langkahnya sederhana dan mudah. Anda hanya butuh mengikuti perintah dari plugin yang Anda pilih. Setelah itu, Anda akan merasakan pengalaman pengelolaan website yang lebih seru. 

Memanfaatkan Potensi Global dengan Membuat Website Multibahasa dengan WordPress

Membuat website multibahasa dengan WordPress memiliki manfaat yang signifikan. Dalam dunia yang semakin terhubung, memiliki website yang dapat diakses dalam berbagai bahasa membantu meningkatkan jumlah pengunjung dan traffic. 

Dengan adanya website multibahasa, pengelola website dapat meningkatkan kinerja situs web mereka dan menjangkau audiens di seluruh dunia. Prosedur pembuatan website multibahasa dengan WordPress relatif sederhana dan mudah diikuti melalui penggunaan plugin yang sesuai.

Sebagai tambahan, jika Anda tertarik untuk membuat website multibahasa dengan WordPress, kami merekomendasikan untuk menggunakan layanan WordPress hosting dari Exabytes. 

Alasannya, karena Exabytes telah memperoleh sertifikat ISO 27001, yang menunjukkan komitmen mereka terhadap keamanan dan perlindungan data.

Dengan layanan WordPress hosting dari Exabytes, Anda akan mendapatkan kecepatan akses yang tinggi, kestabilan server yang handal, serta dukungan teknis yang responsif dan profesional. Dengan demikian, Anda dapat fokus pada mengembangkan konten dan bisnis Anda tanpa perlu khawatir tentang masalah teknis.

Selamat mencoba ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments