Memilih Domain di Bulan Ramadhan Untuk Bisnis Online Yang Sukses

0
1207

Pada umumnya, memiliki website sangatlah penting bagi bisnis online agar bisa semakin sukses. Akan tetapi, mengapa kamu belum punya web sama sekali? Apakah karena belum tahu harus memulainya dari mana? Pastikan terlebih dahulu kamu sudah punya dan bahkan sudah mendaftarkan nama domain.

Meski tidak segera digunakan, sebaiknya segeralah untuk memilih nama domain di bulan Ramadhan. Jika tidak, besar kemungkinan kamu akan kehilangan domain tersebut karena sudah dibeli oleh orang lain.

Domain yang sudah kamu daftarkan tentu akan menjadi milikmu hingga masa domain tersebut berakhir. Kamu juga tetap bisa menggunakan domain yang sama secara terus menerus melalui perpanjangan domain.

Cara Memilih Domain untuk Bisnis Online

cara memilih domain di bulan Ramadhan
Sumber: pixabay

Belum sempat memilih domain di bulan Ramadhan hanya karena takut salah pilih? Itu artinya, kamu belum melakukan riset sama sekali. Padahal, ada banyak sumber terpercaya yang dapat membantumu dalam mendapatkan pilihan domain yang tepat.

Coba perhatikan cara memilih domain di bulan Ramadhan berikut yang akan membantu dalam memulai hingga mengembangkan bisnis online:

Buat Domain Pendek dan Mudah Dieja

Bagi sebagian orang, terutama yang belum berpengalaman, memilih domain di bulan Ramadhan tampak sulit dan seolah menjadi tantangan tersendiri. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir dan takut melakukan kesalahan memilih domain.

Salah satu cara memilih domain yang tepat untuk bisnis online yang dimulai sejak Ramadhan adalah dengan memastikan domain tidak hanya pendek tetapi juga mudah dieja.

Ada banyak alasan mengapa sebaiknya menggunakan nama domain yang pendek. Pertama, domain yang pendek tentu mudah diingat dan mudah dieja sehingga bisa diketik dengan cepat tanpa typo. Selain itu, domain tersebut juga dapat mendukung pengalaman pengguna yang positif.

Hal tersebut menjadi lebih penting karena semakin banyak orang yang mencari informasi melalui internet di perangkat smartphone. Domain yang dibuat pendek akan membantu pengguna internet menghindari kesalahan penulisan.

Di samping beberapa alasan di atas, nama domain yang panjan ternyata bisa membuat pengguna internet khawatir akan adanya tujuan penipuan dibalik web yang mereka kunjungi. Agar terhindar dari kecurigaan pengunjung web, tentu semakin banyak alasan mengapa domain yang pendek lebih baik dibandingkan domain yang begitu panjang.

Pilih Nama yang Unik

Sudah berencana memilih domain di bulan Ramadhan namun pada akhirnya kamu masih ragu? Domain sebenarnya bisa kamu beli kapan saja. Akan tetapi, semakin lama mengundur rencana untuk mendaftarkan nama domain, semakin kecil kesempatan untuk bisa menggunakan domain tersebut. Bisa jadi ada pihak lain yang juga mengincar nama domain yang kamu pilih.

Agar bisa segera membuat keputusan yang tepat, beli domain secepat mungkin dengan memilih nama domain yang unik. Nama domain yang unik membantu menghindari masalah yang berkaitan dengan hukum. Tidak hanya itu, domain tersebut juga ternyata akan berkontribusi dalam upaya marketing.

Apabila web yang hendak kamu buat merupakan representasi dari brand besar, tentunya nama domain harus benar-benar bisa mewakili dan bahkan menjadi identitas brand tersebut.

Gunakan Ekstensi Domain yang Tepat

gunakan ekstensi domain yang tepat saat memilih domain di bulan Ramadhan
Sumber: pixabay

Jauh sebelum memilih domain di bulan Ramadhan, pastinya kamu sudah tahu apa itu ekstensi domain, bukan? Ekstensi domain merupakan bagian dari domain yang tentunya memiliki peran penting. Tambahan yang ada di akhir domain, seperti pada Exabytes.co.id. Exabytes adalah nama domain dan .CO.ID adalah ekstensi domain.

Ada banyak pilihan ekstensi domain, diantaranya adalah domain.COM, domain.ID, domain.NET, domain.SITE, dan lain sebagainya. Akan tetapi ada beberapa ekstensi domain yang hanya bisa digunakan oleh pihak tertentu saja. 

Dengan kata lain, ekstensi domain tersebut tidak dapat digunakan secara bebas karena harus memenuhi sejumlah persyaratan untuk menggunakannya. Diantaranya adalah domain.GOV, domain.SCH, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, memilih ekstensi domain harus dilakukan dengan hati-hati agar bisa mendapatkan pilihan yang tepat. Selain beberapa pilihan ekstensi domain yang disebutkan di atas, tersedia juga ekstensi domain unik yang akan membuat website tampil beda dari para kompetitor sehingga mampu mencuri perhatian target audiens atau calon pelanggan.

Hindari Penulisan Huruf Double, Angka, dan Karakter

Ketika nama domain incaranmu sudah tidak tersedia, apakah kamu berinisiatif untuk menggunakan penulisan huruf double? Atau mungkin ingin memasukkan angka atau karakter dalam nama domain?

Cara memilih domain di bulan Ramadhan satu ini sebenarnya tidak disarankan. Sebaiknya hindari hal tersebut agar bisa mendapatkan domain yang tepat. Mengapa? Bayangkan berapa banyak calon pelanggan potensial yang kamu lewatkan karena mereka kesulitan dalam mengetik nama domain yang terkesan sulit.

Bahkan bisa berdampak kurang baik untuk upaya pemasaran digital yang kamu lakukan. Penulisan huruf double, adanya angka atau karakter akan membuat sebagian besar orang bingung. Saat mereka khawatir salah ketik, bukan tidak mungkin pada akhirnya lebih memilih mengunjungi web kompetitor bisnis.

Sertakan Keyword

sertakan keyword pada domain
Sumber: pixabay

Masih mencari cara tepat dalam memilih domain di bulan Ramadhan agar tidak salah pilih untuk bisnis online? Apabila memungkinkan, kamu bisa menyertakan keyword. Namun, jangan sampai memaksakan apabila pada akhirnya nama domain terlihat aneh dan terlalu panjang.

Lakukan Riset

Setiap bisnis sudah pasti memiliki pilihan nama domainnya masing-masing. Akan tetapi, bagaimana jika nama domain tersebut sudah digunakan oleh pihak lain? Agar bisa mencari alternatif sedini mungkin, lakukan riset terlebih dahulu.

Jadi, sebelum mendaftarkan nama domain, cek ketersediaan domain yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Apabila sudah digunakan oleh pihak lain, segera cari solusi atau alternatif. Namun, sebaiknya hindari memilih nama domain yang mirip, terlebih jika domain sudah menjadi milik brand besar yang memiliki kekuatan secara hukum.

Melakukan riset akan membantu kamu menghindari nama domain yang serupa dengan domain incaranmu. Nama domain tersebut tidak hanya bisa membingungkan target audiens tetapi juga bisa membawa dampak buruk secara hukum. Jika terjadi, bukan hanya upaya dan waktu, tetapi kamu juga harus menghabiskan banyak uang untuk menyelesaikannya.

Pastikan Domain Relevan Dengan Konten Website

memilih domain di bulan Ramadhan yang relevan dengan konten website
Sumber: pixabay

Selain mempertimbangkan ekstensi domain, brand, nama perusahaan, dan produk, konten web juga perlu kamu perhatikan saat hendak memilih domain di bulan Ramadhan.

Domain yang relevan dengan konten web akan membuat target audiens bisa menyimpulkan apakah web yang mereka kunjungi sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak. Kamu bisa memilih nama domain yang membuat orang tahu konten apa yang ada di web kamu bahkan sebelum mereka berkunjung ke web tersebut.

Cari tahu tips memilih nama domain melalui artikel ini!

Gunakan Domain Generator

Tahukah kamu? Ada lebih dari 360 juta nama domain yang didaftarkan di seluruh dunia. Jadi, tidak heran jika orang-orang berkata kalau nama domain yang bagus sudah digunakan. Namun, jangan berkecil hati. Coba cari nama domain yang tepat untuk bisnis online. Kemudian, daftarkan domain tersebut dengan cara membeli domain murah di Exabytes.

Akan tetapi, melakukan pencarian secara manual akan sangat memakan waktu. Dalam hal ini, domain generator akan sangat bisa kamu andalkan. Tools satu ini akan bekerja dalam menemukan bahkan ribuan nama domain. Salah satu dari domain tersebut pasti cocok untuk bisnis dan tujuanmu.

Salah satu generator tools yang banyak digunakan adalah Nameboy. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan tools serupa lainnya. Yang terpenting adalah tools tersebut akan membantumu menemukan lebih banyak nama domain.

Segera Beli Domain

Mengapa masih belum yakin untuk memilih domain di bulan Ramadhan padahal waktu berlalu begitu cepat? Sebaiknya segera beli domain pilihanmu. Sehingga kamu tidak akan kehilangan kesempatan untuk bisa menggunakan nama domain tersebut sebelum akhirnya jatuh ke tangan orang lain.

Sudah menentukan pilihan? Itu artinya, kamu bisa beli domain di Exabytes dan segera memulai langkah awal kesuksesan bisnis online. Selain domain, kamu juga bisa memilih jasa pembuatan website profesional dari penyedia yang sama, yaitu Exabytes.

Jadi, kebutuhan dalam membangun bisnis online bisa terpenuhi tanpa harus menghabiskan lebih banyak waktu, tenaga, dan biaya.

Dimana Tempat Beli Domain yang Tepat?

Meski sudah tahu bagaimana caranya memilih domain di bulan Ramadhan, apakah ada jaminan bahwa kamu bisa menemukan tempat yang tepat untuk membeli domain? Dengan adanya banyak perusahaan yang menawarkan domain, Exabytes hadir sebagai pilihan terbaik.

Selain domain murah, Exabytes juga menyediakan domain premium yang akan memberikan banyak kelebihan dan keuntungan bagi bisnis online

Jadi, sudah sejauh mana persiapan kamu dalam memilih domain?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments