10+ Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Website Kamu

0
1685

Website dan domain adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tetapi, apakah kamu sudah memilih nama domain yang tepat? Jika belum, mari simak 10+ tips memilih nama domain berikut ini.

Pilih Domain yang Unik dan Kreatif

Pilih nama domain unik
Sumber: shutterstock

Sebelum memutuskan untuk menggunakan nama domain ingatlah bahwa nama tersebut yang akan menjadi identitas situs web di internet. Saat menjalankan bisnis online, artinya kamu berkompetisi dengan para pesaing untuk bisa meraih perhatian pengguna internet, bukan?

Untuk alasan tersebut, kamu harus berhati-hati dalam memilih nama domain. Sebaiknya pilihlah nama domain yang unik dan kreatif. Tips memilih nama domain satu ini tidak boleh dianggap sepele. Berada di dunia online berarti kamu akan bersaing dengan banyak pebisnis baik lokal maupun internasional.

Menggunakan nama domain yang unik akan memudahkan target audiens mencari dan menemukan alamat situs web milikmu. Bagi mereka yang baru memasuki dunia bisnis online, nama domain juga akan berperan penting dalam proses branding.

Belum punya pilihan nama domain yang tepat? Hubungi Exabytes sekarang juga dan dapatkan nama domain yang sesuai dengan bisnis serta keinginanmu.

Tentukan Ekstensi Domain yang Sesuai

Tips memilih nama domain
Sumber: shutterstock

Saat memutuskan untuk membangun situs web, sudahkah terpikir nama domain? Memilih nama domain merupakan sebuah tantangan terlebih di era digital seperti sekarang ini. Kamu mungkin masih ragu dalam menentukan ekstensi domain yang tepat. Padahal saat ini, ada begitu banyak pilihan ekstensi domain.

Selain domain.COM, masih ada banyak ekstensi yang juga populer. Kenali lebih jauh apa itu TLD sehingga kamu bisa menentukan apakah akan menggunakan generic top level domain atau country code top level domain. Sehingga bisa memastikan bahwa pilihanmu adalah yang paling cocok dan menggambarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Cari tahu lebih dalam apa itu top level domain di sini yuk!

Tersedia beberapa ekstensi domain unik yang juga bisa kamu pertimbangkan serta sesuainya dengan jenis bisnis dan website yang akan dibangun. Bahkan ekstensi domain tersebut juga bisa digunakan untuk blog, bukan hanya situs web saja.

Domain yang Singkat dan Mudah Diingat

Tips memilih nama domain selanjutnya adalah mempertimbangkan nama domain yang singkat serta mudah diingat. Memang tidak sedikit bisnis atau perusahaan yang menggunakan nama domain panjang namun biasanya merupakan domain premium.

Akan tetapi, kamu harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan terlebih jika ini kali pertama kamu memiliki website. Domain yang terlalu panjang akan membuat pengguna internet kesulitan dalam mengejanya. Bahkan bisa jadi mereka akan sulit mengingat nama domain tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih nama domain yang pendek dan mudah diingat. Pasalnya, tidak semua domain pendek itu mudah diingat. Kembali lagi, kamu harus memastikan bahwa domain tersebut unik sehingga audiens yang kamu targetkan akan selalu mengingat nama domain milikmu.

Untuk nama domain, pertimbangkan agar jumlah huruf tidak lebih dari 17 karakter. Dengan begitu, kamu bisa membuat nama domain yang singkat.

Hindari kesalahan memilih nama domain agar domain yang kamu pilih bisa menjadi investasi yang dapat memberikan return. Sebenarnya, apa yang kamu pertimbangkan dalam menentukan nama domain?

Apakah ingin mendapatkan domain murah? Atau kamu lebih tertarik dengan domain premium? Keduanya tersedia di Exabytes, jadi tidak perlu bingung lagi.

Gunakan Nama Domain yang Mudah Diketik

Apalah artinya nama domain yang singkat jika tidak mudah diingat dan dicari? Itu artinya, kamu juga harus memperhatikan tips memilih nama domain lain. Dimana nama domain haruslah mudah diketik. 

Jadi, meskipun situs web kamu belum muncul di hasil pencarian teratas di mesin pencari, pengguna internet bisa mengetiknya dengan mudah. Sehingga bisa mengakses situs web tanpa khawatir akan masuk ke situs web pesaing.

Nah, agar nama domain website kamu mudah diketik, pastikan tidak menggunakan kata yang panjang dengan huruf berulang. Selain itu, nama domain juga tidak mengandung tanda hubung serta ejaan tidak baku yang justru akan membingungkan orang. 

Hindari juga penggunaan angka sebagai ganti huruf tertentu, misalnya angka 9 untuk mengganti huruf g.

Ingin cek harga domain? Segera hubungi Exabytes dan dapatkan estimasi harga domain yang bisa kamu sesuaikan dengan budget.

Selipkan Keyword Industri pada Domain Jika Memungkinkan

Ingin mendapatkan nama domain yang tepat? Pas sekali! Kamu bisa mempertimbangkan tips memilih nama domain satu ini. Sebagai pemilik bisnis, sudah pasti kamu ingin situs web berada di ranking teratas mesin pencari, bukan?

Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengoptimasi website melalui teknik SEO yang sesuai dengan algoritma Google. Namun, hal pemilihan keyword atau kata kunci juga berpengaruh dalam hasil ranking Google.

Selain pada konten website, keyword juga bisa kamu selipkan pada nama domain. Tentunya, kata kunci tersebut harus disesuaikan dengan industri dimana kamu menjalankan bisnis online, apakah asuransi, fashion, atau lainnya.

Akan tetapi, tidak perlu memaksakan terlebih jika nama domain akan terlihat anak dan tidak mudah diingat. Jadi, penggunaan keyword pada nama domain hanya dilakukan apabila memungkinkan. Jika tidak, tentunya kamu bisa menggunakan tips memilih nama domain lainnya yang tidak kalah bermanfaat.

Pertimbangkan Nama Brand Sebagai Nama Domain

Punya produk sendiri, bukan hanya sekedar menjual produk yang pihak lain produksi? Jika demikian, kamu harus memiliki nama brand. Dengan begitu, produk atau layanan yang kamu tawarkan akan lebih dikenal dan dipercaya oleh target konsumen.

Nama brand itu penting karena akan melekat di masyarakat. Sudah tidak asing dengan brand AQUA, bukan? Apa yang kamu pikirkan tentang brand tersebut? Meski banyak brand air mineral dalam kemasan lainnya, tetapi tidak sedikit masyarakat yang justru menyebutkan AQUA saat membeli air mineral kemasan.

Nama brand bisa kamu gunakan sebagai nama domain seperti berbagai brand besar dan terkenal yang sudah lebih dahulu melakukannya. Dengan begitu, pengguna internet akan langsung menyadari kalau website yang mereka kunjungi adalah milik brand tersebut.

Menggunakan nama brand sebagai domain juga bisa mencegah pihak lain menggunakan nama domain yang serupa karena nama brand sudah kamu patenkan. 

Pikirkan Penggunaan Jangka Panjang

Setiap pebisnis tentunya ingin bisnisnya bisa bertahan lama. Itu berarti, dengan tujuan jangka panjang termasuk melakukan perubahan serta perkembangan, kamu juga harus memikirkan nama domain untuk penggunaan jangka panjang.

Tips memilih nama domain satu ini tidak boleh sampai terlewat. Lantas, apa tujuan utama kamu membuat situs web? Apakah akan digunakan untuk menjalankan bisnis? Untuk penggunaan jangka panjang, sebaiknya hindari memilih nama domain yang terdengar populer sesaat saja.

Dengan kata lain, kamu harus mencari nama domain yang bisa bertahan lama. Tidak bisa dipungkiri kalau nama domain akan menjadi cerminan bisnis serta menentukan reputasi situs web di kalangan konsumen serta mesin pencari.

Google, sebagai salah satu mesin pencari terbesar dan banyak digunakan biasanya menelusuri identitas situs web dari nama domain yang digunakan. Bayangkan seperti apa gambaran reputasi websitemu di hasil pencarian apabila dua atau tiga tahun kemudian kamu mengganti domain dengan nama yang berbeda.

Hindari Penggunaan Tanda Baca dan Angka

Selain membuat nama domain terlihat alay, tanda hubung dan angka juga akan membuat nama domain sulit dibaca dan diketik. Itu akan membuat orang-orang berpikir dua kali untuk melanjutkan pencarian dengan mengetikan nama domain tersebut.

Sebagai gantinya, mereka akan mengetikan domain yang mudah sesuai dengan apa yang mereka ingat. Jadi, tanda baca, tanda, hubung, simbol, maupun angka adalah karakter yang harus kamu hindari dalam membuat nama domain.

Cantumkan Nama Area Bila Memungkinkan

Apakah mencantumkan nama tempat pada domain terkesan aneh? Sebenarnya, tidak karena setiap bisnis mempunyai kebutuhan yang berbeda. Misalnya, kamu ingin menargetkan audiens di suatu tempat saja secara lokal, nama area atau daerah bisa kamu cantumkan dalam domain.

Akan tetapi, jika suatu saat nanti kamu ingin memperluas jangkauan audiens, sebaiknya pikirkan ulang untuk memasukkan nama daerah pada domain yang akan digunakan untuk website bisnis.

Pilih Nama Domain yang Relevan dengan Bisnis

Tips memilih nama domain lain yang juga akan membantu menghindari salah pilih domain adalah memilih nama domain yang relevan dengan bisnis. Apabila ingin menggunakan kata kunci atau nama brand di dalam domain, perhatikan relevansinya dengan bisnis.

Nama domain yang sudah dibeli tidak bisa kamu ganti semaumu. Nah, apabila bisnis melakukan perubahan dalam konsep berjualan atau produk yang akan dipasarkan, coba lakukan pengecekan kembali.

Untuk beli domain bisa kamu lakukan di Exabytes yang menawarkan berbagai pilihan ekstensi domain untuk para pelanggan.

Cek Apakah Domain Tersedia atau Tidak

cek ketersediaan domain
Sumber: shutterstock

Setelah memastikan semua hal yang berhubungan dengan pemilihan nama domain, tips memilih nama domain yang terakhir adalah cek domain. Meski sudah memilih nama domain yang relevan dengan bisnis, singkat, unik, dan mudah diingat, apa artinya jika ternyata domain tersebut sudah tidak tersedia?

Tidak tersedia artinya, sudah ada pihak lain yang lebih dulu membeli nama domain yang kamu inginkan. Jika hal tersebut benar terjadi, apa yang harus dilakukan? Jika tidak ingin mengganti nama domain atau tidak memiliki alternatif nama domain lain, kamu bisa memilih ekstensi domain lain.

Misalnya, jika sebelumnya berencana menggunakan domain.COM namun ternyata nama domain sudah tidak tersedia, kamu bisa memilih ekstensi domain lain sebagai gantinya, mungkin domain.ID, domain.NET, atau lainnya, sesuai dengan kebutuhan.

Sudah Siap Membeli Domain?

Jika sudah memiliki nama dan domain dan sudah mengeceknya, dimana akan membeli domain tersebut? Untuk mendapatkan domain murah, mengapa tidak memilih Exabytes? Penyedia domain terkemuka di Indonesia satu ini juga menyediakan berbagai layanan yang akan semakin mempermudah dalam membangun situs web.

Hosting dan jasa pembuatan website adalah dua dari banyaknya layanan yang tersedia dan bisa kamu pilih sekarang juga.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments