6 Alasan Menggunakan VMware Untuk Bisnis Anda

111
6 min read

Alasan menggunakan VMware untuk bisnis Anda karena saat ini virtual machine adalah teknologi yang banyak dibutuhkan perusahaan, terutama jika perusahaan tersebut bergerak di bidang informasi dan juga teknologi. Software virtual machine memiliki kemampuan agar bisa membuat sistem virtual dengan karakteristik dan juga ruang lingkup yang hampir sama dengan sistem komputer atau server aslinya.

Secara singkat, virtual machine ini merupakan sistem yang digunakan untuk kebutuhan virtualisasi dan peniruan terhadap perangkat keras untuk dijalankan mesin virtual dan Vmware adalah salah satu contoh software virtual tersebut.

Tapi, apa itu vmware? Singkatnya VMware adalah nama salah satu software virtual machine yang dikeluarkan oleh perusahaan bernama VMware, Inc.yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Fungsi

alasan menggunakan vmware

Apa fungsinya? Software ini bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membuat virtual server
  • Sistem operasi komputer.
  • Storage device.
  • Aplikasi.
  • Jaringan dan lain sebagainya. 

Dalam ruang lingkup server, sistem ini bisa digunakan untuk beragam keperluan diantaranya adalah 

  • Memaksimalkan resource hardware software 
  • Memecah satu server fisik menjadi beberapa server virtual secara fungsional.

Sedangkan bagi penggunaan sehari-hari, contoh penggunaanya adalah sebagai berikut: 

  • Digunakan untuk menjalankan sistem operasi yang berbeda di dalam satu perangkat komputer, misalnya saja sistem operasi Linux di dalam Windows atau bisa juga sebaliknya.
  • Tujuan testing atau uji coba OS, Anda bisa memanfaatkan Vmware untuk membuat sistem tersendiri yang tidak merusak sistem utama, meskipun Anda mengoprek mesin virtual tersebut sesuka hati.
  • Bisa digunakan juga untuk kebutuhan bahan tutorial di blog tanpa khawatir merusak sistem operasi utama.

Cara Kerja

Setelah Anda memastikan alasan kuat untuk menggunakan dan kegunaannya, sekarang kita cari tahu bagaimana cara kerjanya tersebut. Vmware bekerja dengan cara membuat layar hardware virtual pada komputer yang Anda gunakan.

Vmware juga akan membuat storage virtual dari mulai RAM virtual, CPU virtual, ROM/DVD dan beragam komponen lainnya yang kemudian menjadikannya mesin virtual yang utuh.

Layer yang ada di software tersebut disebut dengan hypervisor yang secara dinamis mengalokasikan resource di komputer Anda ke virtual machine sesuai dengan kebutuhan. Ketika Anda berhasil menginstal virtual machine, maka sistem operasi yang ada di dalam virtual machine tersebut bisa berjalan secara terisolasi dari sistem operasi utama.

Baca Juga  13 Tool Monitoring Server Terbaik Untuk Pantau Kinerja [Terbaru]

Setiap bentuk state dari mesin virtual tersebut disimpan ke dalam bentuk file, file tersebut nantinya bisa Anda copy maupun pindahkan dengan mudah. Sehingga Anda bisa menjalankan beberapa virtual machine secara bersamaan dengan spesifikasi dan juga sistem operasi berbeda hanya dalam satu komponen fisik saja.

Siapa yang Bisa Menggunakan?

6 Alasan Menggunakan VMware Untuk Bisnis Anda - 2022

Sebelum membahas lebih jauh tentang kenapa sebuah perusahaan harus menggunakan, pastinya di benak Anda muncul pertanyaan tentang “Apa Vmware ini hanya bisa digunakan oleh perusahaan teknologi dan informasi saja?”.

Kami mendapatkan informasi dari situs vmware.com bahwa sekarang ini semakin banyak pelaku usaha kecil sampai dengan menengah menggunakan virtualisasi, dengan tujuan sebagai berikut:

  • Mengurangi biaya.
  • Membantu bisnis berkembang.
  • Operasional yang lebih responsif. 
  • Kebutuhan sumber daya.

Jika kita lihat poin dari pernyataan situs Vmware tersebut, software virtual machine ini tidak hanya bisa digunakan oleh perusahaan teknologi saja. Melainkan bisa digunakan siapa saja, termasuk perusahaan Anda.

Intinya, siapa saja yang ingin mengurangi biaya dan menekan anggaran IT. Maka bisa menggunakan software virtual machine dari Vmware tersebut. Apakah alasan menggunakan Vmware hanya untuk menekan biaya operasional IT saja? Tentu saja tidak, masih banyak alasan lain mengapa bisnis Anda harus menggunakan Vmware.

Alasan Menggunakan VMware untuk Bisnis

Jika bisnis Anda menggunakan layanan virtual machine VMware, Anda akan mendapatkan banyak benefit dan hal itu menjadi alasan kuat untuk menggunakannya untuk bisnis. Apa aja? Silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Perusahaan Lebih Responsif Terhadap Perubahan Ekonomi

6 Alasan Menggunakan VMware Untuk Bisnis Anda - 2022

Kami merekomendasikan bisnis Anda agar menggunakan Vmware tidak hanya untuk pengurangan biaya dan kebutuhan sumber daya saja, melainkan bisa membuat perusahaan menjadi lebih kuat, gesit dan responsif terhadap perubahan kondisi ekonomi serta bisnis.

Dengan bisnis Anda memanfaatkan software tersebut, bisnis Anda bisa berjalan untuk tetap berada di depan dalam persaingan dengan bisnis lain, terutama dalam menanggapi setiap kebutuhan pelanggan dan juga mitra bisnis Anda.

Ruang dan Energi Lebih Efisien

Jika Anda menggunakan software tersebut, Anda akan lebih sedikit menggunakan server fisik meskipun banyak aplikasi yang harus dijalankan. Efek dari penggunaan server fisik yang sedikit, tentu saja akan menghemat ruang data center Anda, sehingga ruang dan energi menjadi lebih efisien.

Baca Juga  Apa Itu Imunify360 dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jaringan Customer Support Terbaik

Vmware adalah salah satu layanan virtual terpopuler sampai saat ini, penggunanya saat ini mencapai 500.000 pengguna. Dan mereka juga memiliki lebih dari 75.000 customer support terbaik dari berbagai layanan dan juga produk.

Harga Terjangkau

6 Alasan Menggunakan VMware Untuk Bisnis Anda - 2022

Vmware adalah salah satu layanan software yang memiliki harga terjangkau dan dapat dibeli dengan mudah oleh sebagian besar bisnis. Hemat dalam biaya, bukan berarti siapapun mampu membelinya.

Namun, software ini sangat berperan penting untuk membantu pertumbuhan bisnis secara keseluruhan, terlebih lagi karena software ini memiliki rekam jejak luar biasa.

Menghapus Mesin Virtual Lebih Mudah

Sama ketika menambahkan fitur mesin virtual, Anda bisa dengan mudah menghapus seluruh maupun sebagian dari mesin virtual. Waktu yang diperlukan hanya beberapa menit saja, proses penghapusan tersebut sekaligus membersihkan penyimpanan perangkat keras.

Setelah Anda berhasil menghapus memori virtualnya, maka Anda akan memiliki ruang penyimpanan tambahan yang dimana Anda bisa membuat mesin virtual baru di media penyimpanan tersebut. Tentu saja kemudahan ini adalah salah satu bentuk keuntungan yang memudahkan.

Bisa Dimanfaatkan untuk Berbagai Keperluan

Pengguna software ini bermacam-macam, maka dari itu pengguna menggunakannya untuk tujuan yang berbeda. Beberapa penggunanya menggunakan layanan ini untuk tujuan menguji software di lingkungan yang berbeda.

Pengguna lainnya menggunakan Vmware untuk kebutuhan lain seperti untuk mesin virtual, banyak juga yang memanfaatkannya untuk latihan praktik hacking yang tentunya sesuai dengan etika.

Siap Menggunakan?

Manfaat software tersebut memang sangat berguna untuk kebutuhan bisnis dan manfaat yang diberikan bisa menjadi alasan menggunakan Vmware. Akan tetapi, penanganan dan penggunaannya membutuhkan keterampilan tersendiri.

Maka dari itu, layanan Vmware ini tidak mudah untuk digunakan oleh sembarang orang terutama yang tidak memiliki latar belakang teknis. Tidak hanya itu saja cloud computing dari software ini juga dirancang untuk spesifikasi perangkat keras yang cukup tinggi.

Jika perangkat komputer Anda tidak memiliki spesifikasi sistem yang baik, maka Anda tidak bisa memanfaatkan kinerja Vmware dengan mudah.

Perlu adanya pertimbangan jika Anda ingin segera menggunakan layanan Vmware Indonesia, karena memang kebutuhan sistemnya harus dipersiapkan terlebih dahulu. Akan tetapi disisi lain sampai saat ini belum ada software lain yang bisa memiliki kinerja terbaik selain dari pada Vmware.

Selamat mencoba ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments