Mari Mengenal Konsep 4P, Product, Price, People, Promotion untuk Melejitkan Omzet Bisnis Online Anda.

161
Konsep 4P
Free Credit Exabytes
6 min read

Hi Exabytes Friends!

Untuk yang sedang menjalankan sebuah bisnis online maupun offline, marketing adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu tujuan marketing yaitu untuk memastikan produk atau jasa yang Anda buat dapat dikenal oleh banyak orang, bisnis Anda mendapatkan keuntungan dari penjualannya. Karena hal tersebut, tidak aneh apabila pebisnis dapat menghabiskan banyak biaya untuk keperluan marketing dan membuat strategi marketing yang tepat. Sebenarnya banyak strategi marketing yang bisa dipakai untuk bisnismu, contohnya seperti strategi marketing 4P. 

Strategi marketing 4P ini penting untuk Anda pahami, ketika Anda ingin membangun bisnis atau saat sedang merintis sebuah bisnis dan ingin melejitkan omzet bisnis online Anda. Terutama untuk UKM yang sekarang semakin meningkat jumlahnya di Indonesia. Nah karena itu pada kesempatan kali ini Kami akan menjelaskan konsep strategi marketing 4P ini dengan jelas, lengkap dan mudah dipahami. Sebelum membahas topik utama tentang cara melejitkan omzet bisnis online Anda, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu strategi marketing 4P? Simak sampai selesai ya.

Apa Itu Strategi Marketing 4P?

Untuk Anda yang mengambil jurusan marketing mungkin sudah tahu bahwa konsep strategi marketing 4P ini termasuk materi dasar yang sering diajarkan pertama kali saat pelajaran tentang marketing. Strategi marketing ada bermacam – macam dan salah satu yang akan kami bahas yaitu strategi marketing 4P. Strategi marketing 4P adalah kumpulan alat marketing taktis yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat) dan terakhir promotion (promosi) yang digabung agar mendapat respon baik atau yang diinginkan di pasar. Namun bagaimana caranya mengaplikasikan strategi marketing tersebut secara langsung pada sebuah bisnis atau usaha? Simak penjelasannya dibawah ini

Cara Melejitkan Omzet Bisnis Online Anda dengan Konsep 4P

Nah pada bagian ini Kami akan menjelaskan hal-hal apa saja yang penting untuk Anda pahami untuk melejtikan omzet bisnis online Anda beserta cara – caranya.

Product

Suatu produk adalah barang yang dibangun atau diproduksi untuk memenuhi kebutuhan sekelompok orang tertentu. Produk bisa tidak berwujud atau berwujud karena bisa dalam bentuk layanan atau barang. Anda harus memastikan untuk memiliki jenis produk yang tepat yang diminati pasar Anda sendiri. Jadi selama fase pengembangan produk, pemasar harus melakukan penelitian yang luas tentang siklus hidup produk yang dibuat. 

Sebagai pebisnis Anda dituntut harus dapat menciptakan produk atau jasa yang berguna dan dapat diterima oleh masyarakat. Mungkin hampir banyak pebisnis bingung, bagaimana caranya membuat produk tersebut? atau mungkin apa produk yang harus dibuat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penting untuk Anda perhatikan yaitu Anda bisa memulainya dengan mengembangkan produk atau jasa yang Anda punya menjadi lebih baik. 

Baca Juga  11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet

Coba dengarkan kritik dan saran dari konsumen Anda, lalu catat dua hal tersebut untuk menjadi pertimbangan saat pengembangan produk. Untuk meminta kritik dan saran kepada konsumen, Anda bisa menggunakan email bisnis. Setelah kritik dan saran didapatkan simpan data tersebut secara rapih dengan Office 365. Pastikan juga produk atau jasa yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik. Jika konsumen menggunakan produk atau jasa dengan kualitas yang baik, tentu konsumen akan merasa senang dan ada kemungkinan akan menggunakan produk dan jasa Anda lagi. Utamakan kepuasan pelanggan maka bisnis akan berkembang.

Dalam mengembangkan produk yang tepat, Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa yang diinginkan klien dari layanan atau produk?
  • Bagaimana pelanggan menggunakannya?
  • Di mana klien akan menggunakannya?
  • Fitur apa yang harus dimiliki produk untuk memenuhi kebutuhan klien?
  • Apakah ada fitur penting yang Anda lewatkan?
  • Apakah Anda membuat fitur yang tidak dibutuhkan oleh klien?
  • Apa nama produk tersebut?
  • Apakah produk tersebut memiliki nama yang mudah diingat?
  • Apa ukuran atau warna yang tersedia?
  • Bagaimana produk berbeda dari produk pesaing?
  • Seperti apa produk itu?

Price

Harga produk pada dasarnya adalah jumlah yang dibayar pelanggan untuk menikmati produk tersebut. Harga adalah komponen yang sangat penting dalam strategi pemasaran karena menentukan keuntungan dan kelangsungan hidup sebuah bisnis. Menyesuaikan harga produk memiliki dampak besar pada seluruh strategi pemasaran serta sangat mempengaruhi penjualan dan permintaan produk. 

Jika sebuah perusahaan baru di pasar dan belum membuat nama untuk diri mereka sendiri, kecil kemungkinan bahwa target pasar Anda akan bersedia membayar harga tinggi. Meskipun di masa depan mereka mungkin bersedia untuk menyerahkan sejumlah besar uang, itu pasti sulit untuk membuat mereka melakukannya selama awal membangun bisnis. Harga selalu membantu membentuk persepsi produk Anda di mata konsumen. 

Akibatnya, harga terlalu tinggi akan membuat biaya lebih besar daripada manfaat di mata pelanggan, dan karena itu mereka akan menghargai uang mereka atas produk Anda. Pastikan untuk memeriksa harga dan harga pesaing sesuai. 

Berikut adalah beberapa pertanyaan penting yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri ketika menetapkan harga produk:

  • Berapa biaya yang Anda keluarkan untuk menghasilkan produk?
  • Apa nilai produk yang dirasakan pelanggan?
  • Apakah Anda berpikir bahwa sedikit penurunan harga dapat secara signifikan meningkatkan pangsa pasar Anda?
  • Bisakah harga produk saat ini bersaing dengan harga pesaing produk?

Place

Penempatan atau distribusi adalah bagian yang sangat penting. Anda harus memposisikan dan mendistribusikan produk di tempat yang dapat diakses oleh pembeli potensial. Pahami mereka dari dalam ke luar dan Anda akan menemukan posisi yang tepat serta saluran distribusi yang cocok dengan pasar Anda. 

Ada banyak strategi distribusi, termasuk:

  • Intensive distribution
  • Exclusive distribution
  • Selective distribution
  • Franchising

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab dalam mengembangkan strategi distribusi Anda:

  • Di mana klien Anda mencari layanan atau produk Anda?
  • Jenis toko apa yang dikunjungi klien potensial? Apakah mereka berbelanja di mal, di toko, di supermarket, atau online?
  • Bagaimana Anda mengakses saluran distribusi yang berbeda?
  • Bagaimana strategi distribusi Anda berbeda dari pesaing?
  • Apakah Anda membutuhkan tenaga penjualan yang kuat?
  • Apakah Anda perlu menghadiri pameran dagang?
  • Apakah Anda perlu menjual di toko online?
Baca Juga  8 Strategi Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Melalui TikTok

Anda juga bisa membuat website bisnis sendiri yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun oleh pelanggan. Untuk membuat website, Anda bisa beli hosting di Exabytes.

Promotion

Promosi adalah komponen marketing yang sangat penting karena dapat meningkatkan eksistensi brand dan penjualan. Promosi terdiri dari berbagai elemen seperti:

  • Sales Organization
  • Public Relations
  • Advertising
  • Sales Promotion

Saat ini tampaknya ada pergeseran fokus offline ke dunia online. Oleh karena itu penting untuk Anda mencoba promosi secara online seperti dengan email marketing, iklan Google, instagram ads dan lain – lain. Salah satu jenis promosi produk yang sangat efektif jika berjalan yaitu Word of mouth. Word of mouth adalah komunikasi informal tentang manfaat produk oleh pelanggan yang puas atau individu biasa. Staf penjualan memainkan peran yang sangat penting dalam hal ini. Word of mouth juga bisa beredar di internet dan dimanfaatkan secara efektif sehingga memiliki potensi untuk menjadi salah satu aset paling berharga yang Anda miliki dalam meningkatkan keuntungan secara online.

Contoh yang sangat bagus dari ini adalah media sosial online seperti instagram, facebook, twitter, tiktok dan lain – lain. Dalam menciptakan strategi promosi produk yang efektif, Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Bagaimana Anda bisa mengirim pesan pemasaran ke calon pembeli?
  • Kapan waktu terbaik untuk mempromosikan produk Anda?
  • Apakah Anda akan menjangkau audiens dan pembeli potensial Anda melalui iklan online?
  • Apakah yang terbaik untuk menggunakan media sosial dalam mempromosikan produk?
  • Apa strategi promosi pesaing Anda?

Kombinasi strategi promosi dan bagaimana Anda melakukan promosi akan tergantung pada anggaran Anda, pesan yang ingin dikomunikasikan, dan target pasar yang telah Anda tentukan di langkah sebelumnya.

Kesimpulan

Nah itulah tadi pembahasan tentang pengertian strategi marketing 4P dan bagaimana cara menerapkan strategi tersebut untuk melejitkan omzet bisnis online Anda. Strategi marketing 4P ini bisa digunakan untuk jenis bisnis apapun dari bisnis besar maupun kecil dan yang penting harus dipersiapkan dengan maksimal. Untuk Anda yang ingin melakukan promosi secara eksklusif dan efektif, email marketing adalah salah satu solusi yang tepat. 

Jika Anda belum memiliki email untuk keperluan bisnis, Exabytes menyediakan email bisnis untuk memudahkan implementasi strategi marketing Anda dan juga mengelola semua aktivitas marketing dengan rapi dengan office 365. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here