Panduan Lengkap Membuat Website Sekolah dengan WordPress [Gratis]

130
Membuat website sekolah di exabytes
14 min read

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital seperti internet dan website, wajah dunia pendidikan berubah dan berkembang dengan pesatnya. Di mana teknologi internet ini digunakan untuk meningkatkan sistem pendidikan, salah satunya dengan membuat website pendidikan atau sekolah.

Dengan semakin tingginya kebutuhan online bagi suatu sekolah, tak sedikit sekolah yang membutuhkan website baik untuk memperkenalkannya eksistensinya di dunia pendidikan, maupun sebagai media informasi bagi para siswa dan orang tua. Nah, membuat website sekolah gratis nyatanya tidak rumit dan memerlukan kemampuan koding, kok! Simak artikel berikut untuk informasi lengkap dalam membuat website sekolah gratis!

Keuntungan Menggunakan WordPress Untuk Membuat Website Sekolah

WordPress memang telah menjadi primadona di kalangan webmaster karena kemudahan dalam mengelolanya. Berikut adalah keuntungan yang akan didapatkan dalam menggunakan WordPress untuk membuat website sekolah:

  • Dengan WordPress tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.
  • Kamu tidak perlu mempekerjakan seorang profesional! Karena WordPress cukup mudah untuk digunakan.
  • Dengan WordPress, kamu dapat membuat situs website sekolah dalam waktu yang singkat.
  • Situs website sekolah bisa berkontribusi secara efektif untuk mengatur segala macam proses kerja sekolah, seperti: memperluas bidang pendidikan, menumbuhkan reputasi dan pengakuan institusi diantara para guru, siswa, orang tua, dan administrasi sekolah.

Jenis Website Sekolah

1. Situs Website Sekolah atau Perguruan Tinggi

Situs yang memberikan informasi mengenai sekolah, siswa, guru, kursus, dan kelas yang mereka tawarkan.

2. Portal Sekolah Online

Sebuah portal yang menawarkan berbagai materi pelajaran, kelas langsung (live classes), dan tutorial untuk siswa.

3. Situs Website Keanggotaan untuk Sekolah

Situs di mana siswa dapat masuk dan mengambil kelas mereka secara online, melihat informasi nilai mereka, dan menyerahkan tugas. Instruktur dapat membuat, mengelola kursus, mengambil kelas online dan offline untuk siswa mereka, dan memantau siswa.

Elemen Penting dalam Website Sekolah

Berikut adalah beberapa elemen yang dimiliki sebagian besar situs website sekolah yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

1. Home Page (Halaman Utama)

Merupakan halaman depan situs website dan tempat di mana dapat meletakkan logo sekolah, gambar, pemberitahuan penting, dan informasi acara di sekolah kamu.

2. About Page (Tentang Halaman)

Kamu dapat memberikan informasi tentang sejarah sekolah, lokasi, sertifikasi, dan lain sebagainya melalui halaman ini.

3. Courses (Kursus)

Di halaman ini, kamu dapat memberikan informasi terperinci tentang kursus yang ditawarkan sekolah kamu.

4. Faculty bio and information (Biografi dan Informasi Fakultas)

Halaman yang memberikan informasi tentang pengajar dan anggota tim lembaga pendidikan.

5. Registration Form (Formulir Pendaftaran)

Formulir ini diperuntukan untuk siswa yang ingin mendaftar ke kelas di sekolah.

6. Contact Form (Formulir Kontak)

Formulir pertanyaan yang digunakan untuk calon siswa dan pengunjung situs dalam menghubungi sekolah.

Langkah Dasar Membuat Website Sekolah

Berikut adalah panduan lengkap cara membuat website sekolah gratis dengan WordPress secara lebih mendetail. Simak di bawah ini ya!

1. Temukan Nama Domain yang Sesuai Untuk Situs Website Sekolah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih nama domain untuk situs website sekolah. Nama domain (Domain Name) adalah identitas sebuah merek dan mewakili lembaga sekolah. Oleh karena itu, memilih nama domain merupakan hal krusial ketika ingin membuat website. 

Jika kamu menginginkan ekstensi domain “.SCH.ID” untuk portal sekolah, kamu dapat memeriksa ketersediaan nama domain tersebut dan apa saja persyaratannya di syarat domain Exabytes berikut.

2. Registrasi Nama Domain dan Pilih Paket Hosting

Web hosting adalah tempat di mana semua konten situs website kamu berada. Perusahaan web hosting menawarkan sejumlah tempat penyimpanan dan bandwidth dengan harga yang bervariasi. Dengan layanan web hosting, situs website bisa online dan muncul di Internet. Oleh karena itu, sangat penting sekali memilih layanan web hosting yang andal dan tepat untuk situs website sekolah kamu.

Langkah 1: Kunjungi halaman WordPress Indonesia berikut.

Langkah 2: Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan. Namun kami menyarankan untuk memilih paket hosting WP 12 Business karena sesuai dengan performa bagi suatu website sekolah. Klik Mulai Sekarang untuk proses selanjutnya.

Pilih paket hosting untuk website sekolah.

Langkah 3: Setelahnya kamu akan diarahkan ke halaman pendaftaran nama domain. Silahkan daftarkan nama domain baru yang diinginkan, dengan memasukkan nama domain untuk cek ketersediaannya. Kemudian, klik Cari.

Baca Juga  6 Langkah Membuat Website Sekolah Dengan Domain .SCH.ID
Pilih domain untuk website sekolah.

Apabila nama domain yang kamu cek tersedia, klik Lanjutkan.

Langkah 4: Pada bagian konfigurasi, pilih durasi periode hosting yang diinginkan. Setelah sesuai, klik Lanjutkan.

Pilih periode hosting yang diinginkan.

Langkah 5: Langkah terakhir, klik Bayar untuk melanjutkan proses pembayaran.

Review dan checkout paket hosting untuk website sekolah.

3. Install dan Kelola Platform WordPress

WordPress adalah platform hebat untuk membuat segala jenis situs website sekolah dengan sistem manajemen konten yang sangat baik. Kamu dapat membuat situs website profesional tanpa harus memikirkan proses koding yang cukup rumit. Dan tentunya, membuat situs website sekolah akan lebih mudah dengan menggunakan WordPress.

Jika kamu memilih layanan WordPress Hosting Indonesia dari Exabytes sebelumnya, maka platform WordPress ini otomatis langsung terinstal setelah layanan hosting kamu diaktifkan. Wah keren kan!

Yuk kita lanjutkan untuk mengubah situs website WordPress dan memberikan tampilan yang lebih elegan dan profesional sesuai dengan kebutuhan web sekolah.

Langkah 1: Akses admin panel WordPress untuk melakukan beberapa pengaturan.

Ketik http://namawebsitekamu.com/wp-admin di browser website untuk mengakses panel admin WordPress. Kemudian login dengan kredensial kamu (nama pengguna atau email dan kata sandi).

Login ke wordpress website sekolah

Setelah sukses login, kamu akan diarahkan ke Panel Admin WordPress. Di sini kamu bisa menyunting website sekolah dan menambahkan beberapa halaman.

Langkah 2: Pada Dasbor WordPress, buka menu Pengaturan (1), lalu klik Permalink (2).

Mengatur halaman website sekolah.

Pada bagian Custom Settings, kamu bisa pilih Nama Tulisan,  kemudian klik Simpan Perubahan. Langkah ini diperlukan agar URL kamu dapat dibaca.

Mengatur permalink halaman website sekolah.

4. Instal Tema WordPress 

WordPress memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengubah tampilan, tata letak, hingga desain blog. Kamu cukup menentukan tema yang sesuai dengan tujuan pembuatan website sekolah dan menginstalnya di situs website. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih tema WordPress:

  • Desain: Tata letak dan fitur tema memengaruhi tampilan dan nuansa situs website kamu. Kamu harus memilih tema yang terlihat bersih, profesional dan sesuai dengan jenis situs website sekolah.
  • Desainer: Tema yang buruk akan mengakibatkan banyak kesalahan teknis. Selain itu, dengan tema yang buruk dapat menurunkan kinerja website dan membatasi peringkat website kamu di mesin pencarian. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui apakah perancang tema cukup berpengalaman dan tema tersebut memiliki ulasan yang bagus.
  • Daya Responsif: Tema harus responsif dan reponsif untuk setiap jenis perangkat elektronik yang ada seperti komputer, mobile, dan tablet.
  • Ramah SEO: Jika sebuah tema sudah siap untuk dioptimalkan dengan SEO, website akan mendapat peringkat lebih tinggi di hasil pencarian Google. Dengan semakin banyak orang yang mengakses website sekolah, maka popularitas situs website tersebut juga akan semakin baik. 

Bagaimana Cara Tambah Tema Sekolah di Dashboard WordPress?

Langkah 1: Masuk ke dashboard WordPress di https://namawebsitekamu.com/wp-admin.

Langkah 2: Pergi ke menu Tampilan dan klik sub menu Tema.

Menambah tema sekolah di dasbor WordPress

Langkah 3: Untuk tambah tema, silahkan klik tombol Tambah Baru di bagian atas.

Menambah tema di WordPress untuk website sekolah.

Kamu dapat menginstal tema WordPress dengan dua metode yaitu langsung dari WordPress Repository (hanya untuk tema gratis) atau dengan Metode Unggahan.

Cara Menginstal dan Mengubah tema dari WordPress Repository

Setelah mengklik Tambah Baru, WordPress Repository akan menampilkan daftar tema unggulan di dashboard. Pilih tema Sekolah atau tema yang kamu minati di tombol pencarian. Misalkan ketik education di kolom pencarian, maka sistem WordPress akan menampilkan tema WordPress terkait pendidikan.

Cara Menginstal dan Mengubah tema dari WordPress Repository

Apabila sudah ada tema yang cocok, klik tema tersebut, lalu klik Install. WordPress kemudian akan menginstall-nya di situs website.

Langkah terakhir klik Aktifkan untuk menjadikannya tema default situs website sekolah.

klik tombol aktifkan untuk mengaktifkan tema wordpress.
Cara Menginstal dan Mengubah Tema dengan Metode Unggah

Melalui metode ini, kamu dapat mengunduh tempa sekolah ataupun tema WordPress lainnya sesuai dengan kebutuhan untuk melanjutkan langkah ini.

Setelah mengklik Tambah baru, silakan klik Unggah Tema untuk mengunggah tema ke dalam situs website.

Unggah Tema untuk mengunggah tema ke dalam situs website sekolah.

Klik Choose File dan pilih tema dari komputer kamu. Tema harus dalam format “.zip”.

Unggah tema website sekolah dari komputer dalam format ZIP.

Setelah tema berhasil diunggah, klik tombol Install Sekarang. Tema kamu akan siap dalam beberapa detik.

Klik install setaelah file tema website sekolah berhasil diunggah.

Terakhir, klik Activate/Aktifkan untuk mengaktifkan tema di situs website sekolah kamu.

Aktivasi tema website sekolah.

Kini kamu sudah sukses mengelola desain untuk website sekolah! Sekarang kamu dapat menyesuaikannya dan menggunakan fitur-fiturnya untuk membangun situs website sekolah resmi.

5. Install Plugin WordPress

Plugin sekolah adalah salah satu perangkat lunak yang dapat diunggah untuk memperluas fungsionalitas situs WordPress sekolah.

Beberapa Plugin WordPress Untuk Situs Website Sekolah

Berikut adalah beberapa plugin WordPress Sekolah yang harus ada dan digunakan oleh setiap situs website sekolah, di antaranya:

Plugin Tutor LMS

Tutor LMS adalah plugin LMS freemium yang memiliki pembuat kursus unik yang memungkinkan kamu membuat kursus langsung dari frontend. Seluruh kursus dapat dibuat dari halaman pembuat kursus yang sama, termasuk semua pelajaran, kuis, dan tugas. Ini juga mendukung multi-instruktur dan memiliki pembuat kuis yang kuat dengan 10 pola pertanyaan yang sangat menarik.

Baca Juga  Program Website Untuk Sekolah Resmi Diluncurkan! Daftar Sekarang!

Selain itu, kamu mendapatkan akses ke sertifikat yang dapat disesuaikan, opsi pratinjau kursus, dan sistem eCommerce yang kuat untuk membuat model monetisasi apa pun.

Plugin LearnDash

LearnDash mendukung kursus multi-tingkat yang memudahkan kamu dalam membuat kursus dengan pelajaran, topik, kuis, dan kategori. Kamu dapat memberikan tugas kepada pengguna dan kemudian menyetujui atau mengomentarinya.

Plugin ini dilengkapi dengan kuis dan tools manajemen tes dengan pertanyaan pilihan ganda. Kamu dapat dengan mudah mengatur prasyarat untuk siswa seperti menyelesaikan pelajaran terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya.

Plugin LifterLMS

LifterLMS adalah sistem manajemen pembelajaran yang mendukung kursus multi-tingkat dengan modul pelatihan, pelajaran, kategori, dll. Plugin ini berfungsi seperti situs website keanggotaan tempat siswa mendaftar atau membeli kursus. Ini meningkatkan tingkat keanggotaan mereka, dan kemudian mereka dapat mengakses konten yang lebih relevan.

Plugin ini juga dilengkapi dengan fungsionalitas keranjang belanja built-in, yang dapat kamu gunakan untuk menjual kursus kamu.

Plugin teachPress

TeachPress adalah manajemen kursus dan sistem manajemen publikasi yang kompatibel dengan BibTeX. Plugin ini dioptimalkan untuk kebutuhan profesor dan peneliti. Plugin teachPress dapat menambahkan dua tab ke dasbor kamu yaitu kursus dan publikasi.

Kamu dapat membuat kursus dan akun siswa dari tab kursus. Selanjutnya, kamu dapat mendeskripsikan publikasi yang akan digunakan untuk kursus dari tab publikasi. Bisa berupa buku, buklet, artikel, bab, presentasi, online, dll.

Plugin CoursePress

CoursePress memungkinkan pengguna dengan mudah membuat dan berbagi kursus dengan kuis, video, dan audio. Kamu dapat membuat kursus yang utamanya berupa video, memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan mengunduh konten, dan membuat papan diskusi tempat siswa dan fasilitator dapat bertukar ide. CoursePress memungkinkan kamu untuk membuat kursus gratis dan berbayar.

Plugin Sensei

Sensei adalah plugin WordPress kursus pengajaran yang memungkinkan pengguna membuat kursus, menulis pelajaran, dan menambahkan kuis untuk kursus. Kamu dapat mengatur pra-syarat kursus, mendaftarkan pengguna, dan memasang biaya untuk kursus kamu jika kamu mau. Sensei juga menawarkan kamu untuk mendapatkan analisis tentang siapa yang mengikuti kursus kamu dan bagaimana kemajuan mereka.

Plugin WPCourseware

Plugin WPCourseware adalah alat e-learning, yang memiliki fungsionalitas drag and drop sederhana yang membuatnya mudah untuk membuat kursus. Plugin ini menyertakan fitur seperti visualisator kemajuan siswa, garis besar kursus, dan pemberitahuan email yang dapat disesuaikan. Ini memungkinkan kamu membuat berbagai jenis kuis, termasuk pilihan ganda, benar dan salah, terbuka, atau kamu dapat membuat siswa mengunggah file sebagai jawaban mereka.

Pilihlah plugin yang memenuhi kebutuhan kamu. Selain plugin edukasi, kamu juga harus menambahkan plugin untuk SEO, Security, Performance, dan Backup.

Tapi, JANGAN membebani situs website sekolah kamu dengan terlalu banyak Plugin, ya!

6. Menambahkan Konten ke Situs Website Sekolah

Sekarang situs website sekolah kamu sudah hampir siap. Langkah terakhir, tambahkan konten yang relevan ke situs website dan kamu akan memiliki situs web sekolah yang super lengkap!

Langkah 1: Untuk menambahkan postingan, klik menu Pos dan Tambah Baru di Dasbor admin.

Menambahkan konten situs website sekolah.

Langkah 2: Untuk menambahkan halaman di website sekolah, buka Laman kemudian klik Tambah Baru di Dasbor admin kamu.

manambahkan halaman di website sekolah.

Simak juga konten yang harus terdapat di situs website sekolah berikut:

  • Informasi tentang sekolah dan kontaknya: Konten ini memberikan informasi singkat tentang sekolah, pendiriannya, sertifikasi, tujuan, motto sekolah, dll. Kamu juga harus memberikan data kontak sekolah kamu, alamatnya, nomor telepon, lokasi Google Maps, dll.
  • Kelas dan Kursus: Bagian yang memberikan informasi tentang kelas dan kursus yang ditawarkan oleh sekolah. Sangat penting untuk menyebutkan ringkasan dan detail kursus, jumlah siswa yang mendaftar di kelas tertentu, dan mata pelajaran tertentu.
  • Galeri: Untuk menampilkan berbagai kegiatan sekolah, acara, prestasi, dll.
  • Berita dan Acara: Konten yang termasuk laporan foto dari kegiatan baru-baru ini atau yang akan datang, seminar, lokakarya, artikel, pengumuman, dll. Konten ini juga mencakup penghargaan, pendidikan, dan pelatihan peningkatan karir.
  • Halaman Informasi Siswa: Ini adalah bagian di mana kamu dapat menambahkan informasi siswa, pencapaian, dan kemajuan mereka.
  • Anggota Fakultas: Bagian ini mencakup informasi pribadi semua guru, mata pelajaran/kuliah yang mereka ajarkan, dan tahun pengalaman mereka.
  • Testimoni Orang Tua: Di bagian ini, kamu dapat menambahkan pandangan orang tua terhadap sekolah kamu dan aktivitasnya.
  • Mengapa Memilih Kami: Kamu dapat menampilkan prestasi sekolah kamu, mengunggah foto sekolah, guru, lulusan berprestasi, dan memberi tahu calon orang tua dan siswa mengapa mereka harus memilih sekolah tersebut.
  • Kisah Sukses Siswa: Konten ini dapat menampilkan pencapaian, keterampilan, dan kisah sukses siswa.
  • Blog/Newsletter: Artikel, kreativitas, dan tulisan siswa dipublikasikan baik harian atau bulanan atau tahunan.

Kesimpulan

Nah, sudah paham kan bagaimana membuat website sekolah gratis dengan WordPress? Kini tak perlu ragu untuk mulai membuat website sekolah profesional impianmu! Kamu pun telah bisa mengganti atau update tema, plugin, dan rancang situs website sekolah kamu sendiri kapanpun kamu inginkan.

Sekian informasi yang bisa Exabytes berikan kali ini! Semoga bermanfaat ya!

Disunting oleh: Muthia Batari

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments