Apa Itu Website? Pengertian Website, Jenis, Manfaat Hingga Cara Membuatnya

0
2838

Website adalah kumpulan halaman web yang terletak di domain atau subdomain dari jaringan World Wide Web (WWW) di internet.

Di era digital seperti sekarang ini, internet merupakan salah satu sarana yang paling banyak digunakan untuk mempermudah berbagai aktivitas.

Siapapun dapat mengakses informasi terbaru dari mana saja melalui website menggunakan berbagai perangkat mulai dari smartphone, tablet, laptop hingga PC, hanya dengan menggunakan koneksi internet.

Website adalah salah satu platform paling populer untuk mencari informasi dan berbagai sarana komunikasi. Apalagi sekarang ini banyak sekali aplikasi dan tutorial cara membuat website sendiri dari awal tanpa menulis kode, yang membuat proses pembuatan web menjadi lebih udah dan jumlah website yang semakin banyak di Indonesia.

Penyebaran informasi yang cepat dan efektif adalah alasan utama mengapa web akan selalu menjadi sarana penting untuk mengumpulkan dan mengelola informasi.

Tenang, kamu akan menemukan jawaban atas semua pertanyaan ini di artikel ini! Mulai dari apa itu website, pengertian website, sejarah, hingga cara membuatnya. Yuk simak penjelasannya!

Pengertian Website

pengertian website

Website adalah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat dilihat dengan mudah oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja melalui internet.

Cara mengakses web adalah dengan menulis URL ke alamat website di browser. Misalnya, ketika kamu memasukkan URL https://www.exabytes.co.id/, kamu mengunjungi website Exabytes.

Seperti yang kamu lihat, halaman web di atas menunjukkan sekumpulan halaman yang berisi beberapa informasi. Misalnya informasi produk layanan seperti hosting, domain, server, cloud dan informasi product knowledge berupa Exabytes blog, dll.

Untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi yang mereka cari, halaman-halaman ini dikelompokkan menjadi satu menu yang dapat diakses dari situs utama.

Sebagian besar website telah menggunakan metode ini untuk lebih meningkatkan pengalaman pengunjung mereka ketika mereka mengunjungi. Namun, struktur dan tampilan halaman web tidak begitu rumit.

Ada beberapa pengertian situs menurut para ahli. Mari kita lihat di bawah ini.

Gregorius (2000)

Website adalah kumpulan halaman web yang saling berhubungan dan semua file saling bergantung. Web terdiri dari halaman dan sekumpulan halaman yang disebut homepage.

Lukmanul Hakim (2004)

Website adalah media internet yang menghubungkan dokumen secara lokal dan jarak jauh. Dokumen-dokumen pada website disebut website dan link pada website dapat digunakan oleh pengguna untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain (hypertext) baik antar halaman yang dihosting di server yang sama atau di server di seluruh dunia.

Halaman dapat dilihat atau dibaca melalui browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dll.

Hidayat (2010)

Website adalah kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi berupa teks, gambar, animasi suara, atau kombinasi dari semuanya, baik statis maupun dinamis, membentuk rangkaian halaman yang saling berhubungan, setiap situs dihubungkan oleh jaringan terkait.

Azis Sholechul (2013)

Website adalah halaman informasi yang tersedia melalui internet yang dapat diakses di seluruh dunia selama terhubung ke internet. Sebuah website juga merupakan komponen atau sekumpulan elemen yang terdiri dari teks, gambar, suara dan animasi sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Abdullah (2015)

Website adalah kumpulan halaman yang terdiri dari banyak halaman yang berisi informasi digital berupa gambar, teks, suara, musik dan animasi lainnya yang disediakan melalui koneksi internet.

Bekti (2015)

Website adalah kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi berupa teks, gambar, animasi, suara, bahkan kombinasi dari semuanya.

Yeni Susilowati (2019)

Website adalah sejumlah halaman web dengan topik terkait antara satu situs dengan situs lainnya, biasanya terletak di server web yang dapat diakses melalui internet atau jaringan area lokal (LAN).

Sejarah Website

Website pertama di dunia dibuat oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1980-an sebagai bagian dari proyek World Wide Web (W3). Situs tersebut resmi diluncurkan pada 6 Agustus 1991 dengan URL http://info.cern.ch.

Tim Berners-Lee telah membuat website untuk memfasilitasi pertukaran informasi bagi para peneliti di tempat kerja. Sebelum tahun 1990, Tim Berners-Lee menulis tentang tiga teknologi dasar website, yaitu:

  • HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa atau format markup untuk halaman web.
  • URI (Uniform Resource Identifier) adalah alamat unik untuk membuka halaman web. URI ini digunakan untuk mengidentifikasi sumber daya yang tersedia di web. URI sekarang umumnya dikenal sebagai URL (Uniform Resource Locator).
  • HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) memungkinkan seseorang untuk mengakses sumber daya yang terhubung ke semua halaman web.

Baru pada tanggal 30 April 1993, website ini dirilis ke publik dan dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja, baik individu, organisasi, atau bisnis. Dari situ, situs tersebut berkembang pesat hingga saat ini.

apa itu website

Unsur Yang Ada Pada Website

Ada lima elemen penting dalam sebuah website. Tanpa elemen ini, pengguna internet tidak dapat menemukan atau merujuk ke website. Lima elemen halaman web adalah:

1. Domain

Kamu mungkin sudah sering mendengarnya, tapi apa sih definisi domain dan perannya dalam sebuah website?

Domain adalah alamat website. Terdaftar dalam histori domain, awalnya untuk mengakses sebuah website kamu perlu mengetahui alamat IP yang ditandai dengan rangkaian angka.

Karena alamat IP sulit untuk diingat, sebuah sistem untuk “menamai” alamat website telah dibuat. Misalnya: exabytes.co.id, youtube.com, google.com, dll.

Ya, kamu dapat menggunakan nama domain apa pun yang sesuai dengan tujuan atau fungsi website. Misalnya, gunakan nama merek perusahaan, nama pribadi, atau nama tema website.

Kamu dapat memilih nama apa saja sebagai domain kamu, asalkan singkat, mudah diingat, dan dieja dengan benar. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengunjung masuk ke website kamu.

2. Hosting

Hosting adalah server tempat semua file website kamu disimpan dan dapat diakses serta dikelola melalui internet.

Web hosting bisa diibaratkan sebuah rumah dan website adalah seluruh isi dari rumah tersebut, mulai dari gambar, video, teks dan lain-lain.

Nah, agar website kamu bekerja dengan cepat dan aman, kamu harus memilih “rumah” yang baik, yaitu penyedia hosting yang andal.

3. Bahasa Pemrograman

Elemen website adalah bahasa pemrograman. Awalnya, Tim Berners-Lee mengembangkan situs web menggunakan bahasa pemgrograman HTML.

Seiring berkembangnya dunia coding, beberapa bahasa pemrograman lain pun diciptakan. Coding adalah proses penulisan kode untuk membuat halaman web.

Beberapa bahasa dapat dikodekan termasuk CSS untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa elemen website, JavaScript untuk membuat halaman web lebih dinamis dan interaktif, dan banyak lagi.

Selain ketiga bahasa pemrograman tersebut, banyak website menarik mulai bermunculan dan menghasilkan banyak programmer handal yang mampu membuat website bagus.

Namun teknologi website terus berkembang, sehingga yang belum paham dengan bahasa pemrograman bisa membuat halaman web menggunakan CMS atau Content Management System yang merupakan software manajemen konten website.

Saat ini semakin banyak pilihan CMS yang bisa kamu gunakan. WordPress adalah CMS paling populer saat ini, telah digunakan oleh lebih dari 30 juta website atau setara dengan 60% website di seluruh dunia.

4. Konten

Tentunya kamu mengunjungi website dengan tujuan tertentu bukan? Bisa untuk pencarian informasi, belanja atau hal lainnya.

Ya, semua informasi ini disediakan sebagai konten website. Dengan konten, pengunjung dapat menemukan informasi di website baik berupa gambar, video bahkan teks.

Misalnya, website Exabytes dirancang sebagai pusat informasi bisnis online dan tempat konsumen dapat membeli produk.

Alhasil, yang ditampilkan adalah penjelasan berbagai produk di beberapa landing page, mulai dari informasi penggunaan produk dan topik produk dalam bentuk blog, hingga halaman promosi yang memberikan banyak promosi bagi konsumen.

5. Tampilan

Informasi pada sebuah website memang penting, namun tampilan yang baik juga diinginkan oleh pengunjung. Memang, 48% pengguna internet mengatakan bahwa desain website merupakan faktor penentu kredibilitasnya, terutama untuk situs web profesional.

Tampilan situs web tidak hanya harus menarik tetapi juga ramah pengguna. Itu bisa dikatakan menarik berkat kombinasi warna yang tepat dengan struktur yang rapi sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses di perangkat apa pun.

Untuk membuat tampilan yang menarik dengan coding, digunakan bahasa pemrograman CSS. Namun, jika kamu menggunakan CMS seperti WordPress, ada ribuan template siap pakai yang dapat dipilih.

Sekarang, ada lebih banyak template yang memudahkan penyesuaian, seperti mengubah font, memilih warna font, menentukan tata letak, dan banyak lagi.

Jenis-Jenis Website

Ada tiga jenis website yang dibagi berdasarkan sifat, tujuan dan bahasa pemogramannya, antara lain:

Jenis Website Berdasarkan Dari Sifat

  1. Website dinamis adalah website dengan konten yang terus berubah, misalnya website toko online, perbankan online, dll.
  2. Website statis adalah website dengan konten yang jarang berubah, seperti website landing page.

Jenis Website Berdasarkan Dari Tujuan

  1. Website pribadi adalah situs web yang berisi informasi pribadi tentang seseorang.
  2. Corporate web, situs web milik perusahaan.
  3. Portal website adalah website yang menyediakan berbagai macam berita, email dan layanan lainnya.
  4. Website berbagi media, situs web untuk tujuan berbagi media antar pengguna seperti gambar, video, musik. Misalnya: Flickr, YouTube, Soundcloud.
  5. Website forum merupakan website yang digunakan sebagai sarana diskusi bagi pengunjung.
  6. Selain itu ada beberapa website lain seperti website pemerintah, perbankan online, pembayaran online, belanja online, dll.

Jenis Website Berdasarkan Bahasa Pemrograman

  1. Server side adalah situs web yang menggunakan bahasa pemrograman yang tergantung pada ketersediaan server seperti PHP, ASP, dll. Tanpa server, website yang dibangun dengan bahasa pemrograman tidak akan dapat berfungsi dengan baik.
  2. Client side adalah halaman web yang tidak memerlukan server untuk dijalankan, yang diakses melalui browser.

Apa Saja Manfaat Dari Website?

Manfaat utama website adalah untuk mengirimkan informasi. Di era modern ini, website dapat digunakan oleh pelaku bisnis sebagai platform pemasaran dengan menjangkau khalayak yang lebih luas di internet.

Bagi individu, website sering digunakan sebagai sarana komunikasi, penyebaran informasi, tetapi juga perdagangan online. Manfaat lain dari website adalah:

Informasi

Menurut penelitian Hootsuite, 202,6 juta orang di Indonesia mencari informasi di internet, setara dengan 73,7 juta dari total populasi. Artinya salah satu keunggulan website adalah menjadi sumber informasi, baik itu situs berita, situs komunitas, blog dan lain-lain.

Media Untuk Berbagi Pengetahuan

Jika kamu memiliki minat, pengetahuan, dan pengalaman dalam bidang tertentu, kamu dapat mengubah blog itu menjadi niche blog. Misalnya, memasak, desain, teknologi, perjalanan dan lain-lain.

Dengan cara ini kamu dapat berbagi informasi dengan banyak orang dan pada saat yang sama berkomunikasi dengan orang-orang dengan minat yang sama untuk berbagi pengalaman.

Komunikasi

Komunikasi dapat dilakukan dengan mudah melalui platform media sosial melalui website. Misalnya: Facebook, WhatsApp, Twitter, Instagram, dll.

Sebagai Platform Bisnis

Manfaat web adalah alat untuk melakukan bisnis online. Misalnya, kamu sudah memiliki toko offline, kamu dapat membuka toko online untuk memudahkan calon pelanggan kamu membeli produk kamu kapan saja dan di mana saja.

Tidak hanya sebagai tempat rujukan informasi produk terbaru bagi konsumen, website ini juga bisa menjadi tempat paling ideal untuk menerapkan berbagai promosi menarik.

Membangun Brand

Manfaat website juga digunakan untuk branding perusahaan. Memang, kamu dapat menyesuaikan website sesuai dengan kebutuhan bisnis yang menjelaskan identitas online kamu. Misalnya, kamu dapat menyertakan logo, identitas merek, dan lainnya.

Tidak hanya untuk bisnis, website juga bisa digunakan untuk personal branding. Kamu dapat memasukkan banyak buku atau artikel tentang keterampilan yang kamu kuasai.

Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Dengan memiliki website resmi, konsumen akan mengetahui bahwa bisnis kamu benar-benar ada. Konsumen tahu di mana mencari informasi produk, menghubungi layanan pelanggan, dan banyak lagi.

Dengan cara ini, reputasi bisnis dapat dipertahankan.

Sebagai Sarana Pemasaran

Website merupakan wahana untuk melakukan berbagai upaya pemasaran. Misalnya, upaya pemasaran digital, Search Engine Marketing atau strategi periklanan mesin pencari berbayar, SEO atau optimasi untuk berada di halaman pertama pencarian kamu, Google dan strategi lainnya.

Akses ke Layanan Publik

Website dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk penyedia layanan publik, seperti rumah sakit, bank, kantor polisi, otoritas pajak, dll. Dengan begitu, masyarakat dapat mengakses layanan dengan lebih mudah dan cepat.

Menggalang Aksi Sosial

Banyak website bertujuan untuk mengatur tindakan sosial sebagai semacam situs komunitas atau sejenisnya.

Sebagai contoh, kitabisa.com adalah website dimana siapa saja dapat berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Ada juga situs change.org yang merupakan forum untuk bersatu dengan menandatangani petisi dan lain-lain.

Sebagai Sumber Penghasilan

Tidak hanya menyampaikan pendapat pribadi, manfaat website adalah sumber penghasilan.

Ada banyak cara melalui media blogging untuk mendapatkan penghasilan dari iklan Google AdSense, mempublikasikan posting berbayar sebagai blogger atau mempromosikan produk tertentu sebagai influencer.

website adalah

Bagaimana Cara Untuk Membuat Website?

Tidak perlu menyewa pengembang web, kamu juga dapat membuat website! Ini sangat mudah. Kami hanya perlu mengikuti beberapa langkah untuk membuat website ringkas di bawah ini:

Menentukan Jenis Website

Langkah pertama dalam mengembangkan website adalah menentukan jenis website. Karena jenis yang berbeda memerlukan halaman, menu, fitur, dan tampilan yang berbeda.

Misalnya, jika kamu ingin membuat website toko online, kamu perlu memikirkan fitur halaman produk. Sedangkan jika kamu membuat blog, kamu cukup mengatur tampilan setiap postingan.

Memilih Domain dan Hosting

Langkah kedua dalam membangun website adalah memilih domain dan hosting. Pastikan untuk memilih hosting yang andal dengan keamanan, kecepatan, dan kemudahan penggunaan.

Misalnya, Exabytes menyediakan fitur untuk mendukung tiga kriteria ini:

  • Keamanan – didukung oleh Imunify360, SSL, dan Acronis Cyber Protect.
  • Kecepatan – didukung oleh NVMe SSD sebagai web server tercepat.
  • Kemudahan – dilengkapi dengan member area dan cPanel yang mudah digunakan bahkan untuk pemula.

Selain hosting, sebaiknya pilih domain yang sesuai dengan fungsi website dan brand yang kamu inginkan. Karena domain adalah identitas kamu di dunia online.

Nah, di Exabytes kamu juga bisa mendapatkan berbagai pilihan domain dengan berbagai ekstensi. Mulai dari domain .com, domain .id hingga yang masuk ke niche tertentu seperti domain .tech dan lainnya.

Melakukan Instalasi dan Pengaturan di WordPress

Langkah ketiga dalam membangun website adalah dengan menginstal WordPress di hosting kamu untuk memudahkan dalam mengelola konten website. Untuk melakukan ini, cukup buka cPanel dan pilih opsi WordPress.

Setelah menginstal WordPress, kamu perlu melakukan konfigurasi seperti menginstal tema, menginstal plugin, membuat halaman baru dan mengoptimalkan website.

Publikasikan Konten

Langkah terakhir dalam proses pembuatan web adalah mengisinya dengan konten. Kamu dapat mulai menerbitkan konten di website kamu, baik itu artikel, podcast, atau gambar dan video.

Nah, jika konten yang akan kamu publikasikan berfokus pada jenis artikel, maka pastikan kamu menulis artikel yang dioptimalkan SEO. Alhasil, artikel kamu bisa bersaing di mesin pencari Google.

Dan jangan lupa untuk memposting konten yang konsisten berdasarkan niche situs kamu, ya. Dengan cara ini, mesin pencari Google dapat mendeteksi bahwa situs kamu cocok dengan topik yang kamu cari.

Oh ya, selain langkah-langkah di atas, sebenarnya kamu bisa membangun website secara gratis. Untuk lebih jelasnya, lihat tutorial cara membuat website gratis.

Sudah Tahu Apa Itu Website, Bukan?

Selesai! Melalui panduan ini, kamu mempelajari apa itu website, jenisnya, manfaatnya hingga cara membuatnya.

Dengan demikian, website adalah halaman web atau lokasi di internet yang mencakup halaman web yang menampilkan informasi tertentu dan dapat diakses melalui browser web.

Website itu sendiri memiliki beberapa kategori, dikelompokkan menurut tujuan penggunaannya. Jenis website yang paling umum adalah situs e-commerce, media sosial, blog, website bisnis dan pribadi.

Sementara itu, secara umum website memiliki banyak keuntungan untuk bisnis dan individu. Beberapa manfaat dari website adalah dukungan iklan, toko online, profil perusahaan, cara untuk berbagi informasi dan tentu saja, untuk mendapatkan uang.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buat websitemu sekarang bersama Exabytes – Web Hosting Indonesia!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments