Penjelasan Content Marketing, Contoh, Manfaat dan Strateginya

0
1568

Penjelasan Content Marketing adalah metode atau strategi pemasaran yang menggunakan jenis konten apapun, baik itu tertulis, video, atau audio. Semua hal yang berisi gambar, video, atau tulisan di sekitar Anda atau saat Anda menjelajahi Internet adalah konten. 

Pada dasarnya, konten adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan informasi atau pesan kepada penonton. Sekarang akses internet dan media lebih mudah, pemasaran konten adalah salah satu strategi pemasaran yang paling ampuh. 

Nah, pada artikel kali ini kita tidak hanya akan membahas apa itu content marketing, tetapi juga membahas secara detail mengenai contoh, manfaat, serta strategi Content Marketing. Yuk simak sampai selesai!

Apa Itu Content Marketing?

content marketing

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, content marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan berbagai jenis konten, baik itu gambar, video, suara, maupun tulisan. Selain itu, sekarang apapun bisa menjadi konten!

Definisi content marketing menurut Pulizzi (2009) adalah teknik pemasaran yang terdiri dari membuat dan menyebarkan konten yang relevan dan berharga untuk menarik, melibatkan, dan melibatkan audiens yang jelas dan dapat dipahami. Tujuannya adalah untuk mempromosikan tindakan pelanggan yang menguntungkan. 

Menurut Karen Handley et al. (2010), content marketing adalah sesuatu yang dibuat atau dibagikan oleh individu atau organisasi yang menceritakan kisah mereka sebagai percakapan. Penting untuk diingat bahwa pemasaran konten tidak selalu menjual dirinya sendiri dan bukan taktik yang memberikan hasil instan.

Menurut Susan Gunelius dalam 30-Minute Social Media Marketing (McGraw-Hill, 2011), content marketing dipahami sebagai proses yang secara tidak langsung mempromosikan bisnis atau merek melalui konten teks atau video yang tersedia secara online ataupun offline dan menambah nilai Penawaran 

Konten yang dapat digunakan untuk pemasaran tidak terbatas pada dunia digital. Karena digitalisasi terjadi secara massal di mana-mana akhir-akhir ini, peluang yang dapat Anda dapatkan tidak terbatas pada perangkat layar.

Kamu masih dapat menggunakan media tradisional seperti poster, baliho, atau brosur. Tentunya konten yang disajikan juga harus unik!

Manfaat Content Marketing

Di satu sisi, content marketing adalah salah satu metode pemasaran yang paling efektif bila dikelola dengan baik. Konten yang dikelola dan dioptimalkan dengan baik dapat membantumu mencapai berbagai tujuan, termasuk tujuan bisnis.

Singkatnya, tujuan content marketing adalah meningkatkan visibilitas bisnis dan konten Anda. Saat Anda mempelajari topik ini lebih dalam, ada beberapa hal yang benar-benar perlu Anda ketahui tentang tujuan dan manfaat content marketing.

Tujuan content marketing di antaranya:

Menciptakan Bisnis yang Profesional

Perusahaan dengan konten yang bagus memberikan kesan bahwa mereka menjalankan bisnisnya dengan serius. Bahkan calon pelanggan dapat melihat bahwa bisnis anda berjalan dengan baik.

Pelanggan yang merasa seperti itu saat membaca atau mendengar konten anda pasti akan mempercayai aktivitas anda. Dengan begitu, mereka akan melihat konten anda lagi, yang dapat membantu meningkatkan konversi. 

Brand Menjadi Semakin Terkenal

Selanjutnya, setelah pelanggan mendapat kesan yang baik dan mempercayai bisnis kamu, mereka akan bersedia untuk mempromosikan bisnis anda dengan sukarela. 

Secara langsung atau tidak langsung, mereka berkenan mempromosikan bisnis kamu kepada teman maupun keluarganya. Sampai proses ini berulang-berulang dan perusahaanmu menjadi semakin terkenal.

Menghasilkan Traffic Lebih Tinggi

Selanjutnya, saat bisnis milikmu semakin dikenal, traffic yang masuk ke situs web otomatis akan meningkat. Ini akan bermanfaat untukmu karena traffic tinggi secara alami menghasilkan lebih banyak penjualan.

Selain itu, jika kamu menerapkan content marketing melalui website atau blog, juga dapat menaikkan peringkat di Google dalam hal SEO.

Meningkatkan Angka Penjualan

Seiring meningkatnya traffic ke situs web kamu, potensi konversimu juga meningkat. Dengan konten berkualitas, kamu dapat menarik atau membujuk pengguna untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan konten halaman yang berbeda, baik itu gambar, copywriting, atau video di saluran komersial yang berbeda sehingga dapat dijangkau calon pelanggan.

Memperbanyak Partnership

Tentunya bagi yang memiliki bisnis, tujuan dan manfaat content marketing adalah untuk membangun relasi dan kemitraan dengan bisnis lain.

Dengan memperkenalkan strategi strategi content marketing bisnis. Kamu juga dapat bekerja sama dengan perusahaan lain dan akhirnya mengembangkan bisnis. Pemasaran konten ini memang sangat luar biasa!

strategy penjelasan content marketing

Strategi Content Marketing

Strategi Content Marketing yang mungkin bisa kamu terapkan antara lain:

Menentukan tujuan dari Content Marketing

Memiliki tujuan bisnis yang tepat akan memfasilitasi proses pemasaran dan memastikan bahwa proses pemasaran sejalan dengan sasaran atau tujuan pemasaran yang dimaksud. 

Membuat Konten yang baik dan berkualitas

Membuat konten yang berkualitas dapat meningkatkan performa bisnis akan sangat diminati. Dalam hal ini, proses pembuatan konten harus selalu memasukkan unsur promosi, tidak lupa untuk menginformasikan kepada konsumen. Sehingga konten yang dihasilkan berkualitas dengan menggunakan teknologi  sebagai sarana untuk melakukan proses pemasaran.

Mempunyai target konsumen atau pelanggan

Dengan menargetkan konsumen, proses pemasaran anda menjadi lebih fokus, teratur, dan tetap pada jalurnya. Oleh karena itu, mengidentifikasi target konsumen sangat berguna dan penting dalam proses pengelolaan content marketing bagi bisnis 

Membuat promosi yang tepat

Dalam hal ini, proses promosi atau proses distribusi konten harus dilakukan dengan baik, memperhatikan metode dan strategi yang tepat. Bagaimana cara mempromosikan, kapan dan dengan apa menyesuaikan proses promosi dan benar-benar memperhatikan untuk mengembangkan bisnis. 

Evaluasi

Proses evaluasi penting karena memberitahu anda apa yang kurang atau perlu ditingkatkan dalam pembuatan konten. Evaluasi digunakan untuk meningkatkan kunjungan pelanggan dan berdampak besar pada bisnis.

Beberapa strategi ini jelas akan membantu meningkatkan proses dan upaya usaha bisnis dengan menarik perhatian pada strategi pemasaran saat ini. Oleh karena itu, memahami proses pemasaran adalah suatu keharusan bagi perusahaan untuk meningkatkan bisnisnya.

Contoh Content Marketing

Setelah kamu membaca tentang pengertian content marketing, kamu jadi memiliki gambaran terkait content marketing. Untuk memahami hal ini dengan lebih baik, yuk simak strategi content marketing yang akan membantu kamu mengembangkan bisnis.

Berikut adalah beberapa contoh content marketing yang bisa kamu terapkan:

Blog atau Website

Menggunakan blog atau website untuk content marketing juga merupakan pilihan yang baik dan dapat menarik banyak pelanggan karena banyak konsumen yang akan mengunjungi situs web kamu ketika membutuhkan sesuatu atau informasi tentang suatu produk. 

Secara umum, website juga menggunakan halaman statis yang biasanya tidak terlalu sering berubah. Oleh karena itu, penggunaan copywriting yang menarik dapat memastikan pengunjung anda betah saat menjelajahi situs web. 

Infografis

Selain blog atau website, kamu dapat menggunakan infografis sebagai strategi pemasaran konten untuk mengembangkan bisnis. Saat ini, konten audio dan video banyak diminati oleh pengguna, khususnya di Indonesia.

Dengan menyajikan data, informasi, dan wawasan canggih yang akan membantu pelanggan menemukan informasi dengan lebih cepat dan mudah. Dalam hal ini, informasi yang diberikan disusun dalam bentuk grafik atau diagram, yang memudahkan proses promosi cepat tersampaikan.

Video

Video juga dapat digunakan sebagai metode pemasaran dengan mengunggahnya melalui berbagai platform seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Dalam hal ini, konten video yang digunakan juga harus menyertakan marketing atau proses pemasaran dari produk tersebut. Selain itu, video tersebut akan memudahkan pelanggan untuk mengenal produk secara jelas dan visual, seperti yang dijelaskan dalam video. 

E-book

E-book juga merupakan salah satu contoh metode pemasaran yang sering dilakukan. Tujuannya sendiri adalah memberikan detail informasi lebih jelas kepada para pengguna terkait pemasaran perusahaan anda 

E-book memiliki jenis yang biasanya berupa product knowledge dari perusahaan yang bersangkutan. E-book digunakan sebagai produk unduhan guna kebutuhan promosi bisnis dari hasil subscribe yang dilakukan oleh user.

Social Media

Media sosial, dimana setiap pengguna tentu sangat aktif dalam penggunaan platform sosial. Maka dari itu, content marketing dapat dimanfaatkan dalam pembuatan informasi mengenai kebutuhan iklan yang tujuannya meningkatkan engagement dari konsumen.

Untuk sekarang, sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, bahkan Tiktok dapat digunakan untuk kebutuhan product branding atau memperkenalkan bisnis perusahan anda. 

Email

Contoh content marketing selanjutnya adalah email marketing, yang dimana pesan lebih sering berisi penjelasan yang berhubungan dengan promosi barang atau jasa dan juga untuk memberi informasi beberapa iklan atau fitur dari sebuah produk brand perusahaan tertentu. 

Podcast

Banyaknya platform streaming berlangganan meningkatkan minat masyarakat akan konten digital seperti film dan lagu. Beberapa platform streaming menyediakan ruang untuk podcast bagi para content creator yang senang berbagi kisahnya. 

Di Indonesia sendiri podcast menjadi salah satu media paling diminati. Kamu juga bisa memanfaatkan media podcast untuk membuat content marketing, baik membuat channel anda sendiri ataupun bekerja sama dengan content creator lainnya. 

Partnership dengan Influencer

Strategi pemasaran konten ini merupakan kombinasi dari semua hal di atas. anda dapat menggunakan editorial, audio, video, atau posting blog, tetapi perbedaannya adalah konten tersebut digunakan dalam kolaborasi dengan influencer.

Namun satu hal yang perlu diingat. Bahkan jika influencer yang bekerja sama dengan anda sudah memberikan dampak besar, konten anda kemungkinan tidak akan memberikan dampak yang signifikan kecuali jika kualitas pemasaran konten anda dimaksimalkan.

Kesimpulan Penjelasan Content Marketing

Nah itu dia penjelasan detail mengenai apa itu content marketing, contoh, manfaat dan strateginya. Content marketing adalah cara yang efektif untuk mengembangkan bisnis. Di antara banyak strategi, content marketing adalah yang paling penting dan mendasar. Pasalnya, hampir semua materi pemasaran membutuhkan konten.

Terutama media digital yang pada saat ini banyak diminati, content marketing menjadi cara yang paling tepat untuk memaksimalkan strategi pemasaran anda. Dengan konten yang tertata rapi, kamu dapat menarik perhatian pelanggan pada bisnis anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments