Copywriting Adalah Kemampuan Penting dalam Digital Marketing? Yuk Cari Tahu!

0
1247

Copywriting adalah adalah tulisan yang dibuat untuk kebutuhan promosi, iklan, dan pemasaran. Melalui tulisan tersebut, diharapkan audiens akan tertarik dan terpengaruh untuk melakukan tindakan yang dimaksudkan perusahaan bisnis. 

Bagi kamu yang hobi menulis, copywriting bisa menjadi tantangan tersendiri dalam menuangkan ide dan kreativitas berupa tulisan copy. Jadi, mengapa tidak mempelajarinya lebih lanjut di artikel satu ini?

Sekilas tentang Copywriting

apa itu copywriting adalah

Copywriting adalah kemampuan menulis materi pemasaran untuk produk, layanan, dna campaign lain yang bertujuan untuk mendorong audiens melakukan tindakan, seperti membeli produk, mendaftar, atau klik, berlangganan, dan lainnya.

Kemampuan ini menjadi fondasi dari content marketing yang memiliki peran penting. Sehingga dapat menarik dan meningkatkan konversi. Sebelumnya, copywriting bisa ditemukan di pemasaran konvensional baik di media cetak, radio, maupun televisi.

Namun, di era digital sekarang ini, bisnis lebih cenderung memanfaatkan keberadaan internet dan menjalankan pemasaran secara digital. Jadi, kamu bisa menemukan teks copywriting di berbagai media online, termasuk website, email marketing, sosial media, landing page, Google Ads, dan lainnya.

Untuk kamu yang akan menggunakan copywriting dalam pemasaran dan periklanan digital, pastikan tulisan atau teks tersebut menarik dan meyakinkan sehingga promosi dan pemasaran akan berhasil. Dengan copywriting, kamu dapat memengaruhi pikiran dan emosi target audiens. 

Tidak heran jika copywriting adalah kemampuan yang melibatkan pemilihan kata yang tepat, gaya penulisan persuasif, serta perlu pemahanan mendalaman tentang target audiens.

Untuk bisa menulis copywriting, kamu harus memiliki beberapa skill, termasuk menulis, riset, tepat waktu, SEO, dan kreativitas. Semua skill tersebut merupakan kemampuan yang menjadi bekal awal dalam menulis copy yang dapat memengaruhi audiens melakukan tindakan yang diharapkan.

Jenis Copywriting

jenis copywriting

Dengan mengetahui jenis copywriting, seseorang berpeluang mendapatkan pekerjaan di bidang pemasaran. Jadi, apabila kamu ingin bekerja di bidang tersebut, simak beberapa jenis copywriting berikut ini:

Website Copywriting

Website copywriting adalah jenis copywriting yang berupa tulisan di halaman situs dan landing page perusahaan atau bisnis. Dari namanya saja, tentu kamu bisa mengetahui apa itu website copywriting, bukan?

Masing-masing halaman web memiliki fungsi yang berbeda. Hal ini menjadi tantangan bagi perusahaan dan copywriter untuk dapat menyampaikan isi pesan dan maksud kepada pengunjung web.

SEO Copywriting

Dalam copywriting untuk Search Engine Optimization (SEO), copywriting mungkin terlihat seperti content writing. Di mana profesional bertugas membuat konten situs web dengan kata kunci yang dioptimasi. Tujuannya adalah memastikan bahwa konten di halaman tersebut akan mendapatkan peringkat tertinggi di Search Engine Result Page (SERP).

Kenalan lebih jauh dengan SERP melalui artikel satu ini.

Ad Copywriting

Iklan konvensional maupun digital memerlukan copywriting agar dapat menarik audiens. Itulah mengapa ada jenis ad copywriting yang juga merupakan salah satu jenis dari copywriting. Tulisan tersebut dibuat untuk kebutuhan iklan.

Social Media Copywriting

Jika dilihat dari namanya, tentu kamu bisa menyimpulkan bahwa social media copywriting adalah jenis copywriting yang seringkali dilihat di konten-konten media sosial. Karena setiap brand mempunyai brand voice tersendiri, konten yang mereka bagikan tentu mempunyai gaya tulisan yang berbeda.

Product Copywriting

Jenis copywriting ini berfokus pada promosi produk dengan tulisan berupa deskripsi produk di halaman produk situs atau lainnya. Penulisannya biasanya menekankan pada kelebihan termasuk manfaat dan fitur produk.

B2B Copywriting

Target dari B2B copywriting adalah perusahaan yang berfokus dalam menjual produk atau layanan ke bisnis lain. Tulisannya berupa pembahasan masalah yang terjadi pada bisnis. Namun dikemas dengan gaya yang menarik.

B2C Copywriting

Selai B2B, ada juga B2C copywriting, yaitu tulisan untuk mendorong konsumen melakukan tindakan, termasuk pembelian produk atau jasa. Perlu pemahanan mendalaman tentang target audiens agar copywriting efektif dalam memasarkan produk atau layanan secara langsung kepada konsumen.

Direct Response Copywriting

Tujuan dari direct copywriting adalah mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen. Misalnya copywriting yang mengarahkan pembaca agar mereka meng-klik tombol call-to-action (CTA), berlangganan ebook, membagikan konten, dan lainnya. 

Jenis copywriting ini banyak digunakan di landing page, homepage, dan iklan Google.

Technical Copywriting

Technical copywriting merupakan copywriting yang memberikan pemahaman mendalam terkait cara kerja produk atau layanan. Jenis copywriting ini sering digunakan dalam produk teknologi, kesehatan, hingga kecantikan.

Ciri-ciri Copywriting yang Menarik

Menulis copywriting menjadi tantangan tersendiri bagi para copywriter. Terdapat beberapa ciri copywriting yang menarik, yaitu:

  • Mengubah perspektif target audiens
  • Mampu menghubungkan banyak hal yang dirangkai dalam tulisan yang menarik namun sesuai dengan target audiens
  • Membuat audiens ingin terus membaca
  • Memahami audiens
  • Tidak berlebihan dan tidak banyak jargon

Langkah-langkah Membuat Copywriting

cara membuat copywriting

Untuk bisa membuat copywriting yang menarik dan efektif sehingga menciptakan kesuksesan dalam promosi dan pemasaran, seorang copywriter harus belajar banyak. Adapun langkah-langkah dalam membuat copywriting adalah:

Pelajari Produk atau Layanan

Untuk bisa membuat tulisan berupa copy produk atau layanan, tentu kamu harus terlebih dahulu mempelajari produk atau layanan tersebut. Sehingga nantinya bisa memasarkannya dengan baik melalui pemilihan kata dan gaya penulisan yang menarik.

Tulis deskripsi produk secara singkat dengan memahami keunikan, fitur, dan manfaat produk bagi target konsumen.

Pahami Audiens

Hal penting lain dalam penulisan copywriting adalah pentingnya memahami siapa audiens yang kamu targetkan. Sebagai copywriter, kamu harus mampu menjelaskan manfaat produk dengan tepat.

Memahami audiens membantu dalam membuat teks yang personal sehingga mampu menarik lebih banyak orang untuk membeli produk yang dipasarkan. Coba lakukan survei dan ketahui apa yang mereka butuhkan.

Tentukan Headline

Dalam membuat copywriting yang efektif, pastikan untuk menentukan headline yang memikat. Mengapa? Hampir semua audiens tertarik untuk membacanya. 

Jelaskan manfaat yang ditawarkan sehingga pembaca penasaran dan ingin segera membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Bila perlu, kamu juga bisa mencantumkan persentase yang akan turut menarik perhatian audiens.

Dukung Headline dengan Kalimat Menarik

Headline merupakan awalan agar audiens membaca pesan promosi. Biasanya headline digunakan dalam email, artikel blog, atau landing page. Namun, tentu kamu harus mendukungnya dengan kalimat menarik. Dengan begitu, pesan dapat tersampaikan dan dipahami audiens. Sehingga mereka akhirnya tertarik untuk melakukan suatu tindakan.

Buat Copy yang Berkualitas

Dalam copywriting, tentu mengharuskan kamu membuat copy yang berkualitas. Itulah mengapa perlu memahami teknik copywriting. Agar bisa menulis copy yang berkualitas, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Gunakan kata dan kalimat sederhana serta mudah dipahami audiens
  • Tulis untuk satu orang secara personal
  • Jelaskan manfaat bagi audiens
  • Manfaatkan subheading agar teks lebih enak dibaca dan lebih mudah dipahami

Akhiri dengan Persuasi atau Tombol CTA

Terlepas dari tujuan copywriting yang kamu buat, jangan lupa untuk mengakhirinya dengan ajakan. Sertakan tombol call-to-action (CTA) baik  untuk membeli produk, berlangganan konten, daftar newsletter, atau lainnya.

Sebaiknya CTA tidak hanya sekedar mendorong audiens untuk memberikan komitmen. Tetapi juga memberikan manfaat bagi mereka. Salah satu contohnya adalah copywriting pada situs SEO Moz. Di sana, kamu bisa melihat CTA dibuat untuk mengajak audiens mencoba tools SEO secara gratis yang juga menawarkan pilihan paket berbayar.

Contoh Kata-kata Copwriting yang Menjual

Apabila ini kali pertama bagi kamu dalam menulis copywriting, pemilihan kata menjadi sangat penting. Namun, terkadang tidak tahu harus memulainya dengan kata apa.

Nah, kali ini kamu mencoba beberapa kata untuk kebutuhan penulisan copy yang dapat menjual, termasuk:

  • Kamu, nama orang, atau nama organisasi
  • Hemat
  • Gratis
  • Terbatas
  • Mudah
  • Kesempatan
  • Eksklusif
  • Baru
  • Cepat atau segera
  • Hadiah
  • Lebih baik atau lebih banyak
  • Sekarang
  • Solusi
  • Rahasia
  • Nikmati
  • Garansi atau jaminan

Jadi, Copywriting Adalah …

Penggunaan copywriting adalah untuk kebutuhan promosi agar dapat membujuk audiens agar melakukan tindakan tertentu. Jadi, copywriting banyak digunakan dalam berbagai kampanye pemasaran, termasuk pemasaran digital melalui sosial media, website, dan iklan Google.

Ingin memasarkan produk atau jasa secara digital namun belum punya kemampuan copywriting? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa mendapatkan jasa digital marketing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan marketing bisnis atau produk kamu.

Tunggu apalagi? Hubungi Exabytes sekarang juga agar bisa segera menjalankan digital marketing untuk mencapai tujuan bisnis.

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments