8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

210
Tips meningkatkan repeat order
Free Credit Exabytes
10 min read

Hi, Exabytes Friends!

Pembeli adalah raja. Begitulah kata pepatah. Oleh karena itu, kepuasan dari seorang konsumen adalah kepuasan bagi seorang penjual. Kenapa bisa dikatakan seperti itu? Karena sebenarnya kepuasan pembeli juga menjadi salah satu penggerak roda bisnis yang kamu miliki. Jadi, pastikan jika saat ini kamu ingin memulai ataupun sudah memiliki bisnis, buatlah para konsumen puas dan nantinya mengulang transaksi dengan toko yang kamu miliki.  

8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

Dalam merencanakan dan menjalankan bisnis online maupun bisnis offline yang kamu miliki, pasti senang rasanya ketika produk yang kamu jual dibeli oleh konsumenmu atau mengalami transaksi yang berulang dengan konsumen yang sama. Hal itu termasuk hal yang sangat diimpikan oleh banyaknya pebisnis di era seperti sekarang ini. Kenapa seperti itu? Karena dengan adanya ini, berarti kamu berhasil meyakinkan dan membuktikan kepada konsumen bahwa produk yang kamu jual memiliki kualitas yang bagus. Saat memulai bisnis, menghabiskan produk memang cukup mudah diraih, namun, mendapatkan pembeli yang sama secara berulang juga menjadi salah satu goals dalam menjalankan bisnis. 

Guys, membahas tentang pembelian yang berulang, ternyata banyak loh hal-hal pendukung lain yang membuat pelanggan melakukan transaksi yang berulang, Selain melihat aspek dan segi kualitas produk yang kamu tawarkan, mungkin juga ada beberapa hal yang menjadikan mereka melakukan transaksi yang terus menerus tersebut.

Untuk kamu yang mungkin masih bingung kenapa kamu tidak juga mengalami transaksi berulang dengan konsumen yang sama atau biasa kita kenal dengan fenomena repeat order, kamu dapat membacanya dibawah. Kira-kira apa saja sih tips untuk menciptakan dan meningkatkan repeat order. Eits, tetapi tunggu dulu, sebelum masuk ke pembahasan dan pemaparan tips nya, mari bahas dulu apa itu repeat order, agar kamu dapat memahami dengan jelas dan lebih dalam. Simak yuk!

Apa itu Repeat Order?

Repeat order secara sederhana merupakan perilaku seorang konsumen yang membeli kembali atau menjalankan transaksi atas suatu produk tertentu yang sama dan juga pada toko yang sama. Perilaku ini pada dasarnya bisa terjadi karena konsumen menyukai produk yang ditawarkan oleh suatu toko online.

Perilaku konsumen seperti ini sangat disukai bahkan diimpikan oleh para penjual. Karena sebagai penjual, nantinya kamu akan lebih menghemat biaya promosi yang dikeluarkan. Jadi, biaya promosi yang dikeluarkan oleh kamu sebagai seorang penjual akan lebih sedikit dan hemat karena produk yang dijual sudah cukup dikenal oleh banyak orang. Meskipun sebenarnya sebagai penjual tetap harus melakukan promosi terhadap produk yang kamu jual untuk menambah jumlah konsumen baru dengan jumlah yang lebih banyak lagi. 

8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

Kira-kira, apa saja sih yang menjadi tips andalan untuk mempertahankan dan meningkatkan fenomena repeat order dari seorang konsumen kepada suatu toko?

8 Tips untuk Meningkatkan Repeat Order

Jika saat ini kamu sedang berencana memiliki bisnis dan ingin mencapai target repeat order yang banyak, artikel di bawah ini mungkin dapat menjadi insight kalian untuk menggali berbagai macam tips meningkatkan dan mempertahankan fenomena repeat order. Berikut ada 8 tips untuk meningkatkan dan mempertahankan fenomena repeat order. Jangan lupa simak dan terapkan tips-tips berikut ya, Exabytes Friends!

Berikanlah Service atau Pelayanan Terbaik untuk Konsumen Pada Pertama Kali!

8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

Langkah paling awal agar nantinya konsumenmu bisa repeat order lagi adalah membuat konsumen tersebut seolah-olah merupakan konsumen lamamu. Buat mereka menjadi nyaman untuk pertama kalinya membeli produk yang kamu jual. Karena kesan dari konsumen yang pertama kalinya atau first impression datang pada kamu adalah yang menentukan konsumen tersebut akan kembali lagi untuk membeli atau tidak akan sama sekali.

Baca Juga  Inilah 7 Tren dan Inovasi Digital Marketing di Tahun 2020

Ketika mereka nyaman dan senang untuk belanja di tempatmu, maka kemungkinan besar suatu hari pasti mereka akan kembali lagi. Dan begitu pula sebaliknya, jika diawal saja kesannya sudah tidak baik, maka jangan harap selanjutnya bisa menjadi pelanggan yang loyal dan menyenangkan bagi kamu. Untuk itu, buatlah pelayanan terbaik pada pelayanan pertama untuk menimbulkan great first impression!

Berikan Penawaran Menarik 

8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

Mungkin ada beberapa diantara kamu yang sama sekali bukanlah tipe seseorang yang bisa membuat orang baru bisa merasa langsung dekat dengan kamu. Tenang saja, pada poin ini akan ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat konsumen menjadi terkesan dan ingin kembali pada kamu nantinya. 

Salah satu trik yaitu dengan memberikan sebuah penawaran misalnya. Ada banyak penawaran yang dapat kamu berikan kepada konsumen mu. Ada banyak hal, seperti:

  • Memberikan Diskon Kepada Pelanggan Setia

Diskon akan selalu berhasil dalam meningkatkan repeat order! Kamu mungkin khawatir bila diskon akan mengurangi keuntunganmu. Tetapi dengan strategi yang benar, diskon justru akan membantu meningkatkan pendapatan mu. Kamu bisa menerapkan diskon khusus untuk pelanggan yang terdaftar sebagai member di toko atau langganan. Kamu juga bisa menyesuaikan diskon berdasarkan poin, tingkat keanggotaan, atau uang yang dibelanjakan oleh pelanggan. Semoga poin ini dapat kamu terapkan dengan baik di dalam bisnis yang kamu miliki, ya, guys! Karena diskon terbukti sebagai salah satu hal yang menarik bagi para konsumen! 

  • Menerapkan Metode Buy 1 Get 1

Metode ini banyak sekali diminati oleh banyak orang mengingat jika membeli 1 item, maka akan mendapatkan 1 free item. Metode ini terbukti meningkatkan penjualan dari suatu produk, loh. Kebanyakan toko yang menerapkan buy 1 get 1 juga memiringkan harga penjualannya sehingga harga item akan jauh lebih murah. Nah, kamu bisa banget loh guys menerapkan metode ini untuk bisnis yang kamu jalani. Dijamin, banyak yang ngiler buat beli produkmu deh! 

  • Sesekali Terapkan Metode Free Ongkir 

Siapa sih yang gak tertarik sama penawaran free ongkir? Bayangin, kamu belanja hanya dengan membayar biaya produknya aja loh gengs tanpa membayar ongkir! Cara ini sering sekali diterapkan oleh penggiat E-Commerce karena katanya bisa menaikan jumlah repeat order loh! 

Nah, Exabytes Friends, itu dia beberapa contoh penawaran menarik yang bisa kamu terapkan yang mudah-mudahan nantinya akan berpengaruh bagi bisnis kamu! 

Buat Media atau Perantara Untuk Berkomunikasi

8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

Yang perlu kamu pahami dan ketahui, konsumen akan merasa aman, nyaman serta yakin bahwa produk yang mereka beli adalah produk pilihan ketika kamu sebagai penjual memberikan pelayanan lebih. Misalnya, dengan membuat sebuah grup diskusi untuk konsumen. Ataupun memberikan kemudahan akses bagi konsumen agar lebih mudah untuk menghubungi kamu, seperti membuat website sebagai cara untuk mempermudah mereka berkomunikasi dengan toko yang kamu miliki. Untuk informasi selengkapnya, kalian bisa baca di laman ini ya.

Anyway, saat ini juga sudah banyak sekali media-media komunikasi yang bisa digunakan dengan sangat ringkas dan mudah untuk digunakan. Misalnya dengan membuat grup chat, grup di media sosial, atau bisa juga membuat milis dan forum yang khusus dibuat untuk berkomunikasi antara kamu dan para konsumenmu. 

Tepat Waktu dalam Durasi Pengiriman Barang

8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

Bayangin deh, kesel gak sih kalau kamu memesan sesuatu, terus ngaret banget sampai bikin kamu bete dan gak tertarik lagi untuk order di toko tersebut? Janjimu kepada konsumen merupakan hal yang harus kamu tepati loh, guys. Termasuk juga ketika konsumen bertanya “kapan sampai nya, kak?” dan kamu menjawab “3-4 hari ya” jadi harus kamu upayakan agar janji tersebut tidak meleset, ya!

Baca Juga  Kisah Sukses Anne Ahira Pebisnis Online Wanita Legendaris

Dari hal-hal sepele seperti ini, akan menjadi pertimbangan untuk para konsumen untuk melakukan transaksi lagi dengan kamu atau tidak. Tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk kembali melakukan transaksi dengan tokomu jika janji kepada konsumen ditepati. 

Berilah Kemasan atau Packaging Yang Menarik

8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

Packaging merupakan salah satu penunjang “bahagia” konsumen. Kenapa seperti itu? Karena ketika kemasan yang kamu berikan mengandung unsur “asal-asalan” sudah pasti konsumen tidak akan terkesan dan cenderung menganggap bahwa kamu tidak niat untuk berjualan. Oleh karena itu kemasan yang bagus akan menimbulkan impression atau kesan yang bagus juga untuk tokomu.

Maka, mulai dari sekarang, jika kalian memiliki toko, usahakanlah kemasan untuk produk kalian bagus dan apik untuk dipandang dan diberikan kepada konsumen. Karena hal ini juga menjadi penunjang hematnya biaya promosi loh, Exabytes Friends! Kenapa? Karena jika kita memberikan kemasan yang bagus, konsumen juga akan sukarela mengabadikan kemasan yang kamu berikan dalam bentuk foto atau video kemudian share di media sosial.

Selain packaging, bisa juga kamu memberikan greeting card atau ucapan terima kasih karena konsumen pun akan merasa senang dan tersentuh bila kita memperhatikan hal kecil. 

Maksimalkan User Generated Content (UGC)

8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

Hal yang satu ini mungkin udah gak asing lagi untuk didengar oleh kamu para pebisnis! UGC atau User Generated Content adalah konten atau postingan yang berasal dari pengguna atau pembeli. Pembeli yang saat setelah membeli produk kemudian diminta feedback nya akan sangat merasa dihargai oleh kamu.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan UGC ini? Kamu dapat meminta mereka berkomentar di kolom komentar yang tertera di Website yang kamu miliki. Kemudian kamu juga bisa meminta mereka mengunggah foto atau video dari produk yang mereka membeli di sosial media, serta mencantumkan testimoni mereka ketika memakai produkmu.

Manfaatkan Personalized Marketing

8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

Salah satu diantara banyak hal yang bisa kamu terapkan dalam upaya meningkatkan repeat order adalah memanfaatkan personalized marketing. Apa itu personalized marketing dan bagaimana cara penerapannya? Personalized marketing adalah metode meningkatkan repeat order dengan cara mengirim penawaran melalui email kepada para konsumen berdasarkan riwayat pembelian yang telah mereka lakukan dengan toko yang kamu miliki. Isi emailnya yaitu mengingatkan mereka tentang items tambahan yang mungkin mereka perlukan lagi. Misalnya kamu ingin menawarkan lip matte setelah sebulan sebelumnya konsumen tersebut membeli bb cushion di toko anda. 

Terapkan Metode Retargeting 

8 Tips Jitu Yang Terbukti Meningkatkan Repeat Order

Siapa sih pebisnis yang gak mau konsumennya terus menerus melakukan transaksi? Untuk menjadikan hal tersebut nyata, diperlukan salah satu strategi atau trik untuk meningkatkannya, yaitu dengan menargetkan mereka kembali, setelah mereka menjalankan transaksi dengan toko kamu. Ingatkan mereka untuk membeli lagi produk mu melalui email, sosial media, pencarian di instagram maupun browser, dan tampilan gambar. Misalnya ada transaksi yang belum diselesaikan oleh konsumen mu, kamu dapat mengingatkannya melalui cara yang sama seperti diatas. 

Nah, Exabytes Friends, 8 hal diatas adalah beberapa cara yang sudah terbukti manjur diterapkan oleh beberapa pebisnis yang ada untuk meningkatkan repeat order. Semoga tips ini dapat berpengaruh untuk bisnis kalian. Sukses selalu dan jangan lupa untuk keep up the good and hard work, ya, teman-teman! 

Credit : Aisya Damayanti Sumarno

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here