Perbedaan Cloud Hosting Dengan Cloud Computing, Yuk Simak!

0
1923

Penyimpanan berbasis cloud bukan lagi hal baru di zaman sekarang ini. Pengguna bahkan bisa menikmati layanan cloud hosting maupun cloud computing sesuai dengan kebutuhannya. Tetapi, apakah kamu tidak penasaran dengan perbedaaan antara keduanya? 

Untuk mencari tahu apa saja perbedaan cloud hosting dengan cloud computing, sangat pas rasanya bila kamu membaca artikel satu ini hingga selesai. Kira-kira, mana yang lebih kamu butuhkan, cloud hosting atau cloud computing?

Mengenal Apa Itu Cloud Hosting

mengenal apa itu cloud hosting
Cloud hosting untuk website dengan trafik tinggi agar tetap bisa berjalan lancar. (Sumber: pixabay)

Bagi siapapun yang sedang mencari layanan web hosting yang tepat, cloud hosting menjadi salah satu pilihan terbaik. Apa itu cloud hosting? Cloud hosting dikenal sebagai hosting yang menggunakan beberapa server guna menyeimbangkan beban server. Dengan begitu, uptime pada server juga bisa lebih maksimal.

Meski terdiri dari beberapa server, server-server tersebut bekerja layakan satu server utuh. Banyaknya jumlah server akan menentukan besaran sumber daya yang bisa digunakan oleh server yang berada pada cloud cluster. Hal tersebut tentunya memberikan dampak baik bagi pengguna hosting jenis ini. 

Apabila terjadi masalah pada salah satu server yang digunakan, website akan tetap berjalan dengan baik melalui sumber daya dari server lain. Bagi kamu yang ingin mendapatkan layanan hosting yang mempunyai fleksibilitas dan realibilitas, tentunya cloud hosting adalah pilihan pas. 

Penasaran dengan jenis hosting lainnya yang tersedia bagi pebisnis yang hendak membuat situs web? Cari tahu di artikel ini yuk!

Mengenal Apa Itu Cloud Computing

Perbedaan Cloud Hosting Dengan Cloud Computing, Yuk Simak! - 2024
Cloud computing membantu pekerjaan menjadi lebih mudah termasuk menyimpan data. (Sumber: pixabay)

Selain cloud hosting, kamu juga pasti mengenal layanan cloud computing. Meski sama-sama memberikan layanan berbasis cloud, apa saja perbedaan cloud hosting dengan cloud computing?

Untuk bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut, kenali apa itu cloud computing terlebih dahulu. 

Cloud computing merupakan layanan cloud yang memungkinkan pengguna menyimpan berbagai layanan melalui internet, misalnya jaringan, aplikasi, database, dan lain sebagainya. Dengan penyimpanan cloud, kamu bisa mengakses file dimana saja dan kapan saja bahkan di perangkat berbeda. 

Cloud computing menawarkan berbagai kelebihan. Ini kemudian menjadi salah satu alasan kenapa cloud computing begitu populer dan diminati. Di era digital ini, semakin banyak perusahaan maupun individu yang menyimpan data dengan memanfaatkan cloud storage.

Perbedaan Cloud Hosting dengan Cloud Computing

perbedaan cloud hosting dengan cloud computing
Bedakan cloud hosting dengan cloud computing agar mendapatkan layanan sesuai kebutuhan. (Sumber: shutterstock)

Melihat dari pengertiannya, mungkin kamu sudah bisa membedakan clouding hosting dengan cloud computing. Akan tetapi, perbedaan cloud hosting dengan cloud computing di bawah ini bisa semakin membantu memahami mana pilihan yang tepat untuk kebutuhan:

Cara Kerja

Perbedaan cloud hosting dengan cloud computing yang pertama terletak pada cara kerjanya. Cara kerja cloud hosting tidak begitu kompleks karena hosting tersebut menggunakan beberapa server yang saling terhubung. Artinya, saat terjadi kendala pada satu server, pengguna bisa menggantinya dengan server lain.

Ini juga menjadi alasan kenapa situs web yang menggunakan cloud hosting jarang mengalami down. Sudah tahu apa saja penyebab website down? Cari tahu selengkapnya di sini yuk agar bisa menemukan solusi yang tepat.

Karena perbedaan cloud hosting dengan cloud computing terletak pada cara kerjanya, artinya cloud computing memiliki cara kerja yang tidak sama dengan cloud hosting. Penyedia layanan menggunakan salah satu atau semua komponen server termasuk hardware, sistem operasi, dan software.

Tersedia infrastruktur berbasis internet pada server yang penyedia gunakan. Pengguna kemudian akan menggunakan layanan cloud computing yang merupakan hasil dari teknologi itu.

Contoh Penggunaan

Jika penasaran dengan perbedaan cloud hosting dengan cloud computing, singkatnya kamu bisa melihat contoh penggunaan masing-masing. Penggunaan cloud computing bisa ditemukan dalam berbagai contoh nyata dalam kehidupan.

Berbicara tentang cloud hosting, tentunya kamu sudah tahu fungsi hosting adalah untuk memastikan situs web bisa online sehingga bisa diakses oleh para pengguna.

Cloud hosting merupakan salah satu jenis hosting yang menawarkan berbagai kelebihan. Jenis hosting ini cocok bagi mereka yang mengelola situs web dengan trafik tinggi agar performanya tetap stabil.

Untuk mendapatkan layanan cloud hosting terbaik, hubungi Exabytes sekarang juga dan dapatkan layanan hosting sesuai kebutuhan serta keinginan.

Teknologi komputasi pada umumnya digunakan dalam tiga layanan, diantaranya adalah sebagai berikut:

SaaS

SaaS adalah singkatan dari software-as-a-service, yaitu layanan cloud hosting dalam bentuk aplikasi yang siap digunakan. Beberapa contoh dari layanan satu ini adalah Dropbox, Canva, Google Workspace, dan masih banyak lagi. 

Paasgo

PaaS merupakan singkatan dari platform-as-a-service yaitu layanan cloud computing yang akan membangun dan menguji coba aplikasi secara online sebelum dirilis ke publik. Adapun contoh dari PaaS tentunya sangat banyak, diantaranya adalah Microsoft Azure, Amazon Web Service, dan Apache Stratos.

Iaas

IaaS adalah singkatan dari infrastructure-as-a-service, layanan cloud yang merupakan server fisik dan server virtual. IaaS akan menyediakan sumber daya seperti server, ruang data center, penyimpanan (storage), dan jaringan. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan server tanpa harus membeli komputer fisik.

Contoh dari IaaS diantaranya adalah Google Compute Engine atau GCE, Rackspace, Linode, DigitalOcean, dan lain sebagainya.

Biaya

Baik cloud hosting maupun cloud computing memerlukan biaya. Artinya, saat memilih salah satu layanan tersebut, pengguna harus menyiapkan sejumlah uang untuk bisa mendapatkan manfaat layanan tersebut. Dalam hal biaya, kamu bisa melihat perbedaan cloud hosting dengan cloud computing.

Dengan segudang kelebihan yang bisa pengguna dapatkan, bukankah biaya yang dikeluarkannya juga sebanding? Sebenarnya, tidak ada istilah biaya yang mahal untuk layanan berkualitas dan mampu mengerti kebutuhan penggunanya. Cloud hosting banyak memberikan fitur load balancing agar website tetap stabil saat diakses.

Sementara biaya penggunaan cloud computing akan pengguna bayarkan sesuai dengan layanan yang mereka gunakan. Semakin banyak penggunaannya, semakin tinggi pula biayanya. Untuk mengontrol biaya, kamu harus memastikan kalau penggunaan server disesuaikan dengan kebutuhan alias tidak berlebihan.

Tingkat Keamanan

Lalu, bagaimana dengan tingkat keamanan kedua layanan cloud tersebut? Apakah terdapat perbedaan cloud hosting dengan cloud computing dalam hal keamanan? 

Pada layanan cloud hosting, terdapat infrastruktur khusus yang memungkinkan informasi tersimpan dengan aman meski menggunakan sistem pihak ketiga. Tidak hanya itu, hosting satu ini juga minim masalah serangan hardware dan data hilang. Bukankah ini membuktikan kalau cloud hosting memiliki tingkat keamanan yang menjanjikan?

Menggunakan cloud computing berarti kamu akan menyimpan data secara virtual. Sayangnya, hal tersebut bisa memberikan celah pada peretas untuk mengambil data penting yang bisa merugikan pengguna. Namun, sebagai pengguna kamu bisa memastikan data tersebut tersimpan dengan aman dengan lebih berhati-hati dalam memilih layanan satu ini.

Kontrol Data

Perbedaan cloud hosting dengan cloud computing yang selanjutnya terletak pada kontrol data. Cloud hosting adalah layanan hosting dengan beberapa server. Itu artinya kalau situs kamu akan ditempatkan pada lebih dari satu server. Jadi, pengguna tidak bisa menggunakan server dengan leluasa.

Saat memilih cloud hosting, pengguna memiliki kontrol penuh atas data-data yang mereka simpan. Bahkan pengguna bisa memindahkan data ke server lain meski sedang digunakan oleh user lain. Dengan demikian, situs web akan tetap bisa diakses secara lancar.

Pilih Cloud Hosting atau Cloud Computing?

Perbedaan Cloud Hosting Dengan Cloud Computing, Yuk Simak! - 2024
Cloud hosting dan cloud computing merupakan layanan yang tepat untuk kebutuhan berbeda. (Sumber: shutterstock)

Meski sudah mengetahui perbedaan cloud hosting dengan cloud computing, kamu masih bingung harus pilih yang mana?

Bagi yang mencari software berbasis internet untuk membantu pekerjaan sehari-hari, cloud computing adalah pilihannya. Kamu bahkan bisa menguji aplikasi dengan lebih mudah melalui layanan cloud ini.

Akan tetapi, apabila kamu sedang mencari layanan hosting yang akan menjaga situs web tetap cepat dan stabil, kamu perlu cloud hosting.

Jadi, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa memilih keduanya sekaligus apabila memang memerlukan kedua layanan tersebut.

Cari tahu kelebihan dan kekurangan cloud hosting di artikel ini.

Kesimpulan

Sudah jelas kan apa saja perbedaan cloud hosting dengan cloud computing? Setiap pengguna tentu saja memiliki kebutuhan berbeda sehingga memungkinkan mereka memilih layanan cloud berbeda sesuai tujuan. Untuk kamu yang masih mencari penyedia layanan cloud hosting terbaik, tenang saja Exabytes ada di depan mata.
Selain hosting, kamu juga bisa mendapatkan layanan untuk kebutuhan website lainnya termasuk domain murah dan jasa pembuatan website. Dapatkan semua kebutuhan dari satu penyedia terpercaya di Indonesia.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments