2 Cara Membuat Landing Page Yang Mudah dan Menarik

0
2681

Landing page bisa membantu Anda untuk meningkatkan penjualan secara online. Tapi apakah Anda tahu landing page seperti apa yang bisa meningkatkan penjualan secara online? Dan bagaimana cara membuatnya?

Barangkali itulah mengapa sekarang Anda berada di artikel ini, tujuannya adalah untuk mencari tahu bagaimana cara membuat landing page yang menarik bagi calon pelanggan. Sehingga penjualan Anda pun meningkat.

Kabar baiknya, bagi pengguna WordPress ada cara mudah membuat landing page yang menarik. Kami merangkumnya menjadi beberapa cara saja.

Nah, bagaimana langkah-langkahnya? Tenang, sebelum kita masuk ke pembahasannya. Izinkan kamu menjelaskan sekilas tentang apa itu landing page.

Sekilas Tentang Landing Page

Landing Page

Landing page adalah sebuah halaman yang dibuat sebagai tujuan untuk memberikan informasi detail dan spesifik mengenai produk, layanan, atau lainnya. Tujuannya adalah untuk kebutuhan marketing.

Jenis landing page ada dua yaitu Landing Page Click Through dan Landing Page Lead Generation, sebenarnya perbedaan keduanya tidak terlalu mencolok. Hanya saja untuk Landing Page Lead Generation dibuat lebih singkat, menarik namun jelas.

Sedangkan untuk Landing Page Click Through dibuat untuk tujuan yang lebih spesifik dan detail, tapi keduanya bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Jika ini adalah kali pertama Anda membuat landing page, bisa cek contoh desain website yang mungkin cocok digunakan sebagai referensi desain landing page yang akan Anda buat.

Tips Membuat Landing Page yang Menarik Minat Calon Pelanggan

Sebelum kita menerapkan cara membuat landing page yang menarik, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa saja yang membuat landing page begitu menarik di mata calon pelanggan. Karena landing page yang menarik akan membuat marketing online Anda sukses.

Layanan yang Anda tawarkan mungkin luar biasa dan iklan google ads juga mungkin sudah dioptimalkan dengan sangat sempurna. Akan tetapi, tanpa landing page yang mengundang minat calon pelanggan, bisnis atau layanan Anda mungkin tidak akan begitu sukses sesuai harapan.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat landing page yang menarik minat calon pelanggan. Lantas bagaimana Anda dapat membuat landing page yang menarik? Simak tipsnya di bawah ini ya dan terapkan sekarang juga!

Pastikan Terdapat Elemen Penting Landing Page

Elemen Penting Landing page

Landing page juga seringkali disebut sebagai halaman untuk mengumpulkan prospek penjualan. Ya! Landing page memang dibuat untuk mengubah pengunjung menjadi sebuah prospek yang dituju, baik itu transaksi atau dengan mengumpulkan informasi kontak mereka.

Agar Anda bisa membuat landing page yang menarik, pastikan terdapat elemen-elemen penting di bawah ini:

  • Judul.
  • Sub-judul (Opsional).
  • Deskripsi singkat tentang penawaran dengan jelas.
  • Adanya gambar pendukung.
  • Elemen testimonial (Opsional).
  • Form untuk merekam informasi pengunjung.

Navigasi Utama, Kami Sarankan untuk Dihapus

Setelah pengunjung berhasil Anda arahkan ke landing page, tugas berikutnya adalah menjaga agar pengunjung tersebut tetap berada di halaman tersebut sampai terkonversi menjadi prospek yang Anda inginkan.

Bagaimana caranya? Salah satu cara yang kami rekomendasikan adalah dengan menghapus navigasi utama.

Karena navigasi utama akan memungkinkan pengunjung berpindah ke link lainnya dan ini beresiko meningkatkan kemungkinan pengunjung meninggalkan halaman sebelum Anda berhasil mengkonversi menjadi pelanggan.

Sederhana bukan?

Landing Page tanpa Navigasi

Pastikan Judul Landing Page dengan CTA Sesuai

Tips berikutnya memastikan judul landing page dengan ajakan untuk bertindak (CTA) sesuai. Jadi jangan sampai ketika pengunjung melakukan klik di tombol CTA dan ternyata isinya berbeda dengan judul yang ia baca sebelumnya, hal itu dapat menyebabkan kebingungan.

Dan pengunjung akan bertanya-tanya, apakah ia mengunjungi landing page yang salah? Hal ini akan menghambat Anda untuk mengkonversi dari pengunjung menjadi prospek yang Anda inginkan, bahkan bisa beresiko kehilangan kepercayaan dari pengunjung.

Jadi pastikan landing page yang Anda buat nanti sesuai antara judul dan CTA.

Jelaskan Solusi dan Manfaat dari Produk atau Layanan dengan Jelas

Landing page yang Anda buat harus menjelaskan solusi dan manfaat dengan singkat dan jelas, cara menjelaskan solusi maupun manfaat bisa dengan paragraf singkat. Caranya bagaimana? Baik, biar lebih mudah kami berikan contoh untuk Anda ya.

Umumnya seseorang akan menjelaskan produknya seperti “Produk XYZ ini memiliki spesifikasi berikut silahkan untuk membelinya”.

Bagaimana jika sedikit diubah menjadi “Cari tahu bagaimana produk XYZ ini bisa meningkatkan produktivitas sampai dengan 50%, tidak percaya? Cek melalui link berikut”.

Kira-kira menurutmu mana yang jauh lebih baik? Pasti cara kedua, karena memang cara kedua lebih bisa menarik perhatian pengunjung website, karena ada penekanan bagaimana produk XYZ tersebut mengatasi masalah, kebutuhan dan minat yang bisa mencuri perhatian audiens.

Tambahkan Testimonial

Landing Page Testimonial

Beberapa orang akan enggan untuk membeli, memberikan informasi mereka jika tidak ada testimonial. Hal ini bisa dimaklumi mengingat ada banyak penipuan di internet, oleh karena itu kami merekomendasikan Anda untuk menambahkan halaman testimonial.

Di WordPress ada banyak plugin otomatis yang bisa menampilkan testimonial pelanggan tentang produk maupun layanan yang Anda tawarkan.

Tambahkan Konten Visual yang Menarik Perhatian

Era sekarang menambahkan konten visual bisa membuat landing page yang Anda buat lebih menonjol dengan halaman website kompetitor. Konten visual yang bisa Anda tambahkan bisa berupa image dengan format GIF bergerak, video atau gambar interaktif lainnya.

Konten visual dapat membantu Anda mendorong pengguna menggali informasi lebih dalam dan berhasil closing sesuai dengan prospek yang Anda targetkan. Kami sudah membuat panduan lengkap cara optimasi konten visual di WordPress, langsung cek aja ya!

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Landing Page?

2 Cara Membuat Landing Page Yang Mudah dan Menarik - 2024

Sekarang saatnya kita membuat landing page dan pastikan terapkan tips cara membuat landing page agar terlihat lebih menarik di atas. Metode pembuatan landing page, kami bagi menjadi 3 cara diantaranya cara membuat landing page tanpa plugin dan menggunakan plugin elementor.

Pembahasan kami mulai dari cara membuat landing page tanpa plugin, jangan sampai di skip ya!

Cara 1: Membuat Landing Page Tanpa Plugin

Cara pertama cocok untuk Anda yang menggunakan tema blok, hanya saja cara ini tidak bisa dilakukan di semua tema WordPress. Karena jika tema yang Anda gunakan bukan berbasis blok, kami sarankan Anda menggunakan bantuan plugin untuk membuat landing page.

Langkah 1: Caranya cukup buat halaman di WordPress dengan klik Page > New Page.

Membuat halaman di WordPress

Langkah 2: Klik Add Title.

2 Cara Membuat Landing Page Yang Mudah dan Menarik - 2024

Langkah 3: Tambahkan blok ke halaman, caranya klik tombol “+” berwarna biru. Sebagai percobaan, kami akan menambahkan elemen Heading.

Elemen Landing Page

Langkah 4: Anda bisa menyesuaikan blok dan mengubah formatnya, misalnya saja Anda bisa menambahkan paragraf, teks dan menerapkan tulisan bold dan miring.

Langkah 5: Jika diperlukan Anda bisa menambahkan kumpulan balok lainnya seperti tombol dan lainnya di kolom tools yang sudah disediakan.

Bloks tools for landing page

Sekarang, Anda sudah berhasil membuat landing page tanpa menggunakan plugin. Jika cara ini masih dinilai rumit, Anda bisa menggunakan bantuan elementor.

Yuk kita cari tahu pembahasannya di bawah ini, jangan sampai di skip ya!

Cara 2: Membuat Landing Page dengan Bantuan Plugin Elementor

Elementor adalah salah satu plugin page builder WordPress yang telah banyak digunakan oleh jutaan pengguna. Jika Anda belum mengetahui apa itu elementor, kami sudah menjelaskan secara singkat di artikel tentang panduan menggunakan elementor.

Sekarang mari kita manfaatkan keunggulan elementor untuk membuat landing page yang menarik perhatian calon pelanggan.

Dalam artikel ini kami hanya akan membuat landing page sederhana, jika Anda mempraktekkan cara ini kami harapkan Anda membuatnya dengan serius dan menerapkan tips membuat landing menarik di atas.

Langkah 1: Login ke WordPress, cari Elementor dan install. Cek panduan cara instal plugin di WordPress, jika Anda lupa cara instal plugin di WordPress.

Langkah 2: Buat halaman baru dengan klik Page > Add New Page.

Membuat halaman di WordPress

Langkah 3: Di halaman yang sudah kita buat, klik Edit With Elementor.

Elementor for Landing Page

Tunggu sampai tampilan seperti di bawah ini muncul.

Halaman Elementor for Landing page

Langkah 4: Kemudian klik tombol “+”, tujuannya untuk memilih kolom yang Anda inginkan tampil di website dan lakukan cara di langkah 4 ini untuk menambahkan kolom lebih dari satu.

Menambahkan Elemen for Landing Page
Menambahkan Elemen di Elementor
Pilih Salah Satu Kolom di Elementor untuk Landing Page
Pilih Salah Satu Kolom di Elementor untuk Landing Page

Langkah 5: Setelah menambahkan kolom, saatnya kita rancang landing page dan pastikan Anda sudah membuat sketsa desain landing page di kertas terlebih dahulu agar tidak kebingungan.

Di langkah 5 ini pertama Anda bisa memasukkan heading, image, Google Maps, Icon, Image Box dan lainnya di kolom yang sudah disediakan.

Menambahkan Basic Elemen Elementor for Landing Page
Menambahkan Basic Elemen Elementor for Landing Page

Dalam demo ini, sebagai contoh kami akan menggunakan Text Editor, Image dan Heading.

Contoh Menambahkan Elemen Elementor for Landing Page
Contoh Menambahkan Elemen Elementor for Landing Page

Langkah 6: Kami akan melakukan pengaturan di Text Editor terlebih dahulu, caranya klik elemen Text Editor dan lakukan settingan di bagian samping.

Pengaturan Elemen for Landing Page

Disana Anda bisa mengubah konten text editor dari mulai huruf, warna dan lainnya.

Langkah 7: Bagian image juga sama dengan text editor tinggal di klik dan lakukan pengaturan di samping, sedangkan untuk memasukkan gambar klik Choose Image dan pilih gambar dari PC Anda.

2 Cara Membuat Landing Page Yang Mudah dan Menarik - 2024

Anda juga bisa mengubah ukuran gambar, letak posisi dan caption.

Langkah 8: Di bagian elemen heading juga sama dengan elemen lainnya, klik dulu elemen heading dan lakukan pengaturan di bagian kiri.

Heading for Cara Membuat Heading

Di bagian kiri juga Anda bisa melakukan settingan HTML Tag, Title, Size dan lainnya.

Selesai, sekarang Anda sudah berhasil membuat landing sederhana.

Buat Landing Page Anda Sendiri!

Itulah panduan cara membuat landing page yang bisa menarik perhatian calon pelanggan, agar landing page buatan Anda bisa menarik perhatian calon pelanggan. Kami sarankan Anda untuk menerapkan semua tips yang kami berikan, jadi tidak hanya mempraktekkan kedua cara membuat landing page di atas.

Tips tambahan, landing page yang baik adalah landing page yang memiliki kecepatan yang baik. Kecepatan yang baik juga dipengaruhi oleh hosting yang Anda gunakan. Kami sarankan untuk menggunakan WordPress hosting yang dilengkapi dengan NVMe SSD drive untuk kecepatan loading lebih cepat.

Selamat mencoba ya!

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments