11 Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting Yang Perlu Diketahui

0
2032

Hendak buat website namun belum menentukan jenis hosting apa yang akan dipilih? Salah satu hosting yang banyak digunakan dan memiliki berbagai kelebihan adalah cloud hosting. Nah, agar semakin yakin untuk memilih jenis hosting satu ini, kamu bisa mengawali langkah dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurang cloud hosting.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan layanan hosting yang tepat sesuai kebutuhan penyimpanan yang akan website kamu perlukan setelah publikasi. Dengan begitu kamu bisa meminimalisir kesalahan dalam memilih hosting

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca tentang kelebihan dan kekurangan cloud hosting melalui artikel ini.

Sekilas tentang Cloud Hosting

apa itu cloud hosting
Teknologi cloud hosting menggunakan beberapa server untuk menyediakan sumber daya. (Sumber: shutterstock)

Sebelum terlalu jauh membahas kelebihan dan kekurangan cloud hosting, apakah kamu sudah tahu apa itu hosting?

Apakah hosting sudah begitu familiar bagi kamu? Atau masih belum tahu apa itu hosting? Hosting merupakan salah satu hal penting bagi berjalannya sebuah situs web. Hosting adalah layanan yang nantinya akan berfungsi untuk sebagai penyimpanan semua jenis konten pada situs web baik berupa teks, gambar, maupun video.

Situs web yang berisi konten dengan ukuran yang tinggi dan akan sering membagikan konten berupa gambar atau video pastinya memerlukan penyimpanan yang lebih besar dibandingkan situs web yang hanya berisi konten teks saja. 

Oleh sebab itu, memilih hosting bukanlah perkara yang mudah. Terlebih ada  beberapa pilihan hosting yang ditawarkan oleh penyedi hosting di Indonesia.

Cari tahu jenis-jenis hosting melalui artikel ini agar bisa membantu kamu memutuskan pilihan hosting yang tepat. Dengan begitu, bisnis online dapat berjalan tanpa masalah penyimpanan atau situs web yang lemot. 

Jika sudah tahu apa itu hosting, lalu bagaimana dengan cloud hosting? Cloud hosting adalah salah satu jenis hosting yang semakin hari kian populer di kalangan webmaster berkat fleksibilitas dan skalabilitas yang ditawarkannya. 

Cloud hosting menggunakan beberapa server agar bisa menyeimbangkan beban server serta memaksimalkan server uptime. Pada teknologi hosting satu ini, beberapa server digabungkan dan akan bekerja layaknya satu server yang utuh. Gabungan server tersebut juga dikenal dengan istilah cloud cluster.

Banyaknya server pada cluster menentukan besaran resources yang bisa dibagikan kepada para pengguna hosting. Saat terjadi masalah pada salah satu server pada cloud cluster, pengguna hosting akan tetap mendapatkan sumber daya dari server lain. Ini tentunya memberikan keuntungan bagi pebisnis karena situs web mereka tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. 

Artinya, mereka tidak akan kehilangan pengunjung situs web yang merupakan calon pelanggan potensial yang mungkin tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan di website tersebut.

Meski terdengar seperti solusi penyimpanan yang tepat, namun tidak semua jenis website cocok menggunakan cloud hosting. Situs web dengan trafik yang rendah tidak memerlukan resources yang terlalu besar.

Jadi, pemilik website cukup menggunakan layanan hosting murah seperti yang Exabytes sediakan. Sebelum memilih layanan hosting, sebaiknya cari tahu dulu kebutuhan akan penyimpanan dari website yang akan kamu jalankan. 

Cara Kerja Cloud Hosting

Sudah tidak sabar untuk segera beli hosting dari penyedia terkemuka di Indonesia? Apabila belum paham betul seperti apa kebutuhan web hosting yang kamu perlukan, sebaiknya jangan tergesa-gesa agar tidak menyesal di kemudian hari.

Sebagai bagian dari web hosting, cloud hosting memiliki cara kerja tersendiri. Hal tersebut juga menjadi salah satu pembeda cloud hosting dengan jenis hosting lain. 

Dalam dunia hosting, ada teknologi virtualisasi yang membagi server fisik menjadi beberapa mesin virtual. Server tersebut umumnya kita kenal sebagai cloud server. Semua server tersebut akan bergabung dan membentuk jaringan untuk menyediakan hosting.

Web hosting pada umumnya menggunakan metode terpusat dengan satu server untuk banyak situs web. Sementara cloud hosting menawarkan infrastruktur dasar.

Selanjutnya, pastikan kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan cloud hosting agar tidak ada keraguan untuk memilih jenis hosting tersebut.

Kelebihan Cloud Hosting

kelebihan dan kekurangan cloud hosting
Cloud hosting hadir sebagai hosting yang kian populer karena alasan fleksibilitas dan stakalabilitas. (Sumber: shutterstock)

Setelah tahu apa itu cloud hosting, seperti kamu tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan cloud hosting. 

Sebagaimana web hosting Indonesia lainnya, jenis hosting berbasis cloud juga menawarkan sejumlah kelebihan.

Biasanya kelebihan dari cloud hosting itulah yang menjadi alasan mengapa semakin banyak orang memilih hosting tersebut. Meski begitu, orang-orang akan lebih cenderung mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan cloud hosting dibandingkan hanya memperhatikan kelebihannya saja.

Berikut adalah beberapa kelebihan cloud hosting secara umum:

Skalabilitas dan Fleksibilitas

Jika mengacu pada pengalamanmu dalam menggunakan cloud hosting, apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh hosting jenis ini? Popularitas cloud hosting ternyata tidak lepas dari skalabilitas dan fleksibilitas yang dinikmati para penggunanya.

Keduanya juga menjadi kelebihan yang bisa pengguna baru rasakan bahkan untuk kali pertama pengalamannya. Saat menggunakan cloud hosting, pengguna hanya membayar sumber daya (resource) yang mereka gunakan. Kebutuhan setiap perusahaan dan bisnis pastinya berbeda-beda. 

Dengan kata lain mereka juga memiliki kebutuhan penggunaan resource hosting yang berbeda. Apabila suatu hari nanti situs web kamu memiliki trafik yang lebih tinggi, kamu perlu sumber daya yang lebih. Tentunya, hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui cloud hosting

Peningkatan kapasitas bisa kamu lakukan kapan saja sesuai kebutuhan. Karena server bersifat cloud, tidak ada kewajiban untuk membeli server fisik dengan resource yang lebih.

Waktu Loading Website Lebih Cepat

Saat menimbang kelebihan dan kekurangan cloud hosting, kamu pasti akan senang dengan kelebihan satu ini. Ya, cloud hosting memberikan waktu loading website yang lebih cepat melalui teknologi yang berfungsi menyeimbangkan beban.

Dengan teknologi tersebut, beban server akan lebih berkurang. Sehingga mampu menghasilkan waktu loading yang cepat jika dibandingkan dengan hosting jenis lain dengan server tunggal.

Lebih Mudah dalam Memulihkan Data

Kelebihan lain dari hosting berbasis cloud adalah kemudahan dalam memulihkan data. Datang hilang adalah risiko yang bisa terjadi pada siapa saja termasuk pemilik bisnis hingga perusahaan besar sekalipun. Data yang hilang dari situs web tentu saja harus segera kamu pulihkan. 

Penyedia cloud hosting umumnya melindungi data para pengguna. Selain menyimpan, mereka juga mencadangkan data pengguna di beberapa lokasi berbeda. Hal tersebut berbeda dengan cadangan data yang disimpan pada komputer dan server fisik. Risiko terbesar yang mungkin terjadi adalah data hilang permanen akibat kesalahan tak terduga.

Singkatnya, apabila kamu ingin mencegah data hilang secara permanen, cloud hosting merupakan pilihan tepat. Apabila terjadi masalah pada server tempat penyimpanan data pusat, kamu bisa mendapatkan data tersebut kembali.

Tidak heran jika cloud hosting memiliki tingkat keamanan yang menjanjikan. Jadi, tidak ada yang perlu kamu khawatirkan, bukan?

Uptime Stabil

Uptime adalah hal yang pemilik situs sukai, sementara downtime adalah hal yang sebisa mungkin selalu mereka hindari. Downtime akan berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan serta penjualan.

Karena cloud hosting menggunakan sumber daya dari beberapa server pada cluster yang tersedia, tidak akan pernah terjadi downtime pada situs yang kamu kelola.

Saat terjadi kegagalan pada satu server, maka permintaan dari klien akan secara otomatis dipindahkan ke server lain berkat teknologi cloud hosting. Itu artinya, uptime pada server akan tetap stabil sehingga kamu bisa mencegah risiko yang tidak diinginkan.

Akses yang Mudah

Bagi kamu yang belum tahu apa saja kelebihan dan kekurangan cloud hosting, kabar baik tentang cloud hosting berupa akses yang mudah semakin menambah daftar kelebihan hosting tersebut. 

Bahkan, hal tersebut menjadi kelebihan utama yang mungkin akan sulit kamu dapatkan dari jenis hosting lainnya. Aplikasi atau data yang dibutuhkan bisa diakses dimana saja dan kapan saja berkat cloud hosting. Jadi, saat memerlukan data tersebut, kamu atau rekan tim tidak harus menunggu menggunakan komputer fisik yang sama secara bergantian.

Efisiensi Biaya

Untuk bisa terus menggunakan layanan hosting, ada sejumlah biaya yang harus pemilik atau pengelola website keluarkan. Meski demikian, cloud hosting menawarkan efisiensi biaya yang menguntungkan. Tidak ada kebutuhan untuk melakukan pengadaan komputer yang umumnya memerlukan waktu dan biaya yang lebih.

Pengguna bisa segera mendapatkan kapasitas yang mereka perlukan hanya dengan melakukan self-provisioning.

Akses Otomatis Ke Teknologi Terbaru

Kebanyakan provider cloud hosting biasanya memfokuskan pada area cloud itu sendiri sehingga menjadi ahlinya, dan ini berarti mereka selalu mengakses ke teknologi yang lebih canggih atau lebih update. Hal ini menjadi sebuah keuntungan karena pengguna bisa menikmati teknologi terbaru secara gratis tanpa tambahan biaya. 

Hadir dengan Layanan Bantuan

Bagaimana jika pada implementasinya kamu mengalami kendala? Kendala tersebut bisa segera diatasi karena cloud hosting menawarkan layanan bantuan. Dimana dukungan pelanggan dari penyedia hosting akan segera mengatasi masalah yang terjadi pada hosting situs web.

Dengan demikian, akan lebih hemat waktu, tenaga, serta biaya. Butuh hosting? Segera hubungi Exabytes sekarang juga!

Sejumlah alasan menggunakan hosting Exabytes ini akan membuat kamu semakin yakin memilih penyedia hosting satu ini.

Kekurangan Cloud Hosting

11 Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting Yang Perlu Diketahui - 2024
Kekurangan cloud hosting bisa diatasi dengan beberapa cara agar tetap memberikan manfaat yang lebih bagi pengguna. (Sumber: pixabay)

Kelebihan pada umumnya tidak bisa berdiri sendiri karena sejatinya tidak ada layanan yang sempurna, termasuk cloud hosting. Jadi, saat memutuskan untuk memilih cloud hosting, pastikan kamu tidak hanya berfokus pada kelebihannya saja melainkan menjadikan kelebihan dan kekurangan cloud hosting sebagai pertimbangan.

Adapun kekurangan dari cloud hosting adalah sebagai berikut:

Lebih Rentan Terhadap Serangan Siber

Data pada cloud hosting memang terlindungi. Sayangnya, hal tersebut juga sejalan dengan rentannya data terhadap serangan siber. Mengapa demikian? Cloud hosting memungkinkan pengguna mengakses hampir semua file website. Hal tersebut tentunya berisiko terkena serangan terlebih jika situs web tidak menyediakan koneksi yang tidak aman.

Kecepatan Internet Menjadi Penentu Seberapa Cepat Server Bekerja

Untuk melengkapi informasi yang kamu perlukan seputar kelebihan dan kekurangan cloud hosting, perhatikan juga kelemahan atau kekurangan satu ini. Karena hosting yang kamu gunakan berbasis cloud, kecepatan server akan sangat bergantung pada seberapa cepat internet.

Perlu Penyesuaian

Saat sebuah bisnis atau perusahaan memutuskan untuk menggunakan cloud hosting, ada regulasi yang harus diperhatikan. Sebaiknya kamu mulai menyiapkan waktu untuk mempelajari hari tersebut agar cloud hosting benar-benar menjadi pilihan hosting yang tepat.

Kesimpulan

Seperti namanya, cloud hosting merupakan jenis hosting berbasis cloud yang memanfaatkan beberapa server pada cluster untuk menyediakan sumber daya (resource). Sejumlah kelebihan dan kekurangan cloud hosting mungkin akan memengaruhi keputusan akhir yang kamu buat. 

Ingin segera menggunakan cloud hosting? Ini saat yang tepat bagi kamu untuk menghubungi penyedia hosting terpercaya yaitu Exabytes.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments