10 Plugin Booking WordPress Terbaik Untuk Website Anda

0
3343

Tidak dapat dipungkiri, era digital dapat membuat berbagai bisnis menjadi peluang besar untuk menjangkau pelanggan dengan lebih mudah. Bisnis sewa-menyewa dan jenis bisnis lainnya yang membutuhkan sistem reservasi misalnya, sekarang tidak hanya bisa mengandalkan telepon tetapi juga website dengan plugin booking WordPress di dalamnya.

Adanya sistem reservasi di dalam website tentu akan memudahkan pemilik bisnis dan calon pelanggan. Proses booking layanan menjadi lebih mudah dan cepat, hanya dengan beberapa sentuhan jari saja. Selain menghemat waktu, sistem reservasi di dalam website juga mengizinkan calon pelanggan untuk mengecek ketersediaan layanan di bisnis Anda.

Nah, kali ini kami akan membahas beberapa rekomendasi plugin booking WordPress terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mendukung bisnis Anda. Apa saja? Mari disimak.

Plugin Booking WordPress Terbaik

Nyatanya, ada banyak sekali plugin booking atau reservasi yang bisa Anda temukan di direktori plugin WordPress. Pada dasarnya, plugin yang ditemukan melalui dashboard WordPress itu gratis, namun beberapa di antaranya ada yang memiliki versi premium atau berbayar. Nah, kami sengaja menghimpun beberapa plugin yang menurut kami bisa memenuhi kebutuhan Anda dengan baik. Berikut adalah beberapa plugin tersebut.

Booking Calendar

booking calendar merupakan salah satu plugin booking wordpress terbaik

Booking Calendar adalah salah satu plugin booking WordPress terbaik yang sudah dirilis sejak tahun 2009 lalu. Plugin ini memiliki fitur-fitur reservasi yang menarik dan sangat berguna. Pengguna dapat melihat ketersediaan dari properti (seperti apartemen, rumah, ruangan hotel, dan sebagainya).

Tidak hanya untuk reservasi penginapan, Booking Calendar juga dapat digunakan untuk layanan profesional Anda agar dapat dipesan oleh pengguna dengan mudah, hanya dalam hitungan menit. Entah itu dengan waktu full day atau slot waktu spesifik. Plugin ini terbilang simpel dan sangat mudah untuk digunakan, namun tetap mumpuni untuk membuat sistem reservasi.

Baca juga: Panduan Cara Beli WordPress Hosting di Exabytes

Hotel Booking Lite

Hotel Booking lite merupakan salah satu plugin booking wordpress terbaik

Memiliki rata-rata rating 4 bintang dan 10.000 pemasangan aktif, Hotel Booking Lite menjadi salah satu plugin booking yang kami rekomendasikan. Ada pun fitur yang disediakan adalah bisa menangani unlimited properties seperti ruangan hotel, juga bisa untuk properti tunggal seperti villa, apartemen dan lain sebagainya.

Selain itu juga ada beberapa fitur lain yang mumpuni seperti dapat memuat detail properti yang terstruktur yang mencakup deskripsi, galeri foto, layanan, jenis tempat tidur dan sebagainya. Ada juga fitur kupon diskon, pajak hingga fitur booking banyak akomodasi dari satu tamu. Sebagaimana namanya, plugin ini sangat cocok untuk bisnis hotel dan penginapan.

Amelia

Amelia merupakan salah satu plugin booking wordpress terbaik

Amelia adalah plugin booking WordPress gratis yang mengizinkan Anda untuk mengatur sistem reservasi otomatis secara penuh di website WordPress Anda. Plugin ini adalah alat yang sangat mudah untuk digunakan perorangan dan bisnis kecil yang menginginkan proses booking online yang stabil.

Amelia yang tersedia di direktori plugin WordPress adalah versi lite dan gratis. Namun jangan khawatir, plugin ini sudah mendukung fungsi dasar dari sistem reservasi online. Amalia juga menyediakan email notifikasi bagi pelanggan dan pemilik bisnis ketika status reservasi berubah. Namun jika ingin mendapatkan fitur yang lebih, Anda bisa upgrade ke versi penuh.

Bookly

Bookly merupakan salah satu plugin booking wordpress terbaik

Mengantongi rating 4 bintang dengan 50.000 lebih pemasangan aktif, Bookly menjadi salah satu plugin booking WordPress terbaik. Plugin ini adalah plugin penjadwalan gratis yang bisa menerima reservasi online di website dan mengotomatisasi sistem reservasi bisnis Anda.

Ada banyak fitur kunci pada Bookly yang bisa Anda coba, di antaranya fast online booking, tampilan yang bisa dikustomisasi, area admin yang komprehensif, daftar pelanggan, formulir booking tidak terbatas dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur SMS dan email sebagai notifikasi.

Webba Booking

Webba Booking merupakan salah satu plugin booking wordpress terbaik

Webba Booking adalah plugin yang cocok untuk reservasi layanan profesional. Area penggunaanya mencakup reservasi spesialis (personal trainer, konsultan, pengacara, kontraktor, dan sebagainya), layanan medis, restoran, aktivitas/event, pendidikan/kursus dan layanan lainnya.

Fitur booking (frontend) dan administrasi (backend) dari plugin ini juga terbilang banyak. Selain itu, terdapat fitur notifikasi email dan pengingat baik untuk pemesan maupun administrator. Untuk mendapatkan fitur premium seperti fitur pembayaran, notifikasi SMS dan lainnya, Anda harus upgrade plugin ke versi Pro.

Simply Schedule Appointments

Simply schedule appointments merupakan salah satu plugin booking wordpress terbaik

Plugin ini termasuk salah satu plugin booking WordPress yang powerful. Simply Schedule Appointments mudah digunakan, fleksibel, dan powerful untuk menghadirkan fitur reservasi online di website Anda. Yang menarik dari plugin ini adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan page builder populer seperti Beaver Builder, Elementor, dan Divi.

WP Simple Booking Calendar

WP Simple Booking Calendar merupakan salah satu plugin booking wordpress terbaik

WP Simple Booking Calendar bisa dibilang sebagai salah satu plugin booking WordPress terbaik lainnya. Rating plugin ini adalah 5 bintang dengan 10.000 lebih pemasangan aktif. Terdapat versi gratis dan versi premium dari plugin ini. Pada versi gratis, pengguna dapat menikmati berbagai fitur yang menarik seperti membuat 1 kalender, menampilkan ketersediaan, dan lain sebagainya.

Appointment Hour Booking

Appointment Hour Booking merupakan salah satu plugin booking wordpress terbaik

Plugin booking satu ini sangat berguna untuk membuat janji dengan waktu yang dapat ditentukan, baik jam mulai hingga durasi. Sangat cocok untuk digunakan pada bisnis seperti layanan medis, personal training, sewa ruangan untuk acara, kelas kursus, dan beberapa jenis layanan dengan waktu yang berbasis waktu. Pengguna bisa mengatur harga sesuai durasi yang disediakan.

Advanced Booking Calendar

Advanced  Booking Calendar merupakan salah satu plugin booking wordpress terbaik

Plugin ini termasuk plugin yang mumpuni untuk mengatur sistem booking dan menaikkan tingkat hunian dari bisnis penginapan Anda. Sistem reservasi dibuat dengan modern agar memudahkan calon pelanggan yang ingin membuat reservasi online. Fitur yang ditawarkan plugin ini juga terbilang lengkap. Frontend dan backend yang responsif, data booking yang tersimpan ke database, notifikasi email hingga kemudahan untuk mengatur harga berdasarkan musim dan tipe ruangan.

Five Star Restaurant Reservations

Five star restaurant  reservations merupakan salah satu plugin booking wordpress terbaik

Terakhir dalam daftar ini, Five Star Restaurant Reservations kami rekomendasikan khusus bagi Anda yang memiliki bisnis restoran. Penggunaan plugin ini akan membuat reservasi online menjadi lebih mudah, baik pada waktu atau nomor meja. Konfirmasi penerimaan atau penolakan juga dapat dikirim dengan cepat melalui email. Versi gratis dari plugin ini sudah cukup mumpuni untuk membuka sistem reservasi online pada restoran Anda.

Kesimpulan

Fitur reservasi online pada website adalah sesuatu yang harus dimiliki di era digital seperti sekarang ini. Jika bisnis Anda membutuhkan sistem reservasi, salah satu dari plugin booking WordPress terbaik diatas layak untuk Anda coba. Semua plugin tadi dapat Anda temukan di direktori plugin WordPress dan gratis, meskipun beberapanya memiliki versi premium atau berbayar. Saran kami, cobalah versi gratis terlebih dahulu, setelah memang dibutuhkan, Anda bisa melakukan upgrade lain waktu. Anda juga bisa melakukan instalasi plugin WordPress diatas dengan menyimak artikel cara install plugin WordPress berikut.

Namun pastikan Anda sudah memiliki situs web untuk menggunakan plugin booking tersebut. Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat membeli layanan hosting WordPress Indonesia di Exabytes. Ketika Anda membeli layanan hosting tersebut, Anda juga akan mendapatkan domain indonesia gratis, sehingga Anda tidak perlu lagi membeli domain untuk identitas online Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments