Plugin WordPress Page Builder Gratis dan Terbaik di 2022

295
Plugin wordpress terbaik
7 min read

Kehadiran page builder terbukti sangat membantu para pembuat website, khususnya yang menggunakan platform WordPress. Melalui fasilitas ini, kamu tidak perlu repot belajar bahasa pemrograman dan pengetahuan rumit lainnya untuk menyesuaikan tema dan postingan website.

Semua pekerjaan dapat kamu selesaikan dengan mudah dan sederhana. Bahkan untuk pemula sekalipun, akan menjadi semakin gampang mengatur tata letak, memasukkan fitur dan kebutuhan lainnya di website. Termasuk juga ketika ingin membuat online shop, even khusus dan sebagainya, semua keperluan fitur dan widget tersedia lengkap dan tidak sedikit yang gratis.

Apa itu Plugin WordPress Page Builder?  

Plugin WordPress Page Builder akan memberi kemudahan untuk membuat website. (Sumber : pxhere.com)
Plugin WordPress Page Builder akan memberi kemudahan untuk membuat website. (Sumber : pxhere.com)

Plugin WordPress Page Builder merupakan plugin yang memberimu bantuan untuk merubah tata letak atau struktur desain di halaman website melalui drag and drop. Jadi cukup menarik atau melepas widget saja. Sehingga kamu juga dapat semakin mudah membuat desain halaman website dengan tampilan unik, menarik dan profesional.

Hemat waktu merupakan salah satu kelebihan utama dari fasilitas ini. Terlebih ketika bicara tentang pengelolaan dan kustomisasi, perangkat ini selalu memberi kemudahan maksimal. Selain itu yang lebih menguntungkan lagi, layanan ini juga menyediakan aneka macam layout untuk semua jenis situs seperti portal berita, toko online, website bisnis dan masih banyak lagi.

Rekomendasi Page Builder Terbaik 2022

Selama ini semakin banyak page builder baru yang bermunculan, sehingga kamu juga memiliki pilihan yang lebih bervariasi untuk membangun website. Akan tetapi apabila ingin mencari yang terbaik dan punya nilai manfaat tinggi, berikut ini ada beberapa rekomendasi.

Elementor

Plugin WordPress Page Builder: Elementor
Elementor adalah page builder paling populer di kalangan web developer.

Elementor merupakan page builder yang sangat populer di kalangan web developer dengan jumlah instalasi mencapai jutaan kali. Versi gratisnya menyediakan lebih dari 40 template dan sekitar 30 widget siap pakai.

Jika ingin membuat rancangan desain halaman penjualan produk, promosi atau form registrasi, Elementor dapat menjadi pilihan utama. Termasuk halaman company profile, landing page dan portofolio. Pelajari panduan menggunakan Elementor agar bisa menggunakan layanan ini secara maksimal. 

SiteOrigin

Plugin WordPress Page Builder: SiteOrigin
Siteorigin cocok untuk membuat konten dengan basis kolom.

Beda dengan Elementor yang sebagian fasilitasnya berbayar, SiteOrigin bersifat gratis semua. Plugin ini sangat bagus untuk membuat konten yang menggunakan basis kolom dengan widget. Tak hanya akurat, tampilannya juga dapat beradaptasi dengan berbagai jenis perangkat mobile.

Secara garis besar widget-nya terdiri dari tiga macam kategori dan masing-masing adalah atribut, layout dan desain. Kamu dapat menggunakan widget atribut untuk mengatur warna latar belakang, padding dan jarak antar kolom.

Beaver Builder

Plugin WordPress Page Builder: Beaver Builder
Beaver Builder bagus untuk membuat susunan dan desain halaman.

Ketika menggunakan Beaver Builder, kamu dapat membuat susunan dan desain halaman secara mudah dengan tampilan yang mengesankan. Melalui plugin ini pula web developer juga bisa melakukan edit front – end menggunakan preview real time, menambah baris, merubah ukuran kolom dan menyusun ulang sesuai kebutuhan.

Bukan itu saja, page builder ini juga menyediakan fitur lain untuk menambah audio, foto, video, HTML, editor teks dan modul dasar atau modul lanjutan lainnya. Selain itu jika ingin membuat halaman eCommerce, Beaver Builder telah siap dengan widget khusus bernama WooCommerce.

Themify Builder

Plugin WordPress Page Builder: Themify Builder
Themify Builder punya banyak sekali modul dan fitur gratis

Page builder terbaik 2022 berikutnya adalah Themify Builder. Dalam versi gratisnya, fasilitas ini menyediakan lebih dari 20 modul. Sama seperti yang lain kamu dapat menggunakan modul tersebut dengan sistem drag and drop secara mudah, baik untuk antarmuka backend maupun mode front-end.

Selain itu juga bisa melakukan impor dan ekspor modul atau tata letak dan copy paste di mana saja kamu membutuhkan. Fitur penting yang tersedia antara lain pengaturan baris dan kolom, styling custom dan editing yang sangat ramah untuk pemula.

Page Builder Sandwich

Plugin WordPress Page Builder: Page Builder Sandwich
Baik WordPress standar atau khusus bisa memakai Page Builder Sandwich.

Sandwich hadir sebagai editor front-end yang sangat menakjubkan. Ada lebih dari 10 desain blok konten yang bisa kamu tambahkan ke dalam kolom. Semua widget WordPress baik yang standar maupun yang khusus mendapat dukungan penuh dari page builder ini.

Salah satu fitur yang tersedia dapat kamu pakai untuk memetakan kode pendek global seperti NextGen Gallery, JetPack dan WooCommerce. Selain itu ada fitur live editor untuk menghasilkan tampilan antarmuka sederhana dan mengedit front-end.

Contact Form by WPForm

Plugin WordPress Page Builder: Contact Form by WPForms
Contact Form by WPForm jadi pilihan terbaik untuk membuat plugin kontak.

Bagi pebisnis yang membutuhkan plugin kontak secara gratis, menggunakan page builder Contact Form by WPForm versi lite merupakan sebuah pilihan tepat. Adanya fasilitas ini bisa memberi kemudahan untuk membuat formulir kontak dalam website WordPress.

Fitur penting yang tersedia antara lain notifikasi instan melalui email, mengunggah file untuk pelanggan dan aneka template bawaan. Misalnya tawaran potongan harga, donasi, integrasi pembayaran dan sebagainya. 

Live Composer

Plugin WordPress Page Builder: Page Builder: Live Composer
Meski gratis, fitur-fitur yang tersedia di Live Composer selalu canggih.

Sama seperti SiteOrigin, semua plugin yang tersedia di Live Composer dapat kamu gunakan tanpa biaya. Kendati demikian fitur-fiturnya sangat canggih dan bisa membantu membuat halaman website dengan desain menakjubkan secara praktis dan singkat.

Salah satu fitur utamanya, editing front-end akan membantu para web developer untuk membuat konten dan editing sekaligus melihat hasilnya secara langsung. Jadi apabila ada kesalahan atau ingin melakukan perubahan, pekerjaan ini bisa selesai lebih cepat dan mudah.

Visual Composer

Plugin WordPress Page Builder: Visual Composer
Selain punya manfaat tinggi Visual Composer mudah dioperasikan.

Baik yang sudah profesional atau masih amatir semua bisa memakai Visual Composer dengan mudah. Page builder ini menyediakan banyak sekali fitur canggih yang sangat mudah bagi kamu untuk mengoperasikan karena tidak perlu bahasa pemrograman dan telah tergantikan oleh teknologi drop and drag.

Kendati jumlah penggunanya belum begitu banyak dan hanya berada dalam kisaran puluhan ribu orang saja, namun banyak yang memberi respon positif. Ini merupakan bukti jika WordPress page builder tersebut memiliki tingkat manfaat dan kemudahan yang tinggi.

Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa page builder yang sering jadi pilihan utama untuk membangun website. Namun sebelum menggunakan, cari informasi cara instal plugin WordPress agar tidak terjadi kesalahan. Selain itu ketahui pula kriteria website user friendly untuk meraih kunjungan yang lebih banyak.

User interface merupakan tampilan visual suatu aplikasi berupa bentuk, tulisan dan warna dengan tampilan menarik. Fungsinya adalah sebagai penghubung antara sistem dan pengguna. Pengetahuan tentang hal ini juga perlu kamu pelajari, karena memiliki manfaat besar terutama bagi pembuat website bisnis.

Selanjutnya untuk menghasilkan tampilan website yang lebih bagus sesuai konsep dan tujuan pembuatan, gunakan template WordPress dengan pilihan yang sangat beragam. Selain itu jangan lupa pula memilih website builder dan WordPress hosting terbaik dan terpercaya sebagai teman kerja.

Akhir kata semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu membangun website dengan hasil maksimal, baik untuk tujuan bisnis atau kegiatan positif lainnya.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments