Wajib Punya! Ini 15 Skill yang Paling Dibutuhkan di 2022

0
3117

Selama dua tahun terakhir perekonomian Indonesia menghadapi masalah besar, imbas dari pandemi covid-19. Kondisi ini berpengaruh besar terhadap dunia kerja dan bisnis, di mana tingkat persaingan makin bertambah ketat. Agar bisa menghadapi masalah ini ada beberapa skill yang dibutuhkan di 2022.

Bahkan ada kemungkinan skill ini tetap menjadi sarana terbaik untuk berkembang dan meraih kesuksesan hingga beberapa tahun mendatang. Baik pelaku bisnis maupun pencari kerja, akan mampu memenangkan persaingan apabila telah menguasai ilmu-ilmu yang berkaitan erat dengan semua skill tersebut.

Ada dua jenis skill yang dibutuhkan di 2022, hard skill dan soft skill (Sumber : pix4free.org)
Ada dua jenis skill yang dibutuhkan di 2022, hard skill dan soft skill (Sumber: pix4free.org)

Secara garis besar, skill yang dibutuhkan di 2022 terdiri dari dua jenis yaitu soft skill dan hard skill. Masing-masing memiliki perbedaan yang cukup signifikan, tetapi tetap sama-sama berperan besar dalam rangka mengembangkan karier kerja dan memajukan bisnis.

Hard Skill Yang Dibutuhkan di 2020

Hard skill adalah suatu keahlian atau keterampilan tertentu yang bisa kamu dapatkan dari pendidikan dan pelatihan. Pada 2022 hingga beberapa tahun mendatang, hard skill bidang teknologi digital akan lebih dibutuhkan. Hal ini seiring dengan kemajuan teknologi tersebut dan terbukti sangat membantu untuk memajukan bisnis.

Literasi Teknis

Pada tahun 2022, hampir setiap jenis pekerjaan punya ketergantungan pada teknologi informasi dan digital. Meski tidak semuanya harus kamu pelajari, namun setidaknya  mengetahui tools apa saja yang punya manfaat tinggi untuk membantu menyelesaikan tugas kerja sehari-hari.

Analisis Data

Apapun bidang pekerjaan atau bisnis yang kamu tekuni, analisis data merupakan skill yang dibutuhkan di 2022. Data adalah salah satu bagian terpenting dalam dunia usaha karena punya peran sebagai dasar utama dalam membuat keputusan. Jadi jangan ragu belajar ilmu ini, apalagi pada tahun mendatang kebutuhan terhadap keahlian ini akan bertambah banyak.

Cloud Computing

Cloud computing punya kapasitas besar untuk menyimpan data. (Sumber : thebluediamondgallery.com)
Cloud computing punya kapasitas besar untuk menyimpan data. (Sumber: thebluediamondgallery.com)

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini telah memunculkan dorongan besar bagi perusahaan untuk memanfaatkan orang yang memiliki keahlian cloud computing. Tujuannya adalah agar bisa memiliki tempat penyimpanan data dengan kapasitas yang lebih besar. Sehingga kebutuhan atas skill ini ikut meningkat.

UX dan UI Design

Kemampuan dalam bidang UX dan UI Design bisa membantu kamu untuk meningkatkan layanan konsumen. Misalnya interaksi dengan pelanggan, penawaran produk dan sebagainya. Dari waktu ke waktu kebutuhan atas keahlian ini terus meningkat karena punya manfaat penting untuk kemajuan bisnis.

Web Development

Agar dapat membuat web bisnis dan shop online dengan kualitas tinggi, maka setiap perusahaan harus bersedia menjalin kerja sama dengan orang-orang yang mempunyai keahlian di bidang web development. Contoh skill yang dibutuhkan di 2022 tersebut antara lain adalah coding, Java, HTML, CSS Framework dan pengetahuan terkait lainnya.

Digital marketing 

Meningkatnya transaksi belanja produk melalui e-commerce telah melahirkan peluang bisnis dan kerja baru bagi kamu untuk menjadi digital marketer. Jika ingin menguasai keahlian ini, pelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan teknik promosi, brand awareness, campaign, social media marketing, “website”, dan email.

Social Media Savvy

Social media savvy bertugas meningkatkan promosi dan branding produk. (Sumber: pixabay.com)
Social media savvy bertugas meningkatkan promosi dan branding produk. (Sumber: pixabay.com)

Saat ini sebagian besar perusahaan bahkan hingga pelaku UMKM selalu butuh Social Media Officer, yakni orang yang punya keahlian khusus dalam bidang media sosial. Tugas utama mereka yaitu meningkatkan promosi dan branding produk. Berdasarkan perkembangan inilah social media savvy menjadi skill yang dibutuhkan di 2022.  

Multimedia

Jenis konten paling populer pada masa sekarang adalah konten video Banyak pelaku usaha yang membutuhkan konten ini. Oleh karena itu tidak mengherankan jika profesi videographer, video editor, dan design graphic menjelma jadi skill yang dibutuhkan di 2022. Banyak perusahaan yang tertarik kerja sama dengan orang yang punya keahlian tersebut.

Content Writer, Copywriter dan UX Writer

Bukan hanya multimedia, content writer, copywriter dan UX writer juga menjadi skill yang dibutuhkan di 2022 hingga beberapa tahun ke depan. Dalam pandangan umum, ketiga keahlian tersebut punya tugas yang sama yaitu membuat konten tulisan. Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan antara content writer, copywriter dan UX writer yang juga patut kamu ketahui.

Keahlian SEO (Search Engine Optimization)

SEO Specialist punya peran untuk meningkatkan kunjungan website dan toko online. (Sumber: maxpixel.net)
SEO Specialist punya peran untuk meningkatkan kunjungan website dan toko online. (Sumber: maxpixel.net)

Di dunia bisnis, banyaknya traffic website dan toko online mempunyai pengaruh besar terhadap transaksi penjualan. Agar dapat mencapai tujuan ini, pemilik usaha perlu mengandalkan seseorang yang memiliki skill dalam bidang SEO. Tujuannya agar semua konten yang terunggah di website dan media sosial bisa terindeks oleh mesin pencarian data terutama Google.

Cyber Security

Seirama kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat, makin banyak bermunculan kasus-kasus kejahatan digital. Mulai dari pencurian data, serangan malware, phising, social engineering, ransomware dan masih banyak lagi. Di sinilah orang yang punya keahlian di bidang cyber security akan berperan sebagai penangkal kejahatan tersebut.

Soft skill yang dibutuhkan di 2022

Soft skill bisa kamu miliki melalui pengembangan kepribadian dan karakter. (Sumber: commons.wikimedia.org)
Soft skill bisa kamu miliki melalui pengembangan kepribadian dan karakter. (Sumber: commons.wikimedia.org)

Soft skill merupakan kemampuan yang dapat kamu miliki melalui pengembangan kepribadian dan karakter. Meski penguasaan atas skill ini butuh waktu lama, tapi jika sudah menjadi kebiasaan akan terbentuk dengan sendirinya.

Inovasi memecahkan masalah

Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu soft skill yang dibutuhkan di 2022. Perusahaan sangat menyukai karyawan yang bisa memberi solusi jitu untuk memecahkan masalah, berani membuat keputusan dan menghadapi tantangan. Sifat ini juga perlu kamu miliki jika ingin menjadi pebisnis.

Resolusi konflik 

Entah skala besar atau kecil setiap perusahaan pasti selalu punya konflik, baik antar karyawan dan tim kerja. Apabila kamu ingin menjadi karyawan atau pebisnis sukses, temukan solusi paling strategis dan efektif agar masalah tersebut dapat selesai dengan baik tanpa menyalahkan orang lain.

Kecerdasan emosi

Emotional Quotients (EQ) atau kecerdasan emosi juga menjadi skill yang dibutuhkan di 2022. Melalui kecerdasan emosi yang tinggi kamu jadi lebih mudah menjaga emosi. Misalnya tidak cepat tersinggung atau marah ketika mendapat teguran atau kritik dari orang lain. Selain itu juga mampu memberi pengaruh positif pada tim kerja.

Kemampuan adaptasi

Setiap pelaku usaha dan karyawan harus mempunyai kemampuan adaptasi, khususnya terhadap berbagai macam kondisi dan perubahan. Kamu harus punya motivasi tinggi dan tidak boleh putus asa saat menghadapi tantangan berat. Makin mudah melakukan adaptasi, akan lebih mudah pula melangkah maju dalam menggapai keberhasilan.

Kesimpulan

Itulah ulasan lengkap beberapa skill yang dibutuhkan di 2022 dan sangat bagus untuk mengembangkan karier kerja dan bisnis. Selanjutnya bila mau lebih berhasil lagi, harus selalu siap menjalankan personal branding dalam setiap kesempatan.

Selain itu jangan lupa beli hosting dan web hosting Indonesia terbaik dan terpercaya. Sehingga cita-cita untuk mencapai keberhasilan bisa terwujud secara nyata. 

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments