10 Rekomendasi Template Web Portofolio Gratis

1100
Template Web Portofolio Gratis
12 min read

Membuat portofolio (atau yang sering dibilang portfolio) sudah menjadi hal yang diharuskan untuk kamu yang sedang bekerja di bidang kreatif. Mau itu, photography, writing, web designer, artistic designer ataupun sosok agency, portofolio sangat penting karena itulah yang dilihat oleh audiens kamu jika mereka sedang mencari-cari tentang kamu. 

Tapi, apakah kamu sekarang sudah mempunyai portofolio offline dan masih bingung gimana caranya membikin web portofolio? Bagaimana caranya membuat web portofolio kamu terlihat estetik dan rapi? Jika kamu masih bingung, yuk lihat 10 rekomendasi template web portofolio gratis dari Exabytes dibawah sini!

Tapi, sebelum melihat template website, berikut adalh pengertian dibalik portofolio serta kepentingannya 

Apa Itu Portofolio 

Portofolio adalah koleksi dari berbagai macam sampel kerjaan kamu yang bisa menunjukkan kapabilitas, prestasi, serta skill yang kamu miliki.

Template Web Portofolio Gratis

Contoh portofolio bisa dibilang seperti; seorang penulis bakal menyusun kompilasi best artikel/tulisan mereka; web designers bakal menyusun sampel desain dari website terbagus mereka; sosok guru akan menyatukan kumpulan kerjaan muridnya serta lesson plan paling terbaik yang pernah dibikin. 

Biasanya, portofolio sangat dibutuhkan untuk kamu yang ingin bekerja dalam bidang kreatif seperti; web design, graphic design, advertising, photography, videography serta writing. Hal tersebut dikarenakan, portofolio kamu akan menunjukkan scope dan kualitas dari experience serta training yang pernah kamu alami. 

Web Portofolio 

Pada dasarnya, portofolio biasanya disatukan dan dipresentasikan hanya dalam bentuk PDF, slides presentasi biasa, ataupun juga bisa menggunakan tulis tangan. Tapi, di era digital sekarang, banyak sekali perusahaan yang sudah mulai mencari portofolio yang bisa diakses lewat internet.

Jadi, web portofolio adalah portofolio kamu yang kamu upload di internet. Sehingga, karya kamu bisa diakses melewati internet dan dari website dan hal itu membuat semua nya lebih simpel dan gampang. 

Untuk mempunyai web portofolio atau mengupload portofolio kamu online, kamu tentunya bisa menggunakan third-party sites apapun yang bisa membangun portofolio website kamu seperti Bootstrap, Blogger, ataupun WordPress.

Namun, jika kamu ingin portofolio website kamu lebih aman, kamu bisa menggunakan WordPress dan menggunakan template gratis yang bisa ungguh untuk digunakan pas di website kamu. Namun, jika kamu masih bingung gimana caranya untuk membuat WordPress atau Website untuk portofolio kamu, kamu bisa banget cek layanan website hosting Exabytes karena disitu menyediakan banyak sekali opsi untuk hosting website kamu.

Pentingnya Menyiapkan Web Portofolio 

Karena sudah mengenal apa itu portofolio, sekarang saatnya kamu langsung buat website portofolio kamu. Kalau kamu masih kebingungan kenapa kamu harus membuat website tersebut, inilah beberapa alasan pentingnya menyiapkan web portofolio yang bisa kamu pertimbangkan: 

Profesionalisme 

Mempunyai web portofolio bisa mempresentasikan profesionalisme dan dedikasi kamu kepada bidang yang kamu ingin kembangkan. Dan karena portofolio bisa menunjukkan karyamu dengan jelas, portofolio tentunya lebih jelas dari pada hanya CV. Hal tersebut kamu tidak hanya nge list, tapi kamu bener-bener menunjukkan karya kamu dengan foto dan penjelasan. 

Mencakup Audiens Yang Besar

Dengan portofolio online kamu bisa mencakup audiens yang lebih besar dan juga bisa searchable untuk potential clients. Web portofolio menggampangkan para employers dalam bidang kamu untuk menemukanmu disaat mereka sedang mencari pekerjaan dan lagi membuka lowongan. 

Membanngun Reputasi dan branding 

Web portofolio bisa membangun reputasi dan branding kamu. Dengan mempunyai web portofolio, kamu bisa membangun branding diri kamu sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan dan karena kamu mempunyai website untuk itu, kamu bisa mengalahkan kompetitor kamu yang mungkin hanya memiliki portofolio dalam bentuk offline. 

Membangun Web-Space

Portofolio yang kamu unggah di website kamu menjadi salah satu web-space kamu dimana kamu bisa menentukan segala macam hal, dari design sampai konten nya. Jadi, dengan web portofolio, kamu bisa membuat portofolio kamu lebih unik dan kreatif daripada yang lain. Mempunyai web portofolio dapat membuat kamu untuk mempunyai portofolio yang berbeda dari yang lain. 

Karena kamu telah mengetahui kepentingan nya, pasti kamu ingin membuat portofoliomu sekarang kan? Jika kamu ingin membuat atau sedang memikirkan untuk membuat tapi bingung untuk bagaimana desainnya. Yuk, liat dibawah beberapa rekomendasi template yang gratis yang bisa kamu pakai untuk web portofolio kamu! 

Iniliah 10 Rekomendasi Template Web Portofolio Gratis!

Jika sekarang kamu sudah mengetahui arti dan pentingnya portofolio, berikut adalah rekomendasi template web portofolio gratis dari Exabytes yang bisa kamu coba: 

Pinbin 

pinbin

Pinbin ini memiliki desain yang sangat clean, minimalis dan rapi. Sangat cocok untuk kamu yang sedang menjadi graphic designer, web designer, fotografer, atau siapapun yang ingin mementingkan penampilan foto dari artwork kamu. 

Dalam segi desain, Pinbin ini menawarkan desain yang sangat minimalis dari dalam maupun luar. Karena tema template mengikuti template sosial media terkenal “Pinterest”, Pinbin tidak mencantumkan detil-detill yang tidak penting, sehingga hanya berfokus kepada gambar. Selain itu, template Pinbin ini juga sangat responsive karena bisa beradaptasi ke segala device mau itu laptop ataupun handphone kamu dengan resolusi yang maksimal. 

Template Pinbin ini memiliki kode koding yang sangat minimal dan karena itu dia sangat cepat dan simpel. Selain itu, kamu bisa memakai logo tersendiri  di dalam template ini. Juga, karena template website ini sangat berfokus kepada “images”, dia memaksimalkan fitur “featured images” yang bisa didapatkan melalui WordPress website. 

Verticard

verticard

Verticard ini cocok banget buat kamu yang ingin membuat portofolio yang artistik namun tidak berlebihan. Cukup gampang dan estetik. Selain itu, verticard ini memiliki colour scheme yang tidak bervariasi, namun enak untuk dilihat. 

Karena Verticard mempunyai fitur “gallery” yang berisi dengan 3 kolom dan 2 rows, sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin menunjukkan kemampuan fotografi kamu! Kemudian, foto-foto yang dipajang di gallery init memiliki efek hover dan pop-up larger images jadi dapat memudahkan audiens untuk melihat karya kamu. Oleh karena itu, verticard ini bisa dibilang sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani karir sebagai photographer.

Stylish Portfolio 

Stylish Portfolio

Stylish portfolio ini adalah salah satu template yang memiliki tema off canvas navigation dan smooth scrolling dari satu section konten ke yang lain. Oleh karena itu, stylish portfolio ini bisa dibilang memiliki desain featuring yang sudah sangat terupdate karena memiliki two custom button styles. Setelah itu, stylish portfolio ini juga memiliki 100% height untuk bagian header dan ada full background image serta centered content yang vertikal. 

Kemudian, template ini memiliki call to action section yang bisa mengarahkan ke portfolio image grid, yaitu; bagian dimana kamu bisa taro artwork kamu. Yang lebih keren nya lagi, template ini memiliki fitur Google Maps yang berada di footer untuk menunjukkan alamat kamu dan juga di footer tersebut menawarkan fitur social icons yang bisa mengarahkan ke sosial media kamu dengan cepat. Jadi, cocok untuk kamu yang ingin mempunyai web portofolio yang bisa mudah untuk dikontak. 

Photosen

10 rekomendasi template web portofolio gratis

Photosen adalah template yang menawarkan desain minimal untuk website portofolio fotografi kamu. Karena warna nya yang berbeda dengan yang lain, yaitu memiliki colour scheme Black & White, Photosen ini pantas sekali untuk kamu yang ingin membuat portofolio website yang lebih unik dan tidak mainstream. Selain itu, Photosen ini memiliki layout yang sangat kreatif, sehingga akan menarik perhatian audiens kamu dengan sekejap. 

Photosen ini tentunya sangat responsive, memiliki kerangka yang baik, dan sangat cocok untuk semua device dan web browser. Selain itu, Photosen memiliki fitur-fitur yang sangat berguna, seperti; grid header, multi level drop down menu, hover effect, galeri foto yang bisa di slide show, service card, dan yang lain-lain nya. Jadi Photosen ini sangat gampang untuk dipakai dan pas banget buat kamu yang ingin membuat portofolio yang stylish tapi gak mau ribet!

Uncommon 

uncommon

Uncommon adalah web portofolio template yang sangat modern, responsif, dan dinamis. Sehingga, cocok untuk berbagai macam bidang karir kreatif. Kemudian, Uncommon memiliki struktur yang sangat simple namun bisa kamu tambahkan sentuhan kamu sendiri untuk menambah dinamika nya. Lalu, Uncommon juga menawarkan animasi yang sangat lembut, sehingga kamu bisa menggunakannya disaat sedang menggunakan template tersebut. Animasi tersebut dapat membuat website kamu lebih kerasa interaktif dan alive

Dikarenakan template ini dibuat dengan global swatches, kau bisa mengganti tema warna hanya dengan beberapa klik dan menyesuaikannya dengan kemauan kamu sendiri. Tidak hanya itu, kamu juga bisa custom template dan elemen-elemen nya seperti buttons dan bentuk paragraf nya nya dengan gampang. Jadi, website kamu bisa lebih terasa seperti kamu yang buat sendiri. Oleh karena itu, Uncommon ini sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin membangun web portofolio yang  namun ingin mempunyai base framework nya. 

Iportfolio 

rekomendasi template

Iportfolio ini adalah portofolio template dengan framework yang terlihat sangat sleek. Karena desain nya yang sangat netral, template iPortfolio ini memiliki banyak kegunaan karena bisa dipakai untuk portofolio minimal, para freelancer, graphic designers, illustrator, fotografer, dan masih banyak lagi.

iPortfolio ini memiliki sidebar function yang bisa mengalihkan ke page yang menampilkan karya, biografi, serta resume kamu di dalam website kamu. Jadi, sangat gampang buat audiens kamu untuk mencari informasi tentang karir kamu. Juga, semua file kamu yang berada di iPortfolio sudah terorganisasi dan dokumentasikan dengan rapi dan kamu juga bisa mengubah template nya ke yang kamu mau dengan gampang. Tidak hanya itu, tentunya iPortfolio ini sangat responsif dan bisa mengasih user experience yang sangat berkesan. 

Hatch

Hatch template

Hatch merupakan tema WordPress yang sangat terlihat sangat ekspresif dan inventif karena fokusnya terhadap foto, jadi cocok banget buat kamu yang ingin template dengan minim kata dan lebih fokus terhadap foto! Kemudian, Hatch ini memang dibuat untuk bisa dioptimalkan untuk mobile browsing, jadi Hatch memiliki layout yang responsif karena bisa mendeteksi secara otomatis jika audiens kamu sedang melihat melewati mobile device atau laptop. 

Juga, Hatch dibuat dengan Hybrid Core framework jadi kamu bisa sesuaikan tema nya dengan kemauan kamu sendiri. Tema Hatch yang sudah dibuat dari awal dibuat untuk bisa mengoptimalkan penggunaan fitur-fitur WordPress untuk gambar dan pengaturan galeri. Tetapi, tema ini masih belum menggunakan plugin, jadi harus kamu yang menambahkan plugin untuk website kamu sendiri.

MyPortfolio 

Portofolio template

MyPortfolio ini adalah template dengan desain lightweight dan clean, jadinya sangat sempurna buat kamu yang ingin membuat portofolio yang terlihat elegan. Walaupun MyPortfolio memiliki desain yang sangat simpel, template ini mempunyai kualitas tinggi karena memiliki berbagai fitur yang bisa kamu gunakan dan optimalkan. Contohnya, dengan adanya fitur alternative pages audiens kamu bisa memilih bagian yang dia ingin kunjungi dengan cepat dan tidak usah harus nge-scroll kebawah. Tidak hanya itu, MyPortfolio juga menawarkan fitur seperti; categorized portofolio, testimonials slider, dan form kontak. 

Myportoflio dibuat untuk segala macam kebutuhan, dari kamu yang cuman ingin sebagai personal, atau kamu yang sedang menjadi freelancer, ataupun sebagai agency. Jadi, MyPortfolio bisa menjadi template yang menonjolkan karya-karya kamu sesungguhnya, sehingga dapat menarik opportunity yang lebih luas.

Create

Template web Gratis

Create ini merupakan salah satu free one page parallax website template yang bisa dipakai oleh berbagai macam creatives yang ingin ngebangun online portofolio. Dengan desain yang sangat keren dan perfek dicampur dengan fitur-fitur yang termasuk, template ini bisa membantu ngebangun web portofolio kamu dari awal dan menghasilkan outcome yang sangat sophisticated

Beberapa kelebihan dari Create ini adalah; typewriter effects, sticky navigation, on scroll content loading, testimonials, social media icons dan contact form. Bukan hanya itu, Create juga memiliki bagian blog yang bisa kamu gunakan untuk content marketing, sehingga menarik lebih banyak client dan audiens. Jadi, create ini sangat berguna untuk kamu yang memang sangat ingin nge-market portofolio kamu. 

PersonalPortfolio

personal portofolio

PersonalPortfolio Ini adalah template yang memiliki desain profesional namun tetap kreatif. Jadi, jika kamu ingin membangun presensi online yang terlihat canggih, PersonalPortfolio sangat tepat buat kamu! PersonalPortfolio bisa membantu kamu menaikkan dan menonjolkan potensi kamu kepada audiens kamu. Juga, karena kamu memiliki kebebasan untuk memakai template nya dan mengubah nya untuk masuk dengan style kamu, kamu bisa dengan gampang memiliki web portofolio dengan signature diri kamu sendiri. 

Dari berbagai banyak fitur, kamu mendapatkan hover effect, filterable portofolio, working contact for, testimonial dan masih banyak elemen lain nya. Kamu juga bisa menemukan bagian blog yang bisa kamu gunakan untuk menjelaskan project presentation kamu ataupun buat content marketing. Dengan demikian, PersonalPortfolio sangat cocok untuk membangun web portofolio pertama kamu!

Kesimpulan 

Dari 10 rekomendasi tersebut, kamu memiliki kebebasan untuk memilih yang mana saja. Yang penting, kamu pilih template web portofolio yang sesuai dengan kemauan dan kebutuhan kamu.

Misalnya, jika kamu seorang photographer, lebih baik kamu pilih opsi yang hatch karena dapat memamerkan hasil dari kamera kamu. Namun, jika kamu seorang content writer dan lebih ingin menonjolkan project-project atau tulisan kamu, lebih baik kamu pilih opsi PersonalPortfolio agar terlihat profesional. 

Karena kamu sudah tau penting nya web portofolio dan sudah diberikan rekomendasi template web portofolio gratis, tunggu apa lagi? Yuk langsung aja buat web portofolio kamu sekarang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak