5 Plugin Keamanan dan Firewall WordPress Terbaik

169
12 min read

Hi, Exabytes Friends! Pasti kebanyakan dari kamu saat ini menggunakan WordPress bukan? WordPress memang jadi platform terbaik untuk blogging atau website.

Dengan WordPress yang kini menjadi Content Management System untuk nyaris 40% website di internet, tentunya WordPress menawarkan fitur-fitur yang maksimal sehingga kerap menjadi pilihan. Salah satunya ialah fitur keamanan.

WordPress pada dasarnya sudah mempunyai keamanan yang mumpuni, namun WordPress tetap memberikan akses kepada penggunanya jika ingin mengaplikasikan keamanan yang lebih ketat dan berlapis. Yaitu dengan menggunakan plugin keaDi aplugin keamanan dan firewall WordPress.

Saat ini sudah terdapat 58.612 plugin WordPress yang disediakan oleh WordPress dan diantaranya banyak sekali pilihan plugin keamanan WordPress. 

Untuk beberapa pengguna paket tertentu WordPress Hosted atau WordPress.com bisa menggunakannya meski tetap dibatasi jumlahnya oleh WordPress. Sedangkan pengguna WordPress.org atau WordPress Self-hosted. bisa menggunakan semuanya ditambah mereka bisa menginstallnya dari luar WordPress. 

Jika kamu tidak ingin terbatas pada pilihan untuk menggunakan plugin keamanan WordPress maka kamu bisa menggunakan WordPress.org dan kemudian memilih WordPress hosting terbaik serta membeli domain.

Sekilas Tentang Plugin WordPress

Untuk kamu pemula WordPress, mimin akan beritahukan terlebih dahulu secara singkat soal plugin.

Plugin ialah bagian dari software yang berisikan sekelompok fungsi yang dapat dipasang ke situs contohnya seperti WordPress guna memperluas fungsionalitas atau menambahkan fitur baru ke situs WordPress. Contohnya seperti contact form, shopping cart jika WordPress digunakan untuk bisnis online, keamanan WordPress, mengoptimasi SEO pada kontenmu dan masih banyak lagi.

Kamu bisa install/uninstall plugin WordPress dari halaman admin kamu. Tetapi dapat juga diunduh manual dengan menggunakan FTP client.

Sebagian besar plugin WordPress ada yang gratis tetapi ada yang kurang dari sisi technical support. Maka perlu banget, nih, buat Exabytes Friends betul-betul mempertimbangkan plugin WordPress apa yang tepat untuk kamu install di WordPress kamu.

Sebelum memilih plugin WordPress baiknya kamu evaluasi dulu plugin pilihan kamu dengan 3 pertanyaan utama ini.

  • Apakah plugin kompatibel dengan versi terbaru WordPress?
  • Berapa rating yang diberikan oleh orang yang pernah menggunakannya?
  • Apakah orang-orang mendapatkan jawaban atas pertanyaan ketika mengalami kendala?

Jika kesemuanya All Good, fitur-fiturnya sesuai dengan yang kamu butuhkan, baru deh install plugin WordPress dan jangan lupa diaktifkan. 

Plugin Keamanan dan Firewall WordPress

Tadi kamu sudah mengetahui bahwa plugin WordPress bertujuan untuk menambahkan fitur ke situs WordPress. Banyak plugin yang populer dan menjadi keseharusan untuk digunakan di situs WordPress seperti plugin backup WordPress, plugin anti spam WordPress, hingga plugin keamanan WordPress.

Kesemuanya sangatlah penting demi website WordPress kamu berjalan dengan maksimal, Plugin yang kali ini mimin akan bahas ialah plugin keamanan terbaik WordPress.

Keamanan pada website WordPress.

Keamanan tentunya menjadi salah satu yang kamu inginkan dong di situs WordPress kamu. Apalagi mengetahui bahwa banyak situs berbahaya di luar sana yang dapat menyebarkan virus atau diretas oleh hacker. Melansir dari WPBeginner, Google memblacklist +10.000 website setiap harinya untuk kasus malware dan memblakclist +10.000 untuk kasus phising setiap minggu.

Nah, dengan menginstall plugin keamanan terbaik WordPress, website kamu bisa terlindungi dari berbagai resiko terserang virus atau diretas. Plugin keamanan juga dapat melindungi dari serangan brute force.

Tidak hanya plugin keamanan WordPress kamu juga perlu menginstall plugin firewall WordPress di websitemu. Fungsi keduanya secara utama tentu saja melindungi WordPress.

Ilustrasi bagaimana firewall bekerja.

Firewall utamanya adalah sebuah sistem keamanan jaringan yang dengan memonitor traffic masuk dan keluar berdasarkan aturan. Firewall yang menjadi dinding batas antara jaringan terpercaya dan yang tidak, dapat mengidentifikasi dan memblok jika terdapat ancaman ke WordPress.

Ada dua jenis plugin firewall WordPress yang umumnya tersedia.

DNS Level Website Firewall – Firewall ini merutekan traffic website kamu melalui server proxy cloud mereka. Ini memungkinkan mereka untuk hanya mengirim lalu lintas asli ke server web kamu.

Application Level Firewall – Plugin firewall ini memeriksa traffic setelah mencapai server kamu tetapi sebelum memuat sebagian besar skrip WordPress. Metode ini tidak seefisien firewall level DNS dalam mengurangi beban server.

Dengan DNS Level Website Firewall, firewall dapat mengidentifikasi traffic asli dari website kamu vs bad request. Mereka melakukannya dengan melacak ribuan situs web, membandingkan tren, mencari botnets, IP buruk yang tidak diketahui dan memblokir traffic ke halaman yang berbahaya yang kamu tidak inginkan pengunjung website melihatnya.

Baca Juga  5 Plugin WooCommerce Terbaik Agar Toko Online Kamu Makin Laris

Lalu apakah kita jadi menginstall dua plugin keamanan WordPress yang berbeda? Tentu tidak. Kini kebanyakan pada plugin keamanan WordPress telah termasuk plugin firewall WordPress di dalamnya. Untuk keamanan yang lebih terjamin, plugin keamanan WordPress turut menggunakan sistem keamanan firewall.

Pentingnya Pasang Plugin Keamanan WordPress

Memasang plugin keamanan terbaik WordPress umumnya adalah suatu keseharusan pemilik website WordPress untuk membangun keamanan website yang baik. Karena kalau sampai tidak banyak resiko-resiko yang akan kamu hadapi kedepannya.

Dengan memasang plugin keamanan terbaik WordPress maka kamu bisa menghindari resiko ini pada WordPress kamu.

WordPress Tidak Mudah Diretas

Ancaman besar yang tidak diinginkan pemilik website tentu saja diretas oleh hacker yang menggunakannya untuk kepentingan pribadi mereka. Jika menggunakan plugin keamanan WordPress, hacker tidak akan semudah itu menemukan cara masuk ke website mu seperti username atau password dan membobol kedalamnya.

Hacker yang sedang membobol situs web.

Jangan sampai kamu harus membayar sejumlah uang tebusan ke para hacker untuk mendapatkan kembali website kamu yang telah diretas.

Terhindar Dari Virus Malware

Yup, selain para hacker yang kamu tidak inginkan menyerang websitemu adalah virus malware. Virus malware ini adalah virus yang disebarkan oleh software yang memang sengaja dibuat untuk merusak perangkat, mencuri data atau menyebabkan chaos.

Virus malware pada website.

Tentu kamu tidak ingin dong website WordPress kamu rusak atau data yang ada di dalam WordPress kamu dicuri orang.

Menjaga Reputasi Website Kamu

Situs WordPress yang sekalinya pernah diretas dapat menyebabkan kerusakan serius pada pendapatan dan reputasi bisnis kamu. Peretas dapat mencuri informasi pengguna, sandi, menginstal perangkat lunak berbahaya, dan bahkan mendistribusikan malware ke orang yang mengunjungi website kamu. 

Kamu tentu tidak ingin, website bisnis online atau website kamu yang telah kamu bangun reputasi dengan merogoh kocek untuk memaksimalkan jadi punya reputasi jelek di pengguna internet karena telah merugikan mereka. Kalau sudah begitu, kamu bisa kehilangan kepercayaan bahkan sumber penghasilan dari pelanggan juga lenyap.

Plugin Keamanan dan Firewall WordPress Terbaik

Untuk memberikan keamanan pada WordPress selain melakukan 3 hal utama: pastikan WordPress selalu update, menggunakan kata sandi yang kuat dan memperketat akses masuk ke WordPress kamu, serta menggunakan WordPress hosting terpercaya maka saatnya kamu menginstall plugin keamanan dan firewall WordPress terbaik.

Ada 5 plugin keamanan dan firewall WordPress terbaik yang akan mimin bahas kali ini.

Sucuri

Plugin keamanan WordPress Sucuri.

Sucuri adalah perusahaan keamanan situs web yang populer untuk WordPress. Mereka menawarkan firewall tingkat DNS, intrusi dan pencegahan brute force, serta layanan penghapusan malware. 

Semua traffic website WordPress kamu melewati server cloudproxy mereka yang di mana setiap permintaan akan dipindai. Traffic yang resmi akan diizinkan untuk lewat, dan semua permintaan jahat diblokir.

Sucuri juga dapat meningkatkan kinerja website kamu dengan mengurangi beban server melalui pengoptimalan cache, akselerasi situs web, dan Anycast CDN (semua termasuk). Ini melindungi situs web kamu dari Injeksi SQL, XSS, RCE, RFU, dan semua serangan yang diketahui.

Kelebihan unik lainnya dari plugin keamanan dan firewall WordPress Sucuri ialah memiliki kemampuan untuk mengatur ulang Secret Key dan Password. Jadi, ketika website WordPress kamu dihack maupun saat terinfeksi oleh Malware, kamu bisa dibantu untuk mendapatkannya kembali dengan Sucuri.

Maka dari itu, hingga kini Sucuri telah diunduh sebanyak lebih dari 800.000 kali oleh pengguna. 

Sucuri menawarkan fitur-fitur ini pada plugin keamanan WordPress baik yang gratis untuk pengguna WordPress.org atau WordPress Self-hosted maupun yang premium. Di antaranya:

  • Security Activity Auditing
  • File Integrity Monitoring
  • Remote Malware Scanning
  • Website Blocklist Monitoring
  • Effective Security Hardening
  • Post-Hack Security Actions
  • Security Notifications
  • Website Firewall (untuk Premium Version)

Wordfence

Plugin keamanan WordPress Wordfence.

Plugin keamanan dan firewall WordPress yang selanjutnya dibahas ialah Wordfence. Wordfence menawarkan versi gratis dan juga premium. 

Dengan versi gratis Wordfence turut dilengkapi pemindai malware yang kuat, deteksi eksploitasi, dan fitur yang bisa mengidentifikasi ancaman dan menuntun kita untuk memperbaikinya. Dan pada versi premium kamu dapat mempunyai fitur penghapusan virus malware dan real-time blocking IP mencurigakan.

Wordfence memiliki fitur pemindaian malware yang kuat karena mempunyai database 44.000 jenis malware. Wordfence juga melindungi websitemu dari serangan DDoS dan serangan brute force.

Plugin keamanan Wordfence ketika dipasang di website kamu akan secara umum mencari ancaman-ancaman tetapi kamu juga bisa sewaktu-waktu melakukan pemindaian terhadap virus dan akan diberitahu langsung jika menemukan tanda-tanda ancaman serta dituntun dengan instruksi lengkap untuk memperbaikinya.

Hingga kini, Wordfence telah diunduh sebanyak 3 juta kali. Ini adalah jumlah unduh terbanyak untuk plugin keamanan WordPress saat ini.

Baca Juga  Ini Dia 9 Rekomendasi Plugin Migrasi WordPress Yang Patut Dipakai!

Tidak lupa, Wordfence juga dilengkapi dengan firewall WordPress bawaan. Namun, firewall hanya berada pada Application Level Firewall dan tidak seefektif DNS Level Website Firewall.

iThemes Security

Plugin keamanan WordPress iThemes.

iThemes Security dahulu dikenal dengan nama Better WP security. iThemes Security termasuk plugin keamanan dan firewall WordPress populer dengan memiliki jumlah unduhan sebanyak 1 juta kali. Plugin keamanan iThemes Security terdapat yang versi gratis dan juga berbayar atau dikenal dengan iThemes Security Pro. 

Dengan plugin keamanan WordPress iThemes kamu bisa memeriksa file secara integritas, pengetatan pada keamanan, membatasi upaya login, penegakan kata sandi yang kuat, mendeteksi 404 dan perlindungan brute force.

Fitur-fitur lainnya dari iThemes dapat menggenerate password yang kuat untukmu sehingga tidak mudah dibobol hacker, mendeteksi plugin yang berbahaya di websitemu, Google reCAPTCHA untuk melindungi website dari tukang spam, Two-Factor Authentication, membuat WordPressmu selalu update karena proses updating website yang mudah.

Namun, iThemes tidak dilengkapi dengan firewall bawaan dan pemindaian malware bawaan. Tetapi kamu tetap bisa melakukan penjadwalan untuk memindai apakah ada virus malware kok dan jika terdapat ancaman maka kamu akan mendapatkan notifikasi ke email kamu. 

All In One WP Security & Firewall

Plugin keamanan WordPress All In One WP Security & Firewall.

Plugin firewall WordPress populer lainnya yaitu All In One WP Security & Firewall. Dan plugin keamanan ini 100% gratis dan dilengkapi support teknis yang baik. 

Telah diunduh sebanyak 900.000 kali, All In One WP Security & Firewall menawarkan fitur keamanan WordPress berupa login security sehingga tidak mudah disusupi hacker, mencegah serangan brute force, dan mengamankan konten yang kamu buat di website kamu

Yang paling menonjol dari All In One WP Security & Firewall adalah pengamanan login. Hacker tidak mudah membobol situs kamu karena All In One WP Security & Firewall dapat membuat username login (selain ’admin’) yang susah dikenali hacker. Karena jika semua user website kamu menggunakan username admin dan hampir mirip-mirip semua maka mudah dikenali hacker.

Password juga dapat digenerate sehingga kamu mendapatkan password yang unik dan tidak mudah ditebak hacker. Dengan limit upaya login, jika seseorang mengetikkan password yang salah berulang kali maka dia akan terkunci dari website. Kamu bisa melihat user siapa yang terkunci dari website hingga siapa saja yang login di website kamu.

Di All In One WP Security & Firewall juga terdapat sistem pengukuran dan penilaian seberapa baik kamu telah melindungi website WordPress kamu. 

Kamu juga bisa mengaplikasi aturan keamanan dan firewall di website kamu dengan memilih tingkatan ‘basic’, ‘intermediate’ atau ‘advanced’ di .htaccess. Tetapi jangan lupa backup file .htaccess sebelum melakukan perubahan pada settingan.

Cerber Security

Plugin keamanan WordPress Cerber Security.

Plugin keamanan WordPress terbaik lainnya ialah Cerber Security. Cerber Security memfokuskan pada menangkal spam dan memindai virus malware pada website kamu. 

Cerber memang baru memiliki jumlah unduhan sebanyak 200.000 ribu namun fitur keamanan yang ditawarkan tidak kalah menarik. Dengan Cerber, kamu dapat melindungi WordPress dari diretas oleh hacker, spam, trojan, dan malware. 

Selain itu juga mencegah serangan brute force dengan melimitkan upaya login ke WordPress melalui form login, permintaan XML-RPC / REST API atau menggunakan cookie autentikasi. Kamu juga bisa membuat custom login URL sehingga tidak mudah dibobol hacker karena namanya yang tidak biasa dikenali.

Mengenai spam, Cerber Security menggunakan mesin anti-spam Cerber khusus dan Google reCAPTCHA untuk melindungi formulir pendaftaran, kontak, dan juga komentar. Jika Cerber mengidentifikasi komen spam langsung menolaknya dan menghapusnya dari kolom komentar.

Soal pemindaian malware, Cerber melakukannya dengan memonitor file yang ada di website dan secara menyeluruh melakukan cek pada satu per satu folder. untuk menemukan jejak malware, trojan, backdoors, file yang diubah dan baru. 

Kamu bisa melakukan pemindaian malware secara manual dan juga secara otomatis. Jika hasil pemindaian sudah keluar, maka kamu bisa melihat apakah ada file mencurigakan ataukah terdapat masalah. File mencurigakan bisa kamu hapus.

Penutup

Jadi, itulah 5 plugin keamanan WordPress dan Firewall WordPress terbaik yang bisa kamu pilih dan pasang pada WordPress kamu. Exabytes Friends sudah mengetahui fitur-fitur apa yang ditawarkan dan yang tidak ada pada plugin-plugin di atas.

Kamu bisa memilih salah satu plugin dari yang telah direkomendasikan di atas. Pastikan plugin yang akan kamu install sudah mencukupi keinginan serta kebutuhan pokok untuk keamanan website WordPress kamu.

 Semoga artikel ini berguna untukmu ya, Exabytes Friends!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak