Apa Itu Second Level Domain? Definisi dan Tips Menentukannya

0
2410

Apakah Exabytes friends masih bingung tentang second level domain dan top level domain? Tidak perlu khawatir karena kita sudah membahas top level domain (TLD). Second level domain adalah elemen dari domain website tepat sebelum TLD.

Singkatnya, SLD juga dapat dipahami sebagai alamat atau nama situs website tempat kamu mendaftar. Jika kamu mengambil contoh second level domain dari website kami exabytes.co.id, TLDnya adalah .co.id sedangkan SLDnya adalah exabytes.

Apa Itu Second Level Domain?

Second level domain adalah nama yang kamu siapkan untuk didaftarkan ke registar domain. Misalnya, exabytes.co.id memiliki SLD ‘exabytes’. Yang pasti, second level domain selalu berada di sebelah kiri ekstensi domain, yaitu bagian depan domain.

second level domain adalah

Sebelum membeli domain, ada baiknya untuk mengecek ketersediaan SLD jika sudah ada yang menggunakannya.

Kamu dapat mendaftarkan domain SLD secara gratis dan biasanya memiliki waktu aktif selama satu tahun. Oleh karena itu, kamu harus membayar biaya tambahan untuk memperbarui nama domain setiap tahun, biayanya tergantung pada tingkat nama domain yang digunakan.

Lebih dari sekadar identitas situs website, manfaat second level domain cukup besar. Kamu akan mengetahuinya pada pembahasan selanjutnya.

Mengapa Second Level Domain Penting? Apa Manfaatnya?

Second level domain penting karena memengaruhi kinerja dan keandalan situs website kamu. Secara umum, berikut adalah manfaat dari second level domain:

Menciptakan Kesan Pertama

Manfaat pertama dari domain SLD adalah menciptakan kesan pertama. Second level domain mungkin adalah kata pertama yang dibaca orang ketika mereka melihat nama domain situs website kamu.

Oleh karena itu, SLD membantu menciptakan kesan pertama pengunjung potensial di situs website kamu.

Misalnya, jika kamu mendengar nama domain sewamobil.com, yang terlintas di benak kamu adalah situs website yang menawarkan mobil untuk disewakan.

Branding

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan branding adalah dengan mengubahnya menjadi SLD. Karena second level domain adalah yang paling diingat orang ketika mengunjungi situs website tertentu.

Email Bisnis

Tahukah kamu bahwa alamat email kantor kamu mengikuti second level domain yang kamu gunakan?

Misalnya, Exabytes memiliki situs website exabytes.co.id. Akibatnya, setiap karyawan dan hingga tim resmi Exabytes memiliki email dengan nama belakang namakaryawan/[email protected].

Dengan email bisnis yang sesuai dengan nama domain website, kesan profesional lebih kuat karena email terlihat lebih formal.

Meningkatkan Kinerja SEO

SLD dapat meningkatkan kinerja SEO kamu. Alasannya adalah karena SLD adalah kata kunci yang diketik orang ke mesin pencari untuk membuka situs website kamu.

Inilah sebabnya mengapa beberapa merek terkadang memasukkan kata kunci tambahan untuk memperjelas konteks situs. Misalnya situs sewa mobil, seperti sewamobiljakarta.com.

Apa Saja Cara atau Tips Menentukan Nama Second Level Domain?

Pilihan nama second level domain tidak boleh asal. Jika kamu benar-benar ingin meningkatkan penjualan website kamu, pertimbangkan nama SLD yang sesuai dan bagus.

Bagaimana cara menentukan nama SLD? Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Memilih Nama Domain

Tips pertama dan terpenting dalam memilih nama SLD adalah memilih nama domain yang mudah diingat. Kamu pasti pernah menemukan banyak nama domain berbeda yang terlalu lama untuk diingat, bukan? Apalagi jika nama domain mengandung kata-kata dengan huruf ganda, sangat rentan salah ketik.

Untuk memudahkan orang menemukan situs website kamu, kamu perlu membuat domain yang mudah diingat. Buat nama domain yang terdiri tidak lebih dari tiga kata. Kamu dapat menggunakan nama bisnis kamu sebagai nama domain untuk branding.

Pastikan Ketersediaan Nama Domain

Sebelum mengkonfirmasi pilihan domain kamu, kamu harus terlebih dahulu memastikan bahwa nama domain yang dipilih tersedia. Ada kemungkinan nama domain yang dipilih sudah digunakan oleh situs website lain. Jika demikian maka kamu harus memilih nama domain baru, bukan?

Agar kamu tidak perlu khawatir jika nama domain tidak tersedia, buatlah berbagai opsi nama domain sebagai opsi cadangan. Opsi ini dapat digunakan ketika nama domain utama yang kamu pilih tidak tersedia.

Nama Domain Yang Relevan

Terkadang beberapa nama perusahaan sama atau mirip dengan perusahaan lain. Hal ini tentu tidak bisa kamu hindari. Namun, nama perusahaan yang sama pasti akan mengarah ke nama domain yang sama.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan nama domain yang tidak langsung menggunakan nama bisnis, namun tetap relevan dengan bisnis yang kamu jalankan.

Misalnya, kamu memiliki perusahaan dengan nama PT. Anugerah Jaya Sentosa, yang menjalankan bisnis pakan ternak. Kamu dapat fokus pada pakan ternak sebagai nama domain.

Jika kamu menggunakannya sebagai SLD kamu bisa membuat www.pakanternakmurah.com atau yang serupa. Jadi kamu masih memiliki banyak pilihan untuk membuat nama domain yang mudah diingat dan juga relevan dengan bisnis yang kamu jalankan.

Ingatlah bahwa nama domain akan mempengaruhi hasil pencarian situs website kamu di SERP (Search Engine Result Page).

Memasukkan Daerah

Di daerah apa kamu berbisnis? Jika kamu menjalankan bisnis di luar wilayah metropolitan atau mungkin di wilayah tertentu, nama daerah dapat dicantumkan sebagai nama domain.

Menggunakan nama daerah dapat membantu orang menemukan lokasi bisnis kamu. Sehingga mereka dapat langsung meninjau jarak pengiriman produk yang dibeli atau jika ingin mengunjungi lokasi kamu.

Jangan menggunakan simbol

Simbol tambahan seperti (-) atau (.) akan membuat domain sulit untuk dimasuki dan mungkin banyak pengguna internet yang salah mengetik nama domain. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari penggunaan simbol saat memberi nama SLD.

Menyisipkan Kata Kunci

SEO memiliki peran penting untuk dimainkan untuk mengangkat nama merek atau situs website kamu di halaman pertama Google. Jika memungkinkan, kamu dapat memasukkan kata kunci yang relevan untuk membantu meningkatkan skor SEO kamu.

Lengkapi Dengan TLD Yang Sesuai

Selain SLD, kamu juga perlu memilih TLD yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembuatan website. TLD tidak selalu harus menggunakan .com.

Kamu dapat menggunakan .co.id untuk kegiatan bisnis yang dilakukan di Indonesia. Sebagai alternatif, kamu juga dapat menggunakan .tech jika situs yang kamu gunakan berkaitan dengan teknologi.

apa itu second level domain

Dapatkan Second Level Domain Kamu Sekarang!

Ada banyak pertimbangan saat menentukan second level domain terbaik untuk sebuah situs website. Namun yang jelas, jika kamu memilihnya dengan benar, SLD akan memberikan efek yang cukup positif.

Pertama-tama, SLD akan menciptakan kesan pertama, yaitu bagaimana perasaan pengunjung tentang situs website kamu. Jika SLD kamu mudah diingat, branding perusahaan kamu tentunya akan semakin baik.

Juga, jika alamat email kantor kamu juga cocok dengan nama SLD. Dari segi teknis, SLD juga berpotensi meningkatkan kinerja SEO. Apakah pencarian global atau lokal.

Jadi, jika kamu telah memutuskan apa second level domain kamu, pastikan untuk memilih penyedia layanan domain yang andal. Di Exabytes, pendaftaran domain mudah dan memiliki banyak keuntungan.

Ayo buruan booking SLD kamu sebelum yang lain!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments