Yuk Kenalan Dengan Shared Hosting Serta Kelebihan dan Kekurangannya!

170
Kenalan dengan Shared Hosting
Raih Kemenangan
6 min read

Hi Exabytes Friends! Siapa sih yang sampai saat ini belum cukup mengetahui tentang pentingnya memiliki website serta keunggulan yang didapatkan jika kamu memiliki website? Banyak banget lho manfaat memiliki website terutama untuk menjalankan bisnis online.

Nah, dalam mengelola website, tentu ada hal yang sangat disarankan lho guys! Web hosting merupakan salah satu hal yang disarankan untuk para pengelola website. Hosting pun menjadi salah satu faktor penting dalam website yang nggak bisa terlepaskan. Tetapi website hosting pun memiliki beberapa jenis lho dengan fungsi dan kebutuhan yang berbeda. Salah satunya adalah shared hosting! 

Kira-kira kamu tahu nggak sih apa itu shared hosting? Kalau belum tahu, simak artikel ini sampai habis ya karena akan membahas lebh detail tentang hosting ini serta kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu kamu bisa menentukan untuk menggunakan hosting ini atau tidak untuk website yang sedang kamu jalani. Yuk kenalan sama jenis hosting yang satu ini! Check this out~

Apa itu Shared Hosting? 

Dari namanya saja sudah ketebak nggak sih guys.. shared hosting! Shared hosting adalah salah satu jenis dari layanan web hosting yang menempatkan beberapa website dalam server fisik yang sama.

Layanan yang diberikan oleh server pun digunakan secara bersama-bersama. Dengan begitu, pemilik website tidak perlu memikirkan pengaturan server. Namun, sekaligus tidak dapat secara penuh mengakses fungsi dari web hosting terkait. 

Buat kamu yang masih bingung membayangkan cara kerja hosting ini adalah ibarat rumah kosan dengan banyak kamar atau ruangan. User memiliki kamar masing-masing tetapi mereka menggunakan ‘kamar mandi’ bersama. Nah, kalau misalnya ada user yang menggunakan ‘kamar mandi’ terlalu lama maka mengganggu atau menghambat aktivitas user lain nih. Namanya juga bersama, kamu tidak bisa memiliki akses penuh terhadap hal ini.

Konon, jenis web hosting yang satu ini sangat cocok digunakan untuk website yang belum memiliki traffic terlalu tinggi atau jumlah pengunjung yang masih terhitung sedikit. Dapat dibilang sih untuk pemilik yang baru mengoperasikan website. Karena layanan dalam hosting yang satu ini digunakan bersama-sama, maka biaya yang dikeluarkan oleh para pengguna pun juga ditanggung bersama-sama. 

Nah, hal ini biasanya yang menjadikan layanan shared hosting lebih murah dibandingkan layanan web hosting yang lain. Hosting jenis ini sangat direkomendasikan untuk para pengelola website pemula. Dengan harga murah dan terjangkau, modal yang dikeluarkan bisa diminimalisir dan ditekan. Pemilik dan pengelola website pun nggak perlu lagi pusing memikirkan permasalahan server dan bisa fokus untuk mengelola sebuah website dengan baik dan benar. 

Baca Juga  Tips Membangun Usaha Bagi Pemula (Via Online)

Dari penjelasan tentang apa itu shared hosting saja kamu pasti sudah bisa membayangkan kan apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan layanan shared hosting? Eits, tenang! Dibawah ini mimin masih akan menjabarkan kepada kalian tentang apa saja kelebihan menggunakan shared hosting. Yuk simak terus sampai selesai ya guys!

Kelebihan Menggunakan Layanan Shared Hosting

Hosting yang satu ini memiliki beberapa kelebihan di antaranya yakni :

Harga lebih murah 

Jika dibandingkan dengan jenis layanan web hosting yang lain, layanan shared hosting menjuarai harga paling murah dari yang lainnya! So, nggak salah kalau layanan ini sangat direkomendasikan untuk para pengelola website yang baru saja merintis.

Maintenance lebih mudah 

Nah! Kenapa sih hal ini jadi kelebihan dari hosting bersama ini? Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ketika kamu mengelola website dan servermu dikelola oleh penyedia jasa web hosting, kamu nggak perlu repot lagi mengelola masalah server! Kamu hanya perlu duduk tenang dan mengelola websitemu agar semakin bagus dan berkembang tanpa khawatir masalah server!

Mudah digunakan 

Nggak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, memakai shared hosting tentunya akan memudahkan kamu juga karena nantinya segala operasional server akan diambil alih oleh provider hosting itu sendiri. Sehingga bagi kamu yang masih pemula, nggak paham mengenai pemrograman masih tetap bisa mengelola website kamu sendiri.

Terkecuali jika nanti pengunjung situs kamu sudah banyak atau traffic yang dihasilkan sudah tinggi, barulah kamu bisa mempertimbangkan untuk mengupgrade layanan hosting kamu ke level di atasnya seperti VPS atau dedicated server. Dan tentunya jika sudah memutuskan memakai jenis server seperti itu, kamu sudah harus belajar sedikit demi sedikit mengenai pemrograman lho~

Cocok untuk Blog dan Website Bisnis 

Seperti yang kamu baca sebelumnya bahwa layanan shared hosting harganya sangat murah, maka menurut mimin layanan ini sangatlah cocok bagi kamu yang baru memulai membuat Blog atau website yang baru merintis bisnis. Selain itu layanan ini juga sangat pas di anggaran bagi kamu yang bisnisnya masih berskala kecil namun ingin mulai mengelola website bisnis. 

Akses ke Control Panel 

Saat kamu menggunakan layanan shared hosting, maka pengelolaan website atau blog kamu tentunya akan lebih mudah lagi karena kamu akan diberikan akses control panel. Dengan control panel ini, kamu dapat memanfaatkan banyak fitur yang disediakan, seperti Install CMS, upload file, mengelola email, dan banyak lagi yang lain.

Baca Juga  Cara mengetahui Domain & Hosting yang tepat untuk sebuah website

Kekurangan Shared Hosting

Nah guys, terlepas dari segala kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan oleh layanan shared hosting, ternyata ada juga lho guys kekurangan yang dimiliki oleh layanan shared hosting. Hmm kira-kira apa saja ya? Yuk baca kekurangan shared hosting dibawah ini

Kekurangan Shared Hosting

Kontrol Server Terbatas 

Penyedia layanan shared hosting ternyata nggak memberikan banyak ruang untuk akses ke server nih guys. Sehingga kontrol kamu sebagai pengguna akan sedikit terbatas.

Hal tersebut terjadi sebab pada shared hosting akses penuh dikuasai penuh oleh penyedia layanan hosting, jadi pengelolaan seluruhnya diambil alih oleh penyedia server.

Selain itu karena digunakan bersama-sama, ketika ada 1 pengguna yang memiliki traffic tinggi atau overload, pengguna lainnya bisa ikut terdampak. Akibatnya ini bisa menghambat kinerja website kamu.

Keamanan Kurang Terjamin 

Karena shared hosting memberikan ruang yang lumayan luas dalam satu server, pastinya hal tersebut berpotensi terjadinya penyalahgunaan akses fitur yang lain. Jika hal tersebut terjadi, maka itu akan sangat mempengaruhi server, terlebih lagi sangat rentan keamanannya.

Berpotensi Crash 

Crash bisa terjadi sewaktu-waktu disebabkan karena jenis layanan shared hosting ini ada banyak pengguna di dalam satu server. Maksudnya adalah ada banyak website atau aplikasi lain yang berjalan di server yang sama seperti yang kamu gunakan.

Hal ini bisa menyebabkan overload sehingga crash. Beban berat yang paling sering ditemukan adalah ketika ada traffic tinggi. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja server yang potensial terjadi crash.

Pemakaian Aplikasi lain Yang Terbatas 

Bila kamu memakai shared hosting, tentu kamu nggak bisa menjalankan software atau aplikasi yang lain dalam waktu bersamaan, kecuali hanya aplikasi yang sudah ditawarkan oleh provider hosting tersebut. Hal tersebut tentunya menyulitkan untuk pengguna khususnya yang masih pemula.

Itu dia guys penjelasan serta kelebihan dan kekurangan shared hosting yang telah mimin sampaikan secara detail diatas! Semoga penjelasan diatas dapat menjadi pertimbangan kamu dalam memilih layanan hosting. Tapi balik lagi, gunakanlah layanan web hosting sesuai dengan kebutuhanmu ya. Tentunya juga dengan memperhatikan penyedia layanan web hosting.

Tapi tenang aja guys, sekarang sudah ditemukan penyedia jasa layanan hosting termurah dan terbaik. So, jika kamu ingin berlayanan, segera hubungi Exabytes Indonesia ya.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Raih Kemenangan