11 Peluang Bisnis Online Yang Akan Booming di Tahun 2021

0
6304

Seperti yang telah kita ketahui, transaksi jual beli online meningkat drastis di tahun 2020 lalu. Terutama saat pandemi melanda di tanah air. Banyak orang yang diharuskan untuk di rumah aja karena PSBB berlangsung demi memutus rantai penyebaran virus.

Karena itulah muncul banyak bisnis online baru yang tiba-tiba booming seperti penjual masker, obat herbal dan lainnya. Tentu saja ini merupakan peluang bisnis online yang menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan. Eits, tapi bukan kita pun harus bisa mencari peluang bukan melakukan cara yang nggak bener lho ya untuk meraih untung.

Maka itu, berikut ini ada beberapa peluang bisnis online yang bisa kamu coba di tahun 2021 ini. Siapa tahu, bisnis online kamu bisa berkembang besar di tahun ini bila kamu mulai dari sekarang atau serius menjalankan bisnis ini. Simak yuk apa saja sih peluang bisnis online yang akan booming di tahun 2021 ini

Makanan atau Catering Sehat

Dikarenakan sekarang serba di rumah, bisnis makanan tentu saja masih menjanjikan lho. Apalagi sekarang lagi ngetren soal gaya hidup sehat, termasuk soal makanan nih. Mulai banyak lho yang menawarkan makanan atau catering sehat. Menu tersebut bisa disesuaikan dengan kemauan pelanggan, bisa untuk menu diet atau agar bisa mulai hidup sehat nih.

Makanan sehat menjadi peluang bisnis online di 2021

Peluang bisnis online ini kemungkinan prospeknya akan bagus lho, mengingat sekarang sedang pandemi dan belum bisa makan di luar dulu untuk sementara waktu. Selain itu, orang-orang pun mulai banyak yang mengganti gaya hidup untuk lebih sehat termasuk mengkonsumsi makanan yang bergizi. Wah, ini bisa jadi pilihan yang tepat lho untuk berbisnis.

Obat Herbal

Setelah melanda pandemi, banyak orang yang mulai kembali mencari jamu atau obat herbal demi menjaga imun tubuh. Jamu bukan hanya sebagai tradisi tetapi juga menjadi minuman herbal yang penuh khasiat. Obat herbal pun menjadi pilihan alternatif selain mengkonsumsi obat-obatan dikarenakan terbuat dari bahan alami.

Contoh bahan utama jamu seperti jahe, kunyit, kencur, dan lainnya memiliki kegunaan yang baik untuk tubuh seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga pencernaan dan lainnya. Bisnis jamu atau obat herbal ini bisa kamu mulai rintis lho. Kamu bisa menjadi reseller yang produknya sudah terpercaya. 

Tanaman Hias

Apa teman-temanmu di Instagram mulai banyak yang ngestories tanaman melulu? Yup, tren tanaman hias lagi booming banget nih selain soal sepeda di tahun lalu. Karena di rumah aja, aktivitas yang dilakukan pun menjadi terbatas. Eits, tapi malah bisa memunculkan hobi baru atau melanjutkan rutinitas lama nih yaitu menanam.

tanaman hias menjadi peluang bisnis online di 2021

Sudah banyak lho toko online yang menyediakan tanaman hias. Mulai dari benihnya, media tanam, pupuk dan beragam tanaman hias. Harga tanaman hias pun bervariatif, tergantung dari jenisnya. Bukan sekedar tren belaka di Instagram, tetapi tanaman hias pun bisa menjadi pemanis untuk rumah atau taman kamu lho. Tertarik untuk mencoba bisnis ini?

Parcel atau Gift Box

Di tahun lalu terutama saat lebaran, banyak orang yang tidak bisa berkumpul bersama keluarga. Salah satu cara untuk menyambung tali silahturahmi adalah dengan mengirimkan parcel. Meskipun hari raya idul fitri masih 4 bulan lagi, tapi kamu bisa merintis bisnis ini lho. Karena nggak harus ada hari besar kok untuk bisnis parcel, bisa juga parcel dikirim untuk klien atau keluarga.

gift box menjadi peluang bisnis online di 2021

Atau lebih simpelnya, kamu bisa mencoba peluang gift box. Sudah banyak lho jasa yang menjual rangkaian gift box set yang bisa kamu beli dan dikirim ke orang terkasih. Contohnya saja seperti gift box peralatan makan, peralatan alat shalat, covid kit, snack, kue, jilbab, pakaian dan kebutuhan lainnya. Biasanya gift box diberikan untuk yang berulang tahun, wisuda, baby shower, pernikahan dan selebrasi lainnya.

Biasanya gift box ditentukan dari tema warna yang diinginkan, budget yang disesuaikan atau kebutuhan. Atau bisa juga menerima request atau custom dari pelanggan yang ingin mengirim hadiah apa untuk penerima. Peluang bisnis online ini cukup menarik lho untuk dicoba.

Kue atau Snack

Kalau ngomongin bisnis makanan emang nggak pernah ada habisnya. Buat kamu yang jago masak terutama baking, bisa nih dijadikan ide untuk merambah ke bisnis online. Jadinya bisa nambah penghasilan tambahan nih.

Kamu bisa menjual kue atau desert box bikinan kamu secara online dengan melakukan pre order terlebih dahulu. Atau selain kue, kamu bisa membuat snack atau makanan lainnya seperti misalnya lasagna, spagetti brulee, risoles, dan banyak lainnya. Kalau pun kamu nggak bisa memasak, no worries. Kamu bisa menjadi reseller kok.

Kamu bisa berikan packing yang menarik yang nggak hanya aman sampai di tangan pembeli tetapi juga memberikan personalized branding yang melekat di ingatan pelanggan nantinya. Dengan begitu, mereka akan ingat dan akan melakukan repeat order membeli lho.

Masakan Siap Masak

Peluang bisnis online lainnya yang bisa diikuti adalah masakan siap masak. Masakan ini banyak banget dicari lho apalagi semenjak pandemi karena praktis disiapkan dalam waktu cepat. Dan pastinya ini lebih hemat dan juga nggak perlu ke luar rumah juga.

Masakan ini biasanya berbentuk frozen food atau masakan yang telah divacuum yang bisa tahan dalam beberapa hari. Saat ini banyak lho restoran atau food chain yang mulai menjual frozen food agar bisa dinikmati di rumah.

Peralatan Rumah Tangga

Karena sudah menjadi kebiasaan tinggal di rumah, banyak orang yang mulai melirik ke peralatan atau perabotan rumah lho. Yang biasanya jarang berada di rumah karena sibuk, kini mulai memperhatikan isi rumah dan mengisi satu per satu peralatan apa yang kurang.

Misalnya saja kamu dulunya jarang memasak tetapi karena sekarang WFH jadinya sering masak dan makan di rumah. Kamu tersadar bahwa ada peralatan masak yang nggak kamu punya atau ingin membeli peralatan makan yang lebih estetik. Atau bosan dengan suasana kamar yang itu melulu sehingga ingin mendekor ruangan. Nah, ini kesempatan yang tepat yang bisa kamu jadikan peluang bisnis online lho.

peralatan rumah tangga menjadi peluang bisnis online di 2021

Kamu bisa menyiapkan peralatan rumah tangga yang diperlukan banyak orang. Misalnya ingin menjual peralatan untuk dekor kamar, maka kamu bisa menjual seperti lampu estetik, wall print, wall grid, artificial plant, dan banyak barang lainnya yang bisa mempercantik kamar. Ide ini bisa kamu kembangkan lho untuk bisnis online, apalagi banyak orang yang nggak bisa berpergian jadi belanja online menjadi alternatif.

Peralatan Olahraga

Selain peralatan rumah tangga, peralatan olahraga juga lagi banyak diincar lho dan bisa menjadi peluang bisnis online. Karena semenjak pandemi, kesadaran untuk gaya hidup sehat pun meningkat. Jadi nggak hanya makanan tetapi juga soal olahraga.

Peralatan Olahraga

Kamu bisa menjual peralatan olahraga yang lagi dibutuhkan saat ini lho. Misalnya buat olahraga di dalam ruangan, kamu bisa menjual seperti matras yoga, dumbbell, skipping rope dan peralatan lainnya. Atau bisa juga menjual peralatan olahraga di luar ruangan sekaligus menyediakan keperluan olahraga lainnay seperti helm pelindung, baju olahraga, sepatu olahraga dan lain-lain.

Thrift Shop Online

Selain mencoba ide-ide peluang bisnis online di atas, kamu bisa melakukan thrift shop lho. Apa sih thrift shop? Dari pengertian bahasa, thrift artinya penghematan dan shop adalah toko. Bisa dibilang thrift shop ini toko penghematan dimana rata-rata yang dijual adalah barang pre loved atau barang bekas.

Eits tapi barangnya tentu saja masih oke dan masih layak digunakan lho ya. Bisnis ini mulai menjamur di kalangan anak muda yang ingin belanja minim budget tapi dengan kualitas yang nggak buruk. Thrift shop yang bertebaran banyak menjual koleksi pakaian yang bagus lho, bahkan ada juga yang branded. Tentunya dengan harga yang miring.

Ilustrasi thrif shop

Kalau kamu memiliki barang-barang yang udah jarang dipakai, bisnis thrift shop bisa menjadi andalan nih. Kamu bisa kumpulkan lalu foto produk yang ingin dijual. Pastikan kamu memfotonya dengan bagus dan estetik supaya banyak orang tertarik untuk membeli ya.

Jastip

Bisnis jasa titip atau jasip menjadi ladang penghasilan yang menguntungkan lho. Banyak orang yang mengandalkan jasa ini bila membutuhkan barang tertentu tetapi tidak bisa membelinya secara langsung karena beberapa hal yang kemungkinan tidak terjual di platform online atau harganya terlalu mahal.

Ilustrasi jasa titip membelikan sayuran

Meskipun sedang pandemi, tetapi bisa kamu tawarkan jastip ini ke teman-teman terdekat yang membutuhkan. Misalnya kamu akan berpergian ke supermarket atau suatu tempat, kamu bisa tawarkan keperluan apa yang ingin dibelikan. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari fee jastip barang tersebut.

Masker 

Peluang bisnis online terakhir yang bisa dilakukan adalah bisnis masker 3 lapis. Saat ini penggunaan masker menjadi kebutuhan layaknya seperti pakaian sehari-hari. Kamu bisa membuka bisnis masker 3 lapis dengan motif desain yang lucu dan unik. 

Atau membuat masker custom dari request pembeli. Yang perlu diperhatikan adalah masker yang kamu buat tetaplah nyaman dan aman yang bisa melindung dari paparan virus.

Itulah ide-ide peluang bisnis online yang bisa kamu lakukan untuk merintis bisnis secara digital di tahun 2021. Sebenarnya masih banyak ide bisnis online lain yang bisa kamu lakukan seperti membuka bisnis fashion pakaian, make up atau beauty product, sepatu, aksesoris dan masih banyak lainnya yang bisa kamu explore sesuai keinginan kamu.

Meskipun terkendala oleh kondisi pandemi saat ini tetapi ini bukan halangan untukmu memulai bisnis dengan go online. Justru kamu bisa membangun bisnis online dari dini dan merambah ke bisnis offline bila sudah berkembang pesat.

Untuk kamu yang saat ini sedang memulai bisnis online, Exabytes Indonesia menyediakan hosting terbaik untuk para UMKM atau pebisnis online yang ingin atau sudah memiliki website. Karena website memiliki banyak manfaat untuk perkembangan bisnis online yang tidak bisa terpenuhi bila hanya menggunakan sosial media sebagai media promosi. Kunjungi Exabytes Indonesia untuk informasi lebih lengkapnya.

Semoga ide peluang bisnis online di atas bisa menjadi inspirasi dan refrensi kamu untuk berjualan online ya. Tetap semangat dan konsisten menjalaninya ya, semoga bisnis onlinemu lancar dan mendapatkan untung yang banyak.