9 Tips dan Trik Engage Customer di Media Sosial

0
1956

Media sosial menjadi salah satu media untuk memasarkan produk atau jasa secara  digital. Itulah yang membuat semakin banyak orang yang mulai menggunakan strategi social media marketing. Agar bisa engage pelanggan di platform sosmed tersebut, yuk pelajari tips dan trik engage customer di media sosial.

Apa Itu Engagement Media Sosial?

9 Tips dan Trik Engage Customer di Media Sosial - 2024
Mengukur seberapa banyak audiens yang berinteraksi dengan konten yang dibagikan di sosmed. (Sumber: flickr)

Sebelum berbicara tentang tips dan trik engage customer di media sosial, Anda bisa terlebih dahulu mencari tahu apa itu engagement media sosial.

Engagement media sosial adalah istilah umum untuk tindakan yang merujuk dan mengukur seberapa banyak audiens yang berinteraksi dengan konten Anda. Engagement media sosial dapat mencakup suka (like), komentar (comment), dan bagikan (share). Namun, ini juga bisa bervariasi berdasarkan masing-masing platform atau media sosial.

Misalnya, di Facebook, engagement berarti semua bentuk interaksi dengan kiriman dan profil halaman, termasuk pesan dan mention. Semua interaksi tersebut dapat disebut dengan engagement. 

Meski begitu, engagement juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis berbeda, yang meliputi:

  • Interaksi dengan halaman (profil): klik tombol Call-to-Action (CTA), klik profil, klik tombol ikuti (follow)
  • Interaksi dengan postingan (post): komentar, suka, bagikan
  • Interaksi dalam pesan langsung (direct message): mengirim pesan ke profil Anda atau menanggapi pesan Anda
  • Interaksi dengan halaman lain: menyebut profil Anda saat mengomentari kiriman di halaman lain atau menggunakan tagar (hashtag) Anda

Jenis interaksi di atas bukan daftar engagement lengkap yang dapat dilakukan di Facebook. Akan tetapi, ini bisa memberi Anda gambaran tentang di mana Anda dapat mulai mempersempit tujuan Anda.

Saat melihat angka engagement setiap bulan atau bahkan tahun, gambaran besar ini sangat bisa membantu dalam mengidentifikasi tren. 

Namun, Anda tetap memerlukan metrik lain untuk bisa memahami bagaimana Anda dapat meningkatkan dan mengungkap gambaran yang lebih besar lagi terkait engagement yang bisa diperoleh sosial media Anda. 

Tips dan trik engage customer di media sosial utamanya adalah dengan memahami apa itu engagement pada level yang luas dan bagaimana memeriksanya pada level mikro.

Tips dan Trik Engage Customer di Media Sosial

tips dan trik engage customer di media sosial
Engage lebih banyak pelanggan potensial di media sosial dengan tips dan trik yang tepat. (Sumber: shutterstock)

Untuk membantu Anda meningkatkan engagement pada sosial media Anda, ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah tips dan trik engage customer di media sosial:

1. Ketahui Dimana Anda Bisa Menemukan Metrik Engagement

Sebagian besar jaringan media sosial utama seperti Twitter, Instagram, dan TikTok memungkinkan Anda untuk melihat metrik engagement Anda di fitur analitik pada aplikasi tersebut. Fitur asli ini memungkinkan Anda melihat semua bentuk engagement, termasuk suka, komentar, bagikan, tayangan, dan lainnya.

Anda juga dapat menggunakan alat atau aplikasi manajemen media sosial tambahan atau pihak ketiga untuk membantu Anda melihat dan memahami metrik engagement profil Anda di satu sosial media.

Lalu, mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana Anda menganalisis hasil metrik engagement profil Anda? 

Sebagai contoh, jika Anda melihat interaksi postingan menurun dari minggu ke minggu, maka postingan Anda perlu disesuaikan agar lebih sesuai dengan audiens yang Anda targetkan, dengan asumsi tidak ada fenomena tertentu yang sedang di dunia, misalnya Covid-19 atau dalam promosi berbayar Anda.

Jika sebuah postingan memiliki tingkat keterlibatan yang jauh lebih tinggi daripada yang lain, penting untuk mencatat apa yang membuatnya menonjol. Hal ini bisa membantu Anda mengidentifikasi bidang konten mana yang harus Anda fokuskan jika Anda ingin meningkatkan engagement profil Anda secara keseluruhan.

2. Tetapkan Tujuan dan Tentukan Metrik

Penting untuk memahami berbagai metrik media sosial dan apa artinya di setiap platform. Ini karena sasaran atau target audiens media sosial Anda menentukan metrik mana yang bisa Anda gunakan. 

Untuk setiap sasaran, Anda memerlukan metrik terkait, yang akan menentukan apakah strategi yang digunakan pada media sosial Anda berhasil atau tidak.

Tetapkan tujuan atau pencapaian engagement yang jelas, sehingga Anda tahu apa yang menjadi fokus upaya konten Anda. Jika Anda menginginkan lebih banyak interaksi pada postingan Anda, maka Anda tahu bahwa Anda harus fokus untuk membuat konten yang menarik. 

Metrik dari interaksi akan spesifik terkait postingan: berapa banyak orang yang berinteraksi dengan postingan Anda dan jenis interaksi apa yang mereka lakukan?

3. Pahami Platform Sosial Media Anda

9 Tips dan Trik Engage Customer di Media Sosial - 2024
Pahami platform media sosial agar bisa menghasilkan konten marketing yang sesuai tren platform tersebut. (Sumber: shutterstock)

Setiap platform memiliki metrik, tren, dan budayanya sendiri. Jadi, Anda harus menyesuaikan strategi engagement tiap-tiap media sosial Anda untuk mengakomodasi kondisi di masing-masing platform.

Ada lebih dari 15 platform media sosial yang digunakan banyak merek atau brand di dunia pada tahun 2022. Akan tetapi, ini tidak berarti Anda harus memiliki akun media sosial di setiap platform. Lakukan riset dan pertimbangkan aplikasi media sosial mana yang terbaik dan cocok untuk bisnis dan target audiens Anda.

4. Kenali Audiens Anda

Kunci untuk meningkatkan engagement media sosial Anda adalah memahami target audiens Anda. Istilah ini dimaksudkan untuk kelompok orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Misalnya, jika Anda adalah perusahaan B2B (business-to-business), LinkedIn mungkin paling cocok karena berpusat pada jaringan profesional dan banyak juga merek B2B yang sudah aktif di platform tersebut.

Merek atau brand Anda bertujuan untuk membuat konten untuk audiens Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu ingat siapa saja yang Anda targetkan pada setiap tahap pembuatan konten. Mulai dari memutuskan konten apa yang akan dibuat hingga menentukan waktu terbaik untuk memposting konten Anda di media sosial.

5. Pahami Komponen Postingan yang Menarik

Setiap platform media sosial sedikit berbeda satu sama lain dalam hal posting yang menarik, tetapi tetap ada kesamaan yang menonjol. Diketahui bahwa video pendek, gambar, dan video langsung (live) adalah tiga jenis konten sosial media yang paling menarik atau lebih cepat mendapat interaksi. 

Ternyata, konsumen mencari postingan autentik, seperti testimonial pelanggan yang menyoroti produk atau layanan yang ditawarkan pada halaman atau profil sosial media.

Perhatikan konten apa saja yang berhasil dengan baik di setiap platform sosial media dan pertimbangkan apakah konten tersebut dapat diterima dengan baik oleh target audiens Anda. 

Periksa analitik Anda sendiri untuk mengidentifikasi apakah dan bagaimana jenis postingan di masing-masing platform bekerja dengan target audiens Anda. 

Ada banyak ide media sosial yang bisa Anda coba atau mendapatkan inspirasi. Jadi, jangan takut untuk berkreasi dan coba membuat banyak jenis konten.

6. Buat Konten yang Dapat Dibagikan

Membuat konten yang dapat dibagikan adalah tips dan trik engage customer di media sosial yang juga tidak boleh Anda lewatkan. 

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ungkapan, “Jangan lupa like, comment, dan share”. Namun, ada banyak cara lain yang bisa Anda coba untuk meningkatkan interaksi media sosial Anda selain meminta langsung pada audiens untuk memberi like, comment, atau share.

Misalnya, konten visual seperti video dan gambar berdurasi pendek cenderung lebih cepat dibagikan. Jadi, pertimbangkan untuk membuat lebih banyak postingan yang menampilkan salah satu atau kedua jenis konten tersebut.

Jika Anda membuat konten yang dapat dibagikan, engagement media sosial Anda akan meningkat. Orang-orang di media sosial menikmati berbagi postingan yang mereka sukai, kagumi, atau anggap berharga. 

Jadi, buat dan kurasi konten yang akan mendorong pengikut Anda agar mau melakukan interaksi dengan postingan Anda, baik like, comment, atau share.

7. Ketahui Kapan Harus Memposting di Media Sosial

Mengetahui waktu terbaik untuk memposting di media sosial adalah salah satu tips dan trik engage customer di media sosial Anda. Menentukan waktu terbaik untuk memposting berdasarkan platform dan target audiens Anda akan membantu Anda menentukan kapan harus memposting konten Anda selanjutnya. 

Mengetahui seberapa sering memposting di media sosial sama pentingnya karena Anda tidak ingin membanjiri audiens dengan terlalu banyak konten. 

Anda tentunya ingin mencapai posisi terbaik yang memungkinkan Anda mendapat interaksi yang aktif dari target audiens di media sosial Anda. Diketahui jumlah postingan yang efektif yaitu sekitar 1-2 posting per hari.

8. Menggunakan Influencer untuk Berbagi Konten

Saat ini, influencer merupakan aspek penting dalam memasarkan suatu merek atau brand melalui platform media sosial. Dengan menjalin hubungan dengan influencer, seperti blogger dan influencer media sosial, Anda bisa dengan lebih mudah mendapat interaksi dari pengguna sosial media lainnya.

Anda bisa mencari influencer yang kira-kira cocok dengan branding atau image produk Anda untuk mempromosikan posting Anda. Anda juga bisa menarik lebih banyak interaksi dengan memberi imbalan diskon atau barang gratis yang dilakukan bersama dengan influencer tersebut. 

Dengan begitu, calon pelanggan Anda akan lebih tertarik karena percaya bahwa produk yang Anda tawarkan memang berkualitas. 

9. Jalankan Strategi Anda

Tips dan trik engage customer di media sosial yang terakhir yaitu dengan menjalankan strategi Anda. Biasakan untuk menguji, mengulangi, dan bereksperimen dengan strategi pemasaran yang ingin Anda terapkan di akun media sosial Anda. 

Media sosial selalu berubah, jadi strategi Anda juga perlu berkembang sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing platform. Pelajari beberapa tipe konten menaikkan engagement di media sosial yang akan membantu memaksimalkan hasil yang didapatkan.

Kesimpulan

Dengan tips dan trik engage customer di media sosial, Anda berpotensi yang lebih untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari setiap konten yang dibagikan. Itu artinya, strategi sosial media yang Anda terapkan dapat memberikan hasil.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments