Tips Jitu Menjadi Web Developer Handal

601
11 min read

Hi Exabytes Friends!

Di dunia teknologi dan informasi, web developer merupakan salah satu pekerjaan yang sangat hebat dan banyak dicari oleh perusahaan loh. Tapi, untuk menjadi seorang web developer, kamu tentunya harus membangun kemampuan mu serta mempelajari banyak sekali teori agar pengetahuan mu tentang web developer menjadi luas. Nah, kali ini mimin akan kasih info ke kalian tentang tips dan teori apa aja sih yang perlu dipelajari ketika kamu ingin menjadi seorang web developer handal.

Kalau begitu, baca artikel ini sampai akhir ya!

Kemampuan Dasar

Terdapat kemampuan dasar yang perlu kamu kuasai sebelum melangkah lebih jauh ke kemampuan lanjut untuk menjadi seorang web developer handal. Nah, kemampuan dasar yang perlu kamu ketahui dan kuasai yaitu:

Konsep HTTP

Tips Jitu Menjadi Web Developer Handal

Salah satu komponen penting yang menjadi dasar dari sebuah website adalah HTTP atau Hypertext Transfer Protocol. Nah, HTTP ini merupakan sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang dapat digunakan untuk sistem informasi yang terdistribusi dan menggunakan hypermedia. HTTP ini merupakan protokol yang dapat meminta serta menjawab antara klien dan server yang ada. Kamu juga harus memahami proses apa saja yang terjadi pada sisi server mau pun sisi client. Misalnya ketika sebuah klien HTTP memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server hosting tertentu. Klien yang mengirimkan permintaan HTTP atau yang biasa disebut dnegan user agent akan direspon oleh server yang menerima permintaan. Server tidak hanya menerima saja, tetapi akan menyimpan resource seperti berkas HTML dan gambar-gambar atau yang biasa disebut origin server.

HTML dan CSS

Tips Jitu Menjadi Web Developer Handal

Setelah kamu sudah memahami konsep HTTP, sekarang kamu perlu mengetahui apa itu HTML dan CSS. HTML atau yang memilki kepanjangan Hypertext Markup Language merupakan bahasa yang digunakan ketika kamu ingin membuat sebuah tampilan di website. HTML ini memungkinkan seorang user untuk bisa membuat serta menyusun bagian paragraf, heading, link, dan lain-lainnya udah halaman website dan juga aplikasi. HTML berbeda dengan bahasa pemrograman, karena HTML tidak memiliki kemampuan untuk membuat fungsionalitas yang dinamis. Tapi tenang aja, karena HTML ini bisa mengorganisir dan memformat dokumen sama seperti yang dilakukan oleh microsoft word. Hal itu juga bisa membantu kamu sebagai user. Saat kamu bekerja menggunakan HTML, kamu dapat menggunakan struktur kode yang sederhana untuk bisa melakukan mark up halaman website. HTML yang bekerja sebagai bahasa mark up gampang banget Exabytes Friends untuk dipahami ketika kamu baru saja memulai karir kamu sebagai web developer, karena sederhana dan cocok untuk para pemula.

Selain teori mengenai HTML, CSS juga merupakan salah satu yang penting untuk dipahami dan dikuasai. CSS atau Cascading Style Sheet ini memiliki fungsi untuk mengatur tampilan elemen yang sudah tertulis dalam bahasa markup seperti pada penjelasan HTML. Nah, CSS ini juga berfungsi untuk memisahkan konten dari tampilan visual yang ada di website. Kamu juga harus tahu bahwa CSS ini bisa untuk melengkapi HTML karena awalnya HTML tidak dilengkapi oleh tags yang bisa memformat halaman. HTML dan CSS juga punya keterkaitan yang sangat erat. HTML ini menjadi sebuah bahasa markup atau bisa disebut juga fondasi website yang menjadi dasar sebuah website, sedangkan CSS tersebut akan memperbaiki style pada segala aspek yang berkaitan dengan tampilan website. Sehingga membuat kedua bahasa yaitu HTML dan CSS akan selalu berkaitan dan berjalan beriringan.

Saat kamu mempelajari CSS, kamu juga haru mengetahui banyak jenis CSS seperti inline style sheet yang biasanya diterapkan langsung pada objek yang akan diubah tampilannya. Kemudian external style sheet yang digunakan secara praktis pada karena letaknya berada di luar area objek dan bisa juga digunakan pada beberapa objek sekaligus. Embedded style sheet juga menjadi salah stau jenis SS yang mirip dengan inline style sheet. Jenis CSS ini diletakkan pada halaman yang sama di suatu website. Embedded style sheet ini biasanya digunakan untuk membuat tampilan yang unik di suatu halaman website. Dengan mempelajari CSS, kamu akan memiliki kemampuan untuk mengoprek atau mengeksplor berbagai tampilan website secara otodidak. Ketika kamu mempelajari CSS pun, akan menjadi langkah awal bagi mu untuk mencapai cita-cita menjadi web developer yang handal loh.

Javascript

Tips Jitu Menjadi Web Developer Handal

Kalo kamu jadi web developer handal, tentunya kamu harus paham betul tentang Javascript. Javascript ini merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam 20 tahun ini. Javascript juga menjadi bahasa pemrograman paling dasar untuk web developer bersama 2 bahasa pemrograman lainnya yaitu HTML dan CSS. Ketika kamu ingin menjadi seorang web developer yang handal, sangat penting loh untuk mempelajari Javascript karena untuk mempelajari nya juga mudah dan cepat serta bisa digunakan untuk berbagai tujuan seperti meningkatkan fungsionalitas website dan mengaktif banyak permainan atau software berbasis website. Dengan menggunakan Javascript, maka website yang kamu miliki akan menjadi lebih interaktif dibandingkan dengan tidak menggunakan Javascript. Website juga akan lebih menarik karena adanya pop-up window, autocomplete, datepicker, dll.

Baca Juga  VPS Windows VS VPS Linux, Apa Perbedaannya?

Saat mempelajari Javascript, kamu juga perlu mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihannya. Salah satu kelebihan yang sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar menjadi web developer yaitiu Javascript adalah bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Selain itu, jika terjadi sebuah error pun kamu akan lebih mudah mencari dimana kesalahannya dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Sehingga kamu juga akan mengetahui lebih dalam tentang Javascript. Javascript juga bisa digunakan di browser mau pun platform apa pun. Sedangkan kekurangan yang dimiliki yaitu Javascript memiliki code snippet yang lumayan banyak sehingga kamu juga harus teliti saat mempelajarinya. Tapi bisa kamu siasati juga kok dengan memahami terus menerus.

Server Side Programming

Server side programming merupakan jenis bahasa pemrograman yang script nya akan diproses serta dijalankan oleh server. Hasil pengolahan dari script atau program tersebut akan dikirim ke client oleh server. Nah, server side programming ini bisa membantu sebagian besar pekerjaan yang berkaitan dengan proses kode yang perlu dilakukan oleh server. Misalnya seperti PHP yang akan diterjemahkan oleh mesin PHP ke kode HTML terlebih dahulu sebelum diterjemahkan ke browser untuk ditampilkan pada layar milik klien. Contoh-contoh dari server side programming ini juga ada banyak loh Exabytes Friends. Tentunya kamu perlu memahami semuanya satu persatu agar lebih handal saat menjadi web developer. Contoh dari server side programming ini adalah ASP atau Active Server Pages, PHP, Java Server Pages (JSP), ColdFusion, dan lain-lain. Server side programming ini adalah bagian yang terpenting loh dalam pemrograman website yang dinamis. Pada server side programming, PHP juga jadi salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer dan paling mudah dipelajari serta diterapkan. Hal ini disebabkan karena PHP memiliki banyak referensi serta komunitas yang membahas.

Database Management System

Tips Jitu Menjadi Web Developer Handal

Database Management System atau yang biasa disebut DBMS ini adalah sistem atau software yang dirancang secara khusus untuk mengelola database dan menjalankan operasi data yang diminta oleh user. Kamu harus tahu kenapa database management system ini sangat dibutuhkan. Database management system ini memiliki tujuan yaitu untuk menghindari adanya kekacauan atau kesalahan dalam pengolahan data yang jumlah nya besar serta agar dapat berinteraksi dengan DBMS maka kamu perlu menggunakan bahasa database yang udah ditentukan. Untuk berinteraksi dengan DBMS, ada 2 jenis bahasa komputer yang bisa digunakan seperti Data Definition Language atau DDL yang digunakan untuk menggambarkan desain dari database keseluruhan. Selanjutnya, ada DML atau Data Manipulation Language yang memiliki fungsi untuk memanipulasi dan juga mengambil data dari database, serta bisa juga digunakan untuk mengubah suatu data yang ada pada database.

Nah, kamu juga harus tahu nih Exabytes Friends kalau sebuah website dinamis itu nggak akan lengkap tanpa adanya Database Management System karena DBMS akan menyimpan data user, artikel, dan lain-lainnya. Program database yang paling populer dan bisa kamu pelajari juga banyak seperti MySQL, PostgreSQL, dan juga MariaDB yang sifatnya itu open source. Sedangkan ada juga yang berbayar yaitu Oracle dan Microsoft SQL Server.

Web Server

Untuk menjadi web developer yang handal, kamu juga perlu mempelajari secara detal tentang apa itu web server dan bagaimana fungsi dari web server. Web server sendiri merupakan software yang bisa memberikan layanan berbasis data dan memiliki fungsi untuk menerima permintaan dari HTTP atau pun HTTPS pada klien atau biasa disebut dengan web browser sepeeri Chrome, Mozilla, dan lain-lain. Kemudian web server juga bertugas untuk mengirimkan hasil pengolahan tersebut dalam bentuk halaman web atau bentuk HTML pada umumnya. Web server ini berfungsi untuk melakukan atau mentransfer berkas atau data permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang sudah ditentukan. Halaman website yang diminta bisa berupa banyak berkas seperti teks, gambar, file, video, dan masih banyak lagi. Web server juga memiliki fungsi untuk mentransfer semua aspek pemberkasan di dalam halaman website seperti teks, file, video, gambar, dan lain-lain. Saat  kamu mempelajari tentang web server, kamu juga harus tahu apa saja contoh dari web server. Salah satu contoh web server yang sangat terkenal yaitu Apache web server. Apache web server ini adalah web server yang paling banyak digunakan di internet. Program Apache ini juga dirancang pertama kali untuk sistem operasi UNIX dan Apache pun memiliki banyak program pendukung loh Exabytes Friends. Web server ini menjadi salah satu komponen yang penting yang perlu dipelajari. Karena tanpa web server, aplikasi web yang akan kamu buat tidak mungkin bisa dijalankan. Saat mempelajari tentang web server, pelajarilah konfigurasi dasar dari web server agar bisa mendukung skill kamu sebagai web developer yang handal. Ketika kamu mempelajari konfigurasi dasar web server, kamu akan dapat membuat link website menjadi lebih SEO friendly juga loh.

Baca Juga  Migrasi Hosting WordPress ke Exabytes WordPress

Web Hacking

Tips Jitu Menjadi Web Developer Handal

Pasti kamu gak asing kan sama web hacking? nah kamu perlu belajar web hacking juga saat akan menjadi seorang web developer yang handal. Web hacking ini merupakan sebuah tindakan di luar otoritas dengan cara membobol sebuah mekanisme keamanan dari sistem informasi mau pun sistem jaringan. Nah, kamu bisa mempelajari trik-trik web hacking seperti SQL injection dan Cross SIte Scripting. Mempelajari web hacking ini bukan berarti agar kamu bisa melakukan hacking terhadap suatu sistem. Lebih dari itu, kamu justru bisa mengantisipasi adanya web hacking pada sistem jaringan mu. Sehingga jika terjadi hal tersebut, kamu sudah bisa menangani nya dengan mudah dan bisa mencegah serangan tersebut terjadi kepada kamu. Menguasai teori tentang web hacking juga bisa menjadi bekal yang berguna untuk mu menjadi web developer yang handal.

Kemampuan Tingkat lanjut

Setelah kamu menguasai kemampuan dasar untuk menjadi seorang web developer, barulah kamu bisa naik tingkat dan mempelajari teori untuk tingkat lanjut. Sehingga kamu bisa menjadi seorang web developer yang handal. Nah, kemampuan tingkat lanjut yang perlu kamu pahami akan dibahas .

Linux

Saat ini, web server di dunia yang paling sering digunakan yaitu Linux dan Uniz Family. Linux dan Unix ini digunakan sebagai sistem operasinya. Linux ini digunakan saat melakukan proses pengembangan website dan bisa juga untuk membiasakan kamu agar selalu aware terhadap pentingnya huruf besar dan kecil ketika memberikan nama file, serta pentingnya melakukan setting permission folder untuk menyimpan file yang telah diupload. Hal ini dilakukan supaya bisa mencegah permasalahan yang timbul saat aplikasi web yang telah ditulis di Windows akan diupload ke server yang menggunakan Linux.

Pahami Framework

Hal kedua yang penting pada kemampuan tingkat lanjut ini yaitu framework. Framework ini sangat penting untuk menjaga coding tetap rapi dan terstruktur sehingga akan memiliki standar yang sama khususnya ketika aplikasi web yang kamu miliki itu dikerjakan secara bersama-sama. Coding yang dikerjakan itu perlu dipastikan agar coding bisa tetap dibaca serta dikembangan oleh programmer. Selain itu, agar coding juga bisa diperbaiki ketika kamu melakukan kesalahan. Penggunaan framework ini juga digunakan untuk memisahkan layer logic, database query, serta tampilan yang akan memudahkan aplikasi saat dipelihara. Ada beberapa framework yang populer yang bisa kamu pelajari seperti Advance Javascript. Ketika kamu ingin mempelajari advance javascript, kamu perlu memahami dan mendalami dahulu tentang Javascript tingkat lanjut seperti Query. Dengan menguasai teori mengenai hal tersebut, kamu akan dengan mudah melakukan manipulasi terhadap halaman website seperti membuat textfield menjadi autocomplete, membuat bagian halaman tertentu, serta membuat sebuah halaman muncul dalam kondisi tertentu. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari framework populer untuk bahasa PHP seperti Laravel, Symfony, dan lain-lain. Tak hanya itu, ada juga framework untuk bahasa lain yaitu Python seperti Django, dan framework Ruby On Rails untuk bahasa Ruby.

Nah itu dia Friends, hal-hal yang perlu kamu pelajari ketika ingin menjadi seorang web developer. Di artikel ini hanya sebagian saja teori yang perlu kamu pelajari, namun sebenarnya kamu juga harus selalu mengeksplor teori yang menunjang kemampuan kamu sebagai web developer.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menginspirasi kamu untuk menjadi web developer ya Friends!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!

Credit to: Salma Nur Hanina
View her LinkedIn: 
https://www.linkedin.com/in/salma-nur-hanina-b39baa192/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here