12 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

342
12 min read

Hi Exabytes Friends!

Saat ini sudah banyak cara untuk menghasilkan uang dengan mudah. Salah satu cara untuk menghasilkan uang tambahan melalui internet adalah dengan melakukan program afiliasi (affiliate marketing) atau menjadi affiliate marketer.

Buat yang belum tahu apa itu affiliate marketing dan bagaimana kinerja program ini akan dijelaskan ya. Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah suatu cara mengembangkan bisnis dengan melakukan kerjasama yang dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi atau perusahaan sehingga kedua belah pihak mendapat keuntungan yang telah disepakati. 

Biasanya program ini menguntungkan kedua pihak dimana produk perusahaan dipasarkan atau dipromosikan sementara individu yang memasarkan akan mendapatkan komisi bila orang lain melakukan tindakan tersebut seperti mengklik iklannya atau membeli produk atau jasa yang dipasarkan. Orang yang memasarkan produk dari perusahaan sesuai dengan kesepakatan disebut dengan affiliate marketer atau pemasar afiliasi. Pemasar afiliasi mayoritas memiliki blog atau website dimana mereka akan mengiklankan di platform tersebut dan membagikan link rujukan atau referal ke orang-orang.

12 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Banyak keuntungan yang didapatkan jika menjadi pemasar afiliasi antara lain mendapatkan pendapatan pasif dari iklan yang dipasang di website atau blog kamu. Lalu kamu tak perlu bekerja di kantor melainkan kamu hanya bekerja di rumah dengan laptop saja sudah cukup. Selain itu, kamu bisa bekerja fleksibel tanpa ada tuntutan jam kerja dan bisa mengatur waktu sendiri. Dan yang pasti hemat biaya karena biasanya program afiliasi nggak memungut biaya apapun saat mendaftar.

Menjadi affiliate marketer bisa dibilang susah-susah gampang apalagi buat yang masih pemula. Tetapi bila kamu melakukannya dengan serius dan cekatan, kamu akan mendapatkan keuntungan lebih lho. Bahkan kamu bisa menghasilkan uang saat lagi tidur. Pemasaran afiliasi bisa menjadi sumber pendapatan yang besar. Wah, lumayan banget kan?

Jika kamu tertarik menjadi affiliate marketer, kamu bisa mengikuti kiat yang membuatmu sukses menjalani bidang ini. Apa saja sih kiat sukses untuk menjadi affiliate marketer? Simak 12 kiat sukses menjadi affiliate marketer dalam ulasan di bawah ini ya Exabytes Friends!

Pilih Produk Program Afiliasi Yang Tepat

Salah satu elemen kunci untuk sukses dengan pemasaran afiliasi adalah memilih produk yang tepat untuk dipromosikan. Hal ini bisa berupa produk informasi digital, keanggotaan, produk fisik, layanan online dan sebagainya. Untuk menentukan produk yang akan dipromosikan, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu.

12 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan riset pasar yaitu :

  • Melihat tren yang ada di sosial media seperti di Facebook, Instagram dan Twitter. Jenis produk apa yang lagi populer belakangan ini atau memiliki review yang bagus.
  • Produk yang laris di e-commerce ternama
  • Produk atau layanan jasa apa yang ada di berita atau apa yang orang bicarakan di forum-forum online

Semakin banyak buzz tentang produk maka semakin baik juga tingkat penjualan produk tersebut dan bisa membawa keuntungan bila kamu join ke program afiliasi produk tersebut. 

Kamu juga perlu bertanya pada diri sendiri apakah kamu tertarik atau memiliki passion untuk melakukan program afiliasi. Meskipun passion bisa membantu kamu untuk bersemangat menjalani pemasaran afiliasi tapi jangan menjadikan hal itu sebagai penentu utama dalam mencari atau memilih produk program afiliasi. Sebaliknya, putuskan dari potensi untuk mendapatkan keuntungan di tahun-tahun mendatang.

Jika kamu masih bingung produk affiliasi mana yang kamu gunakan, coba mampir ke sini dan ikut program afiliasi dari Exabytes yang membawa banyak profit untukmu.

Pelajari Produk atau Jasa Yang Akan Dipromosikan

Jangan pernah sekali-kali kamu mempromosikan produk atau jasa tapi kamu nggak paham sekali tentang itu. It’s a big no! Kamu perlu meluangkan waktu untuk melakukan riset sebelum memutuskan produk atau jasa apa yang akan dipromosikan. Pelajari bagaimana produknya, bagaimana kelebihan dan kekurangannya, apakah produk atau jasa itu sudah memiliki nama atau belum, bagaimana reputasinya di pasaran dan sebagainya. 

12 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Kamu juga bisa mencari tahu tentang produk yang akan dipromosikan itu apakah lebih baik dengan pesaingnya atau kelebihan apa yang dimiliki dari pesaingnya. Hal ini untuk meyakinkan kamu bahwa produk yang kamu pilih itu tepat dan bisa menguntungkan. So, learn about your product before you promote it on your platform.

Kenalin Target Audiens

Kamu perlu mengetahui siapa target audiens kamu saat menggunakan program afiliasi agar tepat sasaran. Promosikan produk atau jasa layanan dan penawaran sesuai dengan kebutuhan sekaligus keinginan audiens. Pertimbangkan alasan kenapa mereka menjadi visitor website atau blog kamu, subscribe atau berlangganan newsletter atau follow kamu di sosial media di luar platform kamu. 

Baca Juga  6 SEO Tools Gratis Terbaik Versi Exabytes
12 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Semakin relevan konten yang kamu sajikan dengan iklan yang kamu pasang maka semakin besar juga mereka akan menggunakannya. Semakin kamu mengenal audiens kamu maka semakin baik juga kamu bisa memanfaatkan dari segi demografi, psikografi dan informasi lainnya untuk menargetkan audiens saat beriklan di website atau blogmu. Pastikan produk afiliasi yang kamu promosikan bisa memberikan solusi untuk target audiens kamu. Siapa tahu mereka membutuhkan produk atau jasa yang kamu promosikan.

Dapat Dipercaya

Sebagai seorang pemasar afiliasi, kamu harus bisa dipercaya. Para pembaca atau pengunjung itu biasanya savvy jadi mereka paham dengan apa yang mereka lihat. Karena visitor, traffic kamu akan naik dan mereka bisa membagikan link atau merekomendasikan website kamu untuk konten yang bagus. Alhasil semakin banyak visitor kamu maka semakin tinggi peluang orang-orang tertarik untuk produk yang kamu promosikan di iklan.

Eits, tapi karena hal ini kamu jadi memanfaatkan kunjungan mereka dengan banyak iklan atau mempromosikan produk yang memanfaatkan keuntungan mereka. Hal ini malah membuatmu akan kehilangan kepercayaan dan pembaca setia akan meninggalkan website atau blogmu. Kamu bisa transparan mengungkapkan hubungan afiliasi dengan perusahaan yang kamu promosikan selama masih relevan dengan jenis atau konten websitemu. Dengan begini, kamu bisa membangun kepercayaan ke semua pihak. 

So, jadilah affiliate marketer yang cerdas dan dipercaya ya. 

Dapat Bermanfaat Untuk Orang Lain

Iklan nggak hanya sebagai hiburan tetapi bisa menjadi informatif dan bermanfaat untuk kebutuhan bagi siapapun yang melihatnya. Pikirkan iklan afiliasi kamu sebagai sumber pendapatan tambahan yang bisa melengkapi konten website kamu bukan hanya dipasang saja. Tetapi tentukan bahwa produk kamu itu bisa bermanfaat untuk orang banyak, bukan abal-abal.

12 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Caranya kamu bisa menulis review atau ulasan mengenai produk dari iklan afiliasi yang kamu pasang agar bisa mengarahkan mereka untuk menggunakannya. Tetapi ulasannya harus bersifat jujur dan kamu pernah menggunakannya agar bisa menyakinkan pembaca. Atau kalau kamu menemukan review baik dan dirasa bisa bermanfaat dari orang lain, kamu bisa mempostingnya juga di konten kamu sekaligus menyertakan tautan afiliasi dalam postingan review.

Transparan Tentang Hubungan Afiliasi

Kembali ke poin keempat yaitu dapat dipercaya. Bila kamu ingin dipercaya maka kamu bisa menunjukkan transparansi tentang hubungan afiliasi yang kamu jalin. Justru dengan kamu terbuka dan transparan, pembaca akan menghargai kejujuran kamu dan bisa berkontribusi dengan penghasilanmu dengan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

12 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Kejujuran itu penting banget agar pembaca bisa loyal untuk mengunjungi websitemu. Bisa saja mereka akan mendukung kamu dengan menggunakan atau membagikan tautan referral afiliasi dari kamu atau membeli produk yang kamu promosikan.

Mencoba Berbagai Program

Belum tentu satu program bisa efektif untukmu. Nggak semua program afiliasi sama. Mereka menawarkan berbagai produk, layanan dan struktur pembayaran yang berbeda-beda. Beberapa program ada yang memiliki pembayaran seumur hidup atas penjualan yang dilakukannya. Ada juga yang membatasi dalam kurun waktu tertentu misalnya 30-90 hari. Beberapa program memiliki banyak fleksibilitas yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan kamu.

Nggak ada salahnya kamu menguji beberapa program afiliasi yang ada untuk melihat mana yang mengonversi yang terbaik dan mana yang paling ditanggapi oleh audiens kamu. 

Membuat Konten Yang Timeless

Konten menjadi kunci penting dalam sebuah website atau blog lho. Termasuk untuk mempromosikan program afiliasi yang kamu jalankan lho Exabytes Friends. Konten itu adalah peluang jangka panjang dimana kamu bisa membuat konten yang timeless atau abadi. Maksudnya adalah kamu bisa menggunakan konten itu dan diperbarui kembali karena informasinya masih bernilai dan relevan di waktu sebelumnya hingga saat ini.

Fokuslah pada penulisan tentang konten “hijau” yaitu konten yang tidak lekang oleh waktu. Hal ini akan memberikan jarak tempuh dari konten kamu dan mengarahkan lalu lintas selama bertahun-tahun yang akan datang. Kamu juga bisa mengubah produk yang kamu promosikan terkait dengan konten.

12 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Jika pembaca menemukan konten lama dan menemukan tanggal konten itu dimuat, mereka akan meninggalkan konten itu. Hal ini karena pembaca ingin membaca konten yang up to date yang sedang happening saat ini atau setidaknya konten yang fresh yang baru dimuat. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba kiat lain. Caranya adalah menghapus tanggal dari postingan blog. Meskipun kontennya mungkin sudah ditulis beberapa waktu lalu dan informasinya masih sangat relevan, banyak orang akan mengabaikannya hanya karena memiliki tanggal yang lebih lama.

Baca Juga  5 Rekomendasi Tema Woocommerce untuk Toko Online

Selain cara-cara di atas, kamu bisa memperbarui artikel lama dengan menambahkan tautan artikel lama yang masih relevan. Dengan cara ini kamu bisa mempertahankan atau meningkatkan peringkat di search engine. Jadi, ciptakan konten yang relevan, bermanfaat dan timeless.

Tetap Relevan dan Up To Date

Selanjutnya, kamu harus bisa tetap relevan dengan program afiliasi kamu. Kamu perlu up to date dengan penawaran terbaru dari program afiliasi kamu seperti meningkatkan kegunaan atau membuat iklan menjadi lebih menarik secara visual. Perubahan kecil bisa membantu dalam memotivasi tindakan oleh pembaca lho. 

Jangan malas memantau tren dan mengeksplorasi peluang baru dan terus mencari produk baru yang bermanfaat dan relevan bagi audiens Anda. Semakin banyak produk yang kamu promosikan dan semakin tinggi relevansinya dengan audiens, semakin banyak uang yang kamu hasilkan.

Manfaatkan Sosial Media

Pemasaran afiliasi bisa berjalan sendiri di website dengan konten dan praktik SEO yang tepat yang bisa mendatangkan pengunjung dari search engine. Bahkan saat kamu tidur bisa menghasilkan uang. Tetapi kamu nggak bisa terus menerus memanfaatkan website saja. Kamu bisa memanfaatkan sosial media lho. Hampir semua orang zaman sekarang menggunakan sosial media. Termasuk juga pengunjung website kamu. 

12 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Manfaatkan sosial media sebaik-baiknya untuk mempromosikan program afiliasi kamu. Kamu bisa membuat postingan terkait dengan konten website kamu. Setelah itu kamu share ke sosial media. Atau bagikan link referal ke sosmed kamu seperti ke Instagram, Facebook, Twitter atau WhatsApp. Siapa tahu mereka tertarik untuk membeli jadinya kamu bisa dapat komisi deh.

Sabar

Meskipun cukup mudah melakukan program afiliasi, tetapi kamu membutuhkan kesabaran untuk menekuni bidang ini. Penghasilan afiliasi tumbuh dan bertambah seiring waktu yang dipengaruhi oleh tindakan khusus oleh pengunjung website kamu. Selama kamu merujuk ke pengunjung websitemu atau menggunakan link referral yang masih aktif, kamu masih bisa menghasilkan uang. 

Saat memutuskan melakukan program afiliasi, mungkin kamu merasa frustasi karena sering gagal atau nggak mendapatkan keuntungan yang banyak. Apalagi kita nggak bisa berharap banyak dengan pengunjung website kamu. Nggak setiap visitor akan mengklik iklan atau membeli produk yang kamu tawarkan.

Be patient, itu yang terpenting. Back to point 6 tentang mencoba berbagai program, kamu harus sabar menguji beberapa program untuk mengetahui mana program yang cocok yang bisa mengonversi lebih cepat dan tinggi. Perlu diingat bahwa program afiliasi bukan rencana ‘cepat kaya’ tetapi memberikan peluang untuk menghasilkan pendapatan pasif dari website kamu.

Konsisten

Last but not least, be consistent. Hal yang paling sulit dilakukan sebenarnya adalah menjadi konsisten. Saat kita mengalami kegagalan maka kita akan kecewa sehingga kita berhenti untuk mencobanya lagi. Ingatlah, failures are what make you successful.

Jangan biarkan kegagalan menghalangi kamu untuk menuju kesuksesan. Alih-alih menyerah, kamu harus bangun lagi dan coba mencari tahu mana cara atau strategi yang salah dan memperbaiki hal itu segera. Meskipun keuntungan sedikit, tapi lama-lama akan banyak seperti peribahasa ‘sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’. Konsistenlah untuk terus mencoba yang terbaik untukmu. Keep trying and be consistent!

Penutup

Menjadi pemasar afiliasi bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada beberapa kiat sukses yang bisa kamu lakukan untuk menjadi affiliate marketer. Kiat-kiatnya yaitu memilih produk yang tepat, pelajari produk yang akan dipromosikan, kenalin target audiens, dapat dipercaya, dapat bermanfaat untuk orang lain, transparan tentang hubungan afiliasi, mencoba berbagai program, membuat konten yang timeless, tetap relevan dan up to date, manfaatkan sosial media, sabar, dan konsisten.

Pastikan kamu mengikuti kiat-kiat yang dipaparkan di atas ya Exabytes Friends. Dan jika kamu ingin referensi program afiliasi yang bisa kamu lakukan, kamu bisa mencoba program afiliasi dari Exabytes. Exabytes memiliki program afiliasi dimana komisinya mulai dari Rp 1.200.000 lho. Selain komisinya yang cukup besar, Exabytes sudah memiliki brand dan reputasi baik, pembayaran yang cepat, pelacakan akurat dan banyak lagi.

12 Kiat Sukses Menjadi Affiliate Marketer

Pendaftaran untuk ikut program afiliasi gratis lho. Kamu bisa membaca panduan mudah mengikuti program afiliasi Exabytes di artikel ini ya. Di panduan tersebut sudah dijelasin bagaimana cara membuat akun dan bagaimana ketentuan dan syarat-syaratnya.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya Exabytes Friends!

Credit to Audina Chairun Nisa

View her LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/audina-chairun-nisa-760303158

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here