15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

80
13 min read

Hi Exabytes Friends!

Mungkin sebagian dari Exabytes Friends yang ada di Indonesia merupakan pemilik dari suatu bisnis atau usaha (UMKM), khususnya Exabytes Friends yang membaca artikel ini. Tentunya kamu pasti harus melakukan pemasaran untuk produk yang kamu jual agar dapat dilihat dan dibeli oleh konsumen. Biasanya, pemasaran seperti apa sih yang kamu lakukan sehingga me-reach banyak konsumen yang membeli produkmu? Apakah pemasaran digital atau konvensional? Jika menggunakan pemasaran digital, apakah yang kamu gunakan hanya platform instagram saja?

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Perlu kamu ketahui loh Friends bahwa banyak sekali platform online yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran digital. Salah satunya dengan menggunakan platform Facebook. Facebook ini menjadi platform online yang paling populer di dunia loh Friends. Pengguna aktif Facebook perbulan di dunia sudah mencapai 2.38 miliar pada kuartal I tahun 2019, dan di Indonesia sendiri pengguna nya pun sudah mencapai 120 juta pengguna! Kebayang kan banyaknya seperti apa? Apalagi jika kamu memaksimalkan pemasaran digital mu melalui Facebook nih Friends.

Makanya, yuk baca artikel ini sampai akhir supaya kamu tahu tips-tips untuk melakukan kegiatan pemasaran di Facebook!

1. Posting dengan Niat dan Tujuan yang Jelas

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Ketika kamu akan menjadikan Facebook sebagai platform untuk melakukan kegiatan pemasaran, kamu harus memiliki niat dan tujuan yang jelas mengenai apa yang akan kamu posting di Facebook. Tujuan mu posting produkmu di Facebook tentunya agar konsumen dapat melihat produkmu dan bahkan membelinya. Oleh karena itu, kamu juga harus memposting sesuatu dengan niat dan effort yang penuh. Sehingga kegiatan pemasaran yang kamu lakukan di Facebook itu tidak asal-asalan, justru memilki value yang tinggi. Jika kamu memposting dengan tidak ‘niat’ atau asal-asalan, maka konsumen mu juga tidak akan tertarik dengan apapun yang kamu post. Tertarik saja tidak, apalagi membeli produk mu? Ingat ya Friends untuk memposting dengan niat!

2. Jadwalkan Posting dengan Content Calendar

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Nah, content calendar juga penting banget loh Friends kalau kamu mau melakukan Facebook Marketing. Kenapa sih itu penting? Karena content calendar ini akan sangat membantu kamu untuk mengatur jadwal posting kegiatan pemasaran atau promosi mu. Kamu dapat menjadwalkan postingan apa saja yang paling urgent sampai yang paling tidak urgent untuk dipost. Sehingga jadwal posting mu akan tertata dengan rapih dan dapat kamu jadikan sebagai reminder untuk postingan selanjutnya. Content calendar ini juga tidak hanya digunakan untuk menjadwalkan posting produk saja, kamu juga bisa memasukkan tanggal-tanggal hari besar di calendar tersebut yang dapat dijadikan konten Facebook mu. Gak perlu semua hari besar aja ya, kamu bisa memilih hari-hari besar yang relate dengan bisnis dan kegiatan pemasaran mu seperti posting tentang hari belanja online nasional, dan lain-lain.

3. Optimasi Halaman Profil 

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Pada halaman profil bisnis mu, terdapat banyak bagian yang dapat kamu lengkapi sehingga kegiatan pemasaran mu dapat berjalan dengan lancar. Ketika kamu melengkapi bagian-bagian penting di halaman profil, maka profil bisnis mu akan terlihat lebih meyakinkan jika dilihat oleh konsumen. Kamu dapat menambahkan informasi singkat tentang bisnis dan produk yang kamu jual serta menjelaskan apa impact yang akan kamu berikan kepada masyarakat mau pun perkembangan ekonomi. Selain itu, kamu juga perlu memasukkan informasi mengenai review-review yang diberikan oleh konsumen terhadap produk yang kamu jual, sehingga pengunjung profil Facebook mu mengetahui review produk dan dapat mempertimbangkannya.

4. Membuat Konten Menarik

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Ini juga menjadi hal yang paling penting untuk kamu terapkan dalam kegiatan pemasaran di Facebook atau disebut juga Facebook Marketing. Kamu harus membuat sesuatu yang lain dan berbeda sehingga bisa menjadi keunikan. Kamu dapat membuat sebuah promosi dengan ide yang out of the box. Misalnya membuat video promosi yang tersirat sehingga maksud dari video tersebut harus ditelaah terlebih dahulu oleh konsumen. Hal ini bisa menjadi daya tarik dari bisnis mu agar konsumen tertarik untuk mencari tahu lebih dalam tentang apa bisnismu, apa produkmu, dan bagaimana kegiatan pemasaran yang kamu lakukan sehingga tidak membosankan dan dapat membuat konsumen tertarik.

Baca Juga  Mengenal SEO dan SEM Untuk Strategi Digital Marketing

5. Membuat Grup di Facebook

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Grup di Facebook ini tidak melulu membahas tentang promosi produk dan menawarkan produk secara langsung. Namun grup di Facebook dapat digunakan untuk mengumpulkan pihak-pihak yang bisa saling membutuhkan satu sama lain. Sehingga suatu saat dapat terjadi interaksi yang menguntungkan nih Friends. Kamu dapat membuat grup Facebook dengan orang-orang yang bisa saja membutuhkan produk mu. Di dalam grup tersebut, kamu hanya perlu melakukan sharing informasi mengenai pengalaman masing-masing yang berujung memberikan informasi seputar produkmu Friends. Sehingga audience yang ada di grup Facebook tersebut akan aware dengan produk mu loh.

6. Menentukan Nama Grup dengan Baik

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Ketika membuat grup di Facebook, kamu juga harus memperhatikan nama grup yang akan digunakan. Nama grup yang kamu gunakan harus sesuai dengan forum yang dibuat dan sebisa mungkin dapat meningkatkan awareness audience tentang brand yang sedang kamu kenalkan dan promosikan lewat Facebook. Nama grup juga merupakan satu hal yang dilihat pertama kali. Jika kamu membuat nama grup yang bagus dan mengundang semua audience, mereka tentu akan merasa senang karena mendapatkan undangan secara pribadi untuk masuk ke suatu grup Facebook yang berkualitas.

7. Membangun Komunitas di Facebook

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Sebagai pelaku bisnis/UMKM, kamu perlu membangun hubungan baik juga loh dengan partner maupun konsumen mu. Oleh karena itu, kamu juga harus aktif di komunitas Facebook agar dapat memiliki hubungan baik serta berpotensi untuk melaksanakan hubungan kerja sama yang saling menguntungkan. Selain itu, kamu juga dapat bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki pengalaman lebih. Sehingga kamu bisa mendapatkan ilmu lebih dari komunitas yang ada di Facebook ya Friends. 

8. Aktif di Story Facebook

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Nah, aktif di story Facebook juga penting banget loh Friends. Audience dan calon konsumen mu di Facebook akan mengetahui kegiatan-kegiatan apa saja yang kamu lakukan dalam rangka memajukan usaha atau bisnis mu itu. Dari story Facebook pun lah mereka akan mengetahui apakah bisnis mu itu benar-benar bagus dan benar-benar hidup atau terus berjalan. Sehingga kamu perlu memposting banyak hal mengenai bisnis mu di story Facebook. Beberapa hal yang dapat kamu bagikan melalui story Facebook yaitu sneak peak produk yang baru akan launching, review konsumen yang telah membeli produk mu, serta tutorial yang biasa dilakukan terhadap produkmu. Beberapa hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi calon konsumen mu loh Friends. Dengan membagikan informasi yang bermanfaat, konsumen pun akan lebih aware dan respect terhadap produkmu dan berkemungkinan besar untuk membeli produk mu. Menarik bukan?

9. Gunakan Facebook untuk Customer Service

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Bukan hanya untuk melakukan kegiatan pemasaran dan promosi, Facebook juga dapat kamu maksimalkan penggunaannya dengan menjadikan sarana customer service melalui Facebook. Kamu dapat melakukan pengaturan chat untuk customer service di Facebook agar dapat memudahkan konsumen yang ingin bertanya atau melakukan komplain. Selain itu, customer service di Facebook juga dapat memudahkan kamu untuk menjangkau konsumen-konsumen yang memiliki masalah. Sehingga hubungan baik antara kamu dan konsumen mu dapat terjalin dalam waktu yang lama. Untuk fasilitas aftersales service pun dapat kamu lakukan melalui customer service di Facebook. Customer service dapat menghubungi konsumen secara rutin mengenai pemeliharaan produk yang dibeli konsumen dari bisnis mu. Sehingga kamu dapat menjadi pemilik usaha atau bisnis yang mengedepankan kepuasan konsumen dan mempedulikan hubungan baik dengan konsumen.

10. Cobalah untuk Melakukan Iklan Berbayar

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Sesekali kamu dapat mencoba iklan berbayar loh Friends. Jangan hanya berfokus pada iklan yang kamu buat sendiri dan tanpa membayar kepada suatu pihak. Mungkin hal tersebut tidak akan ada pengaruhnya terhadap bisnis atau usaha mu itu. Dengan melakukan iklan berbayar, audience yang dapat kamu capai tentunya lebih banyak dan dapat disesuaikan dengan kriteria audience yang ingin diraih. Kamu bisa menganggarkan budget mu untuk iklan berbayar. Setelah itu, kamu dapat melakukan permintaan kepada pihak pembuat iklan untuk memilih audience yang sesuai dengan target pasar mu serta menentukan lokasi yang sesuai dengan tempat tinggal konsumen potensial. Mungkin iklan berbayar pun tidak langsung memiliki efek yang signifikan jika hanya dilakukan sekali saja. Kamu dapat mencoba iklan berbayar setiap bulannya di tanggal-tanggal tertentu yang telah kamu rencanakan. Jenis iklan berbayar yang dapat kamu coba pun beragam sekali loh friends, misalnya endorse, paid promote, advertising, dan lain-lain. Kamu dapat mencoba semuanya di bulan yang berbeda-beda.

11. Mempersempit Audience atau Pasar yang Ditargetkan

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Ketika kamu ingin menargetkan konsumen untuk bisnis atau usaha mu, kamu harus mempersempit kriteria dan mengerucutkan target pasar mu. Tujuannya agar saat kamu membidik konsumen yang telah ditargetkan, kriteria nya sudah sangat sesuai dan tidak terlalu luas. Target pasar yang terlalu luas akan membuat kamu menjadi sulit saat menjual produkmu. Kamu tentunya akan merasa bahwa target tersebut sudah sesuai, namun target pasar mu mungkin tidak semuanya merespon produk yang kamu tawarkan dikarenakan mereka tidak membutuhkan produk tersebut. Lain hal nya jika target pasarmu sudah dikerucutkan. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak yang belum dikerucutkan, tetapi memiliki kualitas yang baik dan dapat merespon produkmu sepenuhnya loh. Makanya, penting banget Friends untuk kamu mengerucutkan target pasar dan audience mu.

Baca Juga  Mengulas Webinar EDD On Air: Campaign yang Menguntungkan dengan Google Ads

12. Gunakanlah Product’s Catalog Ads

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Kamu juga bisa membuat iklan di Facebook berupa katalog produk nih Friends. Hal ini bisa jadi hal baru yang tidak membosankan audience dan calon konsumen mu. Dengan menggunakan katalog produk untuk iklan, audience dan calon konsumen mu akan lebih jelas melihat produk yang kamu tampilkan. Mereka juga dapat membayangkan lebih dalam lagi bagaimana wujud nyata produk tersebut jika digunakan oleh mereka. Namun yang harus kamu perhatikan yaitu bagaimana cara membuat katalog produk yang menarik dan membuat audience terpikat. Pertama, kamu harus membuat foto produk yang real dan tidak mengambil dari pihak lain ya, mencuri foto harus banget kamu hindari loh Friends. Selanjutnya kamu bisa membuat foto produk yang memiliki konsep, sehingga foto yang ada di katalog produk mu akan menjadi rapih dan tertata. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan warna-warna yang dapat menarik perhatian audience dan bisa membuat produk mu terlihat lebih eye-catching. Ingatlah satu hal yag penting juga nih Friends, ketika kamu mengedit foto katalog produk mu buatlah yang natural dan edit sewajarnya saja. Jangan sampai produk di katalog mu berbeda dengan produk asli yang kamu jual. Bisa bisa banyak konsumen yang akan protes dan gak mau beli produk mu lagi loh!

13. Atur Pixel secara Strategis

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Mungkin beberapa orang kurang familiar dengan Facebook Pixel. Padahal Facebook Pixel ini ternyata sangat bermanfaat loh Friends buat kamu yang memiliki UMKM atau bisnis. Singkatnya, Facebook Pixel ini merupakan bagian dari Facebook yang berfungsi untuk mengukur, melacak, dan mengoptimalkan campaign yang kamu buat di Facebook. Jika kamu mencoba menggunakan Pixel, maka kamu dapat mengetahui kapan tindakan yang dilakukan konsumen sebagai respon saat melihat campaign yang kamu buat. Facebook Pixel akan memberikan laporan mengenai tindakan konsumen, sehingga kamu dapat mengetahui tentang waktu yang dibutuhkan konsumen untuk mencerna informasi produk sampai melakukan pembelian produk. Selain itu, kamu juga dapat menjangkau kembali audience dan konsumen khusus yang sebelumnya sudah pernah melakukan pembelian produk mu.

14. Gunakan Facebook Custom Audience 

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Tidak semua orang yang menjadi audience mu akan tertarik dengan produk apa yang kamu jual di Facebook. Tapi tenang saja Friends, kamu bisa memfokuskan kegiatan pemasaran mu ke audience tertentu saja yang berpotensi untuk tertarik dan membeli produk mu. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat konten iklan berbentuk video mengenai produk mu dan kamu dapat melihat audience yang menonton mulai dari detik pertama hingga terakhir, bahkan audience yang memutar ulang video pemasaran mu itu. Misalnya, kamu dapat membuat video promosi tentang produk mu hanya untuk menganalisis tentang audience mana saja yang akan tertarik dengan promosi atau pemasaran yang kamu lakukan di kemudian hari. Setelah itu kamu akan mendapatkan data mengenai audience yang sangat tertarik dengan video promosi mu. Selanjutnya kamu dapat merencanakan audience-audience tersebut untuk menjadi target promosi selanjutnya yang lingkup nya lebih jauh lagi yaitu promo diskon untuk membeli produk mu. 

15. Menyimpan Audience yang Potensial

15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Oiya Friends setelah kamu melakukan custom audience dan mengetahui audience yang tepat untuk menjadi target mu, kamu dapat menyimpan mereka menjadi audience potensial yang berkemungkinan untuk membeli produk mu. Kamu dapat menyimpan audience potensial dan menggunakannya saat kamu akan memposting promosi mu seperti video advertising, discount, dan lain-lain. Hal ini menjadi pilihan yang sangat baik untuk digunakan jika kamu ingin menargetkan audience yang memiliki karakteristik sama setiap kali membuat iklan. Terutama saat kamu akan membuat iklan dalam jumlah banyak dan ingin memposting secara teratur. Hal tersebut juga dapat menghemat banyak waktu mu loh Friends, karena kamu tidak perlu mengerucutkan target audience mu lagi. 

Nah, itu dia 15 Tips Facebook Marketing untuk kamu yang memiliki usaha atau bisnis. Silakan dicoba ya Friends, siapa tahu bisa meningkatkan penjualanmu!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Credit to: Salma Nur Hanina
View her LinkedIn: 
https://www.linkedin.com/in/salma-nur-hanina-b39baa192/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here