Apakah kamu merupakan pelaku bisnis UMKM? Semua jenis bisnis saat ini harus melek teknologi agar bisa bersaing dengan para kompetitor. Teknologi berupa digital marketing juga memungkinkan UMKM menjangkau lebih banyak calon pembeli melalui kehadiran online dan iklan.
Itulah mengapa kali ini Exabytes tertarik untuk membagikan artikel tentang tips Facebook marketing untuk UMKM. Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pemasaran, termasuk bagi UMKM.
Selengkapnya tentang tips yang bisa kamu coba akan dibahas di artikel satu ini.
Daftar Isi
Tips Facebook Marketing untuk UMKM
Jika sudah siap untuk memasarkan bisnis UMKM dan memilih Facebook sebagai media pemasaran, intip tips Facebook marketing untuk UMKM berikut init:
Miliki Tujuan yang Jelas saat Membagikan Konten
Apabila berencana menjadikan Facebook sebagai platform atau media pemasaran digital, apakah kamu sudah menentukan tujuan? Dengan tujuan yang jelas, kamu bisa mengetahui tindakan apa yang diharapkan dari target audiens.
Konten yang dibagikan sudah pasti harus bernilai dan berkualitas. Dengan begitu, audiens akan tertarik untuk mencari tahu konten tersebut secara lebih mendalam. Misalnya, dengan mengunjungi situs web atau menghubungi kontak yang dibagikan di postingan.
Atur Jadwal Posting
Untuk dapat mengatur jadwal posting konten, kamu bisa memanfaatkan keberadaan content calendar. Content calendar akan dapat membantu mengatur jadwal posting konten promosi atau pemasaran.
Dengan memiliki jadwal posting yang jelas dan terencana, bukan tidak mungkin postingan akan tertata dengan rapi. Kamu akan memiliki pengingat kapan waktu posting konten promosi.
Optimalkan Halaman Profil
Menggunakan Facebook sebagai media untuk melakukan pemasaran digital mengharuskan kamu mengatur halaman profil dengan sebaik baik. Optimalkan halam profil agar terlihat menarik dan mengundang rasa penasaran pengguna Facebook untuk menjelajahi halam tersebut.
Tambahkan informasi singkat terkait bisnis dan produk yang dijual, termasuk kelebihan dan manfaatnya bagi pengguna produk dan perekonomian. Akan lebih baik jika kamu juga menyertakan ulasan dari pelanggan setia yang dapat membangkitkan rasa penasaran serta membangun kepercayaan pengguna.
Jangan lewatkan tips Facebook marketing untuk UMKM ini yang juga bisa diterapkan untuk bisnis besar.
Buat Konten Menarik
Apakah kamu memutuskan untuk memaksimalkan Facebook marketing sebagai bagian dari strategi pemasaran digital? Sebagai salah satu tips Facebook marketing untuk UMKM, buat konten semenarik mungkin. Bagikan konten yang unik dan berbeda dari para kompetitor. Tuangkan ide-ide brilian di konten tersebut agar bisa menarik banyak audiens.
Baru kali pertama menjalankan pemasaran digital? Tidak perlu khawatir karena ada banyak cara membangun strategi digital marketing yang bisa kamu coba kapan saja.
Miliki dan Kelola Grup di Facebook
Perlu tips Facebook marketing untuk UMKM? Selain beberapa hal di atas, akan lebih baik apabila bisnis kamu juga memiliki grup khusus. Grup tersebut berisi tentang promosi yang menawarkan produk secara langsung kepada target audiens.
Bahkan, melalui grup tersebut, kamu bisa mengumpulkan dan mempertemukan pihak-pihak yang mungkin saling membutuhkan. Ini akan membentuk interaksi yang juga akan memberikan dampak positif pada bisnis kamu.
Tentukan Nama Grup yang Tepat
Berencana untuk membuat dan mengelola grup Facebook untuk tujuan pemasaran bisnis UMKM kamu? Agar grup dapat menarik banyak audiens, pastikan kamu memilih nama grup yang tepat. Bagaimanapun juga, pemilihan nama grup berpengaruh dalam menarik audiens.
Bangun Komunitas di Facebook
Selain grup, kamu juga dapat membangun komunitas sebagai bagian dari strategi pemasaran melalui media sosial Facebook. Tips Facebook marketing untuk UMKM ini bisa kamu bangun mulai dari sekarang. Sebagai pelaku bisnis, pastikan kamu aktif dan ikut serta di dalam komunitas.
Caranya adalah dengan membangun interaksi dan hubungan baik yang membuka peluang kerja sama di kemudian hari.
Manfaatkan Facebook untuk Layanan Pelanggan (Customer Service)
Apakah target audiens dan pelanggan setia kamu merupakan para pengguna Facebook? Nah, ini menjadi peluang untuk mengenal mereka secara lebih dekat. Apabila ingin memasarkan produk atau jasa melalui jejaring sosial Facebook, manfaatkan platform media sosial ini untuk kebutuhan layanan pelanggan.
Dengan hadir secara online di Facebook, pelanggan dan calon pelanggan akan merasa bahwa kamu lebih dekat dan mampu memahami kebutuhan mereka. Izinkan mereka untuk menghubungi UMKM kamu melalui platform satu ini. Respon pesan dan pertanyaan mereka dengan cepat dan berikan jawaban yang memuaskan.
Jalankan Facebook Ads
Seperti namanya, Facebook Ads adalah iklan berbayar yang ditayangkan atau dijalankan di Facebook. Cara satu ini turut melengkapi strategi yang kamu bangun. Jadi, jangan abaikan tips Facebook marketing untuk UMKM satu ini agar usaha semakin berkembang.
Untuk menjalankan Facebook Ads, ada dua pilihan, yaitu menjalankan secara mandiri tanpa melibatkan profesional ahli di bidangnya. Atau memanfaatkan jasa Facebook Ads, yaitu dengan menghubungi Exabytes.
Selalu Aktif di Story Facebook
Facebook kini hadir dengan fitur story, di mana pengguna bisa membagikan momen-momen berharga melalui story yang akan hilang setelah 24 jam. Apabila sedang mencari tips Facebook marketing untuk UMKM, sebaiknya mulailah untuk aktif di story Facebook.
Melalui story tersebut, akun kamu bisa membangun interaksi dengan pengguna lain yang merupakan target audiens. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan fitur story untuk kepentingan pemasaran di Facebook.
Gunakan foto atau video menarik dengan kualitas yang baik. Di story, kamu bisa membagikan momen penting, misalnya informasi launching produk, disko dan penawaran menarik, ulasan pelanggan, dan lainnya.
Persempit Target Pasar
Tahukah kamu kalau audiens bisa digunakan sebagai faktor penentu keberhasilan pemasaran yang dilakukan? Lakukan riset dan kerucutkan target audiens yang diharapkan menjadi calon pelanggan potensial.
Oleh sebab itu, ketahui siapa yang ditargetkan sebagai audiens dari bisnis UMKM yang kamu pasarkan di Facebook. Hal ini akan membantu mengetahui siapa yang dijadikan target audiens bisnis kamu kali ini. Sudah tahu kan mengapa tips Facebook marketing untuk UMKM ini sangat diperlukan?
Buat Katalog Produk
Mengapa harus memiliki katalog produk? Keberadaan katalog produk akan menarik calon pelanggan karena mereka bisa melihat produk apa saja yang kamu tawarkan. Akan tetapi, pastikan katalog dibuat sederhana agar tidak terkesan berlebihan, sehingga orang-orang tidak bosan melihatnya.
Selain menggunakan foto atau gambar dengan resolusi tinggi, berikan keterangan yang jelas agar informasi tersampaikan.
Gunakan Facebook Pixel
Penggunaan Facebook Pixel turut menjadi tips Facebook marketing untuk UMKM. Meski masih banyak orang yang belum tahu keberadaan Facebook Pixel, tetapi penggunaanya dapat mengoptimalkan pemasaran di Facebook.
Facebook Pixel hadir dengan sejumlah fungsi terbaik, di antaranya adalah melacak, mengukur, dan mengoptimalkan iklan yang dibuat. Juga dapat memberikan informasi mengenai tanggapan audiens terhadap postingan atau konten yang kamu bagikan.
Tentunya, hal ini sangat menguntungkan, terutama untuk kebutuhan analisis audiens. Seberapa cepat audiens memberikan tanggapan bisa menjadi pertimbangan dalam pembuatan konten pemasaran selanjutnya di kemudian hari.
Berbicara tentang konten pemasaran, cari tahu penjelasan content marketing melalui artikel satu ini.
Coba Facebook Custom Audience
Facebook custome audience adalah fitur yang bisa digunakan saat menjalankan Facebook Ads. Fitur ini bisa membantu mencari traffic atau calon pelanggan tertarget. Upload data pelanggan ke Facebook Ads dan minta Facebook mencarikan calon pelanggan potensial lain.
Mengapa fitur ini harus digunakan dalam menjalankan tips Facebook marketing untuk UMKM? Melalui Facebook custom audiences, pengiklan bisa memperoleh informasi jumlah audiens yang melihat konten dan berapa banyak orang yang melihat konten secara berulang.
Mulailah untuk mengenali lebih jauh Facebook Ads melalui panduan lengkap belajar Facebook Ads bagi pemula.
Simpan Data Audiens Potensial
Dengan memanfaatkan fitur Facebook custome audience, kamu mendapatkan data audiens yang berpotensi melakukan pembelian produk atau jasa yang kamu pasarkan di Facebook.
Data audiens yang ada di tanganmu bisa kamu gunakan untuk menghubungi kembali mereka. Kemudian, berikan penawaran menarik agar mereka melakukan pembelian atau pemesanan produk.
Sudah Siap Menjalankan Facebook Marketing?
Dengan berbekal tips Facebook marketing untuk UMKM, bukankah kamu tahu harus mulai mempersiapkan pemasaran dari mana? Facebook adalah jejaring sosial yang memiliki banyak pengguna aktif, di mana selalu ada kegiatan dan interaksi setiap detik di jejaring sosial tersebut. Itulah mengapa Facebook bisa digunakan untuk kegiatan pemasaran dan promosi.
Untuk memaksimalkan upaya pemasaran, tentukan target audiens dan mulai jalankan Facebook Ads, layanan iklan Facebook yang bisa didapatkan dari Exabytes. Jalankan iklan, amati hasil, lakukan evaluasi, dan tingkatkan atau ubah strategi pemasaran yang dirasa kurang memberikan hasil maksimal.