4 Konsep Video Iklan Hari Raya yang Menarik

0
3793

Iklan Hari Raya di Indonesia tampil dan ada banyak sekali hari pada saat-saat seperti perayaan Nasional, salah satunya adalah Ramadhan dan hari Raya Idulfitri, yang merupakan salah satu perayaan terbesar sepanjang tahun dan baru saja berlalu.

Sekali lagi, Exabytes Indonesia ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri, Mohon maaf lahir dan batin ya Exabytes Friends.

Seperti biasa, setiap musim perayaan hari besar menghadirkan kesempatan emas bagi para pemilik bisnis untuk mengeluarkan jurus-jurus marketing untuk meningkatkan brand awareness, salah satunya melalui video iklan Hari Raya yang dilakukan oleh kebanyakan brand besar.

Dalam posting blog ini, Exabytes mau berbagi mengenai 4 Pelajaran Menarik mengenai Konsep video iklan Hari Raya.

Iklan Hari Raya Mengusung Tema Lokal

Iklan Hari Raya
Hal pertama yang sangat identik dengan tema kebanyakan video iklan hari raya idulfitri adalah mengsung tema lokal. Video iklan Hari Raya biasanya menggunakan bahasa/aksen indonesia atau bahkan bahasa lokal, seperti bahasa Betawi, Jawa atau Sunda, dan masih banyak lagi.

Dikombinasikan dengan cerita yang bagus, bahasa dan budaya lokal, banyak iklan video Hari Raya mampu menarik perhatian para audiens dan membuatnya abadi di benak para audiens.

Sekarang, mari kita ulas beberapa point penting untuk kampanye digital marketing Kamu.

Apakah copywriting, desain spanduk, dan konsep iklan Kamu cukup terlokalisasi untuk menciptakan ikatan khusus dengan target audiens?
Perlu diingat bahwa berbagai Negara bahkan daerah/wilayah di Indonesia memiliki bahasa gaul, aksen, dan budaya setempat yang unik. Jika campaign Kamu secara geografis menargetkan audiens dari daerah atau bidang tertentu, Kamu harus menyesuaikan bahasa yang sesuai dengan calon pelanggan Kamu.

Jadi, ada baiknya jika kamu membuat lebih banyak kampanye digital marketingl yang dilokalkan dan sertakan dalam pengujian A / B berikutnya. Siapa tahu Kamu mungkin memiliki tingkat keterlibatan dan respons yang lebih tinggi.

Buat Iklan Dengan Lebih Beremosi

Hampir semua iklan video Hari Raya fokus pada satu tema yaitu keluarga. Hari Raya adalah masa ketika anak-anak atau cucu kembali ke kampung halaman.

Begitulah, kenapa video iklan hari raya banyak mengusung tema  “balik kampung” untuk menyentuh emosi orang-orang yang menontonnya, dan pada saat yang sama, membuat penonton untuk mengingat kesan yang dibuat oleh video tersebut.

Tidak dapat disangkal bahwa konsep video yang emosional adalah salah satu cara paling cerdas dan strategis untuk meningkatkan brand awareness.

Kamu juga dapat menambahkan elemen emosi ke dalam teks, konten, subjek email, dan judul video. Tidak hanya itu, penggunaan warna juga dapat menciptakan mood untuk situs web atau banner iklan kamu.

Evaluasi kembali kontenmu, apakah konten mu sudah menciptakan urgensi atau kegembiraan ketika orang-orang melihat iklan Kamu di media sosial? Video iklan Jepang dan Thailand adalah yang paling kreatif dan emosional dalam hal periklanan video. Lihat dan coba pelajari iklan-iklan yang mereka buat.

Baca juga: Jasa Pasang Iklan Google Ads Murah Exabytes

Jangan Lupakan Story!

Di dunia video marketing, terlepas dari seberapa besar anggaran produksi video Kamu, jika konsep “cerita” video mu buruk, hasilnya akan buruk.Ingat, cerita adalah elemen inti untuk iklan video. Skrip, adegan, dll ada untuk melengkapi keseluruhan cerita.

Lihat beberapa video di bawah ini yang kami ambil dari google, perhatikan bahwa durasi video dapat sesingkat 1 menit, atau selama 7 menit. Kamu juga dapat mempelajari bahwa video pendek dapat memiliki hasil yang sama (atau bahkan lebih baik) dibandingkan dengan video panjang.

Ingat, Kamu perlu membuat cerita mudah diingat dan mampu menciptakan koneksi dengan audiens mu. Tantangan untuk Kamu adalah: Bisakah Kamu menyusun cerita video yang menarik yang dapat diceritakan dalam 60 detik atau kurang?

Kreativitas pada Pembuatan Iklan

Beberapa video ads yang sukses mendapatkan ratusan juta viewers  menggabungkan kreativitas dalam sinematografi dan pengeditan video, dimana setiap adegan membuat pendengarnya terpaku pada layar hingga detik terakhir.
Tidak hanya itu, video juga mempromosikan merek dengan hati-hati, terdapat strategi dalam penempatan logo atau produk brand mereka. Intinya adalah bahwa meskipun mereka tidak terang-terangan berjualan, iklan video dan brand tersebut akan selalu kamu ingat.

Dunia bisnis online telah menjadi tempat yang kompetitif. Agar menonjol dari kerumunan, pastikan kampanye pemasaran online Kamu berbeda dan kreatif. Ingat, orang mudah bosan dengan ide-ide video lama dan membosankan.
Jika Kamu merasa jumlah Klik-Melalui-Rasio (RKT) kamu rendah akhir-akhir ini, mungkin inilah saatnya untuk membuat salinan iklan baru dengan ide yang segar dan kreatif!

Berikut beberapa video iklan Hari Raya untuk momen Ramadhan dan Idulfitri. Kasih tahu Kami apa pendapat kalian di kolom comment ya!

1)Bahagianya adalah Bahagiaku-Ramayana

2)#HariUntukBerbagi- Teh Botol Sosro

3)Jadikan Ramadhan Kesempatan Baik- Tokopedia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments