5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

5158
Potensi Bisnis saat Covid19
Free Credit Exabytes
8 min read

Jumlah pasien yang terjangkit virus Corona semakin hari semakin naik. Dilansir dari Gugus Tugas, jumlah pasien positif Corona di Indonesia yakni 2.738 kasus per tanggal 7 April 2020. Sementara itu, data dari Worldormeter menunjukkan jumlah pasien positif Corona di dunia telah mencapai lebih dari 1.4 juta orang per tanggal 8 April 2020.

Virus Corona atau Covid 19 telah menjadi kekhawatiran banyak orang di dunia. Pasalnya, wabah ini berdampak dalam berbagai sektor termasuk sektor ekonomi. 

Beberapa instansi dan perusahaan pun terpaksa libur sementara dengan memberlakukan work from home demi menerapkan physical distancing di lingkungan masyarakat. Bahkan kasus terburuknya adalah perusahaan mengalami kerugian sehingga harus tutup. Beberapa bidang bisnis mengalami kerugian akibat pandemi ini.

Bidang Bisnis Yang Mengalami Kerugian

Menurut Center For Strategies and International Studies, bidang bisnis yang mengalami kerugian terparah adalah sektor pariwisata. Bisnis travel dan plesir mengalami defisit karena saat ini masyarakat dihimbau beraktivitas di rumah. 

Selain pariwisata, sektor maskapai pesawat terbang, kereta api dan kapal, perhotelan, manufaktur, real estate, restoran, dan hiburan mengalami penurunan dari wabah ini. 

Bidang Bisnis Yang Mengalami Kenaikan

Meskipun begitu, beberapa bidang bisnis dibawah ini mengalami peningkatan selama Pandemi Covid 19. Bidang-bidang bisnis tersebut yaitu

E-Commerce

Saat ini berbelanja online bukan sesuatu yang baru lagi di masyarakat. E-commerce menjadi bidang yang paling untung saat Covid 19. Bukan hanya di Indonesia tetapi juga di beberapa negara di dunia. 

5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Apalagi orang-orang harus melakukan physical distancing dimana salah satunya membatasi diri untuk tidak keluar rumah. Hal ini membuat orang-orang pun berbelanja secara online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pebisnis yang memiliki bisnis kecil, menengah hingga atas atau yang memiliki retail kini beralih menggunakan E-Commerce untuk mempromosikan dan menjual produk usahanya.

Jasa Logistik

5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Layanan ekspedisi barang atau logistik cenderung meningkat saat ini. Permintaan ini disebabkan karena meningkatnya transaksi online. Seperti yang sudah diketahui bahwa masyarakat dibatasi untuk keluar rumah yang membuat mereka berbelanja online di rumah untuk memenuhi kebutuhan.

Kesehatan dan Medis

Bidang kesehatan memang mengalami peningkatan paling signifikan saat terjadi wabah Covid 19 khususnya rumah sakit. Kebutuhan masker dan hand sanitizer melonjak naik. Himbauan penggunaan masker dan gerakan mencuci tangan membuat dua benda ini paling banyak dicari. 

5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Selain itu, alat pelindung diri atau APD dan kebutuhan medis lainnya meningkat signifikan untuk para tenaga medis rumah sakit untuk melindungi diri dari virus corona. 

Baca Juga  Pengaruh Domain.ID Terhadap Perkembangan Bisnis Online

Telecom dan Teknologi

Tidak selamanya bidang teknologi meningkat selama pandemi. Beberapa perilisan produk teknologi mengalami penundaan atau konferensi teknologi dibatalkan. Tetapi ada beberapa hal yang juga meningkat seperti contohnya teleconference. 

5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Karena social distancing atau physical distancing, kebutuhan interaksi jarak jauh semakin meningkat khususnya yang work from home. Skype, Zoom, Google Hangout adalah aplikasi teleconference atau video chat menjadi perantara untuk berkomunikasi selama physical distancing. Banyak instansi dan perusahaan memanfaatkan fitur ini untuk berkomunikasi jarak jauh. Tak hanya itu, aplikasi penunjang work from home pun semakin banyak digunakan.

5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Selain teleconference, beberapa aplikasi teknologi yang berkembang saat Covid 19 yaitu telehealth dan telemedicine. Platform ini berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan informasi dan layanan kesehatan masyarakat. Platform E-Learning juga paling dibutuhkan karena sekolah diliburkan dan diberlakukan pembelajaran jarak jauh.

Digital Media

5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Penyebaran virus corona cenderung meningkatkan konsumsi media berbentuk digital karena orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Penyedia video streaming seperti Netflix merasakan keuntungan karena banyak orang menghabiskan waktu untuk menonton. Tak hanya itu, sosial media seperti TikTok juga semakin banyak diakses dan populer. 

Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Melihat bidang-bidang bisnis di atas yang meningkat selama Covid 19, kita bisa mencari potensi usaha bisnis yang bisa dilakukan untuk menghasilkan penghasilan. Lebih baik lagi jika kita bisa mengerjakannya di rumah.

Untuk itu, berikut ini ada 5 potensi usaha yang bisa kamu lakukan di tengah wabah Covid 19 yang akan dibahas di bawah ini

Usaha di Bidang Kesehatan

Bidang yang berhubungan dengan medis dan kesehatan memiliki peluang yang meningkat selama Covid 19 berlangsung. 

Kebutuhan masker, apd, hand sanitizer dan cairan desinfektan sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti ini. Pebisnis yang menjalankan usaha ini mengalami pendapatan yang mendongkrak tinggi dibandingkan sebelumnya. Bidang farmasi yang menyediakan obat-obatan juga demikian.

5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Karena kebutuhan yang meningkat, kamu bisa menjalankan usaha membuat masker. Sudah banyak video tutorial membuat masker beredar di sosial media. Kamu pun bisa menyiasatinya dengan membuat masker berbahan dasar katun dengan motif yang unik.

Jika kamu paham cara membuat desinfektan dan hand sanitizer, kamu bisa menjualnya ke pasaran. Tetapi ingat, harus sesuai takaran yang berlaku dan tetap patok dengan harga yang wajar ya.

Selain masker dan desinfektan, menjalankan usaha jamu dan obat-obatan herbal juga menjadi potensi berbisnis. Sudah turun temurun jamu memang dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Obat yang berbahan herbal menjadi alternatif beberapa orang yang ragu dengan obat-obatan yang dijual di pasaran.

Baca Juga  Cara Instalasi Midtrans Untuk Toko Online Milikmu

Tak hanya itu, platform online yang menyediakan informasi kesehatan dan jasa layanan diagnostik kesehatan juga dibutuhkan. Jasa ini dibutuhkan yang diperuntukan untuk orang-orang yang tidak keluar rumah. Kamu bisa membantu memberikan informasi seputar kesehatan yang valid kebenarannya.

Usaha Makanan Olahan

Kita nggak tahu kapan virus corona ini akan berakhir. Kebijakan untuk tetap di rumah membuat banyak orang harus menyetok bahan makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama. 

5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Melihat hal ini, makanan olahan menjadi potensi bisnis di tengah pademi. Karena makanan olahan dapat bertahan lama di kulkas dan mudah dimasak, kamu bisa menjalankan bisnis ini. Makanan olahan yang bisa kamu buat dan jual seperti nugget, frozen food, hingga makanan kaleng.

Usaha Catering Sehat dan Higienis

Delivery makanan memang menjadi peluang bisnis saat ini terutama buat orang-orang yang tidak mempunyai waktu untuk masak atau nggak bisa masak. Pembatasan keluar rumah selama Covid 19 membuat usaha ini bisa menjadi peluang bisnis. Kamu bisa memanfaatkan usaha ini apalagi kalau kamu jago memasak.

5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Kamu bisa membuka usaha catering sehat selama pandemi berlangsung. Pastikan bahan makanan bersih dan higienis. Pilihan variasi menu juga perlu dipikirkan agar konsumen tidak mudah bosan. 

Jasa Desain Grafis dan Editor Video

5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Saat ini banyak dibutuhkan jasa desain grafis untuk memuat informasi penting seputar Covid 19. Beberapa perusahaan membutuhkan jasa membuat poster himbauan dan infografis pengetahuan tentang Covid 19. Tak hanya desain grafis saja, editor video banyak dicari lho.

Online Shop atau E-Commerce

Karena kita dibatasi untuk tidak keluar rumah, online shop dan e-commerce pun menjadi jalan keluar agar bisa berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki bisnis offline bisa beralih ke online agar tetap mendapatkan konsumen.

5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Tak masalah bila kamu belum memiliki bisnis dan ingin merintisnya. Kamu bisa memulai online shop dengan memasarkan lewat sosial media milikmu seperti Instagram dan Facebook. Atau jika ingin kelihatan lebih profesional, kamu bisa membuat website untuk melakukan transaksi jual beli online. 

Selain online shop, kamu juga bisa mencoba E-Commerce untuk memulai usaha online. Banyak E-Commerce ternama yang bisa menjadi ladang bisnismu.

Tak hanya pekerjaan-pekerjaan di atas, kamu bisa juga bekerja di rumah dengan memanfaatkan internet di rumah lho. Kamu bisa cek artikel disini untuk melihat rekomendasi pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah.  

Buat kamu yang saat ini bekerja di rumah, tetap semangat menjalani aktivitas sehari-hari. Dan buat kamu yang masih diharuskan beraktivitas di luar rumah, tetap stay safe ya Exabytes Friends.

Credit to Audina Chairun Nisa

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here