9 Alasan Memilih Dedicated Server

147
11 min read

Hi Exabytes Friends!

Kamu yang memiliki website tentunya sudah mengenal apa itu dedicated server. Terutama ketika website kamu memiliki traffic yang tinggi dan sering melonjak secara tiba-tiba. Dan untuk kamu yang belum tahu tentang dedicated server, Mimin akan kupas tuntas mengenai dedicated server dan kenapa sih pemilik website profesional harus menggunakan layanan dedicated server untuk website nya. 

So, baca artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewat ya!

Apa itu Dedicated Server?

Dedicated server merupakan salah satu tipe hosting yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan penyewaan satu server secara keseluruhan tanpa berbagi dengan user lainnya. Sehingga ketika kamu memilih untuk membeli produk dedicated server, maka kamu dapat menggunakan nya seorang diri. Pengelolaan dedicated server juga dapat dilakukan sendiri seperti melakukan pengaturan untuk memilih operating system, hardware, dan lain-lain. Namun jangan khawatir jika kamu menggunakan dedicated server, kamu tidak perlu repot untuk melakukan instalasi hardware sendirian, karena provider yang menyediakan dedicated server untukmu bisa melakukan hal tersebut sehingga dedicated server dapat langsung digunakan.

9 Alasan Memilih Dedicated Server

Biasanya layanan dedicated server ini digemari oleh para pemilik website yang ingin mengelola website nya dengan lebih professional. Biasanya para pemilik bisnis yang sudah professional akan tertarik untuk menggunakan dedicated server karena traffic pengunjung yang ada pada website nya tinggi dan semakin berkembang. Sehingga membutuhkan kekuatan yang lebih pada server nya. Selain itu, terkadang pengguna dedicated server juga memutuskan untuk memilih dedicated server karena terdapat batasan-batasan pada layanan hosting gratis yang digunakan. Sehingga dedicated server dapat menjadi pilihan terbaik ketika kamu ingin memiliki akses menyeluruh dan mengelola hardware serta software yang ingin kamu pasang di server tersebut.

Kelebihan Dedicated Server

9 Alasan Memilih Dedicated Server

Nah, dedicated server tentunya memiliki beberapa kelebihan loh Friends. Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan dedicated server, simak beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan dedicated server.

Efektif

Salah satu kelebihan yang dimiliki dedicated server yaitu membuat pekerjaan mu lebih efektif loh. Ketika kamu menggunakan layanan dedicated server, kamu bisa mengontrol server mu dengan hanya menggunakan remote saja sehingga tidak perlu melakukan pengawasan terhadap server fisik nya secara langsung. Hal ini dapat memudahkan kamu jika memiliki suatu pekerjaan yang lebih urgent dan kamu sedang tidak sempat untuk melakukan pengawasan fisik server secara langsung. Dengan hanya menggunakan remote, kamu dapat mengawasi server tersebut dan memastikan bahwa server berjalan dengan lancar loh Friends.

Keamanan

Keamanan juga menjadi salah satu kelebihan dari dedicated server. Karena dedicated server hanya dapat diakses penuh oleh satu pengguna nya, maka hanya pengguna saja yang dapat mengakses data-data di dalamnya. Sehingga keamanan data lebih terjaga dibandingkan menggunakan non-dedicated server. Selain itu, jika terjadi kerusakan pada dedicated server, kamu tidak perlu mengurusnya sendiri loh karena provider akan membantumu untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi pada dedicated server.

Full Access 

Nah, ini menjadi kelebihan yang paling utama dari layanan dedicated server. Mengapa demikian? Karena dedicated server ini memungkinkan pengguna nya untuk mengakses secara penuh dan bebas melakukan pengaturan dan pengelolaan sesuai keinginan loh Friends. Selain itu, kamu dapat menentukan hardware dan software serta konfigurasi berdasarkan bentuk spesifikasi apa yang ingin kamu pasang pada dedicated server tersebut. 

Tidak terganggu aktivitas lain

Jika menggunakan dedicated server hanya dapat diakses penuh oleh pengguna nya, maka hal tersebut memungkinkan pengguna dedicated server untuk tidak diganggu oleh orang lain maupun aktivitas lain loh Friends. Dengan menggunakan dedicated server, tentunya aktivitas client lain tidak akan mempengaruhi kinerja dari website mu. Misalnya saat traffic di website mu meningkat, kamu hanya perlu fokus mengurus traffic di website mu saja tanpa perlu memikirkan aktivitas client lain yang tidak berpengaruh pada kinerja website mu. Jenis hosting ini juga memberikan kesempatan pada pengguna nya agar dapat mengelola beberapa domain pada satu server, serta manajemen website pun akan berjalan maksimal karena hanya satu pengguna yang memegang kontrol dan kendali secara penuh.

Baca Juga  Rekomendasi 7 SEO Tools WordPress Terbaik di Tahun 2020 

Kekurangan Dedicated Server

9 Alasan Memilih Dedicated Server

Selain memiliki beberapa kelebihan, kamu juga harus mempertimbangkan kekurangan yang dimiliki dedicated server ketika kamu ingin memutuskan untuk menggunakannya atau tidak.

Membutuhkan Kemampuan yang Handal

Ketika kamu memiliki niatan untuk menggunakan dedicated server, maka kamu harus tahu bahwa untuk menjalankan dedicated server tersebut membutuhkan kemampuan yang handal. Kamu perlu mempelajari lebih dalam tentang cara mengelola dedicated server itu sendiri. Terlebih lagi ada cukup banyak pengaturan di aplikasi yang harus dilakukan dan dikelola dengan baik.  Pengelolaan data juga perlu kamu kuasai ketika kamu ingin menggunakan dedicated server, karena data-data merupakan salah satu hal yang penting dan harus tetap terjaga keamanan nya. Sehingga kehandalan pengguna sangat diperlukan demi keberlangsungan penggunaan dedicated server tersebut.

Biaya yang Mahal

Biaya yang ditawarkan oleh provider kepada konsumen yang ingin menggunakan dedicated server pun relatif tinggi. Berbeda dengan non-dedicated server yang murah karena biaya nya dapat dibagi-bagi dengan client lain. Dedicated server memiliki harga lebih tinggi karena dapat diakses secara penuh oleh satu pengguna nya. Selain itu, semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan dan dibutuhkan pun mempengaruhi harga yang ditawarkan. Namun dengan biaya yang mahal, dedicated server juga menyediakan banyak kelebihan dan manfaat yang worth to buy loh Friends. Jadi dedicated server memiliki harga yang mahal juga karena memang memiliki manfaat yang banyak ya, bukan hanya asal menawarkan harga.

Siapa Saja yang memerlukan Dedicated Server?

Kamu mungkin masih bingung, sebenarnya dedicated server ini ditujukan untuk siapa? Siapa sih yang pasti memerlukan dedicated server untuk website nya? 

Biasanya dedicated server ini ditujukan untuk perusahaan atau client yang sudah profesional dan memiliki database besar yang penting dan sangat rentan jika terjadi kehilangan. Sehingga dedicated server dapat dijadikan solusi untuk perusahaan karena data perusahaan akan disimpan dengan baik dan aman di pusat data center. Selain itu karena biaya yang ditetapkan untuk dedicated server relatif tinggi, maka untuk para pebisnis pemula atau yang menggunakan website hanya untuk blogging belum terlalu membutuhkan dedicated server.

Perbedaan Dedicated Server dan Non-Dedicated Server

Berbeda dengan dedicated server, non-dedicated server ini merupakan sebuah jaringan peer-to-peer yang dapat digunakan sebagai workstation maupun server. Nah, jaringan peer-to-peer ini dapat dihubungkan satu sama lain tanpa adanya kontrol dari pusat sebagai server murni. Sehingga semua komputer yang terhubung dalam jaringan peer-to-peer dapat menjadi client maupun server. Nah, berbeda dengan dedicated server yang cocok digunakan untuk website yang memiliki traffic tinggi dan kapasitas besar, non-dedicated server ini lebih cocok digunakan untuk jaringan dengan kapasitas kecil. Selain itu, non-dedicated server atau jaringan peer-to-peer memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi fasilitas yang dimiliki oleh komputer, sedangkan untuk dedicated server hanya bisa digunakan oleh kamu yang memiliki akses sepenuhnya loh Friends.

Kelebihan non-dedicated server dibandingkan dedicated server adalah biaya nya yang relatif lebih murah karena untuk membangun jaringan peer-to-peer tidak memerlukan server dengan spesifikasi yang terlalu tinggi untuk melayani semua client. Sehingga dapat lebih menghemat biaya nih Friends. Namun, kekurangan menggunakan non-dedicated server yaitu sistem keamanan jaringan yang bisa disebut kurang aman, karena sistem keamanan dalam jaringan ini ditentukan sendiri oleh setiap user dari masing-masing komputer. Sehingga ada data-data yang berpotensi tidak terjaga dengan aman. Selain itu, untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada jaringan pun akan lebih sulit karena pada non-dedicated server ini terjadi keterlibatan antara satu komputer dengan komputer lain, sedangkan dedicated server tidak seperti itu. Sehingga dengan menggunakan dedicated server pun lebih mudah untuk mengetahui dan mengidentifikasi troubleshooting pada jaringan.

Alasan Memilih Dedicated Server di Exabytes

9 Alasan Memilih Dedicated Server

Salah satu produk layanan yang disediakan Exabytes yaitu Managed Dedicated Server yang memiliki beberapa pilihan paket untuk Windows, Linux, serta paket manajemen dedicated server. Harga yang ditawarkan pun beragam loh Friends, karena paket-paket tersebut terdiri dari pilihan Economy, Value, Deluxe, serta Ultimate yang tentunya disesuaikan dengan fasilitas dan fitur yang disediakan oleh Exabytes.

Unlimited Space Backup

Layanan dedicated server yang disediakan oleh Exabytes menawarkan fasilitas unlimited space backup loh Exabytes Friends. Dengan fasilitas unlimited space backup ini memungkinkan kamu untuk memiliki cadangan data agar tetap aman dan terjaga. Serta data-data yang bisa kamu backup pun tidak terbatas. Sehingga mempermudah kamu ketika membutuhkan data tersebut sewaktu-waktu.

100Mbps Bandwidth

Selain itu ketika kamu memilih layanan dedicated server di Exabytes, bandwidth  server dapat ditingkatkan hingga 100 Mbps. Nah, hal ini penting banget ketika akan melakukan pertukaran data pada server. Jika dianalogikan seperti lebar nya jalan raya, ketika jalan raya memiliki lebar yang kecil tentunya kendaraan yang melintasi jalan raya tersebut akan tersendat dan kesulitan jalan. Terlebih lagi jika kendaraan yang melintasi jalan raya tersebut banyak. Sama hal nya jika bandwidth kecil, maka data-data yang melintas kemungkinan besar akan tersendat dan tentunya mempengaruhi kecepatan pertukaran data. Sehingga penawaran yang diberikan Exabytes yaitu meningkatkan bandwidth server hingga 100 Mbps dapat menjadi keuntungan untuk kamu yang berniat membeli layanan dedicated server loh Friends.

Baca Juga  Cara Mudah Mengikuti Event di Exabytes Event 

Di hosting di Indonesia

Server Exabytes berada di NEX Data Center dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan web hosting mu nih Friends. Dengan mempercayakan NEX Data Center, salah satu pioneer data center di Indonesia yang memiliki sertifikat tier 3 dan ISO 9001 sebagai standarisasi internasional terkait kualitas nya. Nah, lokasi data center ini juga berada di gedung yang sama dengan kantor Exabytes. Sehingga ketika kamu menggunakan layanan dari Exabytes dan mengalami suatu kendala yang berhubungan dengan data, maka dapat diperbaiki dan diselesaikan secara cepat loh. Proses perbaikannya pun dapat dilakukan lebih efektif karena berada di lokasi yang sama. Jadi kamu gak perlu khawatir Friends ketika mengalami masalah data pada layanan dedicated server, Exabytes dapat memperbaiki nya dengan cepat.

Unlimited Data Transfer

Dengan menggunakan layanan dedicated server, kamu tidak perlu khawatir saat melakukan pertukaran data. Layanan dedicated server yang disediakan oleh Exabytes tentunya memungkinkan pengguna nya untuk melakukan pertukaran data secara tidak terbatas. Sehingga sangat menguntungkan bagi kamu yang menggunakan layanan dedicated server dari Exabytes. Unlimited data transfer ini juga dipengaruhi oleh bandwidth server yang disediakan oleh Exabytes. Dengan kapasitas bandwidth yang dapat ditingkatkan, semakin banyak juga loh data yang dapat tersalurkan.

Server Kecepatan Tinggi dan Tangguh

Exabytes juga sudah menggunakan server dengan kecepatan tinggi serta tangguh nih Friends. Instant dedicated server yang digunakan oleh Exabytes menggunakan hardware teknologi terbaru dengan 32 GB, hard disk S40 Quad Core Intel Xeon E3 dan 2x2TB Enterprise SATA. Sehingga website mu dapat menyimpan serta menangani beban kerja yang berat tanpa terjadinya masalah teknis apapun karena didukung oleh processor yang cepat. Hal ini dapat mendukung kamu untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus atau multitasking karena server yang disediakan oleh Exabytes telah dilengkapi dengan kapasitas RAM yang tinggi juga. Lengkap banget kan manfaat nya?

Menangani Lonjakan Traffic 

Mungkin beberapa kali kamu pernah mengalami lonjakan traffic yang tinggi. Hal tersebut pastinya bisa membuat kecepatan loading di website mu menurun jika fitur-fitur yang tersedia di website tidak memadai. Nah, untuk mengatasi lonjakan traffic yang tinggi dan secara tiba-tiba, Exabytes menyediakan shared bandwidth 100 Mbps yang sangat cukup untuk mengatasi website dengan traffic yang sangat tinggi. Sehingga aktivitas di website mu tetap dapat berjalan dengan lancar meskipun dengan traffic yang tinggi.

Setup Super Cepat

Kalau kamu membeli layanan dedicated server di Exabytes juga proses nya cepet banget Friends. Hanya dengan 4 jam setelah melakukan pemesanan dan pembayaran, tim Exabytes akan menyediakan server untukmu yang langsung dapat digunakan. Hal ini dikarenakan Exabytes mengetahui bahwa efisiensi menjadi salah satu kunci kesuksesan mu di dunia digital saat ini. Menarik bukan?

Tim Support Managed Dedicated Server

Hal yang paling penting untuk pengguna dedicated server yaitu mendapatkan bantuan ketika mengalami masalah yang berkaitan dengan dedicated server. Kamu gak perlu khawatir Friends karena Exabytes akan menyediakan layanan support premium berupa bantuan technical support melalui e-mail, live chat, serta remote access. Jadi jangan takut ya kalau terjadi masalah dengan dedicated server mu.

Server Monitoring 24 Jam Non-stop

Layanan dedicated server dari Exabytes juga akan selalu diawasi 24 jam non-stop. Terutama jika terjadi permasalahan seperti naiknya lonjakan trafik tiba-tiba, tim Exabytes akan membantu kamu meskipun di hari libur loh! Menguntungkan banget kan Friends?

Gimana nih Friends, sekarang kamu sudah paham kan apa itu dedicated server dan kenapa sih harus menggunakan layanan dedicated server? Kamu bisa mencoba layanan dedicated server untuk mengatasi lonjakan traffic yang ada di website mu sehingga aktivitas di website dapat terus berjalan dengan lancar. Kamu juga dapat mencoba layanan tersebut melalui Exabytes loh! Dengan banyak sekali manfaat dan keunggulan yang tadi sudah mimin jelaskan, Exabytes bisa jadi salah satu pilihan untuk menjadi provider mu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Credit to: Salma Nur Hanina
View her LinkedIn: 
https://www.linkedin.com/in/salma-nur-hanina-b39baa192/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here