Tren Content Marketing Tahun 2023, Yuk Simak Selengkapnya!

4112

Tentu saja, semua marketer setuju bahwa content marketing masih menjadi strategi pemasaran yang relevan. Apalagi dengan perkembangan teknologi dan transformasi digital saat ini. Lantas apa saja tren content marketing tahun 2023 yang perlu diketahui oleh para marketer?

Menurut Thedrum.com, content marketing jenis ini masih akan sukses di tahun 2023. Apalagi bagi kamu yang menggunakan media sosial sebagai saluran pemasaran. Memang, seiring berjalannya waktu, pengguna media sosial terus berkembang pesat.

Datareportal mencatat pengguna aktif Instagram mencapai lebih dari 1,4 miliar pada pertengahan 2022. Sedangkan pengguna aktif TikTok mencapai lebih dari 1,5 miliar secara global berdasarkan data demandsage. Statista mengatakan Facebook memiliki lebih dari 2,96 miliar pengguna aktif pada kuartal ketiga tahun 2022.

Bukan hanya social media marketing (SMM), kamu juga perlu memaksimalkan content marketing kamu di saluran lain seperti website dan blog perusahaan kamu. Karena pada dasarnya content marketing adalah tentang membangun hubungan atau relasi yang kuat antara sebuah brand dengan target pasar.

Oleh karena itu, konten yang kamu buat harus selalu relevan dan menarik agar audiens mau terlibat dengan brand (engagement). Itu sebabnya, kamu perlu membuat content plan dan strategi yang paling sesuai untuk brand kamu dan tetap up to date.

Tren Content Marketing Tahun 2023

tren content marketing tahun 2023

Berikut tren content marketing tahun 2023 yang perlu kamu ketahui:

E-Commerce

E-commerce diperkirakan akan tumbuh pesat di tahun mendatang karena pembeli saat ini semakin mengutamakan pengalaman berbelanja yang nyaman dan mudah. Pertumbuhan e-commerce ini perlu dimanfaatkan sepenuhnya oleh peritel untuk menarik pembeli sebanyak-banyaknya.

Untuk bersaing dengan retailer lain, kamu perlu membuat strategi content marketing yang dapat mendukung penjualan ecommerce kamu, misalnya:

  • Promosi gratis ongkir.
  • Promosi tanggal kembar.
  • Promosi live shopping.

Saat ini, semakin banyak brand yang bermitra dengan influencer tidak hanya untuk membuat konten di media sosial, tetapi juga untuk mempromosikan produk secara langsung bersama mereka.

Analytics Marketing

Setelah mengembangkan rencana content marketing, kamu juga perlu meningkatkan penilaian strategis kamu.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat analisis yang berbeda. Jadi, tren content marketing tahun 2023 tidak akan lepas dari analytics marketing. Google Analytics adalah alat yang banyak digunakan oleh digital marketer.

Web Fx melaporkan, pada Juli 2023, Google akan meluncurkan Google Analytics 4. Alat unik ini akan memudahkan kamu menginterpretasikan data karena akan terintegrasi dengan Google Optimize, Google Merchant Center, dan bigQuery.

Influencer Marketing

Saat bekerja sama dengan influencer marketing, tantangan yang dihadapi marketer tidak hanya memilih influencer yang tepat. Influencer atau Key Opinion Leaders (KOLs) biasanya hanya akan membuat konten berdasarkan brief yang diberikan oleh brand.

Oleh karena itu, terserah kamu dan tim untuk membentuk konsep, pesan, dan tujuan kampanye yang akan disampaikan kepada para influencer.

Berhati-hatilah karena pengguna kini semakin sensitif terhadap kejujuran, transparansi, dan tren kampanye hitam yang melibatkan influencer.

Konten Video

Konten video kini semakin populer dan terlihat terus menghiasi tren content marketing tahun 2023. Saat ini, brand bersaing tidak hanya dalam hal kualitas produk tetapi juga dalam hal kemampuannya untuk menarik perhatian konsumen.

Nah, konten mirip video ini cenderung lebih mudah menarik perhatian pengguna dalam 6 detik pertama. Selain itu, video dapat menyorot produk yang membutuhkan gambar yang jelas.

Selain menarik perhatian, konten video juga lebih menarik dan sangat viral atau berpotensi viral.

Search Engine Optimization (SEO)

Meskipun konten video dianggap lebih mudah diterima, lalu lintas mesin telusur tetap memberikan kontribusi paling besar terhadap lalu lintas brand. Konten video cocok untuk menyampaikan informasi secara interaktif, menghibur, padat namun mudah dipahami.

Sementara untuk informasi yang lebih detail, lengkap dan terpercaya, seringkali orang lebih memilih untuk mencari jawaban melalui mesin pencari.

Inilah mengapa marketer masih perlu memaksimalkan peluang SEO ini untuk meningkatkan brand awareness atau bahkan mendorong konversi.

Podcast

Tren content marketing tahun 2023 adalah konten audio.

Seperti yang dilaporkan The Drum, popularitas podcast yang semakin meningkat memaksa marketer untuk menyusun strategi tentang cara memasukkan iklan di tengah podcast sambil membuat pendengar tetap terlibat.

Hal ini didorong oleh keragaman genre podcast yang ada saat ini dan diharapkan akan semakin berkembang di masa mendatang.

Selain strategi, kamu juga perlu memikirkan cara terbaik untuk mengukur keberhasilan strategi tersebut.

tren content marketing di tahun 2023

Data & Privacy

Google akan berhenti menggunakan cookie pihak ketiga hingga tahun 2024.
Hal ini dimaksudkan agar perusahaan memiliki lebih banyak waktu untuk menciptakan inovasi dalam ekosistem digital yang lebih aman bagi konsumen.

Meningkatnya urgensi untuk melindungi data konsumen mengharuskan marketer memastikan situs web mereka dapat mematuhi pedoman yang ada.

Konsumen akan secara sukarela memberikan datanya kepada perusahaan jika mereka yakin website tersebut dapat dipercaya.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya tidak hanya berfokus pada pembuatan strategi content marketing yang menonjolkan keunggulan produk kamu, tetapi juga pada kepatuhan perusahaan dalam menghormati data konsumen.

Metaverse

Kombinasi metaverse dan dunia game sangat cocok untuk brand yang berfokus pada penargetan konsumen Gen Z dan Gen Alpa.

Ini mengapa orang berasumsi bahwa konten yang menarik tentang metaverse dan game akan dapat menarik perhatian mereka.

Nike dan Adidas adalah contoh brand yang telah menggunakan metaverse dalam strategi content marketing mereka.

Sebagai marketer, kamu sekarang perlu meneliti peluang pemasaran apa yang dapat dimanfaatkan dari evolusi metaverse dan dunia game.

Kesimpulan

Berikut penjelasan Exabytes tentang tren content marketing tahun 2023. Jangan lupa lakukan uji tuntas untuk menyesuaikan tren ini dengan kebutuhan merek kamu.

Selain tren di atas, ada banyak sekali inspirasi content marketing lain yang bisa kamu temukan secara gratis di blog Exabytes!

Dari strategi konten berbasis video dan audio (podcast) hingga artikel SEO.
Dengan mempelajarinya, kamu bisa mendapatkan ide dan wawasan baru untuk mengoptimalkan strategi yang ada.

Apa yang kamu tunggu? Yuk, baca kumpulan artikel content marketing sekarang!